Newborn

16 Juni 2021

3+ Cara Melatih Bayi Tengkurap Agar Ototnya Terus Terlatih, Yuk Coba!

Cara melatih bayi tengkurap merupakan hal yang harus dilakukan demi mencegah flat head syndrome
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Daftar isi artikel

Dalam hal perkembangan bayi, pelajaran mengenai cara melatih bayi tengkurap merupakan langkah besar untuk pencapaian tonggak kehidupan Si Kecil lainnya. Berapa banyak waktu tengkurap yang dibutuhkan dan yang terpenting bagaimana cara melatih tengkurap bayi lebih menyenangkan.

"Tummy time adalah saat bayi tengkurap di perutnya saat diawasi," kata Wendy Wallace, DO, seorang dokter anak di The Children's Hospital of Philadelphia Care Network.

Dilansir Healthychildren.org, Dimulai pada hari pertamanya di rumah dari rumah sakit diperlukan bermain dan berinteraksi dengan bayi saat ia bangun dan tengkurap 2 hingga 3 kali setiap hari untuk waktu yang singkat interval 3-5 menit.

Waktu tengkurap ini pun meningkatkan jumlah waktu saat bayi menunjukkan bahwa ia menikmati aktivitas tersebut. Waktu yang tepat untuk melakukan ini adalah setelah mengganti popok atau ketika bayi bangun dari tidur siang.

Karena, jika Si Kecil selalu dalam posisi telentang, ia mungkin akan mengalami titik datar di kepalanya yang juga berarti bahwa otot kepala, leher, dan bahu mereka tidak cukup berolahraga.

Saat bayi Anda tengkurap, mereka harus melihat ke atas, ke kiri, dan ke kanan untuk melihat orang dan benda. Menggerakkan kepala mereka membantu tengkorak mereka membulat, serta memperkuat leher, bahu, dan belalai mereka. Nantinya, otot-otot ini akan membiarkannya duduk. Otot mata juga menjadi lebih kuat saat si kecil melihat sekeliling saat tengkurap.

Cara Melatih Bayi Tengkurap

Beberapa bayi sangat tidak menyukai waktu tengkurap pada awalnya, terutama jika Moms mencoba terlalu lama. Tapi, pada akhirnya Si Kecil akan terbiasa dengan waktu tengkurap dan akan lebih menoleransinya, berikut ini cara melatih bayi tengkurap:

1. Biasakan Tummy Time

Membiasakan tummy time sebagai cara melatih bayi tengkurap

Foto: Orami Photo Stock

Ide yang bagus untuk cara melatih bayi tengkurap saat Moms dan Si Kecil masih di rumah sakit. Semakin awal Moms memulainya, semakin besar kemungkinan bayi akan menerima perut sebagai posisi alami.

Bahkan, sebelum tali pusar terlepas, Moms dapat memposisikan bayi pada perut atau dada saat Moms bangun dan dalam posisi bersandar di kursi, tempat tidur, atau lantai (dengan bantal untuk menopang kepala), tengkurap. perut dengan bayi.

Manfaatkan kesempatan sempurna ini yaitu tummy time untuk bersosialisasi dengan Si Kecil dorong banyak kontak mata. Bicaralah dengan nada animasi dan gunakan ekspresi yang berlebihan agar dia melihat Moms. Ini adalah waktu yang spesial untuk memulai cara melatih bayi tengkurap secara dini.

2. Taruh di Pangkuan

Menaruh di pangkuan sebagai cara melatih bayi tengkurap

Foto: Orami Photo Stock

Cara melatih bayi tengkurap juga bisa dengan menaruhnya di pangkuan Moms yaitu memposisikan perut bayi di atas pangkuan secara memanjang sambil memberikan penyangga kepala. Ingatlah untuk menjaga agar kepalanya tetap sejajar dengan tubuhnya.

Jika dia tertidur dalam posisi itu, pindahkan dia ke tempat tidur. Untuk lebih banyak stimulasi, perlahan naikkan dan turunkan kaki Moms secara bersamaan, lalu gerakkan perlahan dari satu sisi ke sisi lain. Gerakan ini kemungkinan besar akan menenangkan Si Kecil.

Bayi perlu dihadapkan pada berbagai tekstur sepanjang hari, dan waktu tengkurap adalah kesempatan yang tepat untuk melakukannya. Saat bayi tengkurap, kulit di perut, kaki, lengan, dan wajahnya menyentuh permukaan tempat ia berbaring. Tempat bermain paling alami adalah di lantai yang bersih, alas tidur siang, atau selimut dengan tekstur berbeda.

Catatan, selimut harus diamankan sehingga tidak bergeser saat bayi menggerakkan lengan atau kakinya sehingga menutup wajahnya. Saat dia menggerakkan tubuh, lengan, dan kakinya ke permukaan, gesekan yang dibuat membuat dia tahu di mana tubuhnya berada saat berada di ruangan.

Selain itu, Si Kecil akan mendapatkan kekuatan dan kelenturan selama waktu tengkurap. Mendandani si kecil dengan setelan onesie untuk waktu tengkurap memungkinkannya untuk merasakan berbagai tekstur di lengan dan kakinya.

Tummy time juga memungkinkan bayi menjelajahi lingkungan secara visual dengan cara baru. Ketika diposisikan telentang, dia hanya bisa melihat langit-langit dan apa pun yang ada di sekitarnya. Namun pada perutnya, dia menggunakan ototnya untuk mengangkat kepalanya dan melihat dunia setinggi mata, memberinya pandangan yang sama sekali berbeda.

Baca Juga: Bayi Tidur Tengkurap jadi Penyebab SIDS?

3. Ide Berbaring Menyamping dengan Dukungan

Berbaring miring dengan dukungan

Foto:Orami Photo Stock

Berbaring menyamping adalah alternatif yang bagus untuk waktu tengkurap jika bayi tidak tahan terlalu lama tengkurap. Tempatkan bayi di atas selimut miring; jika perlu, sandarkan punggungnya ke handuk yang digulung sebagai penyangga.

Jika kepalanya membutuhkan penyangga, letakkan kain lap kecil yang terlipat di bawah kepalanya. Kedua lengan bayi harus berada di depannya, dan Moms harus membawa kakinya ke depan di pinggul dan menekuk lututnya untuk membuatnya nyaman.

Jangan lupa untuk mengalihkan perhatian bayi dengan mainan yang menyenangkan atau membacakan buku yang menghibur saat dia dalam posisi ini. Yang terbaik adalah mengatur waktu reguler untuk waktu tengkurap dan berbaring miring, seperti setelah tidur siang, mandi, atau mengganti popok.

Pastikan untuk memiliki rencana dan berhati-hatilah untuk memvariasikan posisi bayi setiap 10 hingga 15 menit selama waktu bermain

Upayakan untuk memaparkan Si Kecil pada berbagai posisi sepanjang hari, termasuk waktu yang dihabiskan di lengan dan di pangkuan. Ingat, bayi sangat mendambakan interaksi emosional dan koneksi dengan orang tuanya sebagai cara melatih bayi tengkurap.

4. Ikut Serta Tengkurap

Ikut serta tengkurap bersama bayi

Foto: Orami Photo Stock

Jika cara melatih bayi tengkurap di atas telah dicoba,maka tak ada salahnya untuk Moms ikut serta terlibat proses tengkurapnya. Bisa jadi saat melihat wajah Moms menjadi pendorong yang cukup untuk Si Kecil mencoba mengangkat kepalanya dari tubuh.

Lihat bagaimana kelanjutannya dan bagaimana bayi merespons waktu tengkurap. Anda mungkin perlu bermain-main dengan penentuan posisi. Jika, katakanlah, bayi benar-benar tidak dapat menahan tengkurapnya, pertimbangkan untuk membaringkannya.

Posisi yang direkomendasikan American Academy of Pediatrics ini menempatkan bayi di atas selimut, berbaring miring, dengan handuk yang digulung di belakang punggungnya dan kain lap yang digulung di bawah kepalanya untuk menopang (jika perlu).

Dekatkan kedua lengan bayi ke depan dan kedua kaki ke depan, tekuk lutut untuk kenyamanan. Pastikan untuk menggulungnya ke sisi yang bergantian setiap 10 hingga 15 menit.

Baca Juga: Kapan Bayi Boleh Tidur Tengkurap? Simak Ulasannya di Sini

Bagaimana jika cara melatih bayi tengkurap masih tidak disukai Si Kecil? Moms tak perlu stres dan jangan menyerah.

”Seperti banyak hal dengan anak-anak, tidak apa-apa untuk mundur, istirahat, dan kembali secara perlahan cara melatih bayi tengkurap,” ujar dokter anak umum di Riley Hospital for Children di Indiana University Health, Michael McKenna, M.D.

“Ambil cuti beberapa hari atau seminggu, dan coba lagi nanti. Moms mungkin akan melihat kesuksesan setelah cara melatih bayi tengkurap beristirahat, dan pertimbangkan juga untuk mempersingkat sesi serta mengatur jarak waktu tengkurap namun perlahan menaikkan secara pasti,” tambahnya.

Sumber:

  • https://www.thebump.com/a/tummy-time-when-to-start-how-to-do
  • https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/baby/sleep/Pages/Back-to-Sleep-Tummy-to-Play.aspx
  • https://www.todaysparent.com/baby/baby-development/when-do-babies-smile-2/
  • https://www.healthline.com/health/parenting/tummy-time#finding-time-for-tummy-time
  • https://www.webmd.com/parenting/baby/features/tummy-time
  • https://www.whattoexpect.com/first-year/week-13/tummy-time.aspx#:~:text=Place%20your%20baby%20on%20his,frequent%20sessions%20throughout%20the%20day.
  • https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/baby/sleep/Pages/Back-to-Sleep-Tummy-to-Play.aspx
  • https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/baby/sleep/Pages/The-Importance-of-Tummy-Time.aspx
  • https://www.whattoexpect.com/first-year/crawling/
  • https://medlineplus.gov/ency/article/002004.htm
  • https://pathways.org/topics-of-development/tummy-time/
  • https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/infant-and-toddler-health/expert-answers/tummy-time/faq-20057755
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait