Parenting Islami

PARENTING ISLAMI
17 Februari 2021

7+ Cara dan Doa Agar Suami Setia Menurut Islam, Sudah Moms Amalkan?

Moms bisa melantunkan doa dalam bahasa sendiri
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Kesetiaan bisa timbul selain karena ada cinta di dalamnya, ditambahkan dengan kepercayaan sebagai penguat. Hal itu pun berlaku juga dalam hubungan suami istri. Saat menjalankan hak dan kewajiban suami istri dalam rumah tangga, kepercayaan dan kesetiaan akan menjadi kuncinya.

Sungguh mengerikan melihat banyaknya kejadian perceraian yang terjadi saat ini. Perceraian yang terjadi memiliki banyak alasan, salah satunya adalah tidak adanya kesetiaan. Padahal, di awal pernikahan ada sebuah janji sehidu semati yang tertuang dalam akad.

Menurut sebuah penelitian Journal of Counseling and Development pada 2004 , tindakan dan perilaku seperti menunjukkan kasih sayang, persetujuan, keintiman dan seks hanya secara positif mempengaruhi kepuasan perkawinan jika cinta dan kesetiaan ada sebagai mediator di dalamnya.

Islam pun memiliki perhatian dalam hal tersebut. Saat memutuskan untuk menikah, suami istri haruslah memastikan bahwa pernikahan benar-benar dalam rangka beribadah kepada Allah. Sehingga, apapun yang akan dilakukan dalam rumah tangga benar-benar mengharapkan ridho Allah, termasuk masalah kesetiaan.

Selain tips membuat suami setia, ada juga lho doa agar suami setia yang bisa Moms amalkan. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga: 5 Tanda Suami Bermain di Belakang Anda

Cara Membuat Suami Setia

Sebagai seorang muslim, tentu saja kita harus selalu berserah diri pada Allah, termasuk untuk urusan suami setia. Wajar saja jika Moms melantunkan doa agar suami setia. Selain itu, Moms juga perlu berikhtiar dengan melakukan beberapa tips untuk membuat suami setia menurut pandangan Islam. Intip di sini!

1. Ta’ati Suami

Dalam Islam, suami menjadi pemimpin untuk istri dan keluarga karena suami yang akan bertanggung jawab langsung kepada Allah. Oleh sebab itu, seorang istri haruslah menaati suaminya sebaga tips membuat suami setia yang pertama.

Selama suami memerintahkan hal yang ma’ruf dan bukan maksiat, maka istri harus menaatinya. Rasulullah SAW bersabda: “Seandainya aku memerintahkan agar seseorang bersujud kepada orang orang lain maka pasti (yang paling dulu) aku memerintahkan agar seorang perempuan (istri) bersujud kepada para suaminya.” (HR at-Tirmidzi).

2. Pandai Merawat Diri

8 Cara Agar Suami Setia Menurut Islam -2

Foto: Orami Photo Stock

Selain melantunkan doa agar suami setia, Moms juga perlu lho merawat diri. Perempuan pada dasarnya menyukai keindahan dan ingin selalu terlihat cantik. Oleh karena itu, jangan sampai saat gadis selalu terawat, rapi, wangi, dan cantik, namun saat menikah malah terjadi hal yang sebaliknya. Sebab, laki-laki adalah makhluk visual.

Jika terbiasa dimanjakan dengan sosok istri yang menarik hati, maka dirinya tidak akan mencari hal serupa di luar rumah. Ini adalah tips membuat suami setia selanjutnya yang juga bisa mengharmoniskan hubungan suami istri, hingga sampai urusan ranjang.

Rasululullah SAW bersabda: “Tidak ada sesuatu yang berfaedah bagi seorang Mukmin setelah ketakwaan yang lebih baik baginya daripada seorang istri shalihah, yakni yang jika suami memerintahnya, ia menaatinya; jika suaminya memandangnya, ia membuat suaminya bahagia,” (HR Ibnu Majah)

Baca Juga: Apa yang Harus Dilakukan Setelah Tahu Suami Berselingkuh?

3. Menjaga Amanah sebagai Seorang Ibu

Pertimbangan seorang laki-laki untuk menikahi seorang perempuan bukan hanya mencari perempuan yang cantik, namun juga perempuan yang cerdas dan penyayang agar bisa menjadi ibu yang baik untuk anak-anaknya kelak.

Suami pasti senang apabila istrinya dapat merawat anak-anaknya dengan baik. Mulai dari memperhatikan urusan perut, pakaian, kreativitas hingga menjadi ibu yang hangat untuk keluarga. Ini menjadi tips membuat suami setia yang akan menarik hatinya.

Sebagai istri shalihah, Moms tentu kerap melantunkan doa agar suami setia, namum Moms juga tetap harus menjaga amanah sebagai seorang ibu.

4. Menjaga Amanah Sebagai Pengatur Rumah Tangga

8 Cara Agar Suami Setia Menurut Islam -4

Foto: Orami Photo Stock

Tips membuat suami setia selanjutnya adalah cara lain untuk mengambil hati suami. Saat pulang kerja dan melihat rumah yang bersih, rapi, dan wangi, tentunya hal ini akan membuat suami betah dan menambah moodnya hingga seolah hilang rasa capek

Selain menjaga rumah tetap rapi, istri juga harus menjaga kehormatan dirinya. Salah satunya denga tidak sembarangan memasukkan laki-laki ke rumah saat suami sedang tidak ada, atau keluar rumah tanpa izin suami. Rasulullah SAW bersabda:

“Tidak ada sesuatu yang berfaedah bagi seorang Mukmin setelah ketakwaan yang lebih baik baginya daripada seorang istri shalihah. Yakni, yang jika suaminya tidak ada di sisinya, ia menjaga diri dan harta suaminya,” (HR Ibnu Majah).

5. Beri Kejutan

Sebenarnya bukan hanya suami saja yang wajar memberikan kejutan berupa hadiah, istri juga bisa memberikan surprise untuk suami sesekali. Bahkan, ini juga bisa menjadi tips membuat suami setia yang paling menarik.

Hadiah tersebut bukan hanya terbatas pada barang-barang yang mahal saja. Tapi bisa juga berupa hal yang sederhana, misalnya memasakkan masakan favorit yang tidak sering dimasak, chat kata-kata gombal, membuat rencana bulan madu spesial, dan sebagainya.

Baca Juga: Jangan Salah Pilih, 5 Kado Ini Tidak Cocok Diberikan untuk Suami

6. Bersikap Ramah

8 Cara Agar Suami Setia Menurut Islam -6

Foto: Orami Photo Stock

Wajah yang murah senyum, penyabar, tidak mudah emosian, mudah memaafkan, serta selalu berterima kasih adalah salah satu sifat yang diidamkan para suami untuk dimiliki oleh istrinya. Untuk menggambarkan sosok istri yang ideal, Rasulullah SAW pernah bersabda: “Dunia adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah perempuan shalihah,” (HR Muslim).

Selalu memberikan wajah yang ramah saat mengobrol dengan suami pun bisa menjadi tips membuat suami setia. Sebab, apapun kondisi yang dialami oleh suami, dia tidak akan segan untuk mengutarakannya karena mengetahui bahwa istrinya selalu positif thinking dengan senyum yang indah.

7. Memberikan Penghargaan

Suami adalah imam dalam keluarga yang wajib memberikan nafkah secara lahir dan batin. Hal tersebut bukan hal yang mudah untuk dilakukan tentunya, oleh karena itu memberikan apresiasi atau penghargaan sangat penting untuk diberikan atas usaha atau pekerjaan sekecil apapun yang telah dilakukan oleh suami.

Penghargaan yang ditunjukkan kepada suami akan senantiasa membuatnya lebih bersemangat dan merasa jerih payahnya sangat berguna bagi rumah tangga sehingga akan menambah kasih sayangnya terhadap sang istri, dan menjadi tips membuat suami setia lainnya.

8. Selalu Terbuka dan Transparan

Suami adalah cerminan bagi istri, begitupun sebaliknya. Oleh karena itu sebagai seorang istri kita diwajibkan untuk selalu terbuka pada suami mengenai hal apapun itu. Selain menghindari dosa, hal ini juga sangat efektif untuk menanamkan dan menumbuhkan rasa kepercayaan suami terhadap istri

Karena, semakin banyak rahasia dalam sebuah rumah tangga maka akan semakin sedikit rasa kepercayaan bahkan mungkin yang ada hanya kecurigaan yang akhirnya menjadi pemicu konflik antara suami dan istri.

Doa Agar Suami Setia

Selain menjalankan tips agar suami setia, seorang istri juga bisa membaca doa agar suami setia yang bisa dilakukan kapan saja, termasuk setiap selesai melaksanakan shalat wajib. Karena ikhtiar agar suami setia akan sia-sia jika tidak diiringi dengan doa agar suami setia, sebab Allah SWT-lah yang memiliki kekuasaan untuk membolak-balik hati makhluk-Nya.

Meski tidak ada doa agar suami setia yang khusus, namun doa agar suami setia yang bersifat luas pun bisa mewakilinya. Misalnya dalam ayat yang meminta kebaikan ini: “Wahai Rabb kami, berikanlah kami kebaikan di dunia, kebaikan di akhirat dan jagalah kami dari azab neraka.” (QS Al-Baqarah: 201)

Kriteria doa agar suami setia yang diajarkan oleh Nabi SAW adalah doa yang lafalnya ringkas, namun kandung isi dan maknanya sangat luas. Lafal kebaikan di dunia dalam ayat ini bisa dimaknai dengan memiliki suami yang shalih, setia dan sayang istri.

Istri juga bisa berdoa sesuai kebutuhan dan keinginan, dan bahkan bisa dibacakan menggunakan bahasa sendiri. Sebab, dalam sebuah hadits dikatakan bahwa doa istri shalihah adalah termasuk doa yang segera dikabulkan, hadistnya ialah:

“Sesungguhnya, Doa yang segera dikabulkan oleh Allah adalah Doa seorang (istri) kepada orang lain (suami) yang tidak berada di tempat yang sama (berjauhan),” (HR.Tirmidzi).

Jadi, Moms bisa saja melantunkan doa agar suami setia dalam bahasa sendiri. Itulah beberapa tips dan doa agar suami setia yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan berumah tangga.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait