Rupa-rupa

8 September 2021

7 Cara agar Suara Merdu dan Bagus, Ini Rahasianya!

Coba beberapa cara agar suara merdu ini yuk, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Merna
Disunting oleh Adeline Wahyu

Apa saja cara agar suara merdu? Hal ini selalu menjadi pertanyaan banyak orang yang suka menyanyi.

Menyanyi bagi sebagian orang adalah hobi yang sangat menyenangkan untuk dilakukan. Dan bagi sebagian orang lainnya menjadi sebuah profesi yang bisa mendatangkan banyak rupiah.

Banyak yang mengatakan kalau suara yang merdu dan bagus merupakan sebuah bakat alami. Padahal sebenarnya, suara yang merdu juga bisa didapat dengan cara melatihnya.

Suara yang merdu adalah suara yang terdengar indah saat didengar dan pastinya tidak sumbang.

Baca Juga: 10+ Aplikasi Karaoke Terbaik Wajib Coba untuk Moms yang Hobi Menyanyi

Cara agar Suara Merdu dan Bagus dengan Alami

Tak hanya melakukan les vokal saja, tapi ternyata ada banyak cara yang bisa digunakan untuk membuat suara Moms jadi lebih merdu dan bagus. Tentu saja ada teknik dan juga hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kebiasaan sehari-harinya nanti.

Ada tujuh cara agar suara merdu dan bagus yang bisa Moms lakukan sendiri tanpa perlu guru vokal, yaitu:

1. Latih Suara Layakanya Seorang Atlet

Latih Suara

Foto: instrumentalglobal.com

Berlatih menjadi cara utama agar suara merdu. Semakin sering Moms berlatih, maka suara akan menjadi semakin bagus. Tapi latihan vokal ini juga harus diimbangi dengan hal-hal lainnya.

Seperti dengan melakukan istirahat yang cukup hingga berolahraga untuk melatih pernafasan.

Dilansir dari situs majoringinmusic.com, ketika kita ingin memiliki suara yang merdu, maka latihkan suara dan tubuh seperti layaknya seorang atlet yang sedang berlatih. Jadi Moms harus berlatih dengan rutin.

Baca Juga: Hwang In Yeop, Aktor Pendatang Baru yang Punya Bakat Nyanyi

2. Lakukan Pemanasan Sebelum Bernyanyi

Melakukan Pemanasan Sebelum Bernyanyi

Foto: www.musical-u.com

Melakukan pemanasan sebelum bernyanyi merupakan salah satu cara agar suara merdu. Jika Moms bernyanyi tanpa pemanasan, maka suara bisa dalam kondisi yang tidak baik nantinya.

Sama saja ketika kita akan berenang atau melakukan olahraga, jika tidak pemanasan, maka bisa berakibat cedera atau kram otot.

Menurut situs www.voicelessons.com, dengan melakukan pemanasan terlebih dahulu, maka otot tenggorokan akan mulai bersiap dan tidak kaget saat Moms bernyanyi.

Untuk pemanasan, hal pertama yang dilakukan adalah mengatur pernafasan dengan baik. Barulah setelah itu katakan A-E-I-O-U sambil melihat pergerakan dagu dan bibir pada cermin.

Moms bisa melakukan pemanasan sebelum bernyanyi selama kurang lebih 10-15 menit.

3. Benarkan Postur Tubuh Saat Bernyanyi

Benarkan Postur Tubuh Saat Bernyanyi

Foto: merelymusic.com

Postur tubuh ternyata sangat berpengaruh pada saat kita bernyanyi sehingga bisa menjadi cara agar suara merdu. Postur tubuh yang tepat bisa menjadikan suara Moms lebih merdu. Tapi jika postur tubuh tidak benar, maka suara akan sengau, nada tinggi pun tidak dapat dicapai dengan mudah.

Lantas bagaimana postur tubuh yang benar saat bernyanyi? Ketika latihan bernyanyi, sebaiknya lakukan secara berdiri karena pada saat duduk atau jongkok, maka diafragma tidak bisa mengembang dengan sempurna.

Bernyanyilah dengan cara berdiri. Lalu tegakkan punggung dan kaki yang dibuka selebar bahu. Jaga perut dan bahu agar tetap rileks. Miringkan dagu sedikit ke bawah saat nada yang dinyanyikan tinggi.

Selain berdiri, menyanyi dengan cara berbaring juga bagus untuk melatih suara.

Baca Juga: Manfaat Bernyanyi Bagi Anak Selama Pandemi, Yuk Seru-seruan Bareng Si Kecil!

4. Bernyanyilah dengan Kekuatan Penuh Tanpa Memaksa

Bernyanyi dengan Kekuatan Penuh Tanpa Memaksa

Foto:blog.discmakers.com

Memiliki suara yang kuat tentu akan sangat membantu dalam bernyanyi. Moms bisa bernyanyi dengan kekuatan penuh, tapi tanpa memaksakan diri.

Rata-rata orang yang bernyanyi dengan memaksakan kekuatannya ini akan membuat pita suara rusak dan pernafasannya menjadi pendek sehingga tidak bisa mengambil nada panjang dan tinggi.

Dilansir dari situs caricole.com, ada trik khusus untuk membuat Moms bisa bernyanyi dengan suara penuh tanpa memaksakan diri. Cara ini juga bisa menjadi cara agar suara merdu.

Caranya adalah dengan merendahkan sedikit dagung ke bawah dengan dada agak sedikit tertekuk. Inilah salah satu trik supaya suara bisa kuat.

5. Hindari Perilaku yang Merusak Pita Suara

Hindari Berteriak

Foto: dreamstime.com

Salah satu cara agar suara merdu dan bagus adalah dengan menghindari perilaku yang dapat merusak pita suara.

Menurut situs majoringinmusic.com, beberapa perilaku yang bisa merusak pita suara adalah sering berteriak hingga berbicara dengan suara terlalu kencang. Ketika Moms berbicara dengan suara keras atau berteriak-teriak, maka pita suara lama-lama akan mengalami pembengkakan.

Pembengkakan pita suara dapat mengakibatkan perubahan pita suara sehingga suara Moms bisa berubah dan serak.

Perilaku lain yang bisa merusak pita suara adalah merokok karena risiko asapnya yang terhirup dapat membuat nafas tidak panjang dan bisa terjadi iritasi pada pita suara.

Baca Juga: Ternyata, Menyanyi Bermanfaat untuk Kesehatan

6. Selalu dalam Keadaan Terhidrasi dengan Baik

Jaga Tubuh Terhidrasi dengan Baik

Foto: www.healthfitnessrevolution.com

Usahakan untuk selalu terhidrasi dengan baik. Caranya adalah dengan mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas lebih per harinya. Hal ini dilakukan untuk menjaga tenggorokan agar tetap lembab dan tidak kering.

Air putih hangat menjadi minuman terbaik yang bisa Moms minum sebagai cara agar suara merdu. Sebaliknya, hindari minum alkohol, minuman bersoda, minuman yang terlalu panas, dan minuman yang terlalu dingin.

Selain air putih, Moms juga bisa rutin minum air rebusan jahe serta madu setiap harinya untuk menjaga pita suara dan juga untuk membunuh kuman serta bakteri yang ada di tenggorokan.

Baca Juga: Bernyanyi Lebih Efektif Menenangkan Bayi

7. Konsumsi Makanan yang Sehat

Konsumsi Makanan Sehat

Foto: instrumentalglobal.com

Tak hanya minuman saja yang perlu dikontrol dengan baik, tapi konsumsi makanan juga. Konsumsi makanan sehat yang dimasak dengan cara direbus atau dikukus.

Bahan makanan yang bagus dikonsumsi adalah buah-buahan, sayur-sayuran, dan biji-bijian yang mengandung vitamin A, E, dan C.

Menurut situs health.clevelandclinic.org, makanan yang mengandung tiga vitamin tersebut dapat menjaga lapisan lendir dan melapisi tenggorokan agar tetap sehat.

Sebaliknya, hindari makanan yang dimasak dengan cara digoreng dan makanan yang pedas karena bisa memicu disfungsi pita suara.

Moms sekarang sudah tahu kan cara agar suara merdu. Tak perlu repot dan ribet. Semuanya bisa dilakukan sendiri dengan mudah di rumah. Selamat mencoba!

  • https://www.voicelessons.com/blog/tips/tips-to-improve-your-singing-voice/
  • https://health.clevelandclinic.org/10-ways-to-save-your-voice/
  • https://majoringinmusic.com/five-tips-to-keep-your-voice-healthy/
  • https://caricole.com/5-secrets-to-make-your-voice-sound-better/
  • https://blog.accusonus.com/deep-voice/how-to-make-voice-sound-better/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait