Rupa-rupa

3 Juni 2021

Cari Tahu Cara Bermain Werewolf, Game Seru yang Bisa Dinikmati Bersama Keluarga

Game seru untuk saat kumpul bersama
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Karla Farhana

Ketika berkumpul besama teman atau keluarga, ada kalanya merasa bosan dan ingin melakukan sebuah permainan untuk mencairkan suasana. Moms dan keluarga, bisa coba bermain werewolf. Cara bermain werewolf cukup mudah, sehingga bisa dimainkan oleh segala usia.

Jika Moms masih bingung langkah bermain game satu ini, maka jangan lewatkan informasi seputar cara bermain werewolf berikut.

Baca Juga: Singkirkan Gadget! Ini 7 Manfaat Permainan Tradisional untuk Anak-anak

Cara Bermain Werewolf

Sebelum memulai permainan ini, ada baiknya kamu mengetahui latar belakang cerita terlebih dahulu. Tanpa mengetahuinya, sulit rasanya Moms bisa menikmati permainan ini tanpa harus kebingungan. Nah, berikut latar belakang cerita Werewolf.

Latar Belakang Cerita

sa.jpg

Foto: werewolfplay.com

Game werewolf merupakan permainan unik karena akan ada alur cerita yang kita ikuti, hingga dapat memilih siapakah werewolf diantara pemain. Pahami alur cerita sebelum tahu cara bermain werewolf. Awas, jangan sampai membunuh villager yang tidak bersalah!

Latar belakang cerita dimulainya game werewolf adalah, ketika sebuah desa didatangi oleh siluman berwujud serigala (werewolf) yang memakan warga desa (villager) ketika malam tiba.

Bila hari berganti siang, werewolf akan menyamar seolah-olah mereka adalah para villager yang juga terkejut dengan penemuan mayat dengan luka gigitan.

Disinilah tugas para villager untuk menginterogasi orang-orang yang mencurigakan, serta menebak apakah benar mereka werewold atau bukan.

Dalam proses interogasi, akan ada bala bantuan dari orang-orang profesional yang mengumpulkan berbagai bukti apakah benar orang tersebut adalah werewolf atau bukan. Mereka adalah Seer dan Detektif. Sedangkan proses interogasi akan dipimpin oleh moderator, yang juga pemegang time table permainan.

Baca Juga: Benarkah Board Games dapat Mencegah Penurunan Kognitif?

Pembagian Peran Pemain

1473896212-roles-bg.jpg

Foto: pinterest.com

Cara bermain werewolf yang pertama adalah tahu pembagian peran untuk setiap pemain. Sebelum memulai waktu malam hari yang juga mengawali peramainan, akan ada moderator yang membagi peran untuk setiap pemain. Jika Moms terpilih menjadi moderator, maka ini adalah penjelasan pembagian peran pemain.

1. Moderator

Sebelum mulai permainan, moderator bertugas untuk membagi peran bagi setiap orang. Pembagian tersebut bisa menggunakan kertas atau bisikan.

Moderator juga merupakan orang yang membaca hasil vote sebelum membunuh werewolf dan membuat pengumuman tentang apa yang terjadi, untuk melindungi identitas werewolf, seer, detektif, dan villager.

Moderator akan memastikan permainan dimainkan sesuai aturan, sehingga tidak ada kecurangan. Peran ini adalah yang termudah dalam permainan, karena moderator tidak bisa benar-benar menang atau kalah. Tetapi adalah yang paling sulit karena memiliki tanggung jawab selama permainan berjalan. Dibutuhkan banyak usaha untuk tetap diam tidak mengungkapkan identitas pemain, ketika semua orang sedang bertengkar satu sama lain.

Secara garis besar, tugas moderator adalah:

  • Memberi tahu perubahan waktu siang dan malam hari.
  • Mengumpulkan hasil vote pemain.
  • Membacakan hasil vote untuk siapa yang akan dibunuh.
  • Mengumumkan siapa yang terbunuh oleh werewolf di malam hari.
  • Memantau jumlah pemain.
  • Memberi clue untuk seer dan detektif jika diperlukan.

Baca Juga: Kenali 6 Manfaat Berbagai Area Permainan Anak di Sekolah

2. Villager/Penduduk Desa

Secara individu, karakter villager merupakan peran terlemah dalam game, tetapi secara kolektif dapat membunuh serigala dan memenangkan permainan. Kumpulkan suara dan pilih siapa werewolf itu, lalu yakinkan yang lain untuk membunuh mereka.

3. Seer/Peramal

Seorang seer dapat membaca apakah seseorang adalah werewolf atau bukan. Tetapi, mereka akan kesulitan untuk meyakinkan yang lain.

Karena saat berusaha mengungkapkan fakta werewolf, bisa jadi erewolf yang terancam akan menuduh seer adalah seorang werewolf yang menyamar. Jika tidak bisa berargumen, bisa jadi seer juga divote oleh warga.

Seer yang dapat melihat peran orang lain, membuat perannya sangat berbahaya bagi werewolf. Ketika seer terlalu memperlihatkan identitasnya, bisa jadi ia akan diincar oleh werewolf dan dibunuh saat malam tiba.

Baca Juga: Benarkah Board Games dapat Mencegah Penurunan Kognitif?

4. Detektif

Hampir sama dengan seer, detektif akan mengumpulkan fakta atau clue mengenai siapakah werewolf di dalam permainan.

Dalam satu kali ronde, detektif bisa bertanya pada moderator tentang satu nama pemain: apakah ia werewolf atau bukan? Dan moderator akan menjawab dengan "ya" atau "tidak."

Maka, tugas detektif selanjutnya sama beratnya dengan seer untuk meyakinkan warga atau resikonya adalah terbunuh oleh werewolf yang terancam.

5. Werewolf

Merupakan penjahat dalam permainan ini dan harus segera ditangkap. Werewolf akan datang pada malam hari dan memakan korbannya hidup-hidup. Bisakah villager menangkapnya sebelum dia beraksi kembali?

Sebagai werewolf, pemain memiliki kekuatan paling besar dalam game. Setiap malam, werewolf bisa memilih villager untuk dibunuh dan dihapus dari permainan. Tentu saja, villager ingin membunuh werewolf dan melindungi hidup mereka sendiri.

Maka strategi yang dapat diterapkan adalah dengan mengalihkan kecurigaan mereka ke orang lain dalam permainan, menipu mereka agar percaya bahwa werewolf juga adalah salah satu villager.

Strategi selanjutnya yang bisa diterapkan werewolf adalah, segera temukan dan bunuh seer serta detektif karena merupakan ancaman terbesar. Werewolf dapat menaruh kecurigaan pada mereka dengan berpura-pura menjadi seer atau detektif, melontarkan tuduhan pada orang lain (ini benar-benar hanya bekerja sekali, karena "visi" akan segera terbukti salah, dan akan menjadi bumerang jika digunakan secara sembarangan, karena otomatis membuat pemain menjadi yang paling dicurigai).

Baca Juga: Ini Dia Laptop Asik Untuk Main Game dan Nonton Film!

Yuk, Bermain Werewolf

1473896165-playwerewo.jpg

Foto: pinterest.com

Setelah tahu latar belakang dan alur cerita werewolf, serta sudah memiliki peran yang dibagikan oleh moderator, maka sekarang adalah saatnya mulai memainkan game ini bersama teman dan keluarga.

Untuk game dengan tujuh pemain atau kurang, satu werewolf sudah cukup. Namun untuk game delapan atau lebih, bisa menggunakan dua werewolf. Jika jumlah pemain melebihi 15, tambahkan serigala ketiga, dan tambahkan serigala keempat setelah 23.

Ini dia Moms, cara bermain werewolf. Yuk disimak!

Baca Juga: 4 Alasan Anak Suka Main Game

Malam Hari

Pada malam hari, werewolf akan memilih villager dan memakannya saat mereka tidur. Seer akan memilih seseorang untuk dibaca dan melihat apakah mereka adalah werewolf atau bukan.

Moderator membuka permainan dengan mengatakan, "Sekarang malam hari, semua orang menutup mata dan menyenandungkan lagu pengantar tidur untuk dirimu sendiri sampai pagi."

Lalu ucapkan, "Werewolf, buka matamu dan pilih korban untuk pesta malam ini."

Werewolf akan menunjuk kepala korban untuk memilih.

Setelah werewolf sudah memastikan korbannya, katakan, "Baiklah, korban malam ini telah dipilih. Werewolf, tutup matamu."

Sekarang ucapkan "Seer, buka matamu dan tunjuk orang yang jiwanya ingin kamu lihat." Serta katakan, "Detektif, pilih satu nama yang ingin kamu selidiki."

Jika seer dan detektif sudah menunjukkan siapa yang ingin dibaca, moderator dapat mengumumkan "werewolf" atau "villager" sesuai dengan kartu individu tersebut.

Pagi Hari

Pada pagi hari, pemain bisa mengaku tidak bersalah, meragukan kesaksian orang lain, atau menuduh satu sama lain. Pemain bisa mengatakan apa saja, tetapi orang mati harus tetap diam.

Pada akhirnya, akan ada pemungutan suara tentang siapa yang menurut villager adalah werewolf, dan orang yang tidak beruntung itu akan digantung. Jika orang yang digantung adalah werewolf, permainan akan berakhir dan seluruhvillager akan hidup. Namun, jika orang yang digantung tidak bersalah, permainan berlanjut, dan Werewolf akan menemukan korban baru malam itu.

Baca Juga: Seru dan Menyenangkan! Ini 4 Manfaat Permainan Simbolik untuk Balita

Seru dan mudah sekali bukan Moms? Itu dia cara bermain werewolf yang bisa menjadi agenda permainan keluarga ketika berkumpul bersama.

  • https://www.instructables.com/Play-Werewolf/

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait