Fashion & Beauty

7 November 2020

6 Cara Melembutkan Rambut dengan Masker Berbahan Alami, Yuk Coba!

Ternyata melembutkan rambut kering dan rusak bisa dengan cara alami dan ekonomis
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Putriana
Disunting oleh Amelia Puteri

Rambut lembut dan berkilau tentunya jadi dambaan setiap orang.

Sayangnya, keindahan alami rambut kita akan berkurang seiring berjalannya waktu baik karena proses penuaan, gaya hidup tak sehat, atau styling pada rambut yang menyebabkan kutikula rambut rusak dan rapuh.

Lama-kelamaan minyak alami pada rambut dapat terkelupas dan menyebabkan kekeringan.

Untuk itulah sangat penting merawatnya dengan cara melembutkan rambut yang tepat. Solusi mengatasi rambut kering sesungguhnya sangat sederhana.

Kita hanya perlu melembabkannya kembali yang bisa dilakukan dalam beberapa cara berikut ini, baik secara alami maupun menggunakan produk perawatan rambut.

Baca Juga: 7 Perawatan Rambut Keriting Agar Tetap Sehat

Cara Melembutkan Rambut dengan Masker Alami

cara melembutkan rambut-1

Foto: Orami Photo Stock

Saat mendapati keadaan rambut kering atau rusak, jangan cepat-cepat berburu produk perawatan yang harganya selangit dengan klaim bisa mengembalikan keindahan rambut secara instan.

Ternyata banyak alternatif cara melembutkan rambut secara alami menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan di sekitar kita, seperti enam cara melembutkan rambut secara alami berikut ini:

1. Masker Minyak Kelapa untuk Melembutkan Rambut

Minyak kelapa mengandung asam laurat tinggi. Menurut Journal of Cosmetic Science, senyawa ini berfungsi untuk menambah kelembapan pada rambut dan mengurangi kehilangan protein.

Menggunakan sedikit minyak kelapa sebagai perawatan sebelum ataupun sesudah keramas terbukti dapat menjadi cara melembutkan rambut karena meningkatkan kelembapan dan mengurangi rambut kusut.

Cara membuat masker minyak kelapa:

  1. Tuang minyak kelapa secukupnya ke telapak tangan lalu balurkan ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala. Tambahkan volume minyak kelapa pada bagian-bagian yang dirasa sangat kering, biasanya pada ujung rambut.
  2. Diamkan selama kurang lebih 15 menit.
  3. Bilas menggunakan sampo hingga bersih dari sisa minyak.

Michelle Parkes, penata rambut artis Hollywood sekaligus pemilik Core Salon mengatakan cara melembutkan rambut lainnya adalah dengan mencampurkan minyak kelapa dengan conditioner.

Ia juga berbagi cara melembutkan rambut yang sudah dalam keadaan kering dan rusak parah.

"Aplikasikan minyak kelapa sesaat setelah habis keramas dalam keadaan basah. Tutup dengan shower cap selama semalaman.Anda akan takjub dengan hasilnya keesokan pagi saat keramas," terangnya.

2. Masker Minyak Zaitun untuk Rambut Kasar

Cara melembutkan rambut berikutnya adalah menggunakan minyak zaitun.

Berdasarkan penelitian asal Portugal yang dipublikasikan 2017 lalu, minyak zaitun atau olive oil murni mengandung senyawa bernama squalene yang punya kemampuan untuk bertindak sebagai pelembap di berbagai produk kosmetik.

Minyak zaitun murni atau extra virgin olive oil mengandung vitamin E dan antioksidan lainnya. Sebuah studi lain di tahun 2010 menunjukkan bahwa nutrisi dalam keluarga vitamin E dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut.

Jadi, manfaat yang bisa Moms dapatkan dengan menggunakan masker minyak zaitun sebagai cara melembutkan rambut tak perlu diragukan lagi.

Cara membuat masker minyak zaitun:

  1. Ambil 2 sdm hingga 1/4 cup minyak zaitun murni lalu hangatkan minyak. Moms dapat menghangatkannya menggunakan microwave selama 10 detik atau hangatkan minyak dengan metode double broiler alias tim. Pastikan suhu minyak tidak terlalu panas dan hanya menjadi hangat.
  2. Diamkan minyak hingga suhunya cukup nyaman untuk diaplikasikan pada kepala.
  3. Balurkan minyak zaitun secara merata dari kulit kepala hingga ujung batang rambut. Pijat kulit kepala beberapa saat agar minyak menempel ke seluruh permukaan.
  4. Tutup rambut menggunakan shower cup selama sekitar 15-30 menit. Membiarkan rambut selama lebih dari itu biasanya tidak membuahkan hasil signifikan, jadi cukup 30 menit saja paling lama.
  5. Selanjutnya ambil sisir rambut menggunakan sisir bergigi jarang. Lebih baik lagi menggunakan sisir bulat yang renggang.
  6. Bilas rambut menggunakan sampo hingga bersih.

Jika keadaan rambut Moms sangat kering, Moms bisa melakukan perawatan ini dua kali seminggu. Tapi kalau jenis rambut Moms justru berminyak, gunakan masker minyak zaitun beberapa minggu sekali.

Baca Juga: 3 Tips Merawat Rambut Kering, Mudah Banget!

3. Masker Buah Alpukat untuk Rambut Kering

5 Makanan untuk Cegah Rambut Rontok-3.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Buah alpukat mengandung minyak alami, asam lemak tak jenuh ganda, dan lemak tak jenuh tunggal yang termasuk dalam lemak "baik".

Karenanya, buah ini dianggap baik untuk melembapkan rambut, utamanya rambut kering dan kasar. Meski begitu, masker alpukat dapat digunakan pada semua jenis rambut sebagai cara melembutkan rambut.

Buah ini juga kaya vitamin yang dapat menutrisi kulit kepala dan membantu rambut tampak sehat, berkilau, dan terhidrasi. Salah satunya karena alpukat mengandung biotin, yakni senyawa yang membantu pertumbuhan rambut dan kuku agar lebih sehat.

Cara membuat masker alpukat:

  1. Siapkan satu buah alpukat dan 2-3 sdm minyak kelapa.
  2. Belah dan ambil daging buah kelapa, letakkan dalam wadah. Lumat buah alpukat menggunakan garpu hingga lembut.dan campurkan dengan minyak kelapa. Sesuaikan konsistensinya, apabila terlalu kental bisa tambahkan lebih banyak minyak kelapa.
  3. Aplikasikan masker alpukat mulai dari ujung rambut menuju kulit kepala. Diamkan minimal 15 menit sebelum membilasnya dengan sampo dan air bersih.

4. Bentonite Clay untuk Menyehatkan Rambut Kering

Bentonite clay adalah zat mirip lumpur yang berasal dari abu vulkanik. Kadang-kadang bahan ini digunakan dalam industri perawatan kecantikan utamanya sebagai masker wajah.

Namun bentonite clay juga dapat digunakan pada rambut sebagai cara alami untuk menambah kelembapan dan membuang racun. Sampai saat ini, hanya ada sedikit penelitian ilmiah yang mendukung manfaat bentonite clay sebagai cara melembutkan rambut.

Namun satu ulasan yang diterbitkan dalam Iranian Journal of Public Health menemukan bahwa bentonite clay dapat membantu membuat bulu domba tumbuh lebih cepat dan lembut.

Cara membuat masker bentoite clay:

  1. Siapkan 1 cup bubuk bentonite clay, 1 cup air, dan 1/2 cup cuka apel.
  2. Campur seluruh bahan dalam mangkuk hingga membentuk pasta kental. Sesuaikan konsistensinya, jika kurang cair bisa tambahkan air atau cuka apel. Akan lebih baik jika menggunakan air hangat.
  3. Aplikasikan pada rambut seperti menggunakan masker rambut pada umumnya lalu bilas hingga bersih.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Masker Rambut Lokal untuk Rambut Sehat dan Lembut

5. Masker Madu untuk Melembutkan Rambut

cara melembutkan rambut-2

Foto: Orami Photo Stock

Berkat khasiat terapeutik pada madu, madu sudah digunakan selama berabad-abad sebagai sampo dan kondisioner untuk keramas. Saat ini, bahan alami pun masih populer di banyak jenis produk perawatan rambut.

Hal ini karena manfaat madu untuk rambut seperti melembutkan rambut dan kulit kepala kering, mengurangi rambut pecah-pecah, mengembalikan kilauan rambut, dan menjadi cara melembutkan rambut. Selain itu, madu memiliki senyawa pengikat yang bagus

Cara membuat masker madu:

  1. Campurkan 1/2 cup madu dengan 1/4 cup minyak zaitun lalu aduk rata. anaskan campuran madu menggunakan microwave selama 20 detik dan diamkan masker hingga hangat.
  2. Bersihkan rambut lalu aplikasikan masker dari kulit kepala hingga ujung rambut. Moms bisa menggunakan tangan atau menggunakan kuas masker.
  3. Setelah itu tutup kepala menggunakan shower cap dan diamkan selama 30 menit.
  4. Bilas rambut hingga bersih menggunakan sampo.

Untuk hasil yang maksimal, Moms dapat menggunakan raw organic honey yang memiliki kandungan antioksidan lebih tinggi. Namun jenis madu apapun seharusnya tetap memiliki manfaat yang baik untuk melembutkan rambut.

6. Masker Aloe Vera untuk Mengatasi Rambut Kasar

Cara melembutkan rambut yang terakhir adalah dengan masker lidah buaya. Sebenarnya sangat sedikit penelitian yang secara khusus melihat manfaat lidah buaya untuk rambut.

Namun aloe vera atau lidah buaya dipercaya memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi iritasi kulit kepala dan kandungan vitamin C, E, B-12, asam folat, dan kolin di dalamnya dapat membantu menutrisi dan memperkuat rambut

Cara membuat masker lidah buaya:

  1. Siapkan 2 sdm gel lidah buaya dan 1 sdm minyak kelapa dalam wadah. Moms boleh menggunakan lidah buaya asli maupun gel lidah buaya yang banyak dijaul di toko. Panaskan kedua campuran tersebut menggunakan microwave.
  2. Aduk rata camuran masker.
  3. Mulailah aplikasi dari bagian tengah rambut dan lanjutkan ke ujung rambut. Setelah mengoleskan masker hingga ujung rambut, Moms bisa kembali mengoleskannya dengan lembut ke kulit kepala. Namun, Moms bisa memulai aplikasi masker dari kulit kepala jika secara khusus menggunakan masker untuk membantu mengatasi ketombe.

Itulah cara melembutkan rambut dengan masker berbahan alami.

Meski demikian, sah-sah saja jika Moms ingin menggunakan masker rambut instan yang banyak dijual sebegai produk perawatan rambut. Namun pastikan produk tersebut tidak mengandung alkohol ya, Moms.

Karena alkohol dapat memperparah keadaan rambut kering dan rusak. Selain itu, serum rambut, leave-in conditioner, dan clarifying shampoo juga dapat digunakan sehari-hari sebagai perawatan rambut rusak.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait