Kesehatan

26 April 2021

5+ Cara Cepat Mengatasi Asam Lambung Naik, Salah Satunya Kelola Stres!

Ternyata tak cuma dengan minum obat, lho
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Mengetahui cara mengatasi asam lambung sangatlah penting. Terlebih untuk Moms yang sering mengalami kondisi ini. Rasanya mengalami asam lambung di saat yang tidak tepat tentulah tidak menyenangkan.

Cara mengatasi asam lambung bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Dari mulai minum obat hingga memperbaiki pola hidup. Meski demikian, Moms juga perlu menghindari hal-hal yang membuat asam lambung naik, ya!

Asam lambung naik adalah salah satu keluhan yang cukup umum dialami banyak orang. Belum lagi kondisi ini memang sangat mengganggu dan bikin Moms tidak nyaman.

Oleh karena itu, Moms harus tahu bagaimana cara mengatasi asam lambung naik dengan cepat tetapi aman. Jadi, pelajari berbagai cara mengatasi asam lambung naik di bawah ini, yuk.

Baca Juga: Benarkah GERD Bisa Menyebabkan Bau Mulut? Begini Penjelasan Lengkapnya

Kenapa Asam Lambung Bisa Naik?

GERD Penyakit Asam Lambung yang Mirip dengan Serangan Jantung.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Sebelum mencari cara mengatasi asam lambung naik, Moms harus memahami dulu bagaimana asam lambung bisa naik. Seperti yang dijelaskan dalam WebMD, pada bagian atas lambung terdapat lingkaran otot bernama sfingter esofagus bawah (LES).

Lingkaran otot ini bisa melemas (membuka) dan mengencang (menutup) sendiri sesuai dengan aktivitas pencernaan Moms.

Kalau Moms sedang makan, otot tersebut akan melemas sehingga makanan bisa diturunkan ke lambung. Setelah itu, otot akan mengencang lagi supaya makanan yang sudah masuk ke lambung bisa dicerna dengan baik, tidak naik lagi ke atas.

Nah, kalau otot sfingter esofagus bawah Moms tidak segera menutup lagi habis makan atau terlalu sering terbuka, asam yang diproduksi oleh lambung bisa lantas naik ke atas hingga kerongkongan. Inilah yang disebut dengan asam lambung naik.

Baca Juga: 8 Manfaat Minum Air Putih Bagi Kesehatan

Tanda dan Gejala Asam Lambung Naik

maag 1

Foto: Orami Photo Stock

Ketika asam lambung naik, Moms akan merasakan berbagai tanda dan gejala yang cukup mengganggu. Menurut WebMD, di antaranya adalah:

  • Dada terasa perih, sesak, atau panas terbakar. Kadang keluhan ini terasa sampai ke tenggorokan. Keluhan ini juga dikenal dengan istilah heartburn.
  • Sensasi seperti ingin muntah, kadang disertai mual. Moms mungkin merasa seperti ingin mengeluarkan sesuatu dari lambung atau kerongkongan. Ini karena asam lambung atau isi perut naik lagi ke atas.
  • Tenggorokan seperti ada yang mengganjal atau Moms jadi kesulitan menelan makanan dan minuman (disfagia).
  • Sendawa atau cegukan yang tidak kunjung berhenti.
  • Batuk tidak berdahak, tenggorokan kering atau sakit, dan suara jadi serak.
  • Bau mulut, napas tidak sedap, dan mulut terasa pahit atau asam.

Baca Juga: Kenali Gejala Asam Lambung Naik Pada Anak

Cara Cepat Mengatasi Asam Lambung Naik

Asam-Lambung-Hero (1).jpg

Foto: Orami Photo Stock

Agar cepat mengatasi asam lambung naik, Moms bisa mencoba beberapa cara yang dianjurkan oleh para pakar berikut ini:

1. Minum Obat Maag

Dilansir dari NIDDK di Amerika Serikat, salah satu cara mengatasi asam lambung dengan cepat yaitu minum obat maag. Ada tiga jenis obat maag yang bisa Moms pilih, yaitu antasida, H2-blocker, dan penghambat pompa proton (PPP).

Obat antasida berfungsi untuk menetralkan asam lambung. Biasanya antasida tersedia dalam bentuk cair atau tablet kunyah dan sangat mudah ditemukan di apotek. Obat maag H2-blocker bekerja dengan cara mengurangi asam lambung. Contoh obat maag jenis H2-blocker yaitu ranitidine.

Sedangkan obat maag PPP dapat menekan produksi asam lambung sekaligus mengobati dinding kerongkongan yang terluka karena asam yang naik. Contoh obat maag PPP adalah lansoprazole atau omeprazole.

Baca Juga: 4 Pilihan Obat Vertigo yang Manjur

2. Duduk Tegak

Menurut Harvard Health Publishing, bila Moms mulai merasakan asam lambung naik, segera duduk tegak. Hindari tiduran atau duduk sambil bersandar ke belakang karena posisi tersebut bisa memicu asam lambung atau isi perut naik lagi ke kerongkongan.

3. Jangan Terlalu Banyak Bergerak

Harvard Health Publishing juga menyarankan untuk tidak banyak bergerak dulu jika Moms merasakan gejala-gejala asam lambung naik. Terutama hindari gerakan seperti menunduk, membungkuk, atau loncat dan berlari. Gerakan-gerakan tersebut bisa membuat asam lambung naik ke kerongkongan.

Baca Juga: Apakah Bayi Hanya Muntah atau GERD? Cari Tahu Perbedaannya di Sini

4. Longgarkan Pakaian atau Celana

Menyari dari NIDDK, Moms dianjurkan untuk melonggarkan baju, celana, rok, atau sabuk yang terlalu ketat apabila muncul sensasi asam lambung naik. Pasalnya, pakaian yang terlalu ketat bisa menekan lambung sehingga asam dan isi perut malah naik ke atas.

Bila cara-cara di atas sudah dilakukan tetapi gejala yang Moms rasakan semakin parah, sebaiknya segera periksa ke dokter. Demikian pula bila Moms bisa mengalami gejala asam lambung naik hingga dua atau tiga kali seminggu. Moms mungkin membutuhkan penanganan medis yang lebih serius.

5. Kelola Stres dengan Baik

Tahukah Moms kalau stres juga bisa membuat Mom sakit lambung. Jadi, dengan mengelola stres dengan baik, Moms bisa mengatasi asam lambung dengan baik.

Menurut sebuah studi, tingkat stres bisa meningkatkan sekresi asam lambung secara signifikan. Jadi, jika stres adalah penyebab naiknya asam lambung, cara mudah untuk mengatasi asam lambung adalah dengan mencari tahu sumber stres dan lakukan sesuatu untuk menguranginya.

Baca Juga: Heartburn dan GERD Saat Hamil, Ini Penjelasan tentang Keduanya

6. Jangan Langsung Tidur setelah Makan

Pernahkah Moms kena marah dari orang tua sewaktu kecil karena Moms langsung tidur setelah makan? Ternyata itu bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi asam lambung lho, Moms!

Jika Moms selesai makan, dianjurkan untuk berdiri agar tubuh bisa mengontrol keberadaaan makanan pada lambung dan jumlah produksi asam lambung.

Moms dianjurkan untuk tidak langsung memasang posisi tidur, atau paling tidak tunggulah 2 sampai 3 jam setelah makan.

Hal ini baberhubungan dengan efek gravitasi di mana bisa membantu menghindari risiko meningkatnya asam lambung.

Kini Moms sudah mengetahui cara mengatasi asam lambung. Namun, hal yang terbaik selain mengatasi asam lambung adalah mencegahnya datang.

Jangan sampai hanya tau cara mengatasi asam lambung, berikut hal yang perlu dihindari agar asam lambung tidak naik!

Makanan yang Perlu Dihindari Agar Asam Lambung Tidak Kumat

mengatasi asam lambung

Foto: Orami Photo Stock

Seperti yang sudah dijelaskan, jangan sampai Moms hanya mengetahui cara mengatasi asam lambung saja. Moms perlu menghindari berbagai macam penyebab asam lambung agar ketidaknyamanan tidak terjadi.

1. Minum Susu

Seseorang yang memiliki alergi susu lebih sering mengalami sakit lambung usai mengonsumsi susu sapi.

Studi yang dipublikasikan di Gut and Liver pun menjelaskan adanya hubungan antara alergi susu dan gejala GERD pada anak dan dewasa.

Meski kebanyakan ketidaknyamanan yang dirasakan berlaku pada anak-anak, namun bukan berarti orang dewasa tidak bisa mengalaminya.

Jika Moms mengalami kembung setelah minum susu atau produk olahan susu, sebaiknya Moms hindari terlebih dahulu serangkaian produk tersebut agar gejalanya berkurang.

Baca Juga: 4 Dampak Minum Kopi Susu Berlebihan, Mulai Kurangi Porsinya Ya, Moms!

2. Minum Kopi

Apakah Moms adalah penggemar kopi namun merasa perut tidak nyaman setelah mengonsumsinya? Kafein adalah salah satu penyebab asam lambung yang paling diketahui.

Kandungan kafein dalam minuman tersebut pun bisa memicu asam lambung dan membuat Moms tidak nyaman.

Jadi, Moms lebih baik menghindari untuk mengonsumsi kopi secara rutin. Jika Moms menyukai rasa kopi, Moms bisa mengganti asupan kopi dengan kopi tanpa kafein.

3. Minum Soda

Minum soda memang enak dan segar banget ya, Moms! Apalagi ketika cuaca sedang panas terik.

Mengonsumsi soda seakan bisa mengembalikan semangat dan kesegaran dalam sekejap. Jadi, tak heran ketika banyak orang yang mengonsumsinya ketika lelah.

Namun, tahukah Moms kalau gelembung dalam soda bisa mengembang di dalam lambung? Gelembung tersebut bisa menyebabkan tekanan yang berkontribusi terhadap refluks.

Jadi, jangan heran kalau perut Moms terasa tidak nyaman usai mengonsumsi minuman bersoda, ya! Bahkan gelembung yang ada dalam jus buah, air vitamin dan minuman berenergi juga bisa menimbulkan asam lambung yang naik.

4. Makan Gorengan

Sebuah studi yang dipublikasikan di Alimentary Pharmacology and Therapeutics menemukan bahwa adanya hubungan antara kolosterol yang berasal dari makanan yang digoreng atau gorengan dengan kondisi lambung.

Orang yang menginsumsi lebih banyak makanna yang mengandung kolesterol dan asam lemak jenuh serta persentase kalori yang tinggi dari lemak memiliki kemungkinan mengalami gejala asam lambung naik.

5. Makan Jeruk

Siapa bilang semua buah menyehatkan Moms? Meski memang setiap buah memiliki keistimewaannya sendiri untuk menyumbangkan nutrisi penting bagi tubuh, tapi ternyata beberapa jenis buah bisa membuat Moms sakit lambung.

Tingginya asam dari buah-buahan citrus bisa mengendurkan sfingter esofagus serta memperburuk gejala asam lambung.

Jadi, penyebab asam lambung bisa kumat dan membuat tak nyaman adalah ketika Moms mengonsumsi jeruk, lemon, dan anggur yang berjenis asam.

Nah, sekarang Moms sudah mengetahui cara mengatasi asam lambung dan mencegahnya, bukan? Yuk jaga kesehatannya, Moms!

  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3166669/
  • https://www.health.harvard.edu/digestive-health/9-ways-to-relieve-acid-reflux-without-medication
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3725792/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait