Rupa-rupa

1 Juni 2021

Bagaimana Cara Bermain Ludo? Berikut Langkahnya

Bisa dijadikan permainan bersama keluarga
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Adeline Wahyu

Ludo merupakan permainan papan yang cukup populer. Tidak hanya dimainkan secara langsung, kini sudah banyak permainan ludo yang tersedia dalam bentuk aplikasi. Cara bermain ludo ternyata cukup mudah, lho, Moms.

Cara bermain ludo bisa dilakukan oleh dua hingga empat orang pemain. Untuk mencapai tujuan, setiap pemain bisa memainkan bidaknya secara bergantian dengan langkah yang ditentukan dari kocokan dadu.

Jika seorang pemain berhasil bertahan dan mencapai pusat dengan keempat bidak terlebih dahulu, itulah pemain yang memenangkan Ludo!

Seperti permainan silang dan lingkaran lainnya, Ludo berasal dari permainan India Pachisi, tetapi lebih sederhana. Permainan dan variasi ludo sangat populer di banyak negara dan dengan berbagai nama.

Ini dia apa yang harus disiapkan sebelum bermain ludo, serta cara bermain ludo yang mudah dan dijamin seru!

Baca Juga: 8 Permainan Indoor untuk Melatih Motorik Bayi

Sejarah Permainan Ludo

depositphotos_272248376-stock-photo-picture-man-playing-ludo-game.jpg

Foto: freepik.com

Sebelum mengetahui cara bermain ludo, ada baiknya kita ketahui sejarahnya terlebih dahulu.

Pachisi diciptakan di India pada abad ke-6. Bukti paling awal evolusi game ini di India adalah penggambaran papan di gua-gua Ellora.

Versi aslinya juga dijelaskan dalam kisah terkenal India, Mahabharata, di mana Shakuni menggunakan dadu terkutuk untuk mengalahkan Pandawa dan akhirnya setelah kehilangan segalanya, Yudhisthira mempertaruhkan istrinya, Dropadi, dan kehilangannya juga.

Namun, Pandawa mendapatkan semua harta mereka kembali setelah Dropadi bersumpah untuk mengutuk seluruh garis keturunan Kuru. Tetapi hal tersebut berhenti karena campur tangan Gandhari.

Melihat kesempatan untuk melampiaskan amarah Dropadi, raja Kuru Dhritarashtra berjanji untuk mengembalikan Pandawa, semua yang telah mereka hilangkan dari permainan tersebut.

Permainan serupa pachisi juga dikenal sebagai Chaupar di zaman kuno. Versi kontemporer dimainkan oleh kaisar Mughal di India; salah satu contohnya adalah Akbar.

Pachisi telah dimodifikasi untuk menggunakan dadu kubik dengan cangkir dadu dan dipatenkan sebagai "Ludo" di Inggris pada tahun 1896. Angkatan Laut Kerajaan mengambil Ludo dan mengubahnya menjadi permainan papan Uckers.

Papan Ludo

depositphotos_354409200-stock-illustration-ludo-board-game-vector-illustration.jpg

Foto: everypixel.com

Cara bermain ludo yang pertama adalah tentu harus memahami papan tempat dimana bidak-bidak ludo dimainkan.

Area khusus papan Ludo biasanya diwarnai kuning cerah, hijau, merah, dan biru. Setiap pemain diberi warna dan memiliki empat bidak dalam warnanya.

Papan ludo biasanya berbentuk persegi dengan ruang bermain berbentuk tanda plus, dengan setiap lengannya memiliki tiga kolom persegi, biasanya berisi enam per-kolom.

Kolom tengah biasanya memiliki lima kotak berwarna, yang mewakili kolom rumah pemain. Kotak berwarna keenam yang tidak ada di kolom beranda adalah kotak awal pemain.

Di tengah papan adalah kotak finishing besar, sering kali terdiri dari segitiga berwarna di atas kolom rumah pemain (dengan demikian menggambarkan "panah" yang menunjuk ke finish).

Baca Juga: 4 Alasan Anak Suka Main Game

Cara Bermain Ludo

Ludo-1.jpg

Foto: pinterest.com

Cara bermain ludo, pemain bergiliran searah jarum jam. Pemain pertama ditentukan dengan lemparan dadu yang memiliki tertinggi.

Setiap lemparan, pemain bisa memutuskan bidak mana yang akan dipindahkan. Satu bidak hanya bergerak searah jarum jam di sekitar trek yang diberikan oleh nomor yang dilempar.

Untuk menggerakkan bidak dari rumah, diperlukan angka dadu 6. Jika seorang pemain mendapatkan angka dadu 6 dua kali, maka ia bisa menentukan selanjutnya untuk melangkahkan bidak yang sudah keluar, atau mengeluarkan bidak baru.

Jika ketiga kalinya pemain mendapatkan 6, maka langkahnya akan dilempar ke pemain selanjutnya (ia tidak bergerak 6 langkah).

Jika bidak mendarat di atas bidak dengan warna yang sama, ini akan membentuk balok. Blok ini tidak bisa dilewati atau didaratkan oleh bidak lawan.

Pemain harus selalu memindahkan bidak sesuai dengan nilai dadu yang diperoleh.

Setelah seorang pemain memiliki satu atau lebih bidak dalam permainan, ia bisa memilih sebuah bidak dan memindahkannya ke depan sepanjang trek jumlah kotak yang ditunjukkan oleh dadu.

Jika bidak lawan menghalangi jalur, maka bidak harus mendarat di ruang yang sama dengan bidak lawan untuk menangkapnya.

Bila kemajuan bidak berakhir di kotak yang ditempati oleh bidak lawan, maka bidak lawan akan dikeembalikan ke rumah dan harus mengulang kembali dari awal.

Pemenang dalam Ludo

depositphotos_272246588-stock-photo-picture-man-playing-ludo-game.jpg

Foto: feepik.com

Ketika bidak pemain telah mencapai kolom beranda dengan warnanya sendiri, bidak tersebut melanjutkan gerakannya ke tengah ke kotak segitiga yang merupakan rumahnya.

Saat lemparan dadu pemain mendaratkan bidak di segitiga rumah, bidak itu telah menyelesaikan perjalanannya. Sebuah bidak hanya dapat dipindahkan ke segitiga rumah dengan angka dadu yang tepat.

Pemain pertama yang keempat bidaknya menyelesaikan perjalanannya adalah pemenangnya. Pemain yang tersisa dapat melanjutkan permainan untuk menentukan runner-up.

Baca Juga: 7 Pilihan Game Indoor yang Bisa Dimainkan Anak Jaman Sekarang

Itu dia Moms informasi cara bermain ludo hingga bagaimana memainkan permainan papan satu ini.

  • https://www.mastersofgames.com/rules/ludo-rules-instructions-guide.htm
  • https://www.ymimports.com/pages/how-to-play-ludo
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait