3-12 bulan

3-12 BULAN
31 Januari 2020

Ketahui 5 Cara Keramas untuk Bayi Tanpa Bikin Moms Cemas!

Jadikan kegiatan mandi Si Kecil lebih menyenangkan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Memandikan bayi adalah salah satu kegiatan yang bisa memperdalam bonding antara ibu dan bayi. Karena itu, pastikan aktivitas mandinya jadi lebih menyenangkan ya, Moms.

Untuk Moms yang menjadi ibu baru, mungkin akan sedikit merasa cemas ketika hendak memandikan bayi. Baik itu cara keramas untuk bayi, atau dalam memilih produk sabun dan sampo bayi.

Baca Juga: Ingin Rambut Bayi Lebat dan Indah? Perhatikan 5 Tips Ini

Cara Keramas untuk Bayi

Jika Moms ingin mengetahui cara keramas untuk bayi yang tepat dan menjaga kulit kepala Si Kecil tetap bersih, berikut beberapa langkah yang bisa dicoba.

1. Jangan Keramas Berlebihan

cara keramas untuk bayi-1

Foto: Orami Stock Photos

Rambut bayi tidak perlu dicuci setiap hari ya, Moms. Mencuci rambut terlalu sering dapat menyebabkan kulit kering dan menjadikan Si Kecil tidak nyaman.

"Orang tua harus mencuci rambut bayi 2-3 kali seminggu," jelas spesialis perawat klinis Christi Schernecke dari Saint Joseph Hospital di Denver, Colorado, mengutip Romper.

2. Hindari Penggunaan Air Panas untuk Keramas

cara keramas untuk bayi-2.jpg

Foto: bathfitternw.com

Kulit bayi masih sangat sensitif, sehingga tidak disarankan untuk menggunakan air panas saat mandi. Sebaiknya, gunakan air hangat atau suam-suam kuku untuk keramas bayi.

Menurut National Health Service, Moms bisa menguji air dengan siku atau bagian dalam pergelangan tangan. Jika terlalu panas untuk Moms, maka juga akan terlalu panas untuk bayi.

Baca Juga: Ketahui 5 Cara Aman Memandikan Bayi, Catat!

3. Jaga Suhu Ruangan Tetap Hangat

cara keramas untuk bayi-3.jpg

Foto: verywellfamily.com

Cara keramas untuk bayi selanjutnya yaitu disarankan untuk menjaga suhu ruangan tetap hangat, sehingga Si Kecil tidak merasa kedinginan.

Selain itu, jaga agar kepala bayi berada di atas air mandi ketika berendam. Moms bisa menggunakan tangan yang lain untuk mengayunkan air dengan lembut ke tubuh bayi tanpa menciptakan percikan.

4. Lindungi Mata Saat Keramasi Bayi

cara keramas untuk bayi-4.jpg

Foto: popsugar.com

Ingatlah cara keramas bayi dengan melindungi mata Si Kecil dengan tangan Moms saat mengeramasi dan membilas samponya hingga bersih. Tidak cukup hanya sekadar memiringkan kepala bayi ke belakang ya, Moms.

Selain itu, cuci rambut Si Kecil menggunakan sampo khusus dengan formula lembut. Mengutip International Journal of Trichology, pilih sampo bayi dengan pH antara 4,5 dan 6.

Sampo dengan pH lebih tinggi dapat membuat rambut bayi kusut, yang bisa membuat waktu mandi menjadi tidak menyenangkan dan lebih lama dari yang seharusnya.

Baca Juga: 4 Produk Skincare Bayi untuk Traveling, Jangan sampai Ketinggalan!

5. Kosongkan Air di Bak Mandi

cara keramas untuk bayi-5.jpg

Foto: parents.com

Healthy Children menyarankan agar jangan sekali-kali meninggalkan wadah berisi air yang terbuka tanpa pengawasan. Setiap kali sudah selesai mandi, pastikan untuk mengosongkan semua air dalam bak ya, Moms.

Nah, itu dia beberapa cara keramas untuk bayi yang bisa dilakukan dengan aman sehingga Moms tidak merasa cemas dan khawatir saat memandikan Si Kecil.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait