Resep

RESEP
24 Mei 2020

Cara Membuat Es Krim dengan Garam dan Es Batu, Super Mudah!

Moms tidak perlu membeli alat pembuat es krim
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Amelia Puteri

Tahukah Moms kalau es krim dan garam ternyata memiliki hubungan yang sulit dipisahkan? Fungsi garam dalam pembuatan es krim sangatlah penting.

Seperti yang sudah diketahui, proses pembuatan es krim membutuhkan waktu yang cukup lama dan bantuan beberapa bahan yang sering kita gunakan. Salah satunya yaitu garam.

Fungsi garam dalam pembuatan es krim sangat penting karena memiliki pengaruh pada perubahan suhu ketika adonan es krim masih dalam pengolahan. Fungsi garam dalam pembuatan es krim sendiri adalah untuk meleburkan es dalam pembuatannya.

Garam menjadi sebuah bahan yang dicari karena fungi garam dalam pembuatan es krim sangat esensial dan keberadaannya mudah untuk dicari.

Es memiliki suhu di bawah 0 derajat celcius. Fungsi garam dalam pembuatan es krim adalah mengubah suhu dalam adonan karena partikel yang ada dalam garam mengganggu partikel air dalam fase padat. Es pun menjadi cair dan melebur hingga 0 derajat celcius karena ditambahkan garam. Jadi bisa dibilang fungsi garam dalam pembuatan es krim sangatlah besar karena sifatnya yang fungsional.

Nah! Nampaknya hampir semua anak-anak menyukai es krim. Hidangan penutup ini punya rasa yang lezat dan juga menyegarkan.

Apalagi, ada ragam rasa yang bisa Si Kecil pilih sesuai kesukaannya.

Seperti yang sudah sedikit dijelaskan mengenai fungsi garam dalam pembuatan es krim, tahukah Moms, bahwa es krim bisa dibuat sendiri tanpa harus memiliki alat pembuat es krim?

Karena fungsi garam dalam pembuatan es krim sangat esensial, Moms perlu tahu cara membuat es krim mudah dengan garam dan es batu saja!

Eksperimen ini bisa sangat menyenangkan, dan tentunya menghasilkan suguhan beku yang lezat!

Banyak proses kimia menarik yang sebenarnya terjadi saat membuat es krim.

Selain menyenangkan, Si Kecil pun bisa dilatih untuk berpikir tentang bagaimana Moms memulai pembuatan es krim dengan bahan-bahan bersuhu ruangan yang kemudian perlu didinginkan untuk mengubahnya menjadi es krim. Waaah, mengenalkan fungsi garam dalam pembuatan es krim pada Si Kecil bisa jadi sangat menyenangkan lho!

Anak-anak bisa belajar, bagaimana bahan-bahan dalam membuat es krim bisa berubah bentuk selama proses ini?

Atau menurut Moms, seberapa penting bahan-bahan ini didinginkan hingga suhu tertentu?

Itulah yang kira-kira bisa didapatkan Moms dan Si Kecil saat membuat es krim bersama-sama. Tentunya hal ini bisa mendekatkan Moms dan buah hati.

Yuk, simak seperti apa cara membuat es krim dengan garam dan es batu berikut ini.

Baca Juga: 6 Resep Alternatif Es Krim Untuk Si Kecil

Cara Membuat Es Krim dengan Garam dan Es Batu Super Mudah

cara membuat es krim dengan garam dan es batu.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Proses membuat es krim tanpa mesin ini tidak membutuhkan banyak bahan lho, Moms. Apalagi, Si Kecil bisa menambahkan sendiri topping seperti apa yang ia inginkan.

Simak cara membuat es krim dengan garam dan es batu berikut ini.

Bahan dan Alat:

  • 1/4 gelas susu cair
  • 1/4 gelas krim half and half
  • 1/4 sdt ekstrak vanila
  • 1 cangkir es batu, atau sesuai kebutuhan
  • 3 sdm garam batu
  • 1 plastik ziplock ukuran 1 kg
  • 1 tas pembeku ziplock plastik ukuran gallon

Baca Juga: Resep Es Krim Rumahan yang Pasti Disukai Keluarga

Cara Membuat:

  1. Campurkan susu cair, half and half, dan ekstrak vanila dalam kantong plastik ziplock ukuran 1 kg, tutup rapat.
  2. Dalam tas pembeku ziplock ukuran gallon, masukkan satu sendok es batu, garam batu, dan kantong yang berisi campuran krim susu tadi. Tutup rapat.
  3. Kocok tas plastik ziplock tersebut selama 5-10 menit. Setelah itu, cek kekentalan es krim dan lihat apakah es krim sudah siap.
  4. Jika kekentalan es krim sudah pas, maka es krim siap disajikan.

Baca Juga: Resep Dessert Oreo Lezat yang Tidak Perlu Dipanggang

Konsep Sains pada Cara Membuat Es Krim dengan Garam dan Es Batu

Es Batu untuk Membuat Es Krim

Foto: Orami Photo Stock

Untuk membuat es krim, bahan-bahan seperti susu, gula, dan ekstrak vanili, tentunya perlu didinginkan.

Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menggunakan garam. Meski di awal sudah sedikit dibahas mengenai fungsi garam dalam pembuatan es krim, begini penjelasan yang lebih mendalam!

Jika Moms tinggal atau pernah menonton film dengan adegan di negara empat musim yang mengalami musim dingin, mungkin pernah melihat truk menyebarkan garam dan pasir di jalan pada musim dingin untuk mencegah jalan licin setelah salju atau es.

Mengapa petugas kebersihan melakukan hal tersebut?

Jawabannya adalah, garam menurunkan suhu beku air, sehingga garam membuat es mencair meskipun suhunya ada di bawah titik beku normal untuk air.

Secara teknis, suhu yang diturunkan garam disebut titik beku. Ketika titik beku diturunkan, misalnya dengan menambahkan garam ke air, prosesnya disebut penurunan titik beku.

Inilah mengapa Moms bisa melakukan cara membuat es krim dengan garam dan es batu.

Baca Juga: Ini Alasan Kenapa Es Krim Bisa Sebabkan Brain Freeze di Tubuh Kita

Kesimpulan Membuat Es Krim dengan Garam dan Es Batu

Observasi Membuat Es Krim

Foto: Orami Photo Stock

Lalu, mengapa bahan yang dikocok di kantong besar dengan es batu dan garam berubah menjadi es krim, sedangkan bahan yang dikocok dengan es batu saja (dan tanpa garam) tetap cair dan tidak mengeras menjadi es krim?

Moms seharusnya sudah melihat bahwa es batu di dalam kantong besar dan ditambahkan garam lebih membuatnya membeku, dan terasa jauh lebih dingin, daripada es batu yang dimasukkan ke kantong besar tanpa garam.

Karena cukup dingin (beberapa derajat di bawah titik beku), kantong es batu dengan garam seharusnya dapat mendinginkan bahan dan menjadikannya mengeras sehingga mengubahnya menjadi es krim.

Sedangkan, kantong es batu tanpa garam tidak cukup dingin untuk mengubah tekstur es krim. Nah, fungsi garam dalam pembuatan es krim sudah semakin jelas, bukan?

Jika Moms pernah membuat es krim dengan mesin engkol tangan model lama, Moms mungkin mengemas campuran es dan garam batu di sekitar wadah penampung krim.

Kombinasi es dan garam menjadikan teksturnya lebih dingin dari es yang terbuat dari air saja dan dapat membekukan bahan-bahan di mesin es krim.

Atau dalam cara membuat es krim dengan garam dan es batu ini, dengan menggunakan kantong.

Sehingga, mengubahnya menjadi es krim.

Meskipun air murni membeku pada 0 derajat Celcius (32 derajat Fahrenheit), air bercampur garam akan hanya membeku pada suhu yang lebih dingin di bawah 0 derajat C.

Baca Juga: 3 Manfaat Garam Epsom untuk Kesehatan, Bisa Meredakan Nyeri!

Tips:

  • Gunakan garam kasar, Garam Kosher, atau garam batu. Moms bisa menggunakan garam dapur, tetapi, semakin kecil butiran garam yang digunakan, mungkin hasilnya akan semakin jelek.
  • Masukkan bahan-bahan topping sebelum campuran susu dan krim tersebut dikocok. Bisa dengan potongan stroberi, bubuk cokelat, madu, dan lain sebagainya.

Itu dia Moms, sekarang Moms sudah mengetahui fungsi garam dalam pembuatan es krim serta cara membuat es krim dengan garam dan es batu saja. Selamat mencoba!

Jangan Lupa Menyantap Makanan Sehat

Fungsi Garam dalam Pembuatan Es Krim

Foto: Orami Photo Stock

Membuat dan mengonsumsi es krim mungkin sesekali bisa dilakukan untuk membuat Si Kecil lebih kreatif dan senang. Namun Moms perlu ingat untuk memberikan makanan yang sehat juga ya!

Dilansir dari Help Guide, mengonsumsi makanan yang sehar sedari kecil bisa menurunkan risiko bunuh diri untuk Si Kecil ketika dewasa nanti.

Jika Si Kecil mendapatkan diagnosa mengidap kondisi mental, mengatur pola makan yang sehat bisa membantu mereka untuk mendapatkan kembali kontrol kesehatan mentalnya.

Perlu diigat bahwa anak-anak tidak lahir dan langsung "ngidam" es krim, atau pizza. Kondisi ini terjadi karena orang tua atau orang terdekat mengenalkan mereka pada makanan yang tidak sehat.

Jadi, meski membuat es krim menyenangkan, bukan berarti Moms harus membuat es krim setiap ada kesempatan ya! Yuk buat Si Kecil menyantap makanan sehat dari sekarang!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait