Fashion & Beauty

FASHION & BEAUTY
17 November 2020

12 Cara Mengatasi Rambut Rontok, Dijamin Ampuh!

Rambut rontok pada anak bisa disebakan karena kulit kepala kering
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Amelia Puteri

Rambut yang rontok merupakan masalah yang cukup mengganggu dan dapat menurunkan rasa percaya diri. Banyak faktor yang menyebabkan rambut menjadi rontok, namun sebenarnya setiap harinya rambut rontok secara alami.

American Academy of Dermatology mengungkapkan, kehilangan rambut antara 50 sampai 100 rambut sehari adalah hal yang normal terjadi. Hal ini terjadi karena tubuh terus menumbuhkan rambut yang baru.

Namun, hal yang perlu diwaspadai ketika terjadi penipisan rambut, garis rambut menyusut, dan terlihat tanda-tanda kebotakan dini. Moms bisa melakukan beberapa langkah sebagai cara mengatasi rambut rontok.

Yuk, cari tahu daftarnya berikut ini.

Baca Juga: 5 Nutrisi Atasi Rambut Rontok

Cara Mengatasi Rambut Rontok pada Anak

Anak-anak tidak kebal terhadap rambut rontok. Namun rambut rontok pada anak merupakan hal yang normal bahkan sebelum mereka memiliki pertumbuhan rambut permanen.

Dilansir dari jurnal U.S. National Library of Medicine, masalah rambut rontok pada anak bisa disebabkan karena kekurangan nutrisi penting seperti unsur besi dan zinc. Hal ini merupakan masalah yang sangat sering terjadi di negara-negara berkembang.

Namun jangan khawatir Moms, ada beberapa cara alami mengatasi rambut rontok pada anak. Langsung kita simak, yuk.

1. Aloe Vera

cara alami mengatasi rambut rontok

Foto: Orami Photo Stock

Cara mengatasi rambut rontok pada anak yang pertama adalah dengan lidah buaya atau aloe vera. Jika Moms bertanya-tanya bagaimana cara mengatasi rambut rontok, lidah buaya adalah obat rumahan yang baik untuk dijadikan cara alami mengatasi kerontokan rambut.

Lidah buaya bekerja dengan cara menenangkan kulit kepala yang rusak, lalu menciptakan lingkungan yang sehat untuk mengisi dan menumbuhkan sel-sel rambut.

Lidah buaya juga membantu membersihkan sebum, minyak yang menyumbat folikel dan mencegah rambut tumbuh kembali.

Untuk secara efektif menggunakan perawatan rambut rontok alami ini, cukup pijatkan gel lidah buaya murni langsung di seluruh kulit kepala anak.

2. Ginseng Merah Korea

Cara mengatasi rambut rontok pada anak bisa dengan menggunakan ginseng merah Korea. Ginseng merah dari Korea bisa dijadikan sebagai salah satu cara alami untuk mengatasi rambut rontok pada anak.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2012 dalam Journal of Ginseng Research, para ilmuwan mendapati bahwa ginseng merah Korea dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut pada mereka yang mengalami rambut rontok.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Kulit Kering dengan Aloe Vera

3. Aromaterapi

cara alami mengatasi rambut rontok

Foto: Orami Photo Stock

Cara mengatasi rambut rontok pada anak yang alami selanjutnya adalah menggunakan aromaterapi.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Archives of Dermatology di tahun 1998, perawatan pijat aromaterapi menggunakan campuran minyak esensial thyme, rosemary, lavender, dan cedarwood dipercaya bisa digunakan sebagai cara alami mengatasi rambut rontok.

Minyak esensial ini telah digunakan secara tradisional untuk perawatan rambut rontok.

4. Jus Bawang atau Gel Bawang Putih

Cara mengatasi rambut rontok pada anak bisa dilakukan dengan jus bawang atau gel bawang putih. Mengaplikasikan jus bawang atau gel bawang putih ke bagian kepala atau bagian yang mengalami kerontokan rambut dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut.

Bawang telah lama digunakan sebagai salah satu solusi rambut rontok alami karena kandungan belerang mereka membantu meningkatkan sirkulasi darah dan membantu pertumbuhan kolagen, serta memiliki sifat antibakteri yang mengobati infeksi kulit kepala.

Baca Juga: 7 Manfaat Bawang Putih Tunggal untuk Kesehatan

5. Minyak Kelapa

cara alami mengatasi rambut rontok

Foto: Orami Photo Stock

Cara alami mengatasi rambut rontok pada anak yang selanjutnya adalah minyak kelapa. Ada alasan mengapa banyak sampo dan kondisioner yang mengandung minyak kelapa. Kelapa dikenal karena kemampuan melembapkannya yang kuat.

Kebetulan, salah satu alasan utama rambut rontok pada anak adalah kulit kepala yang rusak karena kering. Untuk mengatasi rambut rontok secara alami yang disebabkan oleh kekeringan dan mengembalikan folikel rambut yang sehat, pijat minyak kelapa ke akar rambut dan diamkan selama 10 menit.

Baca Juga:

Cara Mengatasi Rambut Rontok Setelah Melahirkan

Moms mungkin merasa bila rambut rontok lebih banyak setelah melahirkan. Studi dari Journal of Cosmetic Dermatology menyebutkan, kerontokan rambut setelah melahirkan terjadi karena fluktuasi hormon.

Kondisi ini dapat berlangsung hingga 24 minggu hingga 18 bulan setelah melahirkan. Biasanya, kondisi ini dikenal dengan postpartum hair loss. Meskipun tak bisa dicegah, ada beberapa cara mengatasi rambut rontok yang bisa dilakukan.

6. Gunakan Sampo untuk Rambut Bervolume

gunakan sampo bervolume

Foto: Orami Photo Stock

Menurut American Academy of Dermatology, cara efektif untuk mengatasi rambut yang rontok setelah melahirkan adalah mengganti jenis sampo yang digunakan.

Sebaiknya, Moms menggunakan sampo dan kondisioner yang dapat menambah volume rambut. Jenis sampo seperti ini cenderung mengandung bahan-bahan seperti protein yang melapisi rambut dan membuat rambut terlihat lebih penuh.

Hindari sampo yang berlabel “conditioning shampoo” karena mengandung kondisioner berat yang bisa membuat rambut terlihat lepek.

7. Tingkatkan Asupan Vitamin B

Vitamin B sangat penting untuk tubuh, tidak hanya membantu mengurangi cacat lahir pada janin, tetapi juga membantu perkembangan otak bayi dan bahkan dapat membantu meredakan mual.

Tingkatkan asupan vitamin B sebagai cara mengatasi rambut rontok setelah melahirkan.

“Vitamin ini juga telah terbukti membantu mencegah rambut rontok dan penipisan pada rambut ibu, membuatnya ideal untuk digunakan secara resmi pascapersalinan,” ujar Dr. Olivia Khouri.

Baca Juga: 5 Penyakit ini Ternyata Menyebabkan Rambut Rontok

8. Penggunaan Kondisioner yang Tepat

gunakan kondisioner yang tepat

Foto: Orami Photo Stock

Jangan lupakan memakai kondisioner setelah menggunakan sampo, ya, Moms. Memakai kondisioner yang tepat bisa menjadi cara mengatasi rambut rontok setelah melahirkan.

Pilih kondisioner yang diformulasikan untuk rambut halus karena biasanya kandungan bahannya lebih ringan. Lalu, gunakan kondisioner terutama di ujung rambut.

Hindari mengaplikasikan kondisioner di kulit kepala karena dapat memberatkan rambut. Lalu, bilas perlahan dan pastikan tidak ada kondisioner yang tertinggal di rambut.

9. Memotong Rambut

Cleveland Clinic mengatakan, bahwa kerontokan rambut dapat membuat rambut Moms lebih tipis setelah melahirkan.

Jika dirasa hal ini mengganggu, cara mengatasi rambut rontok yang paling efektif adalah memotong rambut dengan model yang baru. Moms tidak perlu lagi repot mengikat rambut ketika sibuk mengurus Si Kecil yang butuh perhatian penuh dari ibunya.

Baca Juga:

Cara Mengatasi Rambut Rontok pada Pria

Tidak hanya pada wanita, tetapi pria yang mengalami kerontokan rambut dapat menjadi penyebab terjadinya kebotakan. Ada banyak cara mengatasi rambut rontok pada pria dengan bahan-bahan alami.

10. Teh Hijau

teh hijau sebagai cara mengatasi rambut rontok pada pria

Foto: Orami Photo Stock

Jika mendengar bahan ini, biasanya orang-orang akan teringat pada olahan makanan dan minuman.

Namun, tak sedikit yang mengetahui bahwa teh hijau mampu menjadi bahan untuk perawatan kulit dan rambut. Termasuk sebagai cara mengatasi rambut rontok pada pria.

Berdasarkan jurnal National Library of Medicine, polyphenolic pada teh hijau bisa mengatasi rambut rontok pada tikus.

Cara penggunaan teh hijau ini dengan cara merebus dua kantong teh hijau, tunggu airnya hingga cukup hangat, oleskan pada akar rambut secara merata. Diamkan selama satu jam, bilas sampai bersih. Ulang perawatan ini secara teratur.

Baca Juga: 3 Masker Rambut Minyak Zaitun untuk Memanjangkan Rambut

11. Cuka

Cuka biasanya digunakan sebagai tambahan di beberapa makanan untuk menambahkan rasa asam. Bukan hanya menjadi bahan penyedap rasa, namun juga bermanfaat bagi kesehatan rambut agar tidak mengalami kerontokan.

Cara mengatasi rambut rontok pada pria dengan cuka adalah dengan menggunakan larutan cuka setelah mencuci rambut, layaknya menggunakan kondisioner. Diamkan selama kurang lebih 2-3 menit, lalu bilas hingga bersih.

Cuka mengandung asam amino dan asetat, vitamin B1 dan B2 yang dapat mengatasi kerontokan dan menjadikan rambut lurus serta berkilau.

12. Telur

telur sebagai cara mengatasi rambut rontok pada pria

Foto: Orami Photo Stock

Bukan hanya menjadi bahan makanan saja, telur memang sudah banyak dikenal sebagai bahan untuk perawatan kecantikan kulit maupun rambut.

Kandungan protein telur yang tinggi mampu mengatasi rambut rontok pada pria.

Francesca J. Fusco, seorang asisten profesor dermatologi di Rumah Sakit Mount Sinai New York, mengatakan bahwa protein dalam salah satu zat pada makanan yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut.

Gunakan satu butir telur yang telah dikocok untuk dijadikan masker pada rambut. Masker ini dapat digunakan sebelum keramas, bilas dengan sampo untuk menghilangkan bau amis hingga bersih.

Itu dia beberapa cara mengatasi rambut rontok. Dicoba di rumah ya, Moms.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait