Newborn

23 Mei 2021

10 Cara Membersihkan Hidung Bayi yang Paling Aman Menurut Dokter Anak, Yuk Coba!

Bisa menjadi momen yang mendebarkan untuk orang tua baru
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Adeline Wahyu

Cara membersihkan hidung bayi perlu diketahui oleh para ibu, terutama karena Si Kecil belum bisa menggunakan jari-jari mungilnya untuk membersihkan hidungnya sendiri.

Namun, sebagai orang tua, mungkin Moms merasa was-was saat membersihkan hidung bayi. Apalagi lubang hidungnya juga masih sangat kecil dan perlu dilakukan dengan hati-hati.

Baca lebih lanjut untuk mengetahui cara membersihkan hidung bayi yang disarankan berikut ini ya, Moms.

Baca Juga: Begini Cara Membersihkan Pusar Bayi yang Harus Moms Tahu

Cara Membersihkan Hidung Bayi

Menurut Raising Children, Moms dapat membersihkan mata, telinga, dan hidung bayi saat ia dimandikan. Hindari menggunakan sabun, karena kulit bayi masih sensitif, dan sabun bisa membuat kulitnya kering.

Naser Danan, MD, dokter anak di UH Rainbow Babies & Children, Northeast Pediatrics, memberikan langkah-langkah tentang cara membersihkan hidung bayi berikut ini, mengutip situs University Health.

1. Gunakan Bulb Syringe

cara membersihkan hidung bayi-3.jpg

Foto: momlovesbest.com

Cara membersihkan hidung bayi yang pertama adalah dengan bulb syringe. Teteskan satu atau dua tetes hidung di setiap lubang hidung bayi untuk membantu melonggarkan lendir kering. Lalu, gunakan bulb syringe untuk mengeluarkan kotoran.

Moms bisa menggunakan opsi klasik ini hanya dengan memeras udara keluar dari pentol, dan sambil mempertahankan tekanan, dengan hati-hati menempatkan ujungnya di hidung anak kita. Lepaskan pentol secara perlahan untuk menyedot guna membantu mengeluarkan lendir.

Perhatikan bahwa beberapa jenis alat suntik hidung dilengkapi dengan ujung yang dapat dilepas dalam berbagai ukuran, memungkinkan Moms menemukan yang paling cocok untuk hidung bayi kita.

Jika anak Moms pilek dengan lendir yang sangat encer, kemungkinan besar kita tidak perlu menggunakan obat tetes garam. Tetapi jika lendir anak lebih keras, Moms mungkin perlu melembutkannya dengan menggunakan satu atau dua tetes larutan garam di lubang hidung sebelum menggunakan bulb syringe.

Ingatlah bahwa Moms perlu membersihkan spuit bohlam di antara penggunaan. Jika tidak, berisiko membuat bayi terpapar bakteri setiap kali kita menggunakan jarum suntik. Untuk melakukan ini, gunakan air sabun hangat, dan peras dan lepaskan ke dalam spuit bola.

Pembersih hidung ini adalah salah satu yang termudah dan paling efektif untuk digunakan, yang banyak dipilih para ibu. Meskipun demikian, ketahuilah bahwa Moms tidak boleh menggunakan bulb syringe setiap jam.

Pakar medis setuju bahwa Moms tidak boleh menggunakannya lebih dari tiga hingga empat kali sehari untuk mencegah peradangan atau mimisan akibat iritasi.

Jika bayi menangis saat dilakukan proses ini, lebih baik Moms mencoba metode lainnya atau menunggu dan mencoba lain kali. Lendir di hidung tidak berbahaya, dan beberapa bayi tidak suka jika hidungnya disedot.

Untuk menggunakannya, tekan bulb syringe terlebih dahulu. Lalu dengan lembut, masukkan ujung bola ke lubang hidung.

"Anda mungkin ingin menggunakan obat tetes hidung sebelum makan untuk membantu bayi bernapas lebih mudah saat makan," kata Dr. Danan.

Baca Juga: 5 Tips Memandikan Bayi dengan Aman dan Nyaman

2. Naikkan Kelembapan Ruangan

Cara membersihkan hidung bayi yang selanjutnya adalah dengan menaikkan kelembapan ruangan. Menambahkan kelembapan udara dapat mencegah lendir mengering di dalam hidung Si Kecil. Jadi, langkah ini juga penting sebagai cara membersihkan hidung bayi ya, Moms.

Moms bisa menggunakan alat humidifier, letakkan di kamar bayi di dekat tempat tidur bayi, tetapi jauh dari jangkauan Si Kecil. Jangan lupa bersihkan alat secara teratur untuk mencegah bakteri atau jamur tumbuh.

Humidifier adalah cara yang bagus untuk membantu memecah lendir, khususnya saat ada kabut dingin. Moms dapat membiarkannya berjalan sepanjang hari, terutama saat bayi sedang tidur.

Bahkan jika Moms tidak memiliki pelembap udara, dapat menjalankan pancuran air panas untuk menghasilkan uap dan duduk di kamar mandi bersama anak selama beberapa menit. Moms bisa melakukan ini beberapa kali sehari.

"Moms juga bisa mencoba memandikan bayi dengan air hangat, dan duduk di kamar mandi bersama bayi sambil ia menghirup udara yang hangat dan berkabut," kata Dr. Danan.

Faktanya, meskipun bayi Moms tidak sedang sakit, pelembap udara menambahkan kelembapan ke udara kering yang dapat membantu meredakan iritasi dan kulit kering.

3. Singkirkan Sisa Kotoran

cara membersihkan hidung bayi-4.jpg

Foto: parenting.firstcry.com

Jika sudah dibersihkan dengan alat hisap, cara membersihkan hidung bayi selanjutnya adalah dengan menyingkirkan kotoran yang tersisa di hidung Si Kecil.

Gunakan kapas basah untuk menyeka lendir lengket yang mungkin menghalangi lubang hidung bayi. Dengan membersihkan sisanya, dapat membuat Si Kecil bernapas dengan lebih baik.

4. Gunakan Tetes atau Semprotan Garam

Cara membersihkan hidung bayi yang selanjutnya adalah dengan menggunakan tetes atau semprot garam. Salah satu cara termudah untuk membersihkan hidung bayi atau balita adalah dengan menggunakan semprotan hidung saline.

Semprotan hidung bekerja dengan cara mengencerkan lendir, memungkinkan hidung untuk membersihkan dan meredakan hidung tersumbat.

Baca Juga: 4 Masalah Kulit Bayi Saat Suhu Lembap dan Cara Mengatasinya

Jika Moms tidak bisa pergi ke toko untuk mendapatkan tetes atau semprotan garam, coba campurkan satu cangkir air hangat yang telah disaring dan ½ sendok teh garam. Pastikan campuran Moms benar-benar dingin sebelum digunakan.

Cobalah memiringkan kepala bayi ke belakang dan menyemprotkan atau memeras beberapa tetes di dalam hidung. Kemudian, ikuti dengan waktu tengkurap atau dengan memiringkan bayi ke samping, biarkan lendir mengalir.

Siapkan tisu lembut untuk menyeka hidungnya.

5. Cobalah Berikan Anak Uap

cara membersihkan hidung anak

Foto: momlovesbest.com

Cara membersihkan hidung bayi yang selanjutnya adalah dengan uap. Uap dapat sangat bermanfaat untuk hidung tersumbat dengan melegakan hidung yang kering.

Cobalah mengukus kamar mandi dengan menyalakan shower kita dan membiarkan uap menumpuk di kamar mandi.

Duduk dengan bayi Moms atau cobalah menyusui anak di sana selama sekitar 20 menit. Coba gunakan minyak esensial peppermint atau eucalyptus di dalam air untuk membantu mempermudah pernapasan.

6. Atur Posisi Tidur Jika Hidung Tersumbat

Cara membersihkan hidung bayi yang selanjutnya adalah dengan atur posisi tidur jika hidung tersumbat. Jika Moms seperti orang tua baru, kita akan sering terbangun beberapa kali sepanjang malam untuk memeriksa bayi kita, terutama jika bayi Moms sakit.

Jika takut bayi kita tidak bernapas dengan baik, coba angkat kasur dengan meletakkan gulungan handuk di bawahnya, yang akan mengangkat kepala bayi dengan lembut. Ingatlah untuk tidak pernah meletakkan barang lepas di dalam boks untuk mencegah bahaya tersedak.

Jika Moms ingin memberikan kelegaan di siang hari, berikan Si Kecil waktu ekstra untuk perut agar lendir mengalir.

7. Menggosok Dada secara Alami

cara membersihkan hidung anak

Foto: todaysparent.com

Cara membersihkan hidung bayi yang selanjutnya adalah dengan menggosok dada. Moms dapat membuat gosok dada alami di rumah menggunakan losion kental dan minyak esensial seperti lavender, kamomil, dan kayu putih untuk membantu bayi kita untuk mengatasi hidung tersumbat.

Baca Juga: 13 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Anak di Malam Hari

Jika Moms ingin olesan yang dijual bebas, ada produk alami seperti gosok dada Zarbee yang bisa Moms beli. Menggosok dada bekerja dengan baik sebelum tidur. Cukup gosokkan sedikit di dada bayi kita untuk menenangkannya agar tertidur.

8. Gunakan Aspirator Hidung

Cara membersihkan hidung bayi yang selanjutnya adalah dengan aspirator hidung. Yang tidak kalah pentingnya, adalah aspirator hidung. Beberapa perangkat paling populer yang digunakan saat ini adalah aspirator hidung NoseFrida.

Keduanya bekerja dengan baik dalam kombinasi dengan teknik membersihkan hidung anak atau bayi.

Misalnya, gunakan sedikit semprotan garam untuk mengencerkan lendir dan tindak lanjuti dengan aspirator hidung. Ini benar-benar akan mengeluarkan semua kotoran dalam hidung bayi dan membuat Si Kecil mampu bernapas lebih baik.

9. Gunakan Semprotan Hidung

cara membersihkan hidung bayi

Foto: Orami Photo Stock

Orang dewasa biasanya hanya menggunakan obat semprot hidung jika hidungnya kering, alat ini berguna jika Moms merasa sulit untuk menemukan cara membersihkan hidung bayi karena lendirnya terlalu kental atau terlalu keras untuk dikeluarkan.

Meskipun Moms bisa membeli semprotan atau tetes hidung yang dipasarkan untuk bayi, Moms juga bisa membuat obat tetes di rumah dengan mencampurkan 1 cangkir air hangat dengan 1/4 sendok teh garam.

Perhatikan bahwa obat tetes hidung lebih lembut daripada semprotan hidung dan bekerja dengan cara yang sama.

Penting juga untuk diingat bahwa Moms tidak boleh menggunakan obat semprot hidung untuk bayi - hanya saline.

Tujuan penggunaan obat semprot hidung adalah untuk melonggarkan lendir di hidung bayi.

Ingatlah bahwa hidung mereka jauh lebih kecil daripada hidung orang dewasa, jadi Moms tidak perlu menggunakan banyak larutan garam untuk membuatnya bekerja.

Baca Juga: Cara Memandikan Bayi Baru Lahir, Panduan untuk Ibu Baru

Mulailah dengan membaringkan bayi di punggungnya. Dengan penetes hidung, teteskan 3 hingga 4 tetes ke setiap lubang hidung. Jangan heran jika mereka bersin!

Tunggu sebentar untuk memberikan waktu tetes bekerja, dan pastikan untuk menjaga kepala bayi kembali selama waktu ini sebelum Moms mulai menyedot hidungnya dengan aspirator hidung atau spuit bohlam.

Terkadang tetes saja sudah cukup untuk mengencerkan dan membersihkan lendir, terutama jika bersin.

10. Pertimbangkan Kualitas Udara Rumah

Cara membersihkan hidung bayi, Moms juga perlu mempertimbangkan kualitas udara di rumah. Bisa jadi ini penyebabnya.

Jika menurut Moms kualitas udara rumah yang buruk dapat menjadi penyebab hidung tersumbat pada bayi, Moms mungkin ingin memikirkan untuk secara teratur menggunakan pembersih udara atau mengganti filter di sistem pendingin.

Jika Moms kebetulan memiliki hewan peliharaan, seperti anjing atau kucing, sebaiknya fokus pada penyedotan debu lebih sering untuk mengurangi bulu hewan peliharaan dan debu secara umum.

Itulah beberapa cara membersihkan hidung bayi dengan benar dan nyaman menurut petunjuk dokter, Moms.

Menurut American Academy of Pediatrics, cara alami akan lebih baik digunakan pada anak. Jadi, ikutilah jika anak membutuhkannya, ya.

Jadi, kapan cara membersihkan hidung bayi menjadi sesuatu yang lebih serius sehingga perlu menemui dokter? Jika setelah beberapa hari mencoba pengobatan rumahan, hidung bayi yang mampet tidak kunjung membaik, temui dokter.

Jika bayi Moms menunjukkan tanda-tanda yang parah bahwa ia kesulitan bernapas, seperti mengi, lubang hidung melebar, menarik di bagian tulang rusuk, atau bernapas terlalu keras atau cepat untuk menyusu, bawa ia ke ruang gawat darurat terdekat.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait