Kesehatan Umum

30 September 2021

Adakah Cara Melatih Mental yang Bisa Dicoba? Cari Tahu Jawabannya Berikut Ini!

Ternyata ada beberapa cara yang bisa ditempuh agar mental sekuat baja!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Amelia Puteri

Faktanya, cara melatih mental tidaklah jauh berbeda dengan melatih kekuatan tubuh. Jika Moms ingin mengangkat benda yang lebih berat, maka Moms membutuhkan lebih banyak kekuatan fisik.

Otot lengan yang besar dan punggung yang kuat akan sangat membantu Moms dalam melakukan angkat berat.

Nah, hal yang sama dapat dikatakan untuk otot-otot mental.

Jika Moms ingin dapat mengatasi tantangan yang lebih besar dan mengatasi lebih banyak rintangan yang mungkin akan menggoyahkan mental nantinya, maka Moms membutuhkan lebih banyak kekuatan mental.

Seperti otot fisik, otot mental membutuhkan latihan yang baik. Untungnya ada beberapa cara melatih mental untuk diri sendiri yang bisa Moms lakukan untuk membentuk pribadi yang kuat secara mental.

Baca Juga: Crab Mentality, Fenomena Ketidaksenangan Melihat Kesuksesan Orang Lain

Cara Melatih Mental untuk Diri Sendiri

cara melatih mental

Foto: Orami Photo Stock

Berikut ini adalah beberapa cara melatih mental yang bisa Moms coba untuk membentuk diri sendiri menjadi pribadi yang kuat dan tahan banting dalam menghadapi berbagai macam cobaan hidup:

1. Coba Bingkai Ulang Pikiran Negatif

Jika Moms memiliki pikiran negatif seperti, "Usaha yang aku lakukan ini tidak akan pernah berhasil," coba ganti dengan sesuatu yang lebih realistis, seperti, "Jika saya bekerja keras, saya berlatih terus menerus, maka ini akan meningkatkan peluang saya untuk sukses."

Memang benar bahwa setiap orang memiliki hari-hari buruk yang menyebabkan mereka dihinggapi pikiran negatif.

Akan tetapi dengan mencari harapan positif dan realistis, Moms dapat menghilangkan pikiran pesimistis yang merusak ini dan melengkapi diri dengan lebih baik untuk menghadapi hari-hari buruk.

2. Buat Tujuan yang Realistis

Sangat menyenangkan untuk bermimpi besar, akan tetapi menetapkan cita-cita terlalu tinggi kemungkinan akan menyebabkan Moms dapat dengan mudah mengalami kekecewaan. Kekecewaan ini pun akan membuat kekuatan mental Moms tergerus.

Daripada menurunkan berat badan drastis hingga 25 kg, coba fokuslah untuk menurunkan lima kilogram terlebih dahulu.

Ketika Moms mencapai tujuan itu, Moms akan lebih termotivasi untuk menurunkan lima kilogram berikutnya hingga akhirnya suatu hari bisa tercapai penurunan berat badan hingga 25 kilogram.

Setiap tujuan yang Moms capai memberikan kepercayaan diri pada kemampuan diri sendiri untuk menjadi sukses. Ini juga akan membantu Moms mengidentifikasi tujuan mana yang tidak cukup menantang dan mana yang terlalu ambisius dan tidak realistis.

Baca Juga: 11 Cara Menjaga Kesehatan Mental Anak di Tengah Pandemi COVID-19

3. Siapkan Diri untuk Sukses

cara melatih mental

Foto: Orami Photo Stock

Moms tidak perlu tunduk pada godaan setiap hari untuk tetap kuat secara mental. Ubah lingkungan perlahan-lahan. Dengan begini, maka Moms akan membuat hidup sedikit lebih mudah.

Letakkan sepatu lari di samping tempat tidur jika Moms ingin berolahraga di pagi hari. Buang junk food dari kulkas jika tujuan Moms adalah untuk makan lebih sehat.

Hal-hal kecil seperti ini bisa sangat membantu Moms agar tidak menguras energi mental sendiri dan menyiapkan diri untuk sukses.

4. Lakukan Setidaknya Satu Hal Sulit Setiap Hari.

Peningkatan tidak terjadi secara kebetulan. Moms perlu menantang diri sendiri dengan sengaja. Namun, pastikan untuk menganalisis batasan diri sendiri, karena setiap orang memiliki gagasan berbeda tentang apa yang menantang.

Milikilah keberanian untuk memilih sesuatu yang sedikit di luar batas-batas ini. Dan kemudian ambil satu langkah kecil setiap hari.

Misalnya, daftarkan diri Moms ke kelas yang menurut Moms tidak memenuhi syarat. Bicaralah untuk diri sendiri bahkan ketika itu tidak nyaman. Selalu dorong diri untuk menjadi sedikit lebih baik hari ini daripada kemarin.

Baca Juga: Jangan Anggap Remeh, Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Mental Breakdown yang Sering Terjadi

5. Toleransi Rasa Tidak Nyaman untuk Tujuan Lebih Besar

cara melatih mental

Foto: Orami Photo Stock

Perasaan tidak nyaman seringkali membuat orang mencari jalan pintas yang tidak sehat. Menonton TV tanpa batas waktu dan minum berlebihan adalah beberapa jenis penopang emosional yang umum.

Namun jenis solusi jangka pendek ini lebih sering menimbulkan masalah jangka panjang yang lebih besar dan bukan cara melatih mental yang benar.

Lain kali saat Moms mengalami ketidaknyamanan, ingatkan diri tentang gambaran yang lebih besar. Selesaikan latihan apa pun yang sedang Moms kerjakan bahkan ketika Moms sedang lelah.

Seimbangkan anggaran bahkan ketika itu membuat Moms cemas. Menoleransi emosi yang tidak nyaman dapat membantu Moms mendapatkan kepercayaan diri yang Moms butuhkan.

6. Seimbangkan Emosi dengan Logika

Jika Moms 100 persen logis sepanjang waktu, Moms mungkin menjalani kehidupan yang membosankan, tanpa waktu luang, kesenangan, atau bahkan cinta.

Namun, jika Moms mendasarkan semua keputusan pada emosi, Moms mungkin menghabiskan semua uang untuk kesenangan, daripada menabung untuk pensiun atau investasi.

Untuk membuat keputusan terbaik, Moms perlu menyeimbangkan logika dan emosi dan ini juga merupakan cara melatih mental terbaik.

Jadi terlepas dari seberapa kecil atau besar keputusan dalam hidup, periksa diri untuk memastikan Moms telah menyeimbangkan emosi dengan logika.

Menjadi terlalu cemas, marah, atau bersemangat dapat menyebabkan Moms membuat keputusan emosional. Jadi tuliskan daftar pro dan kontra untuk setiap keputusan penting yang dibuat.

7. Penuhi Tujuan

Sulit untuk tetap berada di jalur kecuali Moms mengetahui tujuan keseluruhan. Coba tanyakan pada diri sendiri, mengapa Moms ingin mengasah keahlian atau mendapatkan lebih banyak uang?

Sebagai cara melatih mental, coba tuliskan pernyataan misi yang jelas dan ringkas tentang apa yang ingin Moms capai dalam hidup.

Saat Moms berjuang untuk mengambil langkah berikutnya, ingatkan diri Moms mengapa penting untuk terus melangkah. Fokus pada tujuan harian, tetapi pastikan langkah-langkah yang Moms ambil akan membawa ke tujuan yang lebih besar dalam jangka panjang.

Baca Juga: Mengenal Hustle Culture dan Dampak Negatifnya pada Kesehatan Mental

8. Gunakan Aturan 10 Menit

cara melatih mental

Foto: Orami Photo Stock

Kekuatan mental dapat membantu Moms menjadi produktif ketika Moms tidak menyukainya, tetapi itu bukan tongkat ajaib yang akan membuat Moms merasa termotivasi sepanjang waktu.

Ada aturan 10 menit yang berguna ketika Moms tergoda untuk menunda sesuatu yang penting. Coba katakan pada diri sendiri untuk bergerak hanya selama 10 menit.

Jika pikiran masih melawan tubuh setelah 10 menit, maka mungkin tidak apa-apa untuk memberi diri izin untuk berhenti.

Tetapi lebih sering daripada tidak, begitu Moms mengambil langkah pertama itu, Moms akan menyadari bahwa tugas tidak sesulit yang diprediksi.

Memulai hampir selalu merupakan bagian tersulit, tetapi keterampilan lain yang Moms pelajari dapat membantu untuk terus maju.

Itu dia Moms, beberapa hal tentang cara melatih mental untuk diri sendiri.

  • https://positivepsychology.com/mentally-strong/
  • https://www.psychologytoday.com/us/blog/what-mentally-strong-people-dont-do/202002/10-exercises-make-you-mentally-stronger
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait