Kesehatan Umum

22 Oktober 2021

5+ Cara Hidup Sehat yang Penting untuk Dilakukan, Salah Satunya Kelola Stres

Berikut ini cara hidup sehat yang paling baik untuk diterapkan Moms dan keluarga.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Mengetahui cara hidup sehat di tengah masa pandemi COVID-19 seperti saat ini tentunya sangat penting. Kunci utama agar tubuh tetap bugar adalah memiliki gaya hidup sehat untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Terlebih lagi, bagi manusia yang terus-menerus hidup di bawah tekanan yang berlangsung sepanjang hari, menyebabkan tubuh memproduksi terlalu banyak hormon kortisol atau hormon stres.

Menurut Cleveland Clinic, peningkatan kortisol ini menurunkan tingkat resistensi tubuh untuk melawan infeksi, sehingga, daya tahan tubuh juga akan menurun.

Cari tahu lebih lanjut tentang apa saja cara hidup yang sehat dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk mencegah infeksi dari virus berbahaya.

Baca Juga: Fakta Hormon Dopamin yang Punya Pengaruh Besar pada Kesehatan Mental dan Fisik

Cara Hidup Sehat yang Baik dan Benar

Berbagai penyakit kronis dapat dicegah dengan menerapkan cara hidup sehat yang baik dan benar.

Menurut dr. Diana Felicia Suganda, M.Kes, Sp.GK, Dokter Spesialis Gizi Klinik - RS Pondok Indah Bintaro Jaya, daya tahan tubuh yang baik membantu mencegah seseorang dari serangan penyakit.

Beliau mengungkapkan, penyakit bisa dicegah, salah satunya dengan dengan meningkatkan daya tahan atau imunitas tubuh.

Nah, dengan begitu penting sekali bagi Moms mengetahui beberapa bentuk cara hidup sehat yang dapat diikuti oleh keluarga. Di antaranya:

1. Mengonsumsi Makanan dengan Nutrisi Seimbang

gaya hidup sehat untuk imunitas tubuh-4

Foto: Orami Photo Stock

Cara hidup sehat yang pertama dan terpenting, yaitu mengonsumsi makanan dengan nutrisi seimbang.

Mengonsumsi makanan padat nutrisi adalah hal utama untuk menerapkan cara hidup sehat yang bermanfaat ke depannya. Dokter Diana menjelaskan pentingnya melengkapi asupan makronutrien dan mikronutrien dengan komposisi tepat.

Gizi yang termasuk makronutrien yaitu karbohidrat, protein, dan lemak. Sementara gizi yang termasuk mikronutrien adalah vitamin dan mineral.

"Pastikan mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, dengan jumlah yang tepat, serta jadwal makanan yang teratur, dan mendapatkan berbagai variasi jenis makanan," jelasnya.

Dikutip dari American Journal of Clinical Nutrition, mikronutrien tersebut termasuk zinc, selenium, zat besi, vitamin A, C, E, dan B6, dan asam folat yang mempunyai pengaruh penting pada respons imun.

Sumber makanan apa saja yang memiliki nutrisi seimbang? Tentunya sangat banyak, ya, Moms. Mulai dari ikan, daging tanpa lemak, ayam, sayur-sayuran, dan berbagai buah-buahan yang kaya vitamin.

Sayangnya, kebanyakan orang kini segala sesuatu yang instan termasuk dalam memilih makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Jangan sampai, Moms dan keluarga justru terlalu banyak makan makanan instan, seperti junk food atau fast food.

Cara hidup sehat yang harus diterapkan juga dengan menghindari terlalu sering jajan sembarangan di luar rumah, terutama di masa pandemi.

Sebab, makanan terbaik tentunya yang dimasak sendiri di rumah karena sudah terjamin kebersihan dan nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Dilansir dari laman UK Essays, junk food dan fast food memiliki kandungan lemak yang tinggi sehingga dapat mengakibatkan obesitas hingga masalah pada jantung.

Selain itu, kandungan garam dan gula yang tinggi pada junk food dan fast food dapat mendatangkan berbagai risiko penyakit kronis apabila dikonsumsi secara berlebihan.

Baca Juga: Simak Deretan Makanan yang Mengandung Lemak Baik dan Jahat, Jaga Pola Makan Tetap Sehat!

2. Jaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Minum Air Putih yang Cukup

Foto: Orami Photo Stock

Kunci hidup sehat berikutnya yang sebaiknya Moms terapkan, yakni memastikan tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Jadi, jangan lupa untuk minum air putih 8 gelas setiap harinya, ya.

Hal ini sangat penting karena tubuh Moms terdiri dari 80% air, dan air diperlukan untuk fungsi usus yang teratur, kinerja otot yang baik, hingga kesehatan kekebalan dan kulit.

Dalam Journal of Physiology, Blood Volume juga disebutkan bahwa tetap terhidrasi dapat membantu dalam memastikan bahwa tubuh Moms berfungsi secara optimal dan volume darah mencukupi.

Air putih adalah cara terbaik untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, karena air putih bebas kalori, gula, dan zat tambahan. Namun, pastikan bahwa air putih yang dikonsumsi benar-benar bersih dan layak minum.

Minum air yang tidak aman dapat menyebabkan penyakit yang terbawa air seperti kolera, diare, hepatitis A, tipus dan polio.

Sementara itu, tidak minum cukup air dapat menyebabkan dehidrasi, kelelahan, sakit kepala, kulit kering, dan kekebalan melemah. Jangan disepelekan Moms, karena bisa kekurangan cairan bisa mengganggu aktivitas.

3. Tidak Merokok, Minum Alkohol, atau Konsumsi Obat-obatan Terlarang

tidak merokok, minum alkohol, dan obat terlarang

Foto: Orami Photo Stock

Moms pasti sudah mengetahui bahwa kebiasaan merokok, minum alkohol, dan mengonsumsi obat-obatan terlarang dapat berbahaya bagi tubuh. Oleh sebab itu, pastikan Moms menghindari ketiganya jika ingin memiliki hidup sehat.

Merokok merupakan penyebab utama kanker paru-paru di seluruh dunia. Selain kanker paru-paru, merokok juga berkontribusi terhadap perkembangan kanker organ lainnya dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Selain berbahaya bagi kesehatan diri sendiri, merokok berbahaya bagi orang-orang di sekitar. Perokok pasif dapat merusak saluran udara dan paru-paru dan menyebabkan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).

Sementara itu, minum alkohol secara berlebihan dapat menyebabkan penyakit hati dan bahkan kanker hati dalam jangka panjang. Penyalahgunaan alkohol dapat menyebabkan gangguan penilaian, bahkan menyebabkan kecelakaan dan cedera.

Pria harus membatasi minuman beralkohol hingga 2 gelas sehari, sedangkan wanita harus membatasi minuman beralkohol hingga 1 gelas sehari.

Menggunakan obat-obatan terlarang sama buruknya bagi kesehatan. Penggunanya pun bisa dihukum karena menyalahi aturan hukum Indonesia tentang narkotika.

Baca Juga: Waspada, Berikut 7 Bahaya Merokok bagi Kesehatan

4. Memiliki Kualitas Tidur yang Cukup

Memiliki Kualitas Tidur yang Cukup.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Cara hidup sehat berikutnya yang harus diterapkan, yaitu memiliki kualitas tidur yang cukup. Jadi, buang jauh-jauh kebiasaan begadang yang tidak mendatangkan manfaat, ya, Moms!

Orang dewasa butuh tidur setidaknya selama 7-8 jam setiap malam sebagai cara hidup sehat dalam melawan infeksi dan meningkatkan imunitas tubuh.

Melansir dari National Sleep Foundation, pertahankan jadwal tidur dan bangun di waktu yang sama, bahkan pada akhir pekan.

Ini membantu mengatur jam tubuh konsisten sehingga Moms bisa memiliki kualitas tidur malam yang baik. Manfaat kualitas tidur yang baik sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.

“Tidur yang diperlukan agar kita berfungsi sebaik-baiknya, dan jika kita tidak mendapatkan kuantitas kuantitas dan kualitas tidur yang memadai, kinerja dan fungsi tubuh pun tidak akan memuaskan. Suasana hati menjadi lebih tertekan, penurunan konsentrasi, dan dalam jangka panjang akan ada pengaruh dalam kesehatan,” ungkap William Kohler, Direktur Medis dari Florida Sleep Institute.

Jika Moms memiliki kesulitan tidur dan mengganggu cara hidup sehat yang tengah dijalani, coba atasi dengan beberapa cara berikut ini:

  • Hindari minum kafein menjelang waktu tidur atau pada sore hari. Kandungan kafein akan tetap di dalam tubuh dalam jangka waktu yang relatif lama, kurang lebih 6 jam untuk menghilangkan hanya setengah dari kafein yang dikonsumsi.
  • Hindari kegiatan yang menstimulasi otak sesaat sebelum tidur, seperti bermain gadget atau menonton TV.
  • Ciptakan suasana kamar yang nyaman dengan suhu yang sejuk, cahaya redup, dan terhindar dari suara bising.

5. Rutin Melakukan Aktivitas Fisik

Rutin Melakukan Aktivitas Fisik

Foto: Orami Photo Stock

Cara hidup sehat berikutnya, yaitu rutin melakukan aktivitas fisik, dengan tujuan untuk menjaga imunitas tubuh.

Dikutip dari Jurnal Kedokteran dan Kesehatan Indonesia, latihan teratur dan aktivitas fisik dengan intensitas sedang akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Moms juga harus menjaga porsi agar tidak olahraga secara berlebihan.

Tidak hanya aktivitas fisik yang minimal bisa tingkatkan risiko penyakit menular, tetapi aktivitas fisik dengan intensitas tinggi juga dapat menekan sistem kekebalan tubuh, sehingga meningkatkan risiko infeksi.

Moms bisa melakukan gerakan olahraga yang sederhana, seperti push up, sit up, squat, lompat tali, plank, atau stretching sebagai langkah awal untuk aktif bergerak. Atau, Moms bisa memilih jenis olahraga yang menyenangkan, seperti zumba, bersepeda, skipping, atau yoga.

Lantas, seberapa sering Moms harus berolahraga setiap harinya? Lakukan minimal 150 menit aktivitas aerobik sedang atau 75 menit aktivitas aerobik berat per minggu, atau kombinasi dari aktivitas sedang dan berat.

Olahraga yang lebih banyak akan memberikan manfaat kesehatan yang lebih besar. Namun, tetap sesuai dengan kemampuan tubuh masing-masing, ya!

Baca Juga: 12 Masalah Kesehatan Akibat Kurang Olahraga, Bisa Picu Pertumbuhan Kanker!

6. Lakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat

gaya hidup sehat untuk imunitas tubuh-3

Foto: Orami Photo Stock

Cara hidup sehat berikutnya tentu berkaitan dengan menjaga kebersihan yang baik dan benar.

Di tengah pandemi seperti saat ini, tanamkan kebiasaan pola hidup bersih dan sehat sebagai bentuk gaya hidup sehat untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Cara paling mudah yang bisa dilakukan, yaitu rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir.

Mengutip dari Centers for Disease and Control Prevention, Moms perlu sering mencuci tangan dengan sabun dan air setidaknya selama 20 detik, terutama setelah berada di tempat umum, setelah menyeka hidung, batuk, atau bersin.

Jika sulit mendapatkan akses air dan sabun, Moms bisa menggunakan hand sanitizer, tetapi pastikan memiliki kandungan 70 persen alkohol untuk menghilangkan kuman secara lebih efektif.

Selain itu, selalu kenakan masker setiap kali Moms ke luar rumah. Masker adalah penghalang sederhana untuk membantu mencegah droplets dan melindungi pernapasan Moms dari berbagai polusi udara. Kini, Moms harus memakai masker meskipun tidak sedang mengalami sakit.

7. Mengelola Stres dengan Baik

Mengelola Stres dengan Baik.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Cara hidup sehat tidak hanya menjaga kesehatan fisik, melainkan juga kesehatan mental. Ya, mental yang sehat juga kunci produktivitas yang baik ke depannya.

Saat ini, setiap orang tentunya rentan mengalami stres yang tinggi. Untuk itu, belajar untuk mengelola stres dengan baik, ya, Moms.

Sebab, tingkat stres yang tinggi akan mengganggu kesehatan dan tujuan hidup. Jika dibiarkan, kondisi ini dapat menyebabkan kurang tidur, mengalami gangguan makan, dan adopsi perilaku yang lebih tidak banyak bergerak. Untuk mencapai cara hidup sehat, Moms harus mampu mengelola tingkat stres.

Dilansir dari Mental Health Foundation, berikut ini kunci sederhana untuk mengelola stres dengan baik, yaitu:

  • Jangan terlalu keras pada diri sendiri.
  • Terapkan pola makan yang sehat, teratur, dan tidak berlebihan.
  • Rutin olahraga, namun hindari terlalu keras berolahraga.
  • Tidur yang nyenyak itu penting sekali.
  • Waspada dengan kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol.
  • Lakukan meditasi setiap paginya untuk mengumpulkan energi positif dalam diri kita.

Baca Juga: 8 Cara Relaksasi Paling Ampuh untuk Meredakan Stres dan Penat

8. Periksa Tekanan Darah Teratur

Memeriksa Tekanan Darah

Foto: Orami Photo Stock

Cara hidup sehat lainnya yang perlu Moms lakukan ialah memeriksa tekanan darah teratur. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), hipertensi atau tekanan darah tinggi disebut sebagai “silent killer”.

Hal ini karena banyak orang yang menderita hipertensi tidak menyadari, sebab mereka mungkin tidak memiliki gejala apa pun. Jika dibiarkan, hipertensi dapat menyebabkan penyakit jantung, otak, ginjal, dan penyakit lainnya.

Maka, periksalah tekanan darah Moms secara teratur untuk mengetahui tekanan darah yang normal. Jika tekanan darah tinggi, petugas kesehatan biasanya akan memberikan saran pengobatan sehingga hipertensi dapat dikendalikan dan kemungkinan komplikasi bisa dicegah.

9. Vaksin untuk Mencegah Penyakit

vaksin

Foto: Orami Photo Stock

Apabila Moms ingin hidup sehat, jangan lewatkan vaksinasi. Vaksinasi adalah salah satu cara paling efektif untuk mencegah penyakit.

Vaksin akan bekerja dengan pertahanan alami tubuh Moms untuk membangun perlindungan terhadap penyakit, seperti kanker serviks, kolera, difteri, hepatitis B, influenza, campak, gondok, pneumonia, polio, rabies, rubella, tetanus, tipus, hingga demam kuning.

Moms bisa berkonsultasi dengan dokter untuk membicarakan riwayat vaksin dan vaksin lain yang sekiranya dibutuhkan karena beberapa jenis vaksin perlu dilakukan berkala.

Baca Juga: 9 Jenis Vaksin Dewasa untuk Meningkatkan Imun Tubuh Menurut Ahlinya, Catat!

Itulah beberapa cara hidup sehat yang penting untuk diterapkan, demi kehidupan yang lebih di masa mendatang. Ingat, mulai dari usia mudah mengetahui cara hidup sehat akan berdampak positif ketika sudah tua kelak.

  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/9250133/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/30252333/
  • https://journal.uii.ac.id/JKKI/article/view/4502
  • https://www.sleepfoundation.org/sleep-hygiene/healthy-sleep-tips
  • https://www.ukessays.com/essays/nutrition/junk-food-impact-on-health.php
  • https://health.clevelandclinic.org/strengthen-your-immune-system-with-simple-strategies/
  • https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/fitness/expert-answers/exercise/faq-20057916
  • https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/prevent-getting-sick/prevention.html?
  • https://www.mentalhealth.org.uk/publications/how-manage-and-reduce-stress
  • https://www.who.int/philippines/news/feature-stories/detail/20-health-tips-for-2020
  • https://www.healthline.com/nutrition/27-health-and-nutrition-tips
  • https://www.medicinenet.com/what_are_10_tips_for_a_healthy_lifestyle/article.htm
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait