Fashion & Beauty

FASHION & BEAUTY
10 Januari 2021

7 Cara Memakai Masker Mata Agar Hasilnya Maksimal

Mata adalah jendela hati, yuk jangan lupa dirawat dengan masker mata!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Agnes
Disunting oleh Adeline Wahyu

Mata adalah salah satu bagian tubuh untuk melakukan komunikasi nonverbal yang memberikan banyak kesan bagi orang lain dibandingkan dengan komunikasi lisan saja.

Beberapa penelitian mengatakan bahwa mata adalah fitur wajah manusia yang paling dilihat oleh orang lain. Oleh karena itu, wajar jika banyak orang berusaha untuk membuat mata terlihat semenarik mungkin, misalnya dengan cara menggunakan riasan mata.

Namun, masih banyak yang lupa kalau mata juga perlu untuk diberi perawatan ekstra, seperti dengan memakai masker mata atau yang biasa disebut juga dengan eye-patch.

Manfaat Masker Mata

cara memakai masker mata

Foto: Freepik.com

Moms mungkin menyadari jika kulit di sekitar mata lebih cepat kering dan berkeriput bukan? Hal ini terjadi karena kulit di sekitar mata lebih tipis, lebih sensitif, serta lebih rentan terhadap kekeringan.

Kulit di sekitar mata juga ikut terlibat dalam berbagai ekspresi wajah, sehingga dapat menyebabkan munculnya garis-garis halus dan kerutan. Selain itu, mata juga merupakan salah satu indera utama manusia yang terus bekerja secara aktif, sehingga mudah terdampak beberapa kebiasaan buruk jika kurang istirahat.

Untuk itu manfaat masker mata sangatlah penting bagi Moms dan Dads yang ingin merawat penampilan untuk menunda tanda-tanda penuaan serta mendapatkan manfaat lainnya, antara lain:

Baca Juga: 4 Cara Menghilangkan Mata Panda dengan Eye Mask Alami

1. Mengurangi Mata Panda

Manfaat masker mata jika digunakan secara rutin dan sesuai dengan anjuran cara memakai masker mata yang baik dan benar, maka masker mata dapat membantu Moms mengurangi mata panda, istilah yang digunakan untuk menyebut lingkaran di bawah mata yang menghitam menyerupai mata seekor panda.

Mata panda kerap kali menjadi salah satu musuh wanita karena dapat mengganggu penampilan dan membuat wajah terlihat tidak segar. Jika tidak diatasi, lingkaran hitam mata ini cukup sulit untuk ditutupi hanya dengan make up.

Untuk mengurangi lingkar hitam mata panda, gunakan masker mata yang mengandung kafein. Sifat diuretik kafein memungkinkannya menarik cairan secara alami dari wajah.

Dalam jurnal penelitian tahun 2016, studi acak menunjukkan kemampuan gel yang mengandung kafein dapat menembus kulit kelopak mata bawah dan mengurangi edema kelopak mata bawah dan pigmentasi.

2. Mengurangi Kerutan Halus

Salah satu manfaat masker mata yang paling banyak diincar adalah untuk mengurangi kerutan halus di sekitar mata. Kerutan halus di sekitar mata merupakan salah satu tanda-tanda penuaan dini dan masih dapat dicegah agar Moms terlihat senantiasa segar dan lebih muda.

Jika ingin mendapatkan manfaat masker mata untuk anti-aging, gunakan masker mata yang mengandung antioksidan, vitamin C, retinol, atau peptida untuk mengurangi kerutan halus pada mata.

3. Melembapkan Area Mata

Manfaat masker mata selanjutnya adalah masker mata dapat melembapkan kulit di sekitar mata. Kulit di sekitar mata mengandung lebih sedikit kelenjar sebaceous yang membuat kulit di area ini rentan terhadap kekeringan.

Sifat melembapkan pada masker mata sangat baik untuk mengatasi masalah kulit kering di sekitar mata dan memperlambat tanda-tanda penuaan dini.

4. Mengurangi Bengkak Pada Mata

Banyak faktor yang menyebabkan mata bengkak, contohnya saja menangis atau kurang tidur. Pilih masker mata yang mengandung hyaluronic acid dan kafein untuk mengurangi bengkak pada mata.

Kandungan kafein membantu mengencangkan kulit, mengurangi pembengkakan, dan mengeluarkan cairan berlebih dari area sekitar mata, sementara hyaluronic acid dapat mengencangkan dan melembapkan kulit yang kendur.

Baca Juga: 5 Kesalahan Riasan Mata yang Bikin Wajah Jadi Lebih Tua

Cara Memakai Masker Mata

Masker mata pertama kali ditemukan oleh seorang ilmuwan asal Korea Selatan. Pada awalnya masker mata menyerupai perban yang terbuat dari kain dan direndam di dalam emulsi sehingga menjadi lengket.

Awalnya eye-patch sangat mahal dan tidak banyak orang yang mampu membelinya. Tetapi sekarang harga masker mata relatif terjangkau dan bisa digunakan oleh siapapun. Umumnya, masker mata terbuat dari hidrogel, namun ada juga masker mata yang terbuat dari kain, bio selulosa, dan jenis lainnya.

Saat ini masker mata memiliki berbagai macam variasi kandungan serum dan essence yang mengandung vitamin, mineral, pelembap, dan kandungan bermanfaat lainnya untuk kulit di sekitar mata.

Langkah-langkah cara memakai masker mata yang tepat perlu diketahui agar mendapatkan manfaatnya secara maksimal. Inilah beberapa langkah cara memakai masker mata yang disarankan.

1. Bersihkan Wajah

cara memakai masker mata

Foto: Freepik.com

Langkah pertama cara memakai masker mata adalah membersihkan wajah terlebih dahulu. Sama halnya sebelum memakai produk skincare lainnya, ada baiknya Moms membersihkan wajah dari minyak, kotoran, dan make up terlebih dahulu dengan menggunakan cleansing oil maupun sabun wajah.

Wajah yang bersih dari segala kotoran dapat menyerap nutrisi dari masker mata secara lebih optimal.

2. Memakai Toner

Sebaiknya pakailah toner sebelum menempelkan masker mata

Foto: Freepik.com

Langkah cara memakai masker mata dengan baik adalah menggunakan toner wajah terlebih dahulu untuk mengembalikan pH kulit menjadi netral. Biasanya, setelah mencuci muka, pH kulit wajah akan menjadi lebih tinggi atau rendah karena penggunaan produk pembersih wajah. Ketidakseimbangan pH kulit cenderung membuat kulit terasa kering.

3. Tempelkan Masker Mata

cara memakai masker mata

Foto: Freepik.com

Setelah membersihkan wajah, Moms bisa langsung menempelkan masker mata di bagian bawah mata yang menggelap atau terdapat kantung mata, atau sesuai dengan tipe dan petunjuk masker mata.

Baca petunjuk cara memakai masker mata pada kemasan untuk mengetahui berapa lama masker harus didiamkan. Umumnya, penggunaan masker mata cukup didiamkan selama 10 - 15 menit, namun beberapa tipe masker mata lain yang dapat dibiarkan saja semalaman.

4. Memakai Skincare Seperti Biasa

Setelah memakai masker mata, lanjutkan dengan memakai skin care

Foto: Freepik.com

Setelah mendiamkan masker mata selama waktu yang disarankan oleh petunjuk cara menggunakan masker mata dalam kemasan, Moms bisa melanjutkan ke rutinitas skin-care seperti biasanya, misalnya serum, essence, krim mata, dan lain sebagainya.

Perlu diingat jika Moms memakai masker mata berbentuk eye-patch, maka hindari menggunakan serum atau essence sebelumnya, karena nantinya masker mata tidak dapat menempel sempurna.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Eye Mask Ini Akan Membuat Mata Tampak Sehat

5. Jangan Biarkan Masker Mata Terlalu Lama

Beberapa tipe masker mata sebaiknya tidak didiamkan terlalu lama

Foto: Freepik.com

Cara memakai masker mata yang baik dan benar selanjutnya adalah jangan biarkan masker mata menempel terlalu lama di mata. Sebagian dari Moms mungkin berpikir semakin lama masker mata didiamkan, maka akan semakin bekerja secara maksimal.

Tetapi pendapat ini tidak selalu tepat, karena masker mata tertentu yang didiamkan terlalu lama justru dapat meninggalkan bercak yang mengering dan dapat menyebabkan lebih banyak kerutan yang terlihat di sekitar mata.

6. Jangan Gunakan Kembali Masker Mata yang Sudah Digunakan

cara memakai masker mata

Foto: Freepik.com

Kecuali memang tertulis di kemasannya, masker mata biasanya dirancang hanya untuk sekali pakai. Moms mungkin pernah mendapatkan tips cara memakai masker mata dengan merendam masker mata bekas pakai ke dalam air atau bahkan menghangatkannya kembali di microwave agar essence-nya kembali keluar, namun hal ini sebaiknya tidak dilakukan, karena selain dapat merusak lapisan masker, juga tidak dijamin kebersihannya.

7. Hentikan Pemakaian Jika Terjadi Iritasi

Jika terasa gatal, panas, bengkak, dan lain-lain, hentikan pemakaian

Foto: Freepik.com

Karena kandungan setiap masker mata berbeda-beda, maka reaksi yang diberikan pada kulit setiap orang dapat saja berbeda. Apalagi kulit bagian mata sangat tipis dan sensitif, maka sangat dianjurkan untuk menghentikan pemakaian bila terjadi iritasi. Gejala ketidakcocokan atau iritasi yang mungkin terjadi misalnya gatal, panas, kemerahan, bengkak, dan lain-lain.

Baca Juga: Jangan Salah Pilih Skincare, Begini Cara Mengetahui Tipe Kulit Kita

Macam-Macam Masker Mata

Ada tiga tipe masker mata yang paling umum ditemukan

Foto: Freepik.com

Ada macam-macam masker mata yang bisa ditemui di toko maupun e-commerce langganan Moms. Dari banyaknya masker mata, berikut jenis masker mata terbaik yang bisa Moms coba di rumah menurut kebutuhan, yaitu:

1. Hydrogel

Macam-macam masker mata yang pertama adalah tipe hydrogel eye patch. The Journal of pharmacy and pharmacology mengungkapkan hydrogel patch memberikan suplai air yang baik untuk kulit dan minim tanda-tanda iritasi seperti kemerahan atau pustula.

Masker mata berbahan hydrogel yang kenyal seperti jeli ini biasanya mampu melembapkan kulit sekitar mata, mengurangi mata sembap, dan lingkar bawah mata yang menggelap. Menariknya, saat ini beberapa merek perawatan kulit mulai memproduksi masker mata hydrogel yang dapat dipakai lebih dari sekali. Makin irit!

2. Sleeping Mask

Masker mata ini cukup unik dan praktis untuk digunakan karena seperti namanya, masker mata ini hanya perlu diaplikasikan di kulit sekitar mata, dipijat dengan gerakan memutar, dan dibiarkan hingga pagi untuk kemudian dibilas.

Sleeping mask umumnya berbentuk seperti krim yang kental. Masker mata ini adalah solusi untuk kulit sekitar mata yang sangat kering, karena dapat mengencangkan, melembapkan, dan mengurangi bengkak di sekitar mata. Dengan kulit yang lebih terjaga kelembapannya, maka garis-garis halus juga dapat berkurang.

Berbeda dengan krim mata biasa yang dapat digunakan setiap hari, sleeping mask sebaiknya hanya digunakan sekali atau dua kali dalam seminggu.

3. Eye Patch

Macam-macam masker mata yang terakhir adalah eye patch dengan bahan dasar kain khusus yang menyerap emulsi, mirip dengan masker wajah. Eye patch jenis ini biasanya digunakan tidak perlu terlalu lama, praktis, dan memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan hydrogel patch.

Secara fungsi tetap sama, eye patch kain mudah dibawa-bawa dan direkatkan ke sekitar mata. Bentuknya ada yang hanya ditempelkan di bawah mata, ada pula yang menutupi sekitar mata hingga ke bagian alis atau seluruh mata.

Baca Juga: Menarik!! Ini 6 Face Oil yang Layak Masuk Jajaran Skincare Moms

Itulah cara memakai masker mata beserta manfaat dan macamnya. Moms tertarik mencoba atau sudah mencobanya?

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait