Kesehatan

24 Januari 2021

15+ Cara Melancarkan Haid yang Terlambat 2 Bulan, Salah Satunya Olahraga Teratur

Moms juga harus memperbaiki jam tidur agar mensturasi teratur
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Siklus menstruasi dihitung dari hari pertama menstruasi hingga hari pertama menstruasi berikutnya. Siklus menstruasi rata-rata adalah 28 hari, tetapi siklus ini dapat bervariasi dari satu wanita ke wanita dan bulan ke bulan.

Menstruasi Moms masih dianggap teratur jika datang setiap 24 - 38 hari. Akan tetapi, menstruasi Moms dianggap tidak teratur jika waktu antar periode terus berubah dan menstruasi Moms datang lebih awal atau lebih lambat.

Apakah Moms pernah mengalami terlambat haid atau menstruasi hingga 2 bulan, namun juga tidak dalam kondisi hamil? Jika ya, maka jangan terlalu khawatir karena itu bukanlah sesuatu yang baru atau asing.

Menstruasi yang terlambat juga dikenal dengan istilah amenorrhea. Dikutip dari Healthline terdapat dua jenis amenorrhea yaitu amenorrhea primer dan amenorrhea sekunder.

Amenore primer adalah ketika seorang gadis remaja telah mencapai atau melewati usia 16 tahun dan masih belum mendapatkan menstruasi pertamanya.

Kondisi ini disebut terlambat karena kebanyakan anak perempuan mulai menstruasi antara usia 9 - 18 tahun atau rata-rata pada usia 12 tahun.

Sementara amenore sekunder adalah ketika seorang wanita berhenti menstruasi setidaknya selama 3-6  bulan. Amenore sekunder adalah bentuk keterlambatan menstruasi yang lebih umum dan inilah yang Moms alami ketika mengalami terlambat menstruasi hingga 2 bulan.

Dalam kebanyakan kasus, kedua jenis amenore ini dapat diobati secara efektif. Selain itu, beberapa penyebabnya juga merupakan hal wajar. Oleh karena itu, hal ini adalah sesuatu yang sebenarnya bisa diatasi, terlepas dengan hal lainnya seperti kondisi medis yang perlu dan bisa diobati.

Lantas, bagaimana cara melancarkan haid yang terlambat 2 bulan? Simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga: Menstruasi Tidak Teratur, Apa Penyebabnya?

Cara Melancarkan Haid yang Terlambat 2 Bulan

Mimpi menstruasi banyak dapat merefleksikan kelelahan

Perawatan atau cara agar melancarkan kembali menstruasi akan tergantung pada apa yang menyebabkan menstruasi Moms tidak teratur. Akan tetapi, ada beberapa solusi yang dapat Moms coba di rumah untuk mengembalikan siklus menstruasi Moms ke jalur yang benar.

Berikut ini adalah 14 pengobatan rumahan yang didukung sains untuk melancarkan kembali mentsruasi yang tidak tidak teratur termasuk, terlambat hingga 2 bulan. Yuk simak cara melancarkan haid yang terlambat 2 bulan di bawah ini.

1. Berlatih Yoga

Cara melancarkan haid yang terlambat 2 bulan yang pertama adalah dengan berlatih yoga. Yoga telah terbukti menjadi pengobatan yang efektif untuk berbagai masalah menstruasi.

Sebuah studi tahun 2013 dengan 126 peserta menemukan bahwa 35 - 40 menit yoga, 5 hari seminggu selama 6 bulan menurunkan kadar hormon yang terkait dengan menstruasi tidak teratur termasuk melancarkan terlambat menstruasi hingga 2 bulan.

Yoga juga telah terbukti mengurangi nyeri haid dan gejala emosional yang terkait dengan menstruasi, seperti depresi dan kecemasan, serta meningkatkan kualitas hidup wanita dengan dismenore primer. Wanita dengan dismenore primer mengalami rasa sakit yang luar biasa sebelum dan selama periode menstruasi mereka.

Jika Moms baru mengenal yoga, carilah studio yang menawarkan yoga bagi pemula atau level 1. Setelah Moms mulai mempelajari cara melakukan beberapa gerakan dengan benar, Moms dapat terus pergi ke kelas atau dapat berlatih yoga dari rumah menggunakan video sesuai rutinitas yang Moms temukan secara online.

2. Pertahankan Berat Badan yang Ideal

anak timbangan

Cara melancarkan haid yang terlambat 2 bulan yang selanjutnya adalah pertahankan berat badan ideal. Perubahan berat badan dapat memengaruhi siklus menstruasi Moms. Jika Moms kelebihan berat badan atau obesitas, menurunkan berat badan dapat membantu melancarkan kembali siklus menstruasi Moms.

Selain itu, penurunan berat badan yang ekstrim atau kekurangan berat badan juga dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur atau terlambat. Itulah mengapa penting untuk menjaga berat badan yang sehat.

Wanita yang kelebihan berat badan juga lebih mungkin mengalami menstruasi tidak teratur dan mengalami pendarahan dan rasa sakit yang lebih berat daripada wanita dengan berat badan yang sehat. Hal ini karena dampak sel lemak terhadap hormon dan insulin.

Jika Moms curiga berat badan Moms dapat memengaruhi keterlambatan siklus menstruasi yang Moms alami, bicarakan dengan dokter. Mereka dapat membantu Moms mengidentifikasi target berat badan yang sehat dan menghasilkan strategi penurunan atau penambahan berat badan.

Para ahli merekomendasikan untuk mengonsumsi 225 hingga 325 gram karbohidrat per hari jika seseorang mengonsumsi diet 2.000 kalori. Itu berarti Moms harus mendapatkan sekitar 45-65 persen dari total asupan kalori harian dari karbohidrat.

3. Katakan Tidak pada Diet Tinggi Serat

Cara melancarkan haid yang terlambat 2 bulan yang selanjutnya adalah katakan tidak pada diet tinggi serat. Serat dapat menurunkan konsentrasi progesteron, estrogen, hormon luteinizing (LH), hormon, dan perangsang folikel (FSH).

Peneliti menduga inilah mengapa wanita yang mengonsumsi makanan berserat tinggi memiliki risiko lebih rendah terkena kanker payudara.

Hormon-hormon ini juga berperan penting dalam proses reproduksi tubuh. Akibatnya, makan terlalu banyak serat dapat memengaruhi ovulasi atau membuat menstruasi terlambat dan bahkan menyebabkan Moms benar-benar melewatkannya.

Akan tetapi, tidak semua penelitian mendukung gagasan ini. Beberapa penelitian tidak menemukan pengaruh serat pada ovulasi dan periode menstruasi. Para ahli merekomendasikan untuk mengonsumsi 25 hingga 30 gram serat per hari.

4. Pastikan Mendapatkan Cukup Lemak

kelebihan-protein.jpg

Cara melancarkan haid yang terlambat 2 bulan yang selanjutnya adalah pastikan mendapat cukup lemak. Mengkonsumsi lemak yang cukup dapat mendukung kadar hormon dan ovulasi. Sementara asam lemak tak jenuh ganda (PUFA) akan membuat perbedaan yang cukup besar.

Sumber lemak yang bisa Moms konsumsi secara umum meliputi:

  • Ikan salmon
  • Minyak sayur
  • Kenari
  • Biji rami

Klinik Cleveland di Amerika Serikat merekomendasikan bahwa 20%- 35% kalori harian seseorang harus berasal dari lemak. Sementara, sekitar 5-10 persen kalori ini harus berasal dari PUFA.

5. Olahraga Secara Teratur

Cara melancarkan haid yang terlambat 2 bulan yang selanjutnya adalah olahraga teratur. Olahraga memiliki banyak manfaat kesehatan yang dapat membantu melancarkan keterlambatan siklus menstruasi Moms.

Olahraga dapat membantu Moms mencapai atau mempertahankan berat badan yang sehat dan biasanya direkomendasikan sebagai bagian dari rencana perawatan untuk sindrom ovarium polikistik (PCOS). PCOS adalah salah satu alasan atau penyebab ketidakteraturan termasuk keterlambatan menstruasi.

Hasil dari uji klinis baru-baru ini menunjukkan bahwa olahraga secara efektif dapat mengobati dismenore primer. Tujuh puluh mahasiswa dengan dismenore primer berpartisipasi dalam percobaan tersebut. Kelompok intervensi melakukan latihan aerobik selama 30 menit, 3 kali seminggu, selama 8 minggu.

Pada akhir percobaan,wanita yang melakukan latihan melaporkan rasa sakit yang lebih sedikit terkait dengan periode menstruasi mereka. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian untuk memahami bagaimana olahraga memengaruhi menstruasi dan apa efek langsungnya.

6. Konsumsi Jahe

infused water diet jahe.jpg

Cara melancarkan haid yang terlambat 2 bulan yang selanjutnya adalah konsumsi jahe. Jahe digunakan sebagai pengobatan rumahan untuk mengobati menstruasi yang tidak teratur termasuk terlambat menstruasi.

Akan tetapi, tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa jahe berhasil. Meskipun jahe memang memiliki manfaat lain terkait menstruasi.

Hasil dari satu penelitian terhadap 92 wanita dengan perdarahan menstruasi yang berat menunjukkan bahwa konsumsi suplemen jahe setiap hari dapat membantu mengurangi jumlah darah yang hilang selama menstruasi.

Akan tetapi, ini adalah penelitian kecil yang hanya mengamati gadis-gadis usia sekolah menengah, jadi diperlukan lebih banyak penelitian.

Mengkonsumsi 750 hingga 2.000 mg bubuk jahe selama 3 atau 4 hari pertama periode menstruasi Moms, telah terbukti menjadi pengobatan yang efektif untuk menstruasi yang menyakitkan. Studi lainmenemukan mengonsumsi jahe selama tujuh hari sebelum menstruasi meredakan suasana hati, fisik, dan gejala perilaku premenstrual syndrome (PMS).

Baca Juga: Konsumsi Jahe untuk Ibu Hamil, Ini Manfaat dan Bahayanya

7. Manfaatkan Rempah Kayu Manis

Cara melancarkan haid yang terlambat 2 bulan yang selanjutnya adalah memanfaatkan rempah kayu manis. Kayu manis tampaknya bermanfaat untuk berbagai masalah menstruasi termasuk menstruasi yang telat hingga 2 bulan.

Sebuah studi tahun 2014 dengan skala kecil menemukan fakta bahwa kayu manis membantu mengatur siklus menstruasi dan merupakan pilihan pengobatan yang efektif untuk wanita dengan PCOS.

Kayu manis juga telah terbukti secara signifikan mengurangi nyeri mentsruasi dan pendarahan, serta meredakan mual dan muntah yang terkait dengan dismenore primer.

8. Konsumsi Vitamin Harian

Akibat Kekurangan Vitamin E

Cara melancarkan haid yang terlambat 2 bulan yang selanjutnya adalah konsumsi vitamin harian. Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2015 mengaitkan kadar vitamin D yang rendah dengan menstruasi yang tidak teratur.

Penelitian ini menyarankan bahwa mengonsumsi vitamin D dapat membantu kembali melancarkan menstruasi yang terlambat. Studi lainjuga menemukan konsumsi vitamin harian akan efektif dalam mengobati ketidakteraturan menstruasi pada wanita dengan PCOS.

Vitamin D juga memiliki manfaat kesehatan lainnya, termasuk menurunkan risiko penyakit tertentu seperti membantu penurunan berat badan dan mengurangi depresi. Vitamin D sering ditambahkan ke beberapa makanan, termasuk susu dan produk susu lainnya, serta sereal. Selain itu, Moms juga bisa mendapatkan vitamin D dari paparan sinar matahari atau melalui suplementasi.

Sementara vitamin B sering diresepkan untuk wanita yang mencoba untuk hamil dan vitamin ini juga dapat membantu mengatur siklus menstruasi Moms. Akan tetapi, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi klaim ini.

Vitamin B juga dapat menurunkan risiko gejala pramenstruasi. Sebuah studi 2011 menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi makanan sumber vitamin B memiliki risiko PMS yang lebih rendah secara signifikan. Studi lain dari tahun 2016 menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi 40 mg vitamin B-6 dan 500 mg kalsium setiap hari mengalami penurunan gejala PMS.

Terakhir, Moms perlu ingat bahwa saat menggunakan suplemen, ikuti petunjuk pada kemasannya. Pastikan untuk hanya membeli suplemen dari sumber yang memiliki reputasi baik.

9. Minum Cuka Sari Apel Setiap Hari

Cara melancarkan haid yang terlambat 2 bulan yang selanjutnya adalah minum cuka sari apel setiap hari. Hasil penelitian yang diterbitkan pada tahun 2013 menunjukkan bahwa minum 0,53 oz (15 ml) cuka sari apel setiap hari dapat memulihkan siklus menstruasi atau ovulasi pada wanita penderita PCOS. Namun diperlukan lebih banyak penelitian untuk memvalidasi hasil ini, karena penelitian khusus ini hanya melibatkan tujuh peserta.

Cuka sari apel juga dapat membantu Moms menurunkan berat badan, dan menurunkan kadar gula darah serta insulin. Akan tetapi, cuka sari apel memiliki rasa yang pahit, sehingga mungkin sulit dikonsumsi sebagian orang. Jika Moms ingin mencobanya tetapi kesulitan dengan rasanya, Moms dapat mencoba mengencerkannya dengan air dan menambahkan satu sendok makan madu.

10. Konsumsi Nanas

XX manfaat air rebusan nanas

Cara melancarkan haid yang terlambat 2 bulan yang selanjutnya adalah konsumsi nanas. Nanas adalah obat rumahan yang populer untuk melancarkan menstruasi yang terhambat hingga dua bulan. Buah ini mengandung bromelain atau enzim yang diklaim dapat melembutkan lapisan rahim dan mengatur menstruasi wanita, meskipun hal ini belum terbukti.

Bromelain mungkin memiliki sifat anti-inflamasi dan pereda nyeri, meskipun tidak ada bukti nyata yang mendukung keefektifannya untuk mengurangi kram menstruasi dan sakit kepala. Keuntungan lainnya adalah makan nanas dapat membantu Moms mendapatkan porsi buah harian yang direkomendasikan.

11. Konsumsi Kunyit

Cara melancarkan haid yang terlambat 2 bulan yang selanjutnya adalah konsumsi kunyit. Akar kunyit mengandung kurkumin yang telah terbukti memiliki banyak efek kesehatan yang bermanfaat. Salah satu manfaat kurkumin yaitu mengurangi peradangan dan memperbaiki suasana hati.

Oleh karena itu, mengonsumsi suplemen yang mengandung kurkumin dapat menurunkan gejala sakit saat menstruasi. Tidak hanya itu, kunyit juga memiliki efek yang mirip dengan hormon estrogen yang berarti mungkin juga membantu mengatur siklus menstruasi Moms yang terlambat.

Suplemen yang mengandung kunyit dan kurkumin bisa Moms dapatkan di apotek. Dosis umum kurkumin adalah dari 100 mg-500 mg dan diminum dua kali dalam sehari.

Baca Juga: Mitos Atau Fakta, Kunyit Asam Bisa Membuat Peranakan Kering

12. Minyak Jarak

Cara melancarkan haid yang terlambat 2 bulan yang selanjutnya adalah gunakan minyak jarak. Minyak jarak secara tradisional diklasifikasikan sebagai 'emmenagogue', yang artinya dapat merangsang aliran menstruasi.

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa minyak jarak dapat memengaruhi siklus menstruasi. Minyak ini juga dapat mengurangi peradangan yang dapat mengurangi nyeri menstruasi dan kram.

Untuk menggunakan minyak jarak agar melancarkan menstruasi Moms yang terlambat, coba lakukan beberapa langkah berikut ini:

  • Rendam kain flanel dalam minyak jarak, lalu peras sisa minyaknya.
  • Tempatkan kain flanel yang dibasahi minyak jarak di atas perut Moms.
  • Tutupi kain flanel dengan bungkus plastik.
  • Letakkan bantal pemanas atau botol air panas di atas kain flanel yang dilapisi plastik. Santai dan biarkan di tempat selama 45- 60 menit.
  • Coba lakukan hal ini sekali sehari selama tiga hari, atau lebih lama jika perlu. Namun, jangan gunakan minyak jarak jika Moms sedang hamil karena ini mungkin berbahaya bagi kehamilan Moms.

13. Atur Kembali Jam Tidur

obat-alami-untuk-susah-tidur.jpg

Cara melancarkan haid yang terlambat 2 bulan yang selanjutnya adalah atur jam tidur. Masalah menstruasi, dapat menyebabkan kesulitan tidur bagi banyak wanita yang selanjutnya dapat memperburuk gejala. Moms dapat membantu mengatasi masalah tidur dengan mempraktikkan kebiasaan tidur yang baik.

Lakukan langkah-langkah berikut untuk membantu meningkatkan kualitas tidur Moms:

  • Pergi tidur dan bangun pada waktu yang kira-kira sama setiap hari.
  • Jangan tidur siang.
  • Jangan membaca atau menonton TV di tempat tidur.
  • Hindari mengonsumsi kafein setelah siang hari.
  • Berolahragalah secara teratur, tetapi usahakan untuk melakukannya sebelum jam 2 siang.

14. Mengurangi Stres

Cara melancarkan haid yang terlambat 2 bulan yang selanjutnya adalah kurangi stres. Para ilmuwan telah menemukan bahwa kelenjar adrenal mengeluarkan kortisol dan progesteron sebagai respons terhadap stres.

Meskipun pelepasan progesteron dapat mengurangi ketegangan atau kecemasan untuk sementara, hal itu juga dapat mengganggu siklus menstruasi Moms yang biasa.

Mengurangi stres kronis melalui meditasi, pernapasan dalam, dan metode lain dapat membantu Moms merasa lebih baik dan mengembalikan siklus menstruasi Moms yang terlambat dua bulan kembali ke jalurnya.

15. Mencoba Akupuntur

Cara melancarkan haid yang terlambat 2 bulan yang selanjutnya adalah coba akupuntur. Akupunktur melibatkan penempatan jarum yang sangat tipis pada titik energi yang berbeda di seluruh tubuh. Menurut pengobatan tradisional Tiongkok, akupunktur dapat menyeimbangkan aliran energi dalam tubuh.

Hal ini bermanfaat dalam mengatur menstruasi dan memperbaiki gejala PMS atau nyeri mentsruasi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa akupunktur dapat menurunkan kadar FSH dan memulai kembali menstruasi pada wanita yang sudah berhenti menstruasi. Beberapa penelitian lain juga menunjukkan bahwa akupunktur dapat mengurangi nyeri haid, tetapi hasilnya beragam.

16. Gunakan Kontrasepsi Hormonal

Cara melancarkan haid yang terlambat 2 bulan yang selanjutnya adalah gunakan kontraselsi hormonal. Pengendalian kelahiran atau kontrasepsi secara hormonal sering diresepkan untuk membantu menstruasi yang tidak teratur.

Ada berbagai jenis produk, tetapi semuanya bekerja untuk menjaga kadar hormon agar lebih stabil.

Kontrasepsi hormonal juga dapat mengatur siklus dan meredakan gejala, seperti kram parah atau jerawat. Namun, beberapa produk dapat menghilangkan menstruasi Moms secara berkepanjangan.

Konsultasi dengan dokter dapat membantu Moms memilih kontrasepsi hormonal yang paling cocok untuk Moms. Namun, Moms harus tau bahwa kontrasepsi ini mungkin menimbulkan beberapa efek samping, termasuk mual, penambahan berat badan, atau sakit kepala.

Selain itu, jangan lupa untuk memberi tahu dokter Moms jika Moms merokok. Hal ini dapat meningkatkan risiko pembekuan darah.

Baca Juga: Benarkah Kontrasepsi Hormonal Tingkatkan Risiko Kanker Payudara?

Apakah Menstruasi Yang Tidak Teratur Mempengaruhi Kesuburan?

Kenali-Tes-Kehamilan-Alami.jpg

Meskipun menstruasi tidak teratur sesekali sering terjadi, tetapi Moms perlu khawatir bila itu terjadi secara konsisten. Bagaimanapun, keterlambatan menstruasi yang terjadi terus menerus dapat membuat Moms lebih sulit untuk hamil.

Kunci untuk hamil adalah berhubungan seks sebelum dan selama ovulasi, yang merupakan jendela paling subur wanita. Siklus bulanan yang tidak teratur membuat Moms sulit untuk menentukan kapan Moms sedang atau akan berovulasi.

Dalam beberapa kasus, menstruasi yang tidak teratur dapat disebabkan oleh kondisi lain yang memengaruhi kesuburan, seperti PCOS atau hilangnya fungsi ovarium. Jika menstruasi Moms tidak teratur dan Moms ingin hamil, pertimbangkan untuk membuat janji prakonsepsi dengan dokter.

Baca Juga: Ini Faktor Penentu Yang Mempengaruhi Kesuburan

Kapan Harus Menemui Dokter atau Penyedia Layanan Kesehatan?

7 Pertanyaan Penting saat Konsultasi Program Hamil, Jangan sampai Terlewat!

Meskipun perubahan sesekali pada siklus menstruasi Moms mungkin disebabkan oleh stres atau faktor gaya hidup lainnya, ketidakteraturan yang konsisten bisa jadi merupakan tanda dari kondisi kesehatan yang mendasarinya.

Temui dokter atau penyedia layanan kesehatan lainnya jika:

  • Moms tidak mengalami menstruasi selama tiga bulan.
  • Moms mengalami menstruasi lebih dari sekali setiap 21 hari.
  • Moms mengalami menstruasi kurang dari sekali setiap 35 hari.
  • Menstruasi Moms berlangsung selama lebih dari seminggu pada suatu waktu.
  • Moms mengeluarkan gumpalan darah seukuran atau lebih besar dari seperempat.

Baca Juga: Sakit Saat Menstruasi, Wajar Atau Berbahaya?

Dokter Moms akan bekerja sama dengan Moms untuk menentukan penyebab yang mendasari dan merencanakam rencana pengobatan yang sesuai dengan kebutuhan Moms.

Hal ini mungkin memerlukan sedikit trial and error, jadi terbukalah dengan dokter Moms dan biarkan mereka melihat masalahnya.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait