2-3 tahun

2-3 TAHUN
6 Februari 2020

4 Cara Aman Mandi Bubble Bath untuk Anak

Moms harus terus mengawasi anak
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Saat memandikan bayi, biasanya untuk menarik Si Kecil agar mau mandi, orang tua akan menambahkan busa. Hal inilah yang biasanya disebut sebagai bubble bath.

Sebenarnya maksud dan tujuan penggunaan bubble bath untuk mandi bayi, agar suasana mandi terasa menyenangkan saja.

Berdasarkan jurnal dalam U.S. National Library of Medicine, mandi busa dikaitkan dengan waktu yang menyenangkan bagi kaum muda dan relaksasi untuk orang dewasa.

Namun menggunakan bubble bath dalam bak mandi anak juga perlu hati-hati lho Moms. Karena beberapa produk bubble bath mengandung sabun yang dapat menimbulkan iritasi pada kulit Si Kecil.

Baca Juga: Benarkah Bayi Baru Lahir Tak Perlu Dimandikan Setiap Hari?

Tips Mandi Bubble Bath untuk Anak

Bagaimana cara aman mengajak Si Kecil melakukan bubble bath? Simak di bawah ini ya, Moms.

1. Batasi Akses Si Kecil

bubble bath

Foto: Orami Photo Stock

Jadikan kamar mandi tidak dapat diakses oleh anak-anak kecil. Pasang kait pada ketinggian orang dewasa, sehingga anak tidak bisa masuk ketika kita tidak ada untuk mengawasi mereka.

Pastikan pintu tersebut juga dapat membuka kunci apa pun dari luar, sehingga anak-anak tidak dapat mengunci diri di dalam.

2. Jangan Berendam di Bubble Terlalu Lama

bubble bath

Foto: Orami Photo Stock

Hindari anak mandi bubble bath terlalu lama. Meskipun mungkin terlihat seperti ide yang menyenangkan, bubble bath juga dapat menyebabkan iritasi pada bayi dan anak.

“Kita sering mengesampingkan kemungkinan infeksi saluran kemih pada anak-anak yang mandi busa, meskipun terlihat seperti gejala kemerahan dan terbakar biasa,” kata Dr. Alan Rosenthal, dokter anak.

Solusinya, jangan terlalu lama di air yang ada gelembungnya, terutama untuk anak yang memiliki riwayat infeksi saluran kemih.

Baca Juga: 3 Manfaat Mandi Garam Epsom untuk Anak, Patut Dicoba!

3. Jangan Tinggalkan Anak

bubble bath

Foto: Orami Photo Stock

Sekalipun anak yang sedang mandi bubble bath adalah Si Kecil yang berusia 3 atau 4 tahun, Moms sama sekali tidak boleh meninggalkannya.

Sesuatu hal yang buruk dan tidak diinginkan bisa terjadi dengan cepat, bahkan hanya dalam waktu 1 menit saja. Jadi jangan biarkan anak tanpa pengawasan selama ia mandi.

4. Pilih Jenis Sabun yang Tepat

bubble bath

Foto: Orami Photo Stock

Bereksperimenlah dengan berbagai produk mandi anak. Beberapa anak memiliki kulit yang sensitif atau kering; beberapa anak memiliki masalah kulit eksim atau alergi yang berbeda atau mandi lebih banyak atau lebih sedikit daripada anak lainnya

Manfaatkanlah waktu-waktu ini untuk memilih sabun bubble bath yang tepat untuk Si Kecil. Jangan sampai produk yang kita pilih salah.

Baca Juga: Tips Memandikan Bayi Baru Lahir, Moms Wajib Tahu!

Dengan mengikuti cara-cara di atas, Si Kecil akan senang bisa mandi bubble bath, tanpa mengalami masalah kulit yang berbahaya.

Artikel Terkait