Fashion & Beauty

30 November 2020

4 Cara Efektif Menghilangkan Minyak di Wajah, Yuk Coba!

Kulit berminyak perlu dirawat agar terjaga kesehatannya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Amelia Puteri

Menjaga wajah tetap terawat adalah hal penting yang perlu Moms perhatikan. Apalagi, dengan ragam jenis kulit wajah pasti membutuhkan perawatan yang berbeda pula.

Jika Moms memiliki kulit wajah yang berminyak, perlu diketahui jenis kulit ini menyebabkan jadi lebih mudah berjerawat. Lalu, bagaimana cara menghilangkan minyak di wajah yang bisa dilakukan?

Tak usah khawatir, karena ada beberapa hal yang bisa Moms lakukan untuk mengurangi minyak di wajah dengan mudah. Yuk, simak berikut ini, Moms.

Baca Juga: 5 Mitos Soal Kulit Wajah dan Tips Merawat Kulit Agar Selalu Sehat

Penyebab Munculnya Minyak di Wajah

penyebab wajah berminyak

Foto: Orami Photo Stock

Sebelum mengetahui cara menghilangkan minyak di wajah, Moms perlu tahu apa yang menyebabkan produksi minyak di wajah berlebihan.

Kulit berminyak adalah hasil produksi sebum berlebih dari kelenjar sebaceous yang terletak di bawah permukaan kulit. Sebum sendiri adalah zat berminyak yang terbuat dari lemak.

Sebenarnya, sebum sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit, karena dapat membantu melindungi dan melembapkan kulit. Namun,
di sisi lain bila terlalu banyak sebum dapat menyebabkan kulit wajah berminyak, pori-pori tersumbat, bahkan muncul jerawat.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kulit berminyak, yaitu:

  • Genetik
  • Usia
  • Lingkungan
  • Pori-pori wajah yang besar
  • Menggunakan produk perawatan kulit yang salah
  • Terlalu berlebihan menggunakan produk perawatan kulit
  • Tidak menggunakan pelembap

Baca Juga: 6 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Kulit

Cara Efektif Menghilangkan Minyak di Wajah

cara menghilangkan minyak di wajah

Foto: Orami Photo Stock

Kulit wajah yang berminyak terkadang dapat menganggu penampilan serta membuatmu tidak percaya diri. Namun tenang, Moms bisa menghilangkan minyak di wajah dengan cara berikut ini.

1. Mencuci Muka dengan Rutin

Mencuci muka adalah hal yang penting, tak hanya dapat membuat kulit wajah menjadi bersih, tetapi ini juga dapat menghilangkan minyak berlebih pada wajah, lho!

Jika kulit wajah Moms berminyak, setidaknya harus mencuci muka sebanyak dua kali sehari yaitu pada pagi dan malam hari. Tetapi, jangan mencuci muka dengan berlebihan juga, ya.

Sebagai cara menghilangkan minyak di wajah, Moms juga dapat mencuci muka ketika sedang berkeringat banyak, seperti sesudah berolahraga. Jangan lupa juga untuk membersihkan make up sebelum tidur.

Nah, berikut ini adalah metode mencuci muka yang harus diperhatikan:

  1. Cuci muka dengan sabun yang lembut dan air hangat
  2. Hindari sabun cuci muka yang mengandung pewangi, pelembap tambahan, atau bahkan bahan kimia keras, sebab ini dapat mengiritasi dan membuat kulit kering
  3. Hindari penggunaan handuk yang kasar, karena gesekan yang keras dapat merangsang kulit untuk menghasilkan lebih banyak minyak

Baca Juga: 6 Masker Wajah Alami untuk Kulit Berminyak, Bisa Dibuat di Rumah!

2. Gunakan Kertas Minyak

Menggunakan kertas minyak adalah cara termudah yang bisa Moms lakukan untuk menghilangkan minyak di wajah.

Tetapi, penting diketahui bahwa pemakaian kertas minyak memang tidak dapat mengatasi produksi sebum di kulit, tetapi dapat digunakan untuk mengangkat minyak berlebih dari wajah.

Sehingga, dapat membantu meminimalkan kulit wajah yang berkilau dan berminyak.

Untuk menggunakan kertas minyak juga sangat mudah lho, Moms. Cukup tempelkan kertas minyak ke wajah dan diamkan selama beberapa detik untuk menyerap minyak.

Jangan menggosok kertas minyak di wajah, karena hal ini dapat menyebarkan minyak ke area yang lain.

3. Menghilangkan Minyak di Wajah dengan Masker

Selain itu, perawatan untuk menghilangkan minyak di wajah bisa dengan menggunakan masker wajah. Beberapa kandungan masker wajah dapat mengurangi kulit berminyak, seperti bahan-bahan berikut ini:

  • Clay: Masker yang mengandung mineral seperti smektit atau bentonite dapat menyerap minyak serta mengurangi kilau kulit dan kadar sebum tanpa mengiritasi kulit. Untuk mencegah kulit menjadi kering, sebaiknya gunakan hanya sesekali saja ya Moms. Selain itu, jangan lupa mengoleskan pelembap setelah menggunakan masker.
  • Madu: Pada Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine, dilaporkan bahwa madu alami punya kualitas antibakteri dan antiseptik yang baik. Menggunakan masker wajah dari madu alami selama 10 menit dapat mengurangi jerawat serta bantu menghilangkan minyak di wajah. Selain itu, langkah ini juga dapat menjaga kulit tetap lembut.
  • Oatmeal: Bahan ini dapat membantu menenangkan kulit yang meradang, serta menyerap minyak berlebih di wajah. Tak hanya itu, bahan oatmeal juga dapat membantu mengangkat sel kulit mati pada wajah.

Baca Juga: 5 Pelembap di Bawah 100 Ribu untuk Mencerahkan Kulit Kusam

4. Jangan Lupakan Pelembap

Moms mungkin berpikir bahwa kulit berminyak tidak membutuhkan pelembap. Nyatanya, ini salah lho, Moms! Pemilik kulit berminyak juga harus menggunakan pelembap, tentunya dengan jenis yang tepat.

Meskipun kulit wajah berminyak, sangat penting Moms tetap mengoleskan pelembap agar kulit wajah tetap terhidrasi. Karena, pelembap bisa menghidrasi kulit, dan jika kulit dehidrasi, produksi minyak dapat bekerja secara berlebihan untuk mengimbanginya.

Sebaiknya pilihlah pelembap yang bebas minyak, karena ini dapat membantu menjaga kelembapan serta melindungi kulit wajah tanpa membuat kulit terasa lebih berminyak.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan sebagai cara untuk menghilangkan minyak di wajah.

Untuk mengurangi minyak di wajah, Moms juga harus selalu memerhatikan kandungan dari produk perawatan kulit yang akan digunakan serta imbangi dengan pola hidup sehat.


Ditinjau oleh dr. Raja Friska Yulanda

Sumber: gooddoctor.co.id

Konten ini merupakan kerja sama yang bersumber dari Good Doctor

Isi konten di luar tanggung jawab Orami Parenting

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait