Rupa-rupa

17 September 2021

7 Cara Keluar dari Grup WA Tanpa Diketahui, Catat!

Beberapa orang mencari cara keluar dari grup WA tanpa diketahui karena merasa tidak nyaman
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Aplikasi WhatsApp (WA) dan fitur group-nya menjadi pilihan banyak orang untuk berkomunikasi. Meski kadang menghibur dan memberikan manfaat, banyak orang mencari cara keluar dari grup WA tanpa diketahui.

Hal ini karena ada saja grup WA yang berakhir sebagai toxic yang menjengkelkan hingga rasanya ingin mencari cara keluar dari grup WA tanpa diketahui.

WhatsApp (WA) merupakan aplikasi pesan grup yang memungkinkan Moms berbicara dengan teman dan keluarga setiap hari. Moms bisa mengirim gambar, suara, dan video kepada penghuni grup, begitu juga dengan mereka.

WA memungkinkan Moms membuat grup untuk memudahkan percakapan dengan beberapa orang. Meski kadang menghibur, tetapi pesan gambar, suara dan video yang dikirim para penghuni grup juga sering  terasa menganggu. Terutama jika grup WA dibombardir dengan pesan dan meme yang tidak lucu.

Jika sudah begitu, Moms akan selalu mencari cara keluar dari grup WA tanpa diketahui. Terutama ketika langkah menonaktifkan notifikasi dirasa sudah tidak mempan lagi.

Meninggalkan grup WA selalu menjadi pilihan, tetapi melakukannya secara terbuka menciptakan situasi yang tidak nyaman dan gesekan yang tidak perlu dengan anggota grup lainnya. Hingga Moms memilih untuk mencari cara keluar dari grup WA secara tanpa diketahui.

Lantas bagaimana cara keluar dari grup WA tanpa diketahui seluruh anggota grup? Apakah itu hal yang mungkin untuk dilakukan?

Namun sebelum mencari cara keluar dari grup WA tanpa diketahui, Moms bisa melakukan beberapa hal supaya tidak terlalu terganggu dengan notifikasi dan jalannya pembicaraan di grup yang kadang isinya tidak masuk akal, tidak penting, dan cukup menganggu.

Baca Juga: 4 Tips dan Trik Whatsapp yang Jarang Diketahui

Cara Keluar dari Grup WA Tanpa Diketahui

keluar dari group wa

Foto: ecomobilize.com

Melansir Techzillo, sebenarnya tidak ada cara keluar dari grup WA tanpa diketahui penghuni grup lainnya. Karena setelah Moms meninggalkan ruang obrolan grup, WA akan langsung memberitahu semua orang di grup, bahwa Moms sudah keluar.

Meski tidak ada cara keluar dari grup WA tanpa diketahui semua orang, tetapi Moms tetap bisa menggunakan beberapa cara untuk tidak melihat grup WA dan cara ini sama efektifnya dengan keluar dari grup WA tanpa diketahui.

1. Menonaktifkan Notifikasi

Cara termudahnya, Moms bisa memilih untuk menonaktifkan notifikasi grup. Dengan cara ini, Moms tidak akan pernah ditanya tentang obrolan yang dilakukan di grup WA. Moms juga selalu dapat mengaktifkan kembali notifikasi kapan pun.

Menonaktifkan notifikasi WA merupakan cara keluar dari grup WA tanpa diketahui paling mudah dan bisa dilakukan. Langkah menonaktifkan notifikasi grup WA di sistem operasi android bisa dilakukan dengan cara:

  1. Buka Pengaturan
  2. Ketuk WhatsApp di bagian bawah
  3. Klik Notifikasi
  4. Matikan 'Pemberitahuan Grup' di bawah opsi Peringatan

Sementara langkah menonaktifkan notifikasi grup di iOS bisa dilakukan dengan cara:

  1. Buka Whatsapp
  2. Ketuk Pengaturan di bagian bawah
  3. Klik WhatsApp
  4. Matikan 'Tampilkan Notifikasi' di bawah notifikasi grup

Ini adalah bagaimana Moms secara virtual dapat meninggalkan grup WA secara diam-diam tanpa pemberitahuan apa pun. Jika mereka curiga bahwa Moms telah pergi, mereka dapat dengan mudah melihat siapa yang ada di grup dan memeriksa apakah nama Moms masih ada di sana.

Bagian terbaiknya adalah, nama Moms akan tetap tercantum dalam grup hingga anggota grup atau admin grup tidak menyadari bahwa Moms sudah meninggalkan grup dengan tenang.

Baca Juga: Lelah dengan Notifikasi Grup? Ini Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara dan Permanen

2. Pakai Nomor Palsu

Cara keluar dari grup WA tanpa diketahui ini adalah alternatif jika Moms tidak mau mengganti nomor telepon Moms sepenuhnya.

Langkah pertama adalah menyiapkan nomor baru sementara. Setelah itu, masuk ke menu pengaturan di WhatsApp (tiga titik di atas). Klik Akun atau Account dan pilih menu ubah nomor. Setelah itu, memasukkan nomor baru cadangan tadi.

Setelah itu, Moms bisa langsung keluar dari grup. Ini bukan langkah terakhir lho Moms. Masih ada beberapa langkah yang perlu Moms lakukan.

Setelah berhasil keluar dari grup dengan nomor baru tadi, Moms masih perlu menghapus data dan cache. Dengan cara ini, akun WA akan hilang tetapi nama kamu masih akan ada di daftar anggota grup.

Terakhir, buka kembali aplikasi WhatsApp, lanjut mendaftar ulang dengan nomor lama. Cara ini memang cukup merepotkan, tapi ini merupakan salah satu cara paling ampuh untuk keluar permanen dari grup WA yang mengganggu.

3. Ganti Nama dan Hapus Profile Picture

Cara keluar dari grup WA tanpa diketahui selanjutnya adalah dengan mengganti nama dan menghapus profile picture.

Yang perlu Moms lakukan adalah klik menu opsi (tiga titik di atas) dan pilih settings atau pengaturan. Kemudian edit nama profil selain nama Moms. Jangan lupa hapus foto profil. Setelah mengubahnya, kembali menu grup yang diinginkan lalu keluar seperti biasa dengan memilih exit group.
Dengan mencoba cara ini, tidak akan ada yang tahu bahwa Moms sudah keluar karena notifikasi yang anggota lain terima adalah tidak menyertakan nama Moms.

Mudah bukan?

4. Keluar dari Grup dengan Menghapus Obrolan

Cara keluar dari grup WA tanpa diketahui selanjutnya adalah menggunakan metode menghapus obrolan. Metode ini paling baik ketika Moms ingin meninggalkan obrolan yang tidak aktif. 

Ini bisa dilakukan ketika Moms membersihkan obrolan hingga Moms tidak perlu melihatnya setiap kali menggunakan WhatsApp. Dan karena obrolan ini tidak aktif, setelah menghapusnya, tidak ada yang akan mengirim pesan di dalamnya sehingga obrolan tidak dapat muncul lagi.

Langkah yang perlu Moms lakukan untuk cara yang satu ini adalah

  1. Buka WhatsApp.
  2. Temukan obrolan yang ingin dihapus.
  3. Di iPhone, geser ke kiri pada obrolan. Di Android, Moms ingin mengetuk dan menahan.
  4. Pilih Arsip.

5. Memblokir Grup WhatsApp

Cara hebat lainnya untuk keluar dari grup WhatsApp tanpa ada yang memperhatikan adalah dengan memblokir grup. Sebenarnya cara ini tidak membuat Moms benar-benar meninggalkan grup. 

Moms hanya tidak akan menerima pemberitahuan dari grup, dan tidak ada seorang pun di grup yang dapat mengirimi Moms pesan. Ini bisa menjadi cara keluar dari grup WA tanpa diketahui yang cukup efektif.

Karena memiliki semua manfaat dan tidak ada yang akan menerima pemberitahuan. Memblokir grup melibatkan semua orang secara individual dan memblokir mereka.

Ini hanya metode yang baik ketika Moms tidak dekat dengan siapa pun di grup sehingga mereka tidak akan mencoba dan mengirim pesan kepada Moms nanti. Tidak mungkin mereka mengetahui bahwa mereka telah diblokir, jadi ini adalah celah yang bagus untuk benar-benar keluar dari grup chat dan memberi tahu semua orang.

Baca Juga: 9 Tipe Ibu yang Pasti Ada di Grup Chat, Moms Termasuk yang Mana?

6. Membisukan Grup WhatsApp

Alternatif lain sebagai cara keluar dari grup WA tanpa diketahui adalah dengan membisukan grup. Meskipun ini tidak meninggalkan obrolan, itu memiliki efek yang sama.

Moms tetap menjadi bagian dari grup, tetapi Moms tidak akan lagi menerima pemberitahuan saat orang mengirimi pesan. Untuk melakukan ini, Moms harus masuk ke grup dan memilih ‘Lainnya’ atau ‘Opsi’, kemudian, pilih ‘Bisukan’.

7. Menghapus Grup WhatsApp Tanpa Keluar dari Grup

Moms juga bisa menghapus grup WA tanpa keluar grup, sebagai salah satu cara keluar dari grup WA tanpa diketahui. Ini metode yang cukup memungkinkan dilakukan karena grup mungkin mengambil terlalu banyak memori dalam aplikasi karena semua gambar dan video, oleh karena itu Moms ingin menghapus grup.

Langkah yang perlu dilakukan untuk metode ini adalah

  1. Buka WhatsApp
  2. Ketuk 'Obrolan'
  3. Geser ke kanan pada grup setelah menemukan grup
  4. Ketuk 'Lainnya'.

Baca Juga: Pertimbangkan 3 Keuntungan dan Kerugian Bergabung dengan Grup Chat Keluarga

Itulah beberapa cara keluar dari grup WA tanpa diketahui. Jika Moms merasa terganggung salah satu group wa di hp Moms, jangan ragu untuk mempraktikan cara keluar dari group wa tanpa diketahui demi kenyamanan Moms ke depannya.

  • https://www.zeebiz.com/technology/news-whatsapp-update-how-to-leave-group-without-being-noticed-53672
  • https://techzillo.com/leave-whatsapp-group-secretly/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait