Kesehatan Umum

11 Oktober 2021

Perhatikan Moms, Ini Dia Cara Membersihkan Kacamata yang Tepat

Penting untuk menjaga kesehatan mata
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Moms yang mengenakan kacamata untuk menunjang aktivitas sehari-hari perlu tahu cara membersihkan kacamata yang tepat.

Kacamata yang bersih tentu saja akan terasa nyaman dipakai. Hal ini karena kotoran, seperti pasir atau minyak yang menempel pada lensa akan mengganggu dan dapat menyebabkan ketegangan mata serta sakit kepala.

Selain itu, kacamata yang kotor bisa memicu tumbuhnya bakteri. Adanya bakteri di area sensitif, seperti mata dan hidung tentu bisa berisiko tinggi.

Oleh karena itu, Moms perlu membersihkan kacamata secara rutin dengan memerhatikan hal-hal berikut!

Baca Juga: 6 Manfaat Kacamata Photochromic yang Bisa Berubah Warna

Cara Membersihkan Kacamata

Menurut Dr. Jonathan Wolfe, seorang optometris di Ardsley, New York, pembersihan kacamata secara tepat harus menjadi bagian dari rutinitas perawatan mata harian Moms.

“Ini tergantung pada pekerjaan, kebersihan pribadi, dan toleransi terhadap kekaburan, tetapi saya akan merekomendasikan bahwa pemakai kacamata rata-rata membersihkan lensa mereka setiap hari, dan bingkai (frame) mereka dibersihkan setiap minggu,” kata Wolfe, seperti dikutip dari Healthline.

Membersihkan kacamata rutin bertujuan untuk menjaga kesehatan mata.

Sebuah studi 2018 yang diterbitkan Public Library of Science menyatakan bahwa bakteri berbahaya dapat tumbuh di kacamata, termasuk bakteri yang menyebabkan infeksi staph.

Bantalan hidung dan klip telinga dari kacamata yang diuji menjadi area kaca mata yang paling terkontaminasi. Jadi, jangan disepelekan, ya.

1. Cara Membersihkan Lensa Kacamata

cara membersihkan lensa kacamata.jpg

Foto: howtocleanthings

Lensa kacamata yang bersih akan membuat Moms lebih jernih dalam melihat sekitar. Berikut langkah yang bisa diterapkan dalam membersihkan lensa kacamata.

Alat yang Dibutuhkan:

  • Kain mikrofiber: Alat teraman dan paling efektif yang dapat Moms gunakan untuk membersihkan kacamata tanpa mengotori atau membuat lensa tergores.
  • Larutan pembersih: Cairan semprot khusus untuk kacamata yang aman untuk lensa polikarbonat dan pelapis lensa, tetapi Moms juga dapat menggunakan sabun cuci piring bebas losion.

Cara Membersihkan Lensa Kacamata:

  • Cuci tangan secara menyeluruh sehingga Moms tidak memindahkan bakteri dari tangan ke kacamata.
  • Alirkan air hangat di atas kaca mata untuk menghilangkan debu atau benda lain yang mungkin menempel dan menggores lensa.
  • Bersihkan kacamata dengan kain mikrofiber.
  • Semprotkan cairan pembersih di kedua sisi kaca mata. Jika Moms menggunakan sabun cuci piring, cukup gunakan setetes sabun di kedua sisi lensa dan gosok perlahan pada permukaan lensa, lalu bilas.
  • Keringkan kaca mata dengan mengibaskan tetesan air berlebih. Apabila Moms ingin menghindari goresan dan tanda air pada kaca mata, gunakan kemoceng gas (udara kalengan) untuk mengeringkannya.

Baca Juga: Sebelum Membeli, Cek Dulu Jenis Lensa Kacamata sesuai Kebutuhan!

2. Cara Membersihkan Frame Kacamata

cara membersihkan frame kacamata.jpg

Foto: essilorusa

Frame atau bagian bingkai kacamata memiliki banyak bagian kecil, seperti sekrup, pegas, dan engsel yang bisa kotor karena keringat dan minyak dari wajah.

“Membersihkan bingkai sangat penting untuk kebersihan pribadi, karena bingkai terus-menerus menyentuh kulit. Kebanyakan orang, bahkan mereka yang umumnya merawat kacamata mereka dengan baik, cenderung mengabaikan membersihkan bantalan hidung kaca mata. Hal ini dapat menyebabkan semua jenis masalah dermatologis kecil,” jelas Dr. Wolfe.

Oleh sebab itu, membersihkan frame tak kalah pentingnya, Moms.

Untuk mempermudah Moms, ikuti cara membersihkan kacamata, khususnya bagian frame berikut ini, yuk.

  • Bersihkan bingkai kacamata dengan air hangat. Gunakan sabun lembut, seperti sabun cuci piring bebas losion, dan oleskan ke bingkai menggunakan ujung jari Moms.
  • Bilas bingkai secara menyeluruh di bawah air hangat.
  • Gunakan handuk basah dengan alkohol untuk membersihkan bantalan hidung dan ear piece pada bingkai kacamata.

Baca Juga: Mengenal Jenis-Jenis dan Manfaat Kacamata Terapi

Cara Merawat Kacamata

Setelah mengetahui cara membersihkan kacamata dengan baik, Moms juga perlu memerhatikan cara merawatnya.

Dengan perawatan yang tepat, penglihatan Moms akan sangat terbantu dan kacamata pun menjadi lebih awet.

1. Bahan-bahan yang Harus Dihindari

hindari bahan ini agar kacamata awet.jpg

Foto: womenwithvisionopticians

Ingat ya, Moms, tidak semua bahan, seperti handuk kertas, tisu, dan bahan kaos yang dikenakan bisa digunakan untuk membersihkan lensa kacamata.

Moms disarankan untuk tetap menggunakan kain soft lens, seperti kain yang disertakan dengan kacamata saat pertama kali Moms membelinya.

“Untuk membersihkan lensa, kesalahan paling umum yang saya lihat adalah orang menggunakan tisu atau handuk kertas. Bahan tersebut terlalu kasar dan dapat menyebabkan goresan kecil pada permukaan lensa,” kata Dr. Wolfe.

Jadi, jangan sembarangan dalam membersihkan lensa karena seiring waktu, lensa bisa kehilangan kejernihannya.

Baca Juga: Wajib Tahu! 6 Tips Memilih Bentuk Kacamata untuk Wajah Bulat

2. Jangan Gunakan Aseton

aseton pembersih kuku.jpg

Foto: rd

Kesalahan umum lainnya dalam merawat kacamata, yakni menggunakan penghapus cat kuku atau aseton untuk membersihkan lensa dan bingkai kacamata.

Ini bukanlah cara membersihkan kacamata yang disarankan. “Aseton (bahan yang sering ditemukan dalam penghapus cat kuku) dapat merusak kedua lensa dan bingkai kacamata plastik, jika dibiarkan terlalu lama di permukaan,” kata Dr. Wolfe.

Jangan coba-coba ya, Moms!

3. Air Liur Tidak Membersihkan Lensa

cara merawat kacamata.jpg

Foto: edcmag

Terkadang, seseorang menggunakan air liur untuk melumasi lensa kacamata yang kotor. Tentu saja, cara ini tidak diperbolehkan.

Hal ini karena air liur dapat mengandung banyak bakteri dari mulut yang bisa mengontaminasi lensa. Pada akhirnya, bakteri bisa mengenai permukaan kulit Moms.

Tak hanya itu, air liur juga justru hanya akan memperparah noda pada lensa kacamata.

Sebagai gantinya, Moms bisa menggunakan tisu pembersih lensa sekali pakai atau kain microfiber khusus kacamata.

Kain pembersih microfiber sangat ideal untuk membersihkan kacamata. Kain ini mengeringkan lensa dengan sangat efektif dan menjebak minyak untuk menghindari noda.

Namun, Moms tetap perlu membersihkan kain microfiber tersebut karena seratnya mungkin saja menjebak kotoran atau bakteri.

Moms cukup mencucinya dengan tangan menggunakan cairan pencuci piring bebas losion dan air bersih, lalu biarkan kain mengering dengan cara diangin-anginkan.

Baca Juga: Kacamata Terapi Ampuh Kembalikan Penglihatan, Mitos atau Fakta?

4. Simpan Kacamata dengan Baik

simpan dalam case kacamata.jpg

Foto: talitaferraz

Menyimpan kacamata dengan aman sama pentingnya dengan membersihkannya dengan benar jika Moms ingin kacamata tetap awet.

Saat bepergian, selalu simpan kacamata dalam wadah hardshell berengsel. Moms bisa mendapatkan kotak tersebut di toko kacamata.

Apabila Moms tidak memiliki hardshell case, soft pocket-style case juga akan berguna untuk menjaga kacamata tetap aman saat berpergian.

Idealnya, Moms harus menyimpan kacamata di dalam case saat tidur di malam hari.

Jika tidak disimpan dalam case, Moms dapat meletakkan kacamata di atas meja atau permukaan furnitur yang bersih dan stabil dengan lensa menghadap ke atas. Buka kedua sisi kacamata dan letakkan terbalik.

Nah, itu dia Moms, cara membersihkan kacamata yang tepat beserta tips merawatnya agar lebih awet. Semoga informasinya bermanfaat, ya.

  • https://www.healthline.com/health/how-to-clean-glasses
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6261565/
  • https://www.allaboutvision.com/eyeglasses/how-to-clean-glasses.htm
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait