Home & Living

23 Agustus 2021

13 Cara Membersihkan Cumi agar Bau Amis Hilang, Yuk Coba!

Cara membersihkan cumi ini mudah untuk dilakukan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Defara Millenia
Disunting oleh Adeline Wahyu

Cara membersihkan cumi yang benar harus Moms ketahui. Pasalnya, cumi adalah salah satu binatang laut yang sulit dihilangkan bau amisnya.

Cumi memang menjadi salah satu jenis seafood yang banyak digemari karena bisa menjadi berbagai masakan yang menggugah selera. Cumi juga memiliki manfaat kesehatan.

Melansir Heart Foundation, cumi kaya akan asam lemak omega 3, protein, dan nutrisi penting lainnya. Kandungan ini menjaga kesehatan jantung, kesehatan kehamilan, kesehatan kulit, rambut dan kuku dan mengurangi gejala rheumatoid arthritis.

Namun, cumi memiliki tinta hitam yang membuatnya lebih sulit untuk dibersihkan. Jika cara membersihkan cumi kurang tepat, bau amis dan sisa jeroan yang masih menempel di cumi membuat masakan menjadi tidak enak.

Lantas, bagaimana cara membersihkan cumi yang baik dan benar? Mari kita simak.

Baca Juga: 6 Ide Dekorasi Aqiqah Mewah di Rumah ala Anak Artis, Bisa Dijadikan Inspirasi!

Cara Membersihkan Cumi Asin

Cumi kering adalah hasil pengawetan alami menggunakan garam. Proses pengawetan cumi asin dengan garam tentu tidak menjamin kehigenisannya.

Moms, itulah pentingnya mengetahui cara membersihkan cumi asin sebelum memasaknya. Terlebih lagi, karena diberikan cukup banyak garam, rasa cumi menjadi sangat asin.

Berikut ini cara membersihkan cumi asin yang baik dan benar, yaitu:

1. Cuci dengan Air Mengalir

cara membersihkan cumi asin menggunakan air mengalir.jpg

Foto: shutterstock.com

Cara membersihkan cumi asin yang pertama adalah cuci dengan air mengalir. Proses pengawetan dengan garam dan penyimpanan cumi asin bisa menimbulkan adanya kotoran yang terdapat di cumi asin.

Moms, sembari dicuci, gosok-gosok permukaan cumi agar garam dan kotoran yang menempel rontoh bersama air hingga benar-benar bersih.

2. Rendam Cumi Asin

Jika sudah dicuci, cara membersihkan cumi asin selanjutnya adalah didihkan air kemudian gunakan untuk merendam cumi agar lebih lunak dan tentunya kotoran akan mati.

Moms tidak perlu air yang mendidih, cukup dengan air hangat saja.

Tujuan lain dari perendaman cumi asin adalah mengurangi kadar garam sehingga rasa yang didapatkan pun akan lebih disukai. Cumi yang tidak direndam akan terasa sangat asin.

Lakukan perendaman kurang lebih 15 menit. Ingat, perendaman yang terlalu lama justru menghilangkan rasa lezat cumi asin.

Baca Juga: 9 Jenis Imunisasi yang Disarankan untuk Bayi 0-9 Bulan dan Jadwal Pemberiannya

3. Perasan Jeruk Nipis

jeruk nipis.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Cara membersihkan cumi asin selanjutnya adalah beri perasan jeruk nipis. Selain menghilangkan garam dan kotoran yang menempel, penting juga untuk menghilangkan bau amis pada cumi.

Caranya cukup mudah, yaitu cuci cumi hingga bersih, kemudian beri beberapa perasan jeruk nipis. Diamkan sekitar 15 menit, lalu cuci kembali hingga bersih.

4. Rebus Cumi Asin

Agar garam yang mungkin tersisa benar-benar hilang, Moms bisa merebus cumi asin sebelum mengolahnya. Merebus cumi asin juga dapat membuatnya menjadi lebih empuk.

Baca Juga: 5 Resep Asam Padeh Gurih, Pedas, dan Mudah Dibuat, Yuk Kita Coba!

5. Olah dengan Benar

olahan cumi asin.jpg

Foto: instagram.com/tsaniwismono

Olahan cumi asin yang paling populer adalah tumis cumi asin. Saat mengolahnya, pastikan Moms menggunakan api sedang agar cumi tidak berubah tekstur menjadi terlalu keras.

Selain itu, tambahkan garam secukupnya saja karena pengawetan cumi sudah membuatnya terasa asin.

6. Simpan di Tempat Kering

Cara membersihkan cumi asin selanjutnya adalah perhatikan juga cara penyimpanan cumi asin. Sebaiknya, simpan di tempat kering dalam wadah tertutup agar tidak terkena jamur.

Baca Juga: 8 Ide Dekorasi Mobil Pengantin yang Unik hingga Elegan, Bisa Dijadikan Inspirasi!

Cara Membersihkan Cumi Besar

Cumi besar telah banyak dikenal sebagai bahan yang sering diolah menjadi beragam menu, khususnya untuk menu rumahan.

Jika ingin mengolahnya, Moms perlu tahu cara membersihkan cumi besar yang benar. Terkadang tinta hitam cumi yang menempel pada tubuhnya sulit dihilangkan.

Hal ini tentunya bisa menghambat proses masak. Belum lagi bau amisnya yang sukar hilang walupun sudah dimasak.

Berikut ini cara membersihkan cumi besar yang baik dan benar, yaitu:

7. Pisahkan Bagian Kepala dari Badan Cumi

cara membersihkan cumi besar 1.png

Foto: thespruceeats.com

Cara membersihkan cumi besar yang pertama adalah buang bagian kepala cumi terlebih dahulu. Bagian kepala memang jarang sekali dimanfaatkan.

Caranya cukup mudah, pegang bagian ekor dan badan, lalu tarik kepala cumi dengan tangan lainnya secara perlahan. Moms tidak perlu menggunakan banyak tenaga saat memegang dan menariknya.

Cukup lakukan dengan hati-hati, ya. Pasalnya, bagian kepala cumi besar mudah pecah. Hal ini akan membuat kantung tinta cumi akan pecah yang membuat pembersihannya semakin lama.

8. Buang Bagian Kantung Tinta

Cara membersihkan cumi besar selanjutnya adalah buang bagian kantung tinta yang berada di bawah rahang cumi. Ketika membersihkan bagian ini, Moms juga harus hati-hati.

Jika Moms berhasil menarik bagian kepala cumi hingga terlepas, biasanya akan terlihat kantung kecil berisi tinta hitam. Moms hanya perlu menarik secara perlahan dan membuangnya.

Nah, jika kantung tinta hitam tidak sengaja pecah dan berhamburan keluar, Moms tidak perlu panik. Moms dapat membersihkannya dengan air mengalir hingga bersih.

Baca Juga: 5 Tanda Anak Depresi dan Cara Mengatasinya yang Sering Diabaikan, Moms Wajib Tahu!

9. Potong Bagian Tentakel

cara membersihkan cumi potong tentakel.png

Foto: thespruceeats.com

Moms, apabila hanya ingin mengolah bagian badan cumi untuk dijadikan cumi ring goreng atau topping nasi goreng seafood, Moms bisa membuang bagian tentakelnya.

Namun, jika tidak pun tidak apa-apa karena tentakel cumi dapat dimakan dan diolah dengan lezat. Cara memotong tentakel cumi cukup mudah, yaitu potong menggunakan pisau dan potong lurus ke bawah.

10. Buang Paruh dan Tulang Rawan

Cara membersihkan cumi besar selanjut adalah buang paruh dan tulang rawan cumi. Cara ini diperlukan apabila Moms ingin mengolah bagian tentakelnya.

Paruh dan tulang rawan cumi terletak di bawah dasar bagian tentakel. Selain itu, Moms juga perlu membuang tulang rawan cumi yang berwarna transparan.

Tulang ini tidak bisa dimakan dan harus dibuang. Untuk membuang bagian tersebut, Moms bisa memegang kembali tubuh cumi , lalu tarik tulang rawan tersebut secara perlahan cukup menggunakan jari saja.

11. Buang Membran Kulit Cumi

cara membersihkan cumi membran.png

Foto: thespruceeats.com

Cara membersihkan cumi besar selanjutnya adalah membuang membran kulit cumi yang berwarna dan berbintik gelap. Moms, sebenarnya bagian ini bisa dikonsumsi.

Namun, kebanyak hidangan cumi di restoran maupun rumah makan, lebih memilih untuk membuat membran kulit cumi. Hal ini agar penampilan cumi saat diolah menjadi lebih menarik.

Cara membuang membran juga mudah, Moms cukup melepaskannya saja dengan tangan.

Baca Juga: 7 Inspirasi Gaun Pengantin Muslimah, Bagus dan Stylish!

12. Cuci dengan Air Mengalir

Moms, setelah bagian membaran kulit dihilangkan, cara membersihkan cumi yang terpenting adalah membersihkannya menggunakan air mengalir.

Jika masih ada tinta hitam yang menempel atau sisa jeroan yang tertinggal, Moms bisa membersihkannya menggunakan jari hingga hilang.

13. Hilangkan Bau Amis

asam jawa

Foto: Orami Photo Stock

Cara membersihkan cumi selanjutnya adalah menghilangkan bau amis. Moms bisa menggunakan beberapa cara, salah satunya asam jawa dan garam.

Asam jawa diyakini lebih ampuh menghilangkan bau amis pada cumi besar dibandingkan menggunakan jeruk nipis, cuka, dan lemon.

Caranya cukup mudah, Moms hanya perlu mencampurkan asam jawa dan garam. Kemudian, aduk merata dan lumuri cumi dengan asam jawa yang telah tercampur garam.

Jangan lupa, sambil diremas-remas hingga merata. Biarkan sekitar 20 menit dan bilas kembali dengan air mengalir hingga bersih.

Baca Juga: Yuk Rayakan World Chocolate Day, Simak 11 Manfaat Cokelat untuk Ibu Hamil dan Kesehatan Ini!

Nah, itu dia Moms cara membersihkan cumi asin dan besar yang baik dan benar. Setelah mengikuti cara di atas, Moms tidak perlu khawatir lagi salah mengolah cumi.

Semoga cara membersihkan cumi asin dan besar membantu Moms ya!

  • https://www.heartfoundation.org.au/images/uploads/main/Programs/Sources_of_omega_3.pdf
  • https://www.thespruceeats.com/how-to-clean-squid-1808818
  • https://www.junedarville.com/how-to-clean-squid.html
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait