Kesehatan

21 Juli 2020

4 Cara Alami Mengobati Mulut dan Lidah yang Terbakar

Cukup dengan melakukan perawatan yang ringan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Saat mengonsumsi makanan atau minuman yang terlalu panas, Moms bisa merasakan sensasi terbakar pada lidah atau mulut. Ini adalah kondisi yang umum terjadi, atau disebut sebagai idiopatik glossopyrosis.

Luka bakar ringan ini memang bisa sedikit mengganggu, tetapi tidak perlu khawatir karena bisa sembuh dengan sendirinya. Moms bisa mencari tahu cara mengobati mulut dan lidah yang terbakar.

Cari tahu lebih lanjut tentang cara yang dapat mengobati mulut dan lidah yang terbakar berikut ini.

Baca Juga: 6 Bahan Alami untuk Menyamarkan Luka Bakar, Gunakan Yuk!

Cara Mengobati Mulut dan Lidah Terbakar

Mulut dan lidah terbakar termasuk pada kondisi luka bakar yang ringan, dan biasanya tidak membutuhkan perawatan. Tetapi, Moms bisa melakukan beberapa cara untuk meredakan sensasi terbakarnya.

"Luka bakar ringan pada mulut biasanya tidak memerlukan perawatan, tetapi terdapat luka," kata dokter obat keluarga Matthew Goldman, MD, mengutip Cleveland Clinic.

Untuk membantu mengatasi ketidaknyamanan, Dr. Goldman memberikan rekomendasi yang bisa dilakukan untuk mengobati mulut dan lidah yang terbakar berikut ini:

Baca Juga: Ketahui Cara Mengatasi Bau Mulut saat Hamil di Sini

1. Menjaga Kebersihan Mulut yang Baik

mengobati lidah terbakar-1

Foto: Orami Photo Stock

Menjaga kebersihan mulut membantu mencegah infeksi, terutama jika Moms memiliki luka terbuka atau lepuh pada lidah. Rajin menyikat gigi dua kali sehari di pagi hari dan sebelum tidur.

2. Membilas dengan Garam

mengobati lidah terbakar-2

Foto: Orami Photo Stock

Bilas mulut dengan garam bekerja efektif dua kali lipat untuk mengobati lidah terbakar secara alami, karena meredakan sakit mulut dan menurunkan risiko infeksi.

"Tetapi hindari pembilas mulut berbasis alkohol, karena dapat mengiritasi luka dan meningkatkan rasa sakit," saran Dr. Goldman.

Baca Juga: 5 Penyebab Luka Bakar pada Balita yang Perlu Diwaspadai

3. Menggunakan Petroleum Jelly

mengobati lidah terbakar-3

Foto: Orami Photo Stock

Jika Moms memiliki luka bakar di daerah mulut, maka Moms bisa mengoleskan petroleum jelly untuk mengurangi sensasi luka bakar yang tidak nyaman.

Moms cukup mengoleskan sedikit di bibir dan sudut mulut yang terbakar untuk menjaga kelembapan dan kenyamanan ketika luka bakar akan sembuh.

4. Mengoleskan Madu

mengobati lidah terbakar-4

Foto: Orami Photo Stock

Bila luka bakar tersebut terjadi di lidah, Moms dapat menggunakan madu sebagai tips mengobati mulut dan lidah terbakar yang alami dan menyenangkan.

Mengutip jurnal Annals of Burns and Fire Disasters, madu telah digunakan sebagai bahan yang dapat membantu mempercepat penyembuhan luka pada bisul, luka yang terinfeksi, dan luka bakar.

Pada luka bakar ringan di lidah, disarankan untuk menuangkan air keran ke luka bakar agar menurunkan suhu area yang terbakar. Setelah itu, penggunaan madu bisa langsung dioleskan di lidah.

Itu dia Moms, beberapa tips untuk mengobati mulut dan lidah terbakar dengan cara yang lebih alami. Selamat mencoba.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait