Fashion & Beauty

21 Mei 2021

Ikuti 9 Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat

Apakah impian Moms mempunyai rambut panjang yang indah terurai? Jika iya, ada banyak cara mewujudkannya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Karla Farhana

Siapa sih yang nggak ingin mendapatkan rambut yang panjang, indah, dan berkilau? Jika Moms ingin segera menumbuhkan rambut yang diinginkan, ini dia beberapa cara memanjangkan rambut dengan cepat yang bisa Moms ikuti.

Lain halnya seperti kuku yang cepat memanjang, butuh waktu agak lama untuk rambut bisa tumbuh. Namun sayangnya, banyak orang yang tidak sabar dan ingin rambutnya segera panjang untuk membuat penampilannya menjadi lebih cantik. Karena itu, banyak wanita yang mencari cara memanjangkan rambut dengan cepat.

Apakah Moms bermimpi untuk mempunyai rambut panjang yang indah terurai? Jika iya, ada banyak cara mewujudkannya! Jangan sampai nggak tahu, karena cara memanjangkan rambut dan membuatnya berkilau bisa didapatkan dengan mudah dan simple.

Biasanya dalam sebulan rambut hanya tumbuh 1,2 cm saja. Tapi jangan khawatir, ada cara sederhana untuk membuat rambut Moms bisa panjang alami tanpa bantuan hair extension!

Yuk simak cara memanjangkan rambut secara alami dan gampang untuk dilakukan!

Baca Juga: 7 Penyebab Paling Umum Rambut Rontok Pada Pria

Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat

Menunggu rambut panjang terkadang bikin tidak sabar, ya, Moms. Rasanya lama sekali, padahal sudah tidak sabar untuk mendapatkan rambut impian.

Berikut cara memanjangkan rambut dengan cepat yang bisa Moms lakukan! Mudah banget, bahkan bisa dilakukan sendiri di rumah.

1. Memotong Ujung Rambut

cara cepat memanjangkan rambut - potong ujung rambut

Foto: Orami Photo Stock

Bukankah memotong ujung rambut malah akan membuatnya semakin pendek? Tidak Moms. Ternyata ini merupakan salah satu cara untuk memanjangkan rambut dengan cepat, lho!

Hal tersebut dikarenakan ujung rambut yang rusak dan pecah-pecah tidak akan membuat rambut bertambah panjang dengan cepat, Moms. Justru, malah membuat rambut tampak kering.

“Memanjangkan rambut hanya mungkin dilakukan jika rambut sangat sehat dan tidak memiliki banyak ujung rambut yang bercabang,” ujar Mark Townsend, penata rambut selebriti Hollywood.

Ia pun menyarankan penata rambut untuk memotong rambut 1 cm setiap 10-12 minggu. Tujuannya, untuk mencegah ujung rambut bercabang.

Moms hanya perlu memotong ujung rambut dengan memerhatikan kondisi ujung yang rusak. Usahakan untuk menghilangkan cabang di rambut, namun jangan lupa untuk tetap memperkirakan hasilnya agar tidak berbeda panjangnya.

Baca Juga: Tips Merawat Rambut Panjang Anak Perempuan agar Halus dan Bagus

2. Jangan Lupa Pakai Kondisioner

cara cepat memanjangkan rambut - kondisioner

Foto: Orami Photo Stock

Cara memanjangkan rambut dengan cepat selanjutnya adalah memerhatikan produk perawatan rambut, terutama kondisioner.

“Melewatkan kondisioner saat mandi merupakan hal terburuk yang Anda lakukan, terutama ketika Anda mencoba untuk memanjangkannya, ”kata Townsend.

Kondisioner berfungsi untuk mengganti lipid dan protein di dalam batang rambut dan dapat membantu menumbuhkan rambut dengan cepat.

Penggunaan kondisioner sangat penting untuk membantu mengencangkan batang rambut, meningkatkan elastisitas, dan melawan kerusakan rambut yang bisa menghalangi tumbuhnya rambut panjang yang indah.

Baca Juga: Intip Yuk Cara Cepat Memanjangkan Rambut dengan Lidah Buaya

3. Keramas Tidak Setiap Hari dan Pakailah Air Dingin

yuk keramas yg benarhero banner magz (1510x849)

Foto: Orami Photo Stock

Cara yang ketiga sangat mudah untuk dilakukan nih, Moms. Yaitu hanya dengan tidak keramas terlalu sering. Mungkin Moms tipe yang ingin keramas setiap hari karena cuaca membuatmu gerah, sehingga membuat kulit kepala berminyak dan gatal.

Tak bisa dipungkiri bahwa cuaca panas membuat rambut menjadi berminyak dan berbau tidak sedap. Memiliki rambut dengan bau tak sedap tentunya membuat semua orang tak nyaman dan rasa percaya diri menurun.

Jika pemakaian kondisioner dianjurkan setiap kali mandi, tidak demikian dengan sampo. Sebaiknya pemakaian sampo tidak terlalu sering.

Baca Juga: 5 Kesalahan Saat Keramas yang Bikin Rambut Berketombe

Dilansir dari Cleveland Clinic, keramas terlalu sering akan membuat rambut jadi kering, kasar, dan gampang patah. Kulit kepala pun bisa jadi kering, gatal, dan iritasi.

Penggunaan sampo bertujuan untuk membersihkan kotoran. Tapi kebanyakan sampo di pasaran masih menggunakan bahan sulfat yang dapat menghilangkan minyak alami yag Moms butuhkan untuk rambut panjang dan sehat.

Lebih baik pilih sampo non sulfat untuk kualitas rambut yang lebih baik dan agar bisa memanjangkan rambut dengan cepat.

Selain itu, jangan terlalu keras saat membersihkan kulit kepala, serta hindari membilas sampo dengan air hangat, ya, Moms.

Gunakan air dingin untuk membantu mencegah hilangnya kelembapan dan kerusakan akibat panas serta bisa menambah kekuatan pertumbuhan rambut.

Baca Juga: Apakah Harus Keramas setelah Berhubungan? Ini Penjelasan Pemuka Agama!

4. Jangan Menyisir Rambut Saat Masih Basah

menyisir rambut.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Cara memanjangkan rambut dengan cepat selanjutnya adalah dengan menyisir rambut saat sudah kering. Sehabis keramas, Moms jangan langsung mengeringkannya dengan menggunakan hairdryer, ya. Cobalah untuk menyisirnya ketika masih basah sebagai salah satu cara menumbuhkan rambut.

Rambut basah lebih lemah dan mudah mengalami kerusakan dibanding rambut kering. Untuk itu, sisirlah rambut saat dalam keadaan kering.

Jika Moms harus menyisir rambut saat keadaan kering karena kusut, jangan sisir dari atas, ya. Moms bisa mulai menyisir dari bawah untuk menghilangkan kekusutan, lalu baru teruskan ke atas. Langkah ini bisa mengurangi kerusakan akar rambut yang menyebabkan kerontokan.

Pilih juga sisir yang sesuai dengan jenis rambut dan jangan terlalu keras saat menariknya.

Baca Juga: Bolehkah Keramas saat Haid Menurut Pandangan Islam? Cari Tahu Jawabannya di Sini!

5. Kurangi Pemanasan dan Perawatan Kimia pada Rambut

cara cepat memanjangkan rambut -  hindari bahan kimiawi dan pemanasan

Foto: Orami Photo Stock

Cara yang satu ini mudah untuk dilakukan namun menjadi hal yang sering diabaikan, yaitu adalah menghindari pemakaian alat panas pada rambut.

Setelah keramas, keringkan rambut dengan diangin-anginkan saja. Kurangi pemakaian hairdryer, catokan, atau pengeriting karena dapat membuat rambut kering dan mudah rontok.

Sedangkan jika Moms tetap ingin meluruskan rambut, perawatan keratin bisa menjadi solusinya. Jenis perawatan ini lebih disarankan oleh para penata rambut karena tidak memakai pemanasan berlebih, yang justru dapat merusak rambut kita.

Jika rambut menjadi kering dan mudah rontok, cara memanjangkan rambut malah tidak akan berjalan dengan lancar, bukan?

Perawatan kimiawi pada rambut, seperti bleaching, coloring, dan lainnya juga dapat berpengaruh pada rambut. Jadi harap berhati-hati dalam melakukan perawatan rambut agar tidak rontok ya, Moms!

"Semakin sedikit perawatan kimia, semakin baik rambut Anda akan tumbuh panjang," ujar Elizabeth Hiserodt, pewarna rambut senior di Cutler Salon, New York.

Wahh, jadi sebaiknya hindari berbagai macam perawatan kimia. Jika Moms ingin mewarnai rambut, sebaiknya ditunda dulu, ya! Ini adalah cara memanjangkan rambut yang sebenarnya mudah untuk dilakukan lho, Moms!

6. Jangan Gosok Rambut dengan Handuk

hotel-towel-shampoo-soap-bath-bottle-set-white-bed-with-plumeria-flower-decorated-relax-vacation-hotel-resort-concept.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Hayo, apakah Moms masih sering menggosok rambut dengan handuk selesai keramas? Atau menggulung rambut basah dengan handuk hingga kering? Setelah membaca ini, jangan diulangi lagi, ya, Moms!

Pasalnya rambut akan memperoleh gesekan keras yang membuat lapisan terluar rambut terkikis. Alhasil, rambut akan mudah kering bahkan bercabang.

Sedangkan menggulung atau membungkus rambut basah dengan handuk, berdampak pada pertumbuhan rambut. Saat menggulung rambut, handuk akan menekan rambut dan menghalanginya mendapatkan oksigen. Hal ini ternyata buruk, lho, Moms untuk mendukung pertumbuhan rambut.

7. Memakai Minyak Rambut Homemade

minyak zaitun.jpeg

Foto: Orami Photo Stock

Cara memanjangkan rambut alami selanjutnya adalah dengan memanfaatkan minyak nih, Moms! Jika Moms rajin mengaplikasikan minyak rambut, hal tersebut bisa menjadi cara menumbuhkan rambut yang ampuh, lho!

Minyak mampu mengisi helai rambut dengan asam lemak yang dapat memperkuat dan melindungi rambut kertika tumbuh.

Nah, cara cepat memanjangkan rambut yang satu ini aman untuk dilakukan semua jenis kulit kepala.

Moms dapat membuat minyak kelapa mentah atau campuran minyak almond, minyak macadamia, dan minyak jojoba. Pakai saat rambut lembap, biarkan selama 10 menit sebelum keramas.

Baca Juga: 27 Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Bahan-Bahan Alami

8. Makanan Seimbang Bernutrisi

cara cepat memanjangkan rambut -  makanan seimbang

Foto: Orami Photo Stock

Ternyata apa yang Moms makan sehari-hari berpengaruh pada kesehatan rambut, lho. Jika ingin segera memanjangkan rambut, Moms juga bisa mendukungnya dengan mengonsumsi makanan yang memiliki gizi dan nutrisi seimbang.

Jika Moms tidak makan makanan seimbang yang bergizi, Moms mungkin tidak mendapat jumlah nutrisi tepat yang dibutuhkan untuk rambut tumbuh sehat dan panjang.

9. Jangan Stres

Cara Menumbuhkan Rambut

Foto: Orami Photo Stock

Dilansir dari Mayo Clinic, stres bisa bikin rambut rontok.Menghindari stres bisa membantu imun tubuh menjadi lebih baik dan mencegah terjadinya kerontokan rambut. Tidak hanya itu, tubuh yang sehat juga bisa merangsang pertumbuhan rambut, lho, Moms.

Biasanya jika tingkat stres tinggi, hal tersebut bisa menyebabkan aliran darah terhambat dan memicu kerontokan rambut dan membuat rambut menjadi kusam.

Ketika stres, imun akan turun dam tubuh akan mulai menjaga stabilitas organ penting, seperti jantung, paru-paru, dan otak. Nutrisi dan energi akan dipusatkan ke organ-organ penting tersebut. Sedangkan rambut tidak mendapatkannya dan cenderung menjadi rapuh.

Jadi, jika Moms berniat untuk memanjangkan rambut, usahakan tubuh dan pikiran tetap bahagia dan rileks ya!

Baca Juga: 7 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Rambut

Tidak sulit, kan, Moms untuk mendapatkan rambut panjang yang diinginkan secara cepat, mudah, dan alami. Jangan lupa untuk selalu mengikuti tips di atas, ya!

  • https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/stress-management/expert-answers/stress-and-hair-loss/faq-20057820#:~:text=Yes%2C%20stress%20and%20hair%20loss,follicles%20into%20a%20resting%20phase.
  • https://health.clevelandclinic.org/the-dirty-truth-about-washing-your-hair/
  • https://www.thecut.com/article/how-to-grow-hair-faster.html
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait