Fashion & Beauty

29 November 2021

Dads Was-was Rambut Menipis? Ini Dia Cara Memanjangkan Rambut Pria Dengan Cepat!

Para pria juga bisa gelisah karena masalah rambut. Intip cara memanjangkan rambut agar makin pede!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Rambut rontok dan susah tumbuh adalah hal yang paling menyebalkan dan tak jarang menimbulkan rasa kurang percaya diri. Oleh karena itu, yuk cari tahu bagaimana cara memanjangkan rambut pria.

Tidak hanya wanita, pria pun dapat mengalami rambut rontok yang sulit untuk tumbuh kembali. Jadi, agar rasa percaya diri Dads kembali lagi, simak cara memanjangkan rambut pria berikut ini!

Namun sebelum itu, pahami dulu proses pertumbuhan rambut pria dan hal apa saja yang menyebabkan rambut Dads sulit tumbuh panjang.

Proses Pertumbuhan Rambut Pria

cara menumbuhkan rambut pria agar cepat panjang

Foto: Orami Photo Stock

Menurut American Academy of Dermatology Association, rambut tumbuh rata-rata 1-2 cm per bulan, atau sekitar 6-12 cm per tahun.

Moms dan Dads mungkin sering melihat iklan di berbagai media yang mempromosikan produk yang mengklaim dapat memanjangkan rambut lebih cepat, sebenarnya tidak ada cara memanjangkan rambut pria lebih cepat dari rata-rata.

Namun, Moms dan Dads dapat menghindari hal-hal yang dapat memperlambat pertumbuhan rambut atau menyebabkan kerusakan pada rambut.

Genetika berperan besar dalam menentukan seberapa cepat rambut akan tumbuh. Pertumbuhan rambut juga dipengaruhi oleh pola makan, usia, jenis rambut, tingkat stres, obat-obatan, serta kondisi medis yang mendasarinya.

Lalu bagaimana rambut bisa tumbuh? Di tubuh manusia, terdapat sekitar 5 juta folikel rambut dan sekitar 100.000 di antaranya terdapat di kulit kepala. Setiap helai rambut di kulit kepala mengikuti 3 langkah pola pertumbuhan rambut, yaitu:

  • Anagen. Anagen adalah fase pertumbuhan aktif rambut yang berlangsung antara 2-6 tahun.
  • Catagen. Catagen adalah fase peralihan atau transisi, saat rambut berhenti tumbuh. Fase ini berlangsung sekitar 2-3 minggu.
  • Telogen. Telogen adalah tahap istirahat, inilah saat rambut rontok. Tahap ini berlangsung sekitar 2-3 bulan.

Proses ini juga berlaku untuk rambut di sekujur tubuh dan wajah. Rambut di tubuh tidak tumbuh sepanjang rambut di kulit kepala karena melewati ketiga tahap siklus yang lebih pendek.

Baca Juga: 7+ Rekomendasi Minyak Rambut Pria, Yuk Coba Dads!

Penyebab Rambut Pria Sulit Tumbuh

Rambut pria sulit tumbuh

Foto: Orami Photo Stock

Apakah Dads penasaran, kenapa rambut pria tumbuh dengan lambat dan sulit panjang? Mari cari tahu penyebabnya berikut.

  • Kekurangan protein

Sebagian besar helai rambut terdiri dari keratin, protein yang juga menyusun kulit dan kuku. Protein yang tidak mencukupi dalam makanan dapat membuat rambut dan kuku kurang kuat sehingga dapat mengorbankan pembentukan keratin dan menurunkan tingkat zat besi.

  • Gula darah

Lonjakan gula darah dapat menyebabkan pelepasan insulin, dan jika Dads resisten terhadap insulin, itu tidak diserap oleh sel secara optimal. Hal ini telah dikaitkan dengan kerontokan rambut, mungkin karena menyebabkan rambut memasuki fase katagen sebelum waktunya.

  • Obat-obatan

Mengkonsumsi obat antidepresan, pereda nyeri, pengencer darah, dan beta-blocker dapat memperlambat pertumbuhan dan kerontokan rambut.

  • Stres

Saat stres, kita sering mengambil napas pendek dan menghirup lebih sedikit oksigen. Apa yang kita hirup adalah untuk mendukung organ paling vital terlebih dahulu, seperti jantung, paru-paru, hingga otak dan lebih sedikit oksigen yang tersedia untuk bagian tubuh yang kurang penting, termasuk rambut.

  • Penyakit

Saat tubuh melawan penyakit parah, sumber dayanya dialokasikan kembali dan kulit kepala mungkin mendapatkan sinyal untuk memasuki fase istirahat dan pertumbuhan rambut mungkin berhenti sementara sampai pemulihan.

  • COVID-19

Sebuah survei terhadap para penyintas COVID-19 yang dikemukakan oleh Hair Story menemukan bahwa 32% responden melaporkan kerontokan rambut sebagai efek samping dari virus, atau hanya sebagai akibat dari stres yang terkait dengan virus.

Sebuah survei baru-baru ini terhadap 1.000 orang dewasa juga menemukan hampir 2 dari 5 mengalami kerontokan rambut akibat stres usai karantina.

  • Kerusakan mekanis

Rambut halus, alat penata rambut yang dipanaskan, kuku yang tajam, dan bulu sikat yang kaku dapat melukai kulit kepala dan membuatnya kurang mampu mendukung pertumbuhan yang sehat. Bahkan seberapa sering pria mencuci rambut juga berperan. Selain itu, rambut basah adalah yang paling rapuh, dan secara agresif menyisir rambut kusut setelah dicuci kemungkinan akan merusaknya.

  • Bahan kimia

Produk pembersih, pengkondisi, dan pewarna rambut dengan bahan kimia keras dapat mengakibatkan rambut kering dan menggagalkan sifat pelindung alami sebum sehingga rambut sulit tumbuh sehat.

Baca Juga: 15 Model Rambut Pria Pendek yang Trendi Sepanjang Masa

Cara Memanjangkan Rambut Pria Dengan Cepat

Setelah mengetahui sekilas proses pertumbuhan rambut, lalu bagaimana cara memanjangkan rambut pria dengan cepat?

Terdapat beberapa cara memanjangkan rambut pria dengan cepat, namun hal ini tentunya tidak sama untuk setiap orang. Banyak faktor-faktor lain yang dapat memengaruhi proses memanjangkan rambut pria, misalnya faktor genetik.

Yuk, simak beberapa cara memanjangkan rambut pria dengan cepat di bawah ini!

1. Ubah dan Perhatikan Gaya Hidup

Gaya hidup untuk rambut sehat

Foto: Freepik

Cara memanjangkan rambut pria dengan cepat yang pertama yaitu dengan mengubah dan menerapkan gaya hidup sehat.

Gaya hidup sehat dapat berpeluang besar membantu dalam tingkat pertumbuhan rambut yang sehat.

Berikut ini beberapa saran yang dapat dilakukan untuk gaya hidup yang sehat:

  • Tidur dengan cukup

Tidur merupakan bagian penting dari hidup sehat. Orang dewasa harus menargetkan 7-9 jam tidur per malam. Selama tidur, hormon pertumbuhan membantu mempercepat reproduksi sel dan berkontribusi pada pertumbuhan rambut yang sehat.

  • Kurangi stres

Stres membawa banyak efek negatif pada tubuh, termasuk rambut. Mayo Clinic menyebutkan stres yang berlebihan dapat menyebabkan rambut rontok dengan mengganggu fase pertumbuhan siklus rambut dan mendorong folikel rambut ke fase istirahat.

Beberapa cara sehat untuk menurunkan tingkat stres, misalnya olahraga teratur, yoga, meditasi, konseling, cukup tidur, mendengarkan musik, pergi berlibur, atau melakukan hobi yang menyenangkan.

  • Perhatikan cara memperlakukan rambut

Bersikaplah lembut saat menyikat atau menata rambut merupakan cara memanjangkan rambut pria dengan cepat selanjutnya. Sering memutar atau menarik rambut dapat menyebabkan rambut patah dan dapat membuat rambut tumbuh lebih lambat.

Sebaiknya hindari gaya rambut ketat seperti kepang, kuncir kuda, atau cornrows.

Selain itu, jangan gunakan perm dan bahan kimia pelurus rambut, setrika pelurus atau pengeriting panas, dan memutihkan rambut (bleaching). Jika ingin menggunakan bahan kimia atau mewarnai rambut, kunjungi salon dan ikuti petunjuk perawatan setelahnya.

  • Berhenti merokok

Penelitian pada jurnal Archives of Dermatology menyebutkan rokok telah dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan, termasuk rambut rontok.

Merokok diketahui dapat menyebabkan kerusakan pada folikel rambut dan mengakibatkan ketidakseimbangan dalam siklus pertumbuhan rambut.

  • Pijat kulit kepala

Memijat kulit kepala setiap hari terbukti dapat merangsang dan meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut yang dapat merangsang rambut tumbuh lebih tebal.

Menurut studi yang diterbitkan U.S National Library Medicine, menunjukkan bahwa pria yang melakukan pijat kulit kepala selama 4 menit setiap hari memiliki rambut yang lebih tebal setelah 24 minggu.

Namun, beberapa kerontokan rambut sementara terjadi setelah 12 minggu, sebelum rambut mulai tumbuh lebih tebal.

Penting juga untuk dicatat bahwa pria dalam penelitian ini menggunakan alat pijat untuk memijat kulit kepala, bukan jari mereka. Jadi, hindari menggosok kulit kepala dengan jari yang dapat menyebabkan kerontokan rambut.

Baca Juga: Hati-hati, Ini 9 Penyebab Rambut Rontok pada Pria!

2. Perhatikan Makanan dan Diet

Nutrisi untuk memanjangkan rambut pria

Foto: Freepik

Cara memanjangkan rambut pria dengan cepat yang selanjutnya adalah dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi dan pola diet yang dilakukan.

Pola makan yang sehat harus mencakup berbagai buah-buahan, sayuran, biji-bijian, protein tanpa lemak, dan lemak tak jenuh.

Cobalah untuk membatasi asupan makanan dan minuman dengan gula tambahan, karena makanan padat kalori ini hanya menambahkan sedikit nilai gizi.

Healthline menyebutkan mengonsumsi vitamin dan mineral tertentu juga dapat membuat rambut lebih sehat.

Beberapa kelompok makanan yang dapat berperan dalam menjaga kesehatan rambut, yaitu makanan tinggi zat besi (kacang-kacangan, sayuran hijau, sereal yang diperkaya zat besi, daging sapi tanpa lemak, dan telur) serta makanan kaya protein ( daging tanpa lemak, telur, dan ikan).

3. Suplemen dan Vitamin

Suplemen untuk rambut pria

Foto: Freepik

Mengonsumsi suplemen dan vitamin untuk pertumbuhan rambut pria harus dicoba sebagai cara memanjangkan rambut pria dengan cepat selanjutnya.

Rambut memerlukan berbagai vitamin dan nutrisi untuk tumbuh dengan sehat. Hanya saja, cukup sulit untuk mendapatkan cukup vitamin dan nutrisi secara optimal dari makanan saja.

Jika makanan tidak cukup dalam memenuhi kebutuhan nutrisi, suplemen dapat membantu. Suplemen nutrisi berikut dapat membantu pertumbuhan rambut adalah biotin, asam lemak omega-3 dan 6, seng, vitamin B, vitamin C, dan vitamin D.

Namun, saat ini belum ada cukup bukti yang menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen berguna jika mengalami kekurangan nutrisi untuk jangka panjang.

Cara terbaik untuk mendapatkan nutrisi adalah dengan mengonsumsi makanan seimbang padat nutrisi.

Baca Juga: Kenali Kondisi dan 6 Cara Merawat Rambut Pria

4. Produk Penumbuh Rambut Pria

Produk penumbuh rambut pria

Foto: Freepik

Produk penumbuh rambut pria adalah salah satu cara memanjangkan rambut pria dengan cepat. Untuk memastikan pertumbuhan rambut yang sehat, pastikan Dads merawat kulit kepala dengan baik.

Tujuan penggunaan produk penumbuh rambut adalah untuk memperkuat rambut, mendukung kesehatan kulit kepala, meningkatkan ketebalan rambut, dan merangsang siklus pertumbuhan rambut.

Usahakan untuk tidak keramas setiap hari, karena justru dapat mengeringkan kulit kepala dan menghilangkan minyak alaminya.

Dads disarankan untuk keramas setiap 2-3 hari dengan menggunakan kondisioner. Kondisioner dapat meminimalisir kusut dan ujung rambut bercabang serta mencegah kerusakan.

Gunakan kondisioner pada batang rambut dan menghindari kulit kepala. Pastikan untuk membilasnya sampai bersih setelah diaplikasikan.

Perlu untuk selalu membaca komposisi produk saat membeli produk baru untuk rambut. Ada beberapa bahan yang harus dihindari agar tidak merusak rambut dan menghambat pertumbuhan rambut, yaitu sulfat, alkohol, polietilen glikol (PEG), pemutih, peroksida, dan pewarna.

Carilah sampo yang bebas bahan yang berpotensi menyebabkan iritasi, seperti sampo bebas sulfat.

Beberapa penelitian seperti yang dijelaskan Toxicological Research menunjukkan bahan-bahan berikut ini dapat membantu meningkatkan kesehatan dan kondisi rambut, seperti minyak kelapa, alpukat, argan, zaitun, dan jojoba.

Kandungan keratin, protein, kafein, minyak esensial (minyak peppermint dan minyak rosemary), serta lidah buaya juga dapat memberikan efek positif pada kesehatan rambut.

5. Cegah Pola Kebotakan Pada Pria

Obat pencegah kebotakan

Foto: Freepik

Seiring bertambahnya usia, beberapa folikel rambut biasanya mengerut dan berhenti menumbuhkan rambut. Hal ini juga disebut sebagai rambut rontok keturunan, rambut rontok berpola, atau alopesia androgenetik.

Kebotakan berpola pada pria biasanya bersifat warisan (genetik). Medlineplus menyebutkan kebotakan ini mempengaruhi lebih dari setengah pria di atas usia 50.

Jenis rambut rontok ini bersifat permanen dan rambut tidak dapat tumbuh kembali. Namun, Dads yang punya potensi mewarisi kebotakan ini, mungkin bisa memperlambat kerontokan rambut dengan obat.

Cara memanjangkan rambut pria yang dapat dilakukan adalah dengan berkonsultasi dengan dokter tentang pilihan obat yang bisa diambil, misalnya obat oral yang disebut finasteride atau obat topikal yang disebut minoxidil.

Perlu diingat bahwa setelah folikel rambut mengerut, kemungkinan besar rambut tidak akan tumbuh kembali, bahkan dengan perawatan khusus.

Baca Juga: 10 Cara Menebalkan Rambut Pria, Jangan Terlalu Sering Keramas

6. Hindari Mandi Air Dingin

pria keramas

Foto: Orami Photo Stock

Menurut trichologist terkenal di dunia Philip Kingsley yang dikutip dari Real Men Real Style, cara memanjangkan rambut pria berikutnya adalah dengan menghindari mandi air dingin.

Kingsley menjelaskan bahwa suhu yang lebih dingin dapat menyempitkan kapiler di kulit kepala yang "membawa nutrisi dan mengambil produk limbah dari permukaan kulit."

Jadi, sebisa mungkin Dads memastikan bahwa pembuluh darah selalu aktif untuk menjaga sel-sel rambut dalam kondisi baik sehingga lebih cepat tumbuh dan panjang.

Sebaliknya, gunakan air hangat. Namun, pastikan bukan air panas karena air panas dapat menghilangkan minyak alami dari kulit kepala dan membuatnya lebih rentan terhadap kerusakan.

Mandi air hangat akan membantu membersihkan residu dari kulit kepala jauh lebih baik daripada air dingin, memungkinkan rambut tumbuh tanpa hambatan dan dengan demikian rambut Dads akan panjang lebih cepat.

Cobalah untuk mulai keramas dengan air hangat secara perlahan, barulah saat membilas rambut, Dads bisa menggunakan air yang agak dingin.

Intinya, jangan membuat rambut dan kulit kepala terkejut karena perubahan suhu yang tiba-tiba.

Itulah beberapa cara memanjangkan rambut pria dengan cepat yang bisa Dads lakukan. Ingat selalu bahwa pola hidup sehat adalah kunci dari berbagai masalah kesehatan.

  • https://www.aad.org/public/everyday-care/hair-scalp-care
  • https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/stress-management/expert-answers/stress-and-hair-loss/faq-20057820
  • https://jamanetwork.com/journals/jamadermatology/fullarticle/654456
  • https://www.healthline.com/nutrition/best-vitamins-hair-growth
  • https://medlineplus.gov/genetics/condition/androgenetic-alopecia/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4289931/
  • https://www.realmenrealstyle.com/natural-ways-grow-hair-faster/
  • https://www.hairstory.com/blog/how-to-grow-men-s-hair-faster/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait