Rupa-rupa

8 Juni 2021

Bisa Dicoba di rumah, Ini 4 Cara Membuat Ikan Asin Sederhana dan Enak

Bisa dibuat di rumah
placeholder

Foto: shutterstock.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Defara Millenia
Disunting oleh Karla Farhana

Ikan asin adalah olahan ikan yang tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Ikan ini terbuat dari daging ikan yang diawetkan dengan proses penggaraman. Meski banyak penggemarnya, tidak banyak orang yang tahu cara membuat ikan asin sendiri di rumah.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara membuatnya, Moms perlu tahu tentang ikan asin yang banyak penggemarnya.

Ikan kering merupakan produk alami yang mengandung antioksidan dan manfaat omega-3 dari ikan segar. Ikan asin merupakan hasil olahan ikan yang tersedia dari air tawar dan laut.

Moms bisa mengonsumsi ikan asin sebagai lauk atau menu makanan sehari-hari. Umumnya ikan asin disajikan dengan sambal atau sayur asem.

Ikan asin tidak hanya nikmat, tetapi juga mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh.

Melansir Cogent Food & Agriculture, ikan asin mengandung manfaat gizi, sebagi berikut:

  • Protein (42 gram)
  • Nol Karbohidrat
  • Lemak (1,5 gram)
  • Energi (193 kkal)
  • Kalsium (200 miligram)
  • Fosfor (300 miligram)
  • Besi (3 miligram)
  • Vitamin B1 (0,01 miligram)

Cara membuat ikan asin tidak begitu sulit. Biasanya ikan diasinkan terlebih dahulu, kemudian dijemur di bawah terik matahari. Prosesn pengasinan ini menjadikan ikan asin tahan lama dibandingkan dengan ikan segar.

Moms, ternyata bisa lho mempraktikkan cara membuat ikan asin di rumah. Penasaran bagaimana cara membuat ikan asin? Yuk kita simak penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga: Minyak Ikan untuk Anak, Manfaat, Dosis, Hingga Sumber Terbaiknya

Manfaat Ikan Asin

ikan asin 2.jpg

Foto: 123rf.com

Moms, sebelum mengetahui cara membuat ikan asin, tak ada salahnya untuk mengetahui terlebih dahulu manfaatnya.

Ikan asin sering dianggap makanan kelas bawah. Padahal tak banyak orang tahu bahwa mengonsumsi ikan asin memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh.

1. Tinggi Protein dan Rendah Kalori

Protein adalah sumber utama antibodi dan enzim untuk semua makhluk hidup dan merupakan bagian penting dari otot, rambut, dan komponen tubuh lainnya.

Ikan asin menyediakan sumber protein yang sangat baik dengan kalori lebih sedikit daripada makanan lain seperti daging sapi. Setiap 100 gram ikan asin mengandung sekitar 80 persen protein dengan 300 kalori, sedangkan daging sapi memiliki lebih dari dua kali lipat kalori dengan protein yang jauh lebih sedikit.

Melansir Food Reviews International, ikan asin semakin menjadi faktor penting dalam menyediakan protein berkualitas tinggi, lemak sehat (termasuk asam lemak omega-3 rantai panjang seperti asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA)), dan sumber nutrisi penting yang unik seperti yodium, seng, tembaga, selenium, dan kalsium.

Kandungan ini membuat ikan asin dapat menambah asupan makanan sehat dan banyak dicari oleh orang-orang.

2. Kaya akan Gizi

Kebanyakan ikan kering mengandung sedikit kolesterol sementara vitamin dan mineral esensial tinggi. Ikan ini juga rendah lemak jenuh, yang diketahui memperburuk atau menyebabkan masalah jantung dan tekanan darah.

Kandungan tersebut baik untuk mencegah diabetes dan penyakit jantung.

3. Mencegah Anemia

Kandungan zat besi pada ikan asin, bermanfaat bagi tubuh untuk mencegah anemia.

Moms bisa mencegah anemia atau kekurangan darah dengan mengonsumsi ikan asin. Ikan ini bekerja dengan memproduksi sel darah merah dan memulihkan anemia.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan dan Kecantikan

4. Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat kandungan zat besi dari ikan asin lainnya, yaitu dapat membantu penyembuhan luka.

Ikan asin mengandung zat besi yang cukup tinggi sekitar 3 mg. Jika Moms mengonsumsi ikan asin, maka luka akan cepat segera sembuh.

Namun, bagi Moms yang mengidap hemofilia akan mengalami risiko darah tidak akan membeku secara normal.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Ikan asin memiliki banyak kandungan mineral yang baik untuk kesehatan kulit.

Beberapa jenis kandungan lainnya, seperti vitamin E, selenium, omega 3, dan asam lemak essensial, bisa membantu kulit menjadi halus dan mulus.

Kelebihan lainnya adalah ikan asin juga dapat mengurangi risiko terkena kanker kulit, lho Moms.

Baca Juga: 8 Manfaat Kulit Lemon untuk Wajah dan Tubuh, Cegah Keriput Hingga Mengandung Zat Antikanker!

Cara Membuat Ikan Asin

Ikan asin adalah makanan lezat yang populer di seluruh negeri. Moms bisa mempraktikkan cara membuat ikan asin sendiri di rumah.

Berikut ini cara membuat ikan asin, disimak ya Moms.

1. Siapkan Ikan Segar

ikan segar.jpg

Foto: istockphoto.com

Cara membuat ikan asin yang pertama adalah siapkan ikan segar untuk diolah.

Ikan apapun bisa dibuat menjadi ikan asin. Ikan yang biasa diolah, yaitu sarden, anchovies, mackerel, smelt, ocean trout, dan salmon akan menghasilkan rasa yang paling kuat.

Kuncinya adalah ikan harus segar ya Moms agar saat proses pengeringan tidak busuk.

2. Bersihkan Ikan

cuci ikan.jpg

Foto: tinykitchendivas.com

Cara membuat ikan asin selanjutnya adalah dengan membersihkan ikan secara menyeluruh. Moms harus memotong dan membersihkannya dengan air bersih.

Jika ikannya kecil, Moms dapat membiarkannya utuh dan potong saja kepalanya. Namun jika Moms menggunakan fillet, potong menjadi potongan yang bisa diatur.

Umumnya ikan dipotong menjadi ukuran 6 kali 2 inci. Buang tulang sebanyak yang Moms bisa, tetapi jika Moms berencana untuk menggoreng ikan asin tersebut, tulang akan menjadi cukup renyah untuk dimakan.

Baca Juga: Bayi Cukup Zat Besi atau Belum ya? Yuk Pastikan dengan Cara Ini!

3. Keringkan Ikan

ikan dibaluri garam.jpg

Foto: tastythais.com

Pengeringan ikan menjadi cara membuat ikan asin selanjutnya.

Sebelum mengeringkan, Moms bisa menaburkan garam pada ikan tersebut. Caranya yaitu:

  • Gosok banyak garam berkualitas, baik garam laut atau pun garam dapur.
  • Baluri ikan dengan garam hingga sempurna. Semakin banyak garam maka rasanya semakin enak.
  • Masukkan ikan ke dalam mangkuk atau loyang keramik, tutupi dengan bungkus plastik dan tempatkan di lemari es semalaman atau hingga 24 jam.
  • Angkat ikan dan bilas hingga bersih untuk menghilangkan garam, dan tepuk-tepuk hingga kering.
  • Tusuk ikan dengan cara yang membuat area permukaan terekspos udara dan sinar matahari sebanyak mungkin. Misalnya, jika Moms mengeringkan ikan utuh, tarik bagian samping ikan hingga bagian ususnya terbuka.

4. Jemur Ikan

ikan asin 1.jpg

Foto: photodune.net

Cara membuat ikan asin selanjutnya adalah jemur ikan yang sudah didiamkan semalaman di bawah sinar matahari.

Jika Moms mengkhawatirkan lalat dan serangga lainnya, gantungkan ikan dengan kain katun tipis.

Moms mungkin ingin mengatur posisi ikan sepanjang hari, memutarnya dari depan ke belakang atau yang lainnya, untuk mendapatkan paparan sinar matahari yang merata.

Jika ikan sudah kering, Moms bisa meletakkan di atas terpal atau wadah dan tutupi kembali. Kemudian taruh ke lemari es semalaman dan ulangi proses pengeringan keesokan harinya.

Baca Juga: 5 Cara Ini Akan Membuat Frozen Food Tetap Aman dan Enak Disantap, Moms!

Moms, dalam mempraktikkan cara membuat ikan, sebaiknya Moms mulai mengeringkan ikan di pagi hari. Perhatikan bahwa ikan asin perlu dijemur lebih lama agar kering dan awet.

Nah itu dia Moms cara membuat ikan asin di rumah. Ternyata cara membuat ikan asin gampang ya Moms? Selamat mencoba ya!

  • https://www.tandfonline.com/doi/pdf/10.1080/23311932.2015.1008348
  • https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/87559129.2020.1737708#:~:text=Dry%20fish%20is%20increasingly%20becoming,copper%2C%20selenium%2C%20and%20calcium.
  • https://www.matis.is/media/matis/utgafa/Skyrsla_32-07.pdf
  • https://eatingasia.typepad.com/eatingasia/2012/07/diy-dried-salt-fish.html
  • https://smallbusiness.chron.com/benefits-driedfish-retailing-16080.html
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait