Fashion & Beauty

31 Agustus 2021

7 Cara Cepat Memanjangkan Kuku secara Alami, Wajib Coba!

Moms bisa tiru cara cepat memanjangkan kuku ini!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Merna
Disunting oleh Adeline Wahyu

Ada banyak cara cepat memanjangkan kuku secara alami yang bisa Moms gunakan. Tak perlu menggunakan obat-obatan khusus karena Moms bisa menggunakan cara dan bahan yang alami.

Bagi perempuan, kuku menjadi salah satu hal yang bisa mempercantik tampilan. Oleh karena itu, tak sedikit perempuan yang memanjangkan kuku miliknya. Kuku yang dipanjangkan bisa dicat dengan menggunakan cat kuku dan bisa dihias dengan nail art.

Pertumbuhan kuku dipengaruhi oleh banyak faktor. Mulai dari karena hormon, usia, suhu cuaca, kebiasaan, hingga kesehatan kuku tersebut. Menurut situs Healthline.com, kuku orang dewasa bisa tumbuh kira-kira 0,36 cm saja per bulannya.

Jadi untuk menumbuhkan kuku hingga panjang sempurna untuk dihias dengan nail art, membutuhkan waktu sekitar enam bulan lamanya.

Baca Juga: 5 Cara Merawat Kuku Agar Selalu Sehat dengan Bahan Alami

Cara Cepat Memanjangkan Kuku secara Alami

Cara Cepat Memanjangkan Kuku

Foto: www.saga.co.uk

Untuk memanjangkan kuku, Moms bisa menggunakan cara cepat memanjangkan kuku dengan cara alami. Dengan cara alami, maka kuku akan tetap sehat dan tidak ada efek samping yang akan terjadi.

Di bawah ini ada beberapa cara cepat memanjangkan kuku secara alami, yaitu:

1. Gunakan Campuran Air Lemon dan Putih Telur

Cara cepat memanjangkan kuku secara alami adalah dengan menggunakan campuran air lemon dan putih telur. Ramuan ini dipercaya bisa memanjangkan kuku dengan cepat.

Kandungan vitamin C yang tinggi pada lemon mampu merangsang pertumbuhan kuku menjadi lebih cepat. Sedangkan putih telur yang mengandung protein tinggi bisa membantu kuku jadi lebih kuat sehingga tidak mudah patah saat tumbuh.

Campur 1 sendok makan perasan lemon dengan 1 sendok makan putih telur. Jadi perbandingannya ini 1:1 ya Moms! Oleskan campuran tersebut pada kuku dan diamkan selama 10-15 menit saja lalu bilas dengan air bersih.

Lakukan hal tersebut sebanyak 2-3 kali selama seminggu. Jika di rumah tidak ada lemon, Moms juga bisa menggunakan jeruk nipis.

Baca Juga: Jamur Kuku: Penyebab, Jenis, Gejala, hingga Penanganannya

2. Oleskan Campuran Minyak Zaitun dan Bawang Putih

Cara Cepat Memanjangkan Kuku dengan Minyak Zaitun dan Bawang Putih

Foto: www.frescolio.ca

Selain menggunakan campuran air lemon dan putih telur, Moms juga bisa menggunakan campuran minyak zaitun dan bawang putih sebagai cara cepat memanjang kuku secara alami.

Minyak zaitun mengandung vitamin E yang bisa melancarkan aliran darah pada kuku sehingga dapat membuatnya tumbuh dengan lebih cepat. Sedangkan bawang putih memiliki kandungan yang bisa merangsang pertumbuhan kuku cepat dan juga menjadikan kuku lebih kuat.

Campurkan satu sendok makan minyak zaitun dengan satu siung bawang putih yang sudah dicincang halus atau diparut. Serekag dicampurkan, oleskan ke kuku secara merata dan diamkan selama 10-120 menit lalu bilas dengan air bersih.

Baca Juga: Sering Disepelekan, Ternyata Ini Lho Penyebab Kuku Cantengan

3. Rendam Kuku dalam Air Beras

Cara cepat memanjangkan kuku secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan air beras atau air cucian beras.

Sudah bukan rahasia lagi kalau air beras selalu digunakan dalam dunia kecantikan. Ternyata air beras ini bisa digunakan sebagai cara cepat memanjangkan kuku.

Dalam air beras terdapat beberapa kandungan yang bisa berfungsi untuk memanjangkan kuku.

Moms cukup merendam kuku dalam air beras selama kurang lebih 10 menit saja dan bilas dengan air bersih. Lakukan perawatan ini sebanyak 2-3 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

4. Jangan Potong Kutikula

Cara Cepat Memanjangkan Kuku, Tidak Memotong Kutikula

Foto: huffingtonpost.com

Salah satu cara cepat memanjangkan kuku secara alami adalah dengan tidak memotong kutikula pada kuku.

Kutikula kuku adalah sebuah lapisan kulit pada bagian pangkal tempat tumbuhnya kuku. Bagian pangkal kuku ini berungsi untuk menghalangi jamur dan bakteri sehingga jika Moms memotongnya, maka sistem perlindungan alami pada kuku akan menghilang dan mengakibatkan kuku akan sulit tumbuh subur.

Selain jangan memotong kutikula, Moms juga jangan sering-sering menggigit kuku. Kebiasaan menggigit kuku memang banyak dilakukan oleh perempuan, terutama saat mereka merasa gugup.

Kuku yang sering digigiti akan terganggu pertumbuhannya. Selain itu, kuku juga akan terlihat tidak sehat.

Baca Juga: Kuku Mudah Patah, Berikut 3 Cara Mengatasinya

5. Hindari Cairan Penghapus Kutek

Cara Cepat Memanjangkan Kuku

Foto: parenting.firstcry.com

Cara cepat memanjangkan kuku yang alami adalah dengan tidak menggunakan cairan penghapus kutek atau nail polish serta lem kuku.

Menurut sebuah penelitian, Side Effects of Nail Cosmetics, kuku yang sering terkena bahan kimia seperti penghapus kutek atau lem kuku. Hal ini bisa mengakibatkan kuku tidak sehat, menjadi kusam, dan pertumbuhannya terganggu.

Jika ingin menggunakan penghapus kutek, lem kuku, serta kutek, usahakan yang menggunakan formula berbasis air sehingga bebas racun.

6. Gunakan Sarung Tangan saat Mencuci Piring

Ketika mencuci piring, Moms menggunakan sarung tangan atau tidak? Jika ingin cepat memanjangkan kuku, maka sebaiknya gunakan sarung tangan saat mencuci piring.

Hal ini dikarenakan produk pembersih seperti sabun cuci piring yang tidak lembut di kulit tangan bisa merusak kesehatan kuku karena bisa membuat kuku kering dan merusak keratin dalam kuku.

Jika tak ingin menggunakan sarung tangan, cobalah untuk mencari sabun cuci tangan yang lembut dan ramah di tangan. Setelah mencuci piring, keringkan tangan dengan betul hingga kering dan gunakan lotion atau pelembab untuk mencegah tangan dan kuku menjadi kering.

Baca Juga: 11 Contoh Kuku yang Tidak Sehat, Bisa Jadi Tanda Anemia Hingga Penyakit Jantung

7. Konsumsi Makanan Berprotein Tinggi

Cara Cepat Memanjangkan Kuku dengan Protein

Foto: jakpost.net

Cara cepat memanjangkan kuku secara alami yang terakhir adalah Moms bisa mengonsumsi makanan berprotein tinggi dan juga mengandung sistein, folat, zinc, vitamin A dan C.

Selain itu, konsumsi juga makanan yang mengandung biotin seperti telur, ikan sarden, kacang-kacangan, gandum utuh, pisang, jamur, dan kembang kol.

Biotin adalah vitamin B7 yang berperan untuk membantu mengubah makanan menjadi energi.

Dari penelitian yang berjudul Vitamins and Minerals: Their Role in Nail Health and Disease, biotin dengan dosis 2,5 mg yang diminum setiap hari bisa mempercepat pertumbuhan dan meningkatkan kekuatan kuku hanya dalam beberapa minggu saja.

Ada banyak juga kan Moms cara cepat memanjangkan kuku secara alami. Moms bisa segera mencobanya di rumah. Semoga kuku Moms bisa cepat panjang dengan cara alami ya!

  • https://www.byrdie.com/how-to-grow-nails-fast-4773958
  • https://www.womanandhome.com/beauty/repair-damaged-nails-334795/
  • https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-to-make-your-nails-grow-faster#bottom-line
  • https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/how-fast-do-nails-grow#factors-that-affect-nail-growth
  • https://onlinelibrary.wiley.com/doi/full/10.1111/j.1473-2165.2005.00313.x
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait