Resep

RESEP
25 Juni 2020

Cara Membuat Masala Chai, Teh Rempah India yang Kaya Manfaat

Bisa menghangatkan badan dan bermanfaat untuk kesehatan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fitria Rahmadianti
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Saat udara dingin, baik karena musim hujan atau karena AC, salah satu hal yang paling dicari adalah minuman hangat, khususnya yang mengandung rempah. Nah, Moms perlu tahu cara membuat masala chai!

Dalam Bahasa India, “chai” berarti teh. Namun karena orang India biasa minum teh yang direbus bersama susu dan gula, istilah chai menjadi identik dengan teh susu. “Masala” sendiri bermakna campuran rempah. Jadi, masala chai berarti “teh susu dengan campuran rempah”.

Masala chai adalah minuman yang sangat populer di subkontinen India, seperti di India, Pakistan, Bangladesh, Nepal, dan Sri Lanka. Minuman ini juga dikonsumsi di negara-negara barat dengan sebutan “chai latte”.

Teh yang digunakan biasanya adalah teh hitam karena memiliki rasa yang kuat, agar tidak tertutup aroma rempah dan rasa susu. Sementara itu, rempah-rempah yang digunakan bisa bervariasi seperti kapulaga hijau, jahe, cengkih, kayu manis, bunga lawang, adas, pala, bahkan merica.

Manfaat Masala Chai

Manfaat Cara Membuat Masala Chai.jpg

Foto: DanaTentis from Pixabay

Selain enak dan menghangatkan tubuh, masala chai juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan berkat kandungan teh dan rempah-rempahnya. Menurut situs web Herbs with Rosalee, beberapa rempah dalam minuman ini membantu pencernaan dan mengurangi mual, sehingga masala chai baik dikonsumsi setelah makan.

Mengonsumsi masala chai yang mengandung jahe setiap hari dapat membantu meredakan nyeri di tubuh. Rempah-rempah masala chai juga mengandung zat-zat antioksidan dan antiinflamasi.

Baca Juga: Yuk Minum 7 Teh Bermanfaat Untuk Kesehatan!

Cara Membuat Masala Chai

Cara Membuat Masala Chai.jpg

Foto: Nipanan Lifestyle on Unsplash

Blog Swasthi’s Recipes membagikan cara membuat masala chai sebagai berikut:

Bahan Masala Chai

  • 3-4 butir kapulaga hijau
  • 3 butir cengkih
  • 1-2 cm kayu manis
  • 480 ml air
  • 1 sdt teh hitam
  • 2-3 sdm gula
  • ½-1 sdt jahe cincang atau ulek
  • 120 ml susu

Baca Juga: Licorice Dalam Teh Dapat Menurunkan Kesuburan

Cara Membuat Masala Chai

  1. Rebus air sampai mendidih.
  2. Haluskan kapulaga, cengkih, dan kayu manis menggunakan ulekan atau blender.
  3. Masukkan rempah tadi ke air mendidih bersama jahe dan teh. Rebus selama 2-3 menit menggunakan api kecil.
  4. Tuangkan susu dan rebus selama 2-3 menit lagi. Minuman jadi berwarna gelap dan agak kental. Matikan api.
  5. Tuangkan ke cangkir sambil disaring.
  6. Nikmati selagi hangat bersama biskuit.

Untuk: 2 gelas

Minuman ini mengandung 93 kalori, 11 gram karbohidrat, 4 gram protein, 3 gram lemak, 1 gram lemak jenuh, 9 mg kolesterol, 59 mg sodium, 120 mg potassium, 9 gram gula, 250 IU vitamin A, 103 mg kalsium, dan 0,6 mg zat besi.

Moms bisa menyesuaikan takaran susu dan rempah serta jenis rempahnya sesuai selera. Rempahnya juga bisa direbus tanpa dihaluskan jika ingin rasa yang tidak terlalu kuat. Kalau Moms menginginkan aroma rempah yang sangat kuat, Moms bisa menyangrai rempah-rempahnya dulu sebelum menghaluskannya.

Baca Juga: 4 Tips Menyimpan Teh Yang Tepat

Jika Moms ternyata menyukai masala chai dan berencana meminumnya secara rutin, Moms bisa membuat stok. Campur rempah-rempah bubuk menjadi bubuk masala, lalu simpan. Saat akan digunakan, rebus teh, lalu tambahkan bubuk masala, gula, dan susu. Rebus dengan api kecil selama beberapa menit, kemudian saring sebelum diminum.

Cara membuat masala chai ini bisa jadi alternatif minuman rempah jika bosan dengan wedang jahe atau sekoteng. Bikin, yuk, Moms!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait