Rupa-rupa

8 September 2021

10 Cara agar Tidak Mudah Baper dalam Hal Apapun, Bisa Dicoba!

Bersikap cuek bisa jadi salah satu caranya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Merna
Disunting oleh Adeline Wahyu

Moms pernah tidak menerapkan cara agar tidak mudah baper? Baper atau bawa perasaan seringkali membuat emosi seseorang menjadi tidak stabil dan lebih sensitif sehingga berdampak pada keseharian.

Dibanding kelebihan yang didapat, sifat baper ini lebih banyak menimbulkan kerugian bagi Moms sehingga sebisa mungkin kebaperan tersebut harus dihilangkan.

Mereka yang punya sifat baper memang akan menjadi lebih sensitif, terlalu berlebihan, dan mudah tersinggung.

Penyebab kebaperan bisa dikarenakan orang lain, mulai dari teman, keluarga hingga pasangan yang melakukan tindakan atau melontarkan perkataan tertentu yang memicu rasa baper dari Moms.

Baca Juga: 5 Cara agar Tidak Bungkuk untuk Moms yang Seharian Menatap Layar Komputer

Cara agar Tidak Mudah Baper

Baper sebenarnya bisa dihindari dan dihilangkan dari dalam diri Moms. Caranya adalah dengan menerapkan beberapa cara agar tidka mudah baper di bawah ini!

1. Mulai Bersikap Cuek

Cara agar tidak mudah baper yang pertama adalah mulailah untuk bersikap cuek. Cuek dalam arti kata di sini adalah Moms harus mulai belajar tidak peduli dengan apa yang dipikirkan orang lain, apa yang dikatakan orang lain, dan apa yang disuruh oleh orang lain.

Misalkan saja, saat ada seseorang yang terlihat seperti membenci Moms tapi Moms tidak tahu apa penyebabnya dan ketika ditanya, orang tersebut menghindari Moms.

Maka jangan jadikan hal tersebut menjadi alasan untuk baper. Biarkan saja orang itu karena dia sendiri yang tidak mengatakan apa penyebab dari masalah antara Moms dan dirinya. Jadi jangan dipikirkan dan jangan dihiraukan.

Baca Juga: Daftar Zodiak Paling Cuek, Ada Juga yang Romantis Lho!

2. Mulailah Percaya Diri

Bersikap Cuek

Foto: www.bolde.com

Selain belajar bersikap cuek, cara agar tidak mudah baper yang berikutnya adalah dengan mulai percaya diri. Percaya diri memegang peranan yang sangat penting dalam mengilangkan rasa baper yang Moms rasakan.

Kebaperan bisa dipicu oleh rasa tidak percaya diri yang berlebihan sehingga berakibat pada pemikiran negatif pada diri Moms sendiri. Seperti rasa takut akan kebenaran dari apa yang dipikirkan orang lain.

Semakin percaya diri, maka sikap cuek Moms juga bisa semakin ditingkatkan. Inilah cara agar tidak mudah baper dalam hal apapun.

3. Pikirkan Segala Sesuatu dengan Akal Sehat dan Realistis

Berpikir dengan akal sehat dan realistis bisa menjadi salah satu cara agar tidak mudah baper. Dengan bersikap realistis, Moms tidak akan mudah dalam menyimpulkan sesuatu.

Jadi apapun yang Moms pikirkan harus masuk akal sehingga saat akan menyimpulkan sesuatu, Moms tidak akan menjadi berlebihan.

Orang yang mudah menyimpulkan sesuatu biasanya tidak realistis dan bisa cepat baper karena hal yang ia simpulkan tersebut tanpa melihat pada fakta dan kenyataan yang ada.

Baca Juga: Beda dengan Optimis, Ini Bahaya Terlalu Percaya Diri

4. Hindari Overthinking

Hindari Overthinking

Foto: agoodday.careers

Dilansir dari forbes.com, salah satu cara agar tidak mudah baper adalah dengan mengindari overthinking.

Moms harus mulai berhenti memikirkan hal-hal yang berlebihan saat mendengar atau mengetahui suatu hal yang menyangkut tentang diri Moms.

Sikap overthinking ini akan sangat mudah sekali membuat orang menjadi baper karena mereka suka berimajinasi yang berlebihan. Padahal, kenyataannya hal tersebut tidak terjadi. Hanya saja Moms hanya berpikiran yang tidak-tidak mengenai hal tersebut.

5. Tidak Semua Orang Punya Pemikiran yang Sama dengan Moms

Ingatlah kalau tidak semua orang punya pemikiran yang sama dengan Moms. Masing-masing punya pemikiran dan pendapatnya sendiri.

Dengan memiliki pemikiran kalau tidak semua orang berpikir sama seperti Moms, ini bisa menjadi cara agar tidak mudah baper yang sangat efektif untuk dilakukan.

Misalkan saja, menurut Moms ketika kita menyapa seseorang saat berpapasan, seharusnya mereka membalas sapaan Moms. Jika mereka tidak menyapa balik, tandanya mereka tidak sopan terhadap orang lain.

Tapi mungkin saja ada orang yang tidak berpendapat seperti itu. Ada orang yang merasa kalau kita tidak terlalu kenal dengan baik, mereka tidak ingin menyapa karena takut dikira sok kenal.

Baca Juga: 9 Cara Meredakan Emosi Paling Efektif Agar Tidak Gampang Marah, Catat!

6. Apa yang Dipikirkan Orang Bukan Urusan Moms

Moms Tidak Bisa Mengontrol Apa yang Dipikirkan Orang

Foto: www.workingmother.com

Salah satu pemicu kebaperan adalah karena kita seringkali memikirkan apa perkataan orang lain. Kita terlalu memusingkan pendapat orang lain tentang kita yang belum tentu benar faktanya karena hanya kita yang tahu.

Misalkan saja, saat melihat komentar di postingan media sosial Moms yang isinya kurang bagus. Maka janganlah dianggap serius komentar tersebut karena hal tersebut bisa menjadi toxic bagi diri Moms dan membuat Moms cepat baper.

Jika terjadi hal seperti itu, jangan diladeni dan biarkan saja.

7. Moms Tidak Bisa Mengontrol Apa yang Dipikirkan Orang Lain

Ingatlah kalau Moms tidak bisa mengontrol apa yang dipikirkan dan dibicarakan oleh orang lain. Mereka berhak berbicara tentang apapun, termasuk membicarakan tentang Moms dan Moms tidak bisa melarang hal tersebut terjadi.

Pikiran orang lain tidak akan bisa kita kendalikan. Oleh karena itu, diri kita sendirilah yang harusnya berubah untuk tidak memperdulikan mereka. Dengan begitu, apa perkataan dan perbuatan mereka terhadap Moms tidak akan mempengaruhi Moms lagi.

Baca Juga: Efek Mengejutkan Trauma Emosional pada Anak

8. Sibukkan Diri

Menyibukkan Diri

Foto: social.hays.com

Dilansir dari situs daringtolivefully.com, cara terbaik untuk tidak mudah baper adalah dengan menyibukkan diri dengan berbagai macam kegiatan positif tentunya.

Cari kegiatan yang bisa membuat Moms sibuk. Jika bingung, mulailah melakukan hobi yang Moms suka.

Dengan menerapkan cara agar tidak mudah baper ini, maka Moms akan melupakan hal-hal yang bisa membuat baper seperti memikirkan tindakan atau perkataan orang lain tentang Moms.

9. Lakukan Self Care

Selain menyibukkan diri, Moms juga harus melakukan self care untuk meredakan rasa stres. Ketika seseorang mengalami stres, maka rasa baper akan cepat muncul karena perasaan kita akan menjadi lebih sensitif.

Oleh karena itu, self care sangatlah diperlukan. Moms bisa mulai melakukan self care dengan tidur cukup selama 7-8 jam per hari, mengonsumsi makanan sehat yang kaya gizi, merawat tubuh, hingga melakukan liburan untuk menyenangkan diri.

Baca Juga: 60 Kata-kata Gombal Bikin Baper untuk Pasangan, Romantis!

10. Lakukan Meditasi

Melakukan Meditasi

Foto: www.verywellmind.com

Cara agar tidak mudah baper yang terakhir adalah dengan melakukan meditasi. Meditasi ini bisa sangat membantu diri Moms untuk keluar dari kebaperan.

Dalam sebuah jurnal berjudul Reductions in Negative Automatic Thoughts in Students, meditasi bisa meredakan dan menghilangkan pemikiran buruk yang sedang kita pikirkan.

Diri Moms juga akan menjadi lebih tenang setelah melakukan meditasi sehingga ketika ada hal-hal pemicu baper, Moms akan bisa menyikapinya dengan kepala dingin.

Jadi mulai sekarang gunakanlah cara-cara di atas supaya tidak mudah baper dalam hal apapun. Semoga informasi di atas bisa membantu Moms ya!

  • https://www.forbes.com/sites/francesbridges/2018/06/29/how-to-stop-taking-things-personally/
  • https://daringtolivefully.com/rational-emotive-behavior-therapy
  • https://medium.com/the-ascent/this-4-step-journaling-technique-taught-me-how-to-finally-stop-taking-things-personally-fe4067dcea7e
  • http://www.thepositiveauthor.com/how-to-not-take-things-personally/
  • https://themindsjournal.com/8-ways-to-stop-taking-things-personally/
  • https://www.jstor.org/stable/4316329
  • https://thrivinginadmin.com/blogs/taking-things-personally
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait