Fashion & Beauty

17 April 2021

11+ Cara Memancungkan Hidung yang Bisa Moms Lakukan, Catat!

Selain operasi, ada juga cara memancungkan hidung secara alami yang bisa dilakukan dengan gerakan tertentu
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Banyak orang bertanya-tanya bagaimana cara memancungkan hidung. Apakah Moms salah satunya? Yuk simak ulasan cara memancungkan hidung di bawah ini.

Operasi menjadi salah satu cara memancungkan hidung yang umum dipilih oleh beberapa Moms. Operasi hidung tersebut dikenal sebagai rinoplasti. Menurut American Society of Plastic Surgeons, lebih dari 207.000 operasi hidung dilakukan di Amerika Serikat pada tahun 2019.

Rhinoplasty biasanya merupakan operasi kosmetik untuk orang yang tidak senang dengan penampilan hidungnya. Operasi juga digunakan untuk memperbaiki cedera hidung, memperbaiki cacat lahir, hingga masalah pernapasan.

Walaupun operasi mampu mengubah bentuk sesuai keinginan namun ada juga cara memancungkan hidung pesek yang bisa Moms lakukan.

Baca Juga: Benarkah Menarik Hidung Bayi Bisa Membuatnya Jadi Mancung?

Cara Memancungkan Hidung secara Alami

Ada banyak cara memancungkan hidung secara alami seperti menggunakan riasan atau rinoplasti yang sempat disebutkan. Namun, berikut adalah cara memancungkan hidung secara alami. Yuk simak!

1. Kontur dan Riasan

Cara memancungkan hidung, Foto : Orami Photo Stock

Foto: Orami Photo Stock

Riasan tidak akan mengubah ukuran hidung Moms, tetapi dapat membantu mengubah penampilan. Ada banyak tutorial online yang menjelaskan berbagai strategi cara memancungkan hidung. Berikut ini langkah-langkah dasar membentuk hidung:

  • Buat garis tepi kedua sisi hidung Moms menggunakan bronzer yang dua tingkat lebih gelap dari kulit.
  • Sorot batang hidung Moms menggunakan stabilo matte.
  • Memanipulasi bayangan dan sorotan menggunakan beauty blender.

2. Tekan-tekan Sisi Hidung

Moms yang kerap mengeluhkan tentang bentuk hidung. Bisa jadi latihan bentuk hidung ini menjadi cara memancungkan hidung secara alami namun perlu keteraturan, kemungkinan besar pada waktunya, bentuk hidung akan berubah dan Moms akan dapat membentuk hidung seperti yang diinginkan.

Selain itu, Latihan ini juga membantu mencegah dan mengurangi kendurnya hidung. Caranya:

  • Gunakan jari telunjuk untuk menekan sisi hidung , dan buang napas dengan kuat.
  • Berikan tekanan di bagian bawah sisi lubang hidung Anda untuk hasil terbaik. Pastikan Anda tidak menghembuskan napas dengan terlalu banyak tenaga.
  • Ulangi latihan ini 10 kali.

3. Mengencangkan Hidung

Moms, usia tentu menyebabkan banyak perubahan, dan seiring dengan berjalannya waktu, tulang rawan, tulang serta otot juga menghadapi bebannya.

Nah, latihan sederhana ini tidak hanya membantu membentuk hidung, sehingga tampak lebih pendek, tetapi juga mencegah kerusakan tulang rawan. Cara memancungkan hidung ini yaitu:

  • Letakkan jari telunjuk di ujung hidung Moms, tekan dengan lembut.
  • Sekarang, dengan menggunakan hidung Moms, berikan tekanan ke bawah pada jari Moms.
  • Moms juga bisa melakukan latihan ini setiap hari, sesering yang bisa dilakukan.

4. Latihan Senyum

Cara memancungkan hidung, Foto : Orami Photo Stock

Foto: Orami Photo Stock

Cara memancungkan hidung secara alami juga bisa lakukan dengan senyuman sederhana, lho. Hal ini tentu terbaik dibanding semuanya.

Yang perlu Moms lakukan hanyalah tersenyum, lalu gunakan jari untuk mendorong hidung ke atas. Ini akan membantu membangun otot di sisi hidung. Lakukan latihan ini 20 hingga 30 kali setiap hari untuk hasil terbaik.

Baca Juga: Weekly Routine Merawat Kecantikan Wajah

5. Latihan Pernapasan

Yoga dan olahraga sangat mementingkan latihan pernapasan. Menghirup dan menghembuskan napas dalam-dalam memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah membentuk hidung.

Caranya, duduklah dengan nyaman. Tutup salah satu lubang hidung, tarik napas melalui lubang hidung lainnya, dan tahan selama sekitar empat detik.

Kemudian, blokir lubang hidung lainnya, dan buang napas saat Moms membebaskan lubang hidung yang awalnya diblokir. Ulangi latihan ini dengan menutup lubang hidung lainnya. Moms dapat melakukan tiga set dengan masing-masing 10 pengulangan sebagai cara memancungkan hidung.

6. Goyangkan Hidung

Cara memancungkan hidung, Foto : Orami Photo Stock

Foto: Orami Photo Stock

Cara memancungkan hidung secara alami ini lebih merupakan pembentukan otot daripada latihan pembentukan kembali. Tapi itu pasti akan membantu memperkuat otot hidung, dan membuat hidung lebih tajam.

Yang perlu dilakukan adalah menggoyangkan hidung, sambil memastikan wajah Moms benar-benar diam. Lakukan ini beberapa kali setidaknya sekali sehari untuk hasil terbaik.

7. Memijat Hidung

Seperti halnya bernapas, metode ini memiliki banyak manfaat. Dapat menyembuhkan sakit kepala apa pun, selain menyempitkan dan membentuk hidung. Cara memancungkan hidung dengan pijat yaitu dimulai dari jembatan, ke ujung, dan terakhir ke samping.

Pastikan jari Moms bergerak dengan gerakan memutar. Pijat hidung selama sekitar lima menit setiap hari, dan lakukan secara teratur untuk hasil terbaik.

8. Menghilangkan Garis Senyuman

Cara memancungkan hidung, Foto : Orami Photo Stock

Foto: Orami Photo Stock

Seiring bertambahnya usia, garis senyum semakin dalam dan cenderung terlihat buruk. Latihan sederhana ini akan membantu menghilangkan garis-garis halus tersebut.

Cara memancungkan hidung yang pesek dengan hilangkan garis senyuman yaitu mengisi mulut Moms dengan udara kemudian menghembuskan udara ke segala arah sambil menahan selama sekitar lima detik di setiap area. Setelah setiap area tersentuh, lepaskan udaranya. Lakukan latihan ini sekali setiap hari.

Baca Juga: 8 Khasiat Es Batu untuk Kecantikan Wajah, Bisa Mengurangi Jerawat Lho!

9. Yoga Wajah

Cara memancungkan hidung selanjutnya adalah yoga wajah. Kegiatan ini akan membantu hilangkan lemak dari hidung. Sering melakukan yoga wajah ini dapat mengaktifkan otot-otot yang tidak aktif di hidung dan memfasilitasi pembakaran lemak di area tersebut.

Yoga wajah juga memfasilitasi cara memancungkan hidung. Latihan-latihan ini mirip dengan banyak latihan pernapasan dan sangat mudah untuk dicoba dan dilakukan.

Selain itu, jika Moms melakukan latihan ini secara teratur setiap hari, hidung juga tidak kendur seiring bertambahnya usia dan menjaga tulang rawan.

10. Kompres Es Batu

Es batu dapat membantu mengurangi bengkak di berbagai tubuh tak terkecuali hidung. Kompres es batu merupakan solusi sederhana dan tidak memerlukan banyak biaya untuk melakukannya tiap hari. Yang dibutuhkan hanyalah es kubus dan handuk.

Cukup bungkus es batu tersebut di atas handuk dan kompres ke hidung berulang kali hingga meleleh. Tentunya ini juga membantu menghilangkan lemak di hidung.

Cara Memancungkan Hidung Pesek dengan Operasi

Selain cara alami, ada juga cara memancungkan hidung pesek dengan operasi. Berikut ulasannya seperti dirangkum dari Healthline.

Baca Juga: 3+ Cara Memancungkan Tulang Hidung, Bisa dengan Filler atau Riasan, Pilih Mana?

11. Rhinoplasty

Operasi kosmetik yang paling umum untuk mengubah bentuk hidung adalah rhinoplasty. Operasi ini dapat:

  • membentuk kembali lubang hidung
  • luruskan hidungmu
  • membentuk kembali hidung

Ada beberapa variasi prosedur operasi hidung, tetapi dua kategori utama adalah rhinoplasty terbuka dan rhinoplasty tertutup.

  • Rhinoplasty Terbuka. Rinoplasti terbuka biasanya dilakukan untuk pembentukan kembali besar-besaran. Pada jenis operasi ini, ahli bedah membuat sayatan pada bagian kulit di antara lubang hidung Moms untuk mengakses bagian dalam hidung. Operasi ini berpotensi meninggalkan bekas luka yang terlihat. Namun, kebanyakan orang yang menjalani operasi ini melaporkan bekas luka mereka tidak terlihat atau hampir tidak terlihat.
  • Rhinoplasty Tertutup. Rinoplasti tertutup biasanya digunakan untuk prosedur kecil. Sayatan dibuat di dalam hidung untuk menghindari jaringan parut.

12. Septoplasty

Septoplasty adalah operasi yang meluruskan tulang dan tulang rawan di antara lubang hidung. Bagian hidung ini disebut septum. Jika septum hidung bengkok, ini disebut sebagai septum yang menyimpang.

Septum yang menyimpang biasanya menyebabkan gejala seperti:

  • penyumbatan hidung
  • sakit kepala
  • nyeri wajah
  • kesulitan mencium
  • keluarnya cairan dari hidung
  • keruh

Baca Juga: Seperti Apa Prosedur Endoskopi Hidung Anak?

Meskipun berbagai cara memancungkan hidung secara alami dapat dilakukan dengan baik. Penting untuk diingat bahwa cara ini tidak sama untuk semua orang. Bahkan, jika teman Moms melakukannya, mungkin tidak memberikan hasil.

Sehingga, penting untuk dipahami bahwa bentuk hidung bukanlah sesuatu yang harus dikucilkan atau membuat tidak percaya diri. Karena pada akhirnya, tidak peduli seperti apa wajah Moms, tetap senyum yang manis dna hangat membantu memenangkan hati semua orang tak terkecuali Dads.

Bagaimanapun, hal itu adalah perhiasan terbaik yang bisa dikenakan. Cara memancungkan hidung ini boleh dicoba namun jangan berkecil hati jika tidak berhasil setidaknya pilihan metode alami ini tidak akan merugikan Moms sama sekali.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait