Rupa-rupa

1 Juni 2021

Cara Bermain Karambol, Seru Dimainkan saat Kumpul Keluarga

Permainan papan yang banyak digemari
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Adeline Wahyu

Moms ingin tahu bagaimana cara bermain karambol? Walau sedikit rumit, permainan satu ini akan sangat seru jika sudah dipahami.

Menggunakan strategi di setiap langkahnya, karambol sangat cocok bagi Moms yang suka permainan melibatkan pikiran.

Karambol atau Carrom adalah permainan yang telah lama dimainkan di seluruh bagian India dan Asia Tenggara. Tetapi permainan ini menjadi semakin populer di sebagian besar belahan dunia lainnya selama beberapa abad terakhir.

Peraturan dan regulasi standar permainan karambol sudah diatur oleh ICF (Internasional Carrom Federation). ICF telah megumumkan aturan internasional karambol yang disebut dengan “hukum karambol”

ICF bertugas sebagai badan organisasi untuk mengatur permainan karambol secara profiesional maupun tidak. Organisasi ini juga mengatur peringkat pemain, memberikan sanksi, dan memberikan penghargaan. ICF memiliki banyak afiliasi atau rekan nasional, diantaranya seperti All-India Carrom Federation, Australian Carrom Federation, dan United States Carrom Association.

Secara umum, dua atau empat orang bisa bermain karambol. Jika dua, para pemain duduk berseberangan, sementara dengan empat, dua lawan yang berlawanan adalah aliansi. Sebagai pengecualian, pemain dapat bermain dengan tiga pemain melawan satu sama lain untuk mendapatkan poin.

Sudah mulai tertarik? Ini dia Moms, apa saja yang harus dipersiapkan dan bagaimana cara bermain karambol.

Baca Juga: Ini 5 Manfaat Mengajarkan Catur Pada Si Kecil Sejak Dini

Perlengkapan Cara Bermain Karambol

KC582-pichenotte-carrom-f-01-r.jpg

Foto: pinterest.com

Sebelum tahu cara bermain karambol, pertama kali yang harus disiapkan adalah papan sebagai media bermainnya. Papan karambol adalah papan kayu pipih datar berbentuk persegi yang berukuran 72cm atau 74cm persegi dan harus ditempatkan 60-70cm di atas tanah. Di setiap sudut ada lubang melingkar yang berdiameter 51mm dan di bawah setiap lubang ada jaring untuk menangkap potongan dengan cara yang mirip meja snooker.

Ada sembilan buah bidak berwarna gelap atau hitam dan berwarna terang atau putih, satu buah berwarna merah yang disebut "Ratu". Biasanya, orang yang sering bermain karambol memiliki striker mereka sendiri.

Pada beberapa papan, tepung kentang, debu kapur, atau pelumas lainnya digunakan untuk membuat potongan lebih mudah meluncur di atas permukaan papan. Namun bentuk pelumas yang paling populer adalah asam borat.

Baca Juga: 8 Permainan Yang Mama Bisa Lakukan Bersama Bayi 7-9 Bulan

Persiapan Cara Bermain Karambol

5319Carrom (1).png

Foto: dellaadventure.com

Dalam cara bermain karambol, untuk memutuskan siapa yang jalan lebih dulu, satu pemain harus memegang bidak yang disembunyikan di satu tangan.

Jika lawan menebak dengan benar, lawan memilih siapa yang pergi lebih dulu, jika tidak, pemain yang menyembunyikan bidak yang memilih. Orang yang bermain pertama bertujuan untuk mengantongi bidak putih.

Cara bermain karambol yang lain adalah menggunakan wasit. Jika pemain bisa menebak karambol apa yang ditebak di masing-masing tangan wasit, ialah yang menjadi pemenang undian dan berhak menyerang terlebih dahulu.

Untuk memulai, Ratu ditempatkan di tengah papan. Enam buah bidak diletakkan mengelilingi Ratu di dalam lingkaran, masing-masing menyentuh Ratu dan tetangga mereka.

Dua belas keping sisanya diposisikan di sekitar lingkaran dalam yang terdiri dari enam buah, sehingga setiap bagian luar menyentuh lingkaran dalam. Kedua lingkaran harus memiliki potongan warna yang berbeda.

Baca Juga: Ini Dia Laptop Asik Untuk Main Game dan Nonton Film!

Cara Bermain Karambol

Berikut beberapa cara bermain karambol yang bisa Moms dan keluarga coba. Yuk kita cari tahu.

1. Striking

Carrom-Board-Game.jpg

Foto: pinterest.com

Bagi yang berhasil akan memberikan hak kepada pemain untuk menembak lagi, merupakan hasil penentuan akhirnya. Artinya, pemain dapat memasukkan semua bidak dan melindungi ratu sejak awal permainan, tanpa memberikan lawan kesempatan untuk menembak.

Bagi pemain yang mengantongi ratu, diharuskan untuk segera menutupinya dengan salah satu bidak/pasukan karambol ketika mendapat hak tembakan.

Jika pemain gagal menutupi ratu, maka ratu akan dikembalikan ke tengah meja atau papan karambol. Langkah gagal tersebut adalah hal ilegal, karena ratu harus selalu tertutup.

Thumbing diperbolehkan oleh ICF yang memungkinkan pemain untuk menembak dengan jari manapun, termasuk jempol (disebut juga thumbing, thumbshot, atau thumb hit).

Jika melewati garis diagonal di papan dengan menyentuhnya dan memasukkan striker, hal tersebut merupakan bentuk pelanggaran. Seorang pemain harus memastikan bahwa pukulannya tidak melanggar atau melewati garis diagonal secara aerial / fisik.

Seorang pemain yang melakukan pelanggaran harus mengembalikan saatu karambol yang sudah dikantonginya. Dikenai pula pinalti, biasanya sebesar 10 poin.

2. Melindungi Ratu

133bcd6142968d5d167a3fce96a0b41d.jpg

Foto: pinterest.com

Setelah tahu cara bermain karambol untuk menyerang atau striking, maka Moms sudah tidak asing lagi dengan cover atau menutupi bidak ratu yang harus dilakukan oleh pemain.

Berikut ini adalah penjelasan bagaimana bidak ratu dimainkan di atas papan karambol.

Seorang pemain hanya dapat mengantongi dan menutupi ratu jika pemain tersebut telah mengantongi setidaknya satu bagian dari warna pemain tersebut.

Jika seorang pemain mengantongi ratu sebelum diizinkan untuk menutupinya, giliran akan terus berlanjut tetapi ratu dikembalikan ke tengah di akhir giliran.

Jika seorang pemain mengantongi ratu dan salah satu bidak miliknya pada giliran yang sama, ini dihitung bahwa pemain telah melindungi ratu. Pemain seperti itu harus sudah mengantongi setidaknya satu bidak untuk menutupi ratu seperti biasa.

Ketika seorang pemain mengantongi ratu tetapi tidak menutupinya, ratu akan dikembalikan sedekat mungkin ke lingkaran tengah oleh lawan.

Baca Juga: 4 Jenis Permainan untuk Mengasah Kemampuan Motorik Balita

Pelanggaran Cara Bermain Karambol

133bcd6142968d5d167a3fce96a0b41d.jpg

Foto: pinterest.com

Ketika seorang pemain melakukan pelanggaran, giliran akan segera berakhir dan penalti diberikan.

Hukumannya adalah satu bidak yang dikantongi dikembalikan ke papan oleh lawan dimanapun di dalam lingkaran utama.

Hal yang normal jika bidak ditempatkan untuk memberikan keuntungan bagi lawan.

Pelanggaran dicatat dalam situasi berikut:

  • Striker atau bidak lainnya meninggalkan papan.
  • Seorang pemain mengantongi bidak lawan.
  • Seorang pemain mengantongi bidak lawan terakhir. Terlepas dari apakah ratu telah dilindungi, bidak lawan dikembalikan ke tengah selain bidak penalti.
  • Seorang pemain mengantongi bidak terakhir sebelum Ratu ditutup. Dalam hal ini baik bidak yang dikantongi dan bidak penalti dikembalikan ke tengah.
  • Seorang pemain melanggar aturan untuk menyerang.
  • Seorang pemain menyentuh bagian mana pun dalam permainan, selain striker.
  • Pemain pertama yang melakukan serangan gagal mematahkan serangan balik dalam tiga kali percobaan.

Scoring

Di akhir permainan, pemenang mencetak satu poin untuk setiap bidak lawan yang tersisa di papan. Jika pemenang juga menutupi ratu, bonus lima poin akan dicetak. Skor maksimum untuk satu pertandingan adalah 14 poin.

Pertandingan biasanya dimainkan hingga 29 poin dan untuk permainan pertandingan, jika skor pemenang telah mencapai 24 poin atau lebih, maka lima poin bonus tidak ditambahkan untuk melindungi ratu.

Baca Juga: Permainan yang Merangsang Calistung pada Anak

Nah itu dia Moms cara bermain karambol. Sangat seru untuk dimainkan ketika sedang kumpul keluarga, lho!

  • https://www.carrom.co.uk/carrom-rules/
  • https://www.mastersofgames.com/rules/carrom-rules.htm
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait