Resep

RESEP
7 April 2021

3+ Cara Membuat Minyak Wijen, Enak dan Mudah Banget!

Dibanding membeli, Moms bisa mencoba cara membuat minyak wijen sendiri di rumah yang praktis
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Tak perlu risau untuk membeli jika Moms mengetahui cara membuat minyak wijen sendiri di rumah. Ya, Minyak wijen ini kerap menambahkan rasa yang lezat dan pedas pada berbagai macam hidangan. Ini adalah bahan yang populer dalam masakan Asia dan Timur Tengah.

Selain itu, menurut Journal of Alternative and Complementary Medicine juga mengungkap manfaat minyak wijen yang mengandung sifat antioksidan dan sifat anti-inflamasi, mungkin bermanfaat bagi jantung, persendian, kulit, rambut, dan banyak lagi.

Ada beberapa jenis minyak wijen ini, masing-masing menawarkan rasa dan aroma yang sedikit berbeda. Wijen mentah berwarna terang, menawarkan rasa pedas, dan paling baik digunakan saat memasak dengan api kecil hingga sedang. Minyak wijen olahan, yang lebih banyak diproses, memiliki rasa netral dan paling baik untuk menggoreng atau menumis.

Minyak wijen panggang memiliki warna coklat tua dan rasa lembut yang paling cocok untuk dressing dan marinade.

Setelah mengetahui manfaat minyak wijen, berikut ini cara membuat minyak wijen yang bisa Moms atau Dads lakukan di rumah:

1. Cara Membuat Minyak Wijen Mudah

Cara Membuat Minyak Wijen Mudah

Foto: cookpad/Merie Pryatna Mazrial

Cara membuat minyak wijen ini dipilih oleh Moms Merie Pryatna Mazrial, karena bila membeli minyak wijen yang 100 ml harganya Rp 40.000. Sedangkan dengan modal Rp 15.000, dirinya sudah mendapatkan minyak wijen yang rasa serta wanginya sama. Berikut ini resep membuat minyak wijennya:

Bahan:

  • 1 ons wijen putih
  • 300 ml minyak goreng

Cara membuat minyak wijen:

  1. Sangrai wijen dengan api kecil hingga kecoklatan tapi jangan sampai gosong
  2. Blender wijen sampai halus. Kemudian, taruh wijen di kuali, tuang minyak goreng, dan aduk rata.
  3. Baru nyalakan kompor, masak dengan api kecil tak lupa terus mengaduk hingga wijen berubah warna dan mengeluarkan bau harum.
  4. Kemudian, matikan kompor, dingikan serta diamkan minyak wijen semalaman di kuali hingga ampasnya mengendap lalu esoknya baru disaring dengan menggunakan penyaring
  5. Simpan di dalam botol dan minyak wijen siap untuk digunakan.
  6. Tambahan lainnya, Moms Merie menggunakan minyak dari olive oil yang classic atau extra light agar lebih sehat.

Baca Juga: Resep: Ayam Wijen Madu

2. Cara Membuat Minyak Wijen Bawang

Resep Membuat minyak wijen di rumah

Foto: cookpad/bucamat82

Kalau ini adalah resep sekaligus cara membuat minyak wijen bawang dari bucamat82:

Bahan:

  • 8 sdm penuh wijen putih
  • 2 bongkol bawang putih
  • 750 ml minyak goreng yang baru

Cara membuat minyak wijen:

  1. Kupas cuci bersih bawang putih lalu iris tipis-tipis. Panaskan minyak goreng sampai seidkit kecoklatan lalu masukkan wijen goreng bersamaan sampai kuning kecoklatan lalu angkat dan tiriskan setelah itu haluskan.
  2. Taruh bahan yang sudah dihaluskan ke dalam toples lalu tambahkan minyak goreng. Biar hasil lebih bagus dan awet serta tahan lama gunakan minyak yang baru aduk-aduk hingga menyatu dengan ampasnya.
  3. Kemudian, selesai dan bisa digunakan sebagai stok untuk membuat nasi goreng dan lainnya. Saat menggunakan minyak ini pastikan campurkan sedikitik endaman ampas yang ada pada minyak biar makin semakin enak rasanya.

3. Cara Membuat Minyak Wijen Dua Bahan

Cara Membuat Minyak Wijen dengan Dua Bahan

Foto: website/HassanVideo

Kalau ini cara membuat minyak wijen dengan menggunakan dua bahan dari Hasan video, yaitu:

Bahan:

  • 100 gr wijen putih atau setara dengan 12 sdm
  • 1 liter minyak goreng kualitas bagus

Cara Membuat Minyak Wijen:

  1. Sangrai wijen sampai harum dan berwarna kuning kecokletan dengan menggunakan api sedang sedikit kecil, waktunya sekitar 10 menit. Angkat wijen yang sudah wangi dan kuning kecokletan. Haluskan wijen yang masih hangat dengan menggunakan blender untuk bumbu kering, menggunakan chopper serbaguna atau ulek manual menggunakan cobek.
  2. Panaskan wajan atau Teflon dan sangria wijen yang sudah halus. Kemudian, masukkan 1 liter minyak goreng kualitas bagus dengan jenis serta merek sesuai selera.
  3. Aduk rata minyak yang sudah dituang menggunakan minyak sawit. Kalau Moms memiliki merek lain boleh digunakan seperti minyak kelapa atau minyak premium yang terbuat dari biji bunga matahari.
  4. Kemudian, masak dengan menggunakan api sedang sedikit kecil sampai berbusa di bagian tengah minyak. Waktu memasaknya tidak butuh lama, sekitar 5 hingga 10 menit.
  5. Matikan api, apabila sudah berbusa. Kemudian, tuangkan ke dalam wadah yang lebih aman dan diamkan sampai minyak dan ampas wijen benar-benar terpisah. Waktunya paling sedikit 24 jam, namun bisa juga 48 jam, 72 jam, 96 jam atau sampai 4 hari juga boleh.
  6. Ampas wijen dan minyaknya sudah terpisah, setelah mendiamkan sampai 4 hari. Selanjutnya ambil minyaknya pelan-pelan dan jangan lupa untuk menyaring dengan menggunakan saringan yang rapat. Minyak wijen lebih mudah untuk diambil dan saring karena ampas wijennya sudah benar-benar mengendap di bagian bawah wadahnya.
  7. Manfaatkan ampas wijen untuk bumbu aneka olahan masakan dan jangan dibuang. Tempatkan di dalam wadah kaca dan tuangi secukupnya minyak wijen sehingga ampas wijen terendam, supaya lebih awet lama dan sisihkan.
  8. Sebagai tambahan, warnanya tidak bisa jernih dari minyak wijen asli, karena menggunakan minyak yang sudah jadi. Bukan hasil murni dari ekstrak biji wijen seperti yang ada di pasaran.

Baca Juga: Manfaat Minyak Kelapa bagi Bayi

4. Cara Membuat Membuat Minyak Wijen

Resep membuat minyak wijen

Berikut ini beberapa cara membuat minyak wijen lainnya dari jotscroll:

Bahan:

  • Biji wijen
  • Panci atau loyang
  • Blender
  • Sendok
  • Mangkuk
  • Kain katun tipis
  • Wadah penyimpanan
  • Kulkas

Cara Membuat Minyak Wijen:

  1. Bersihkan biji wijen Moms terlebih dahulu dengan mengambil batu dan kotoran kecil, ini akan memungkinkan Moms mendapatkan minyak bersih di bagian akhir.
  2. Masukkan biji wijen ke dalam panci, letakkan di atas kompor. Panggang biji dengan api sedang selama 10-5 menit sambil terus diaduk dengan sendok pengaduk hingga berwarna cokelat merata.
  3. Setelah dipanggang secara merata, Moms akan melihat aroma kacang yang menyenangkan dari bijinya; keluarkan bijinya dari api dan pindahkan ke piring agar cepat dingin.
  4. Memanggang biji akan membantu melepaskan lebih banyak minyak dari biji selama proses ekstraksi dan pada gilirannya, memberi minyak aroma pedas dan menyenangkan.

Mengekstrak minyak dari bijinya:

  1. Pindahkan biji sangrai ke dalam blender dan blender hingga menjadi sangat halus.
  2. Selanjutnya, tuangkan biji yang sudah diblender ke dalam mangkuk yang lebih besar, tambahkan sekitar dua hingga tiga cangkir air dingin atau hangat ke dalamnya, gunakan tangan Moms untuk mengaduk campuran hingga membentuk pasta encer.
  3. Oleskan kain katun tipis di atas mangkuk sedang; Moms bisa mengamankan kain katun tipis dengan tali atau karet gelang. Dengan melakukan ini, Moms akan dengan mudah menyaring campuran minyak dan air dari sekam. Jika pasta masih lembut dan Moms melihat sedikit sisa minyak di dalamnya, tambahkan secangkir air ke dalamnya dan campur untuk kedua kalinya untuk mengekstrak semua minyak darinya.
  4. Setelah Moms mengekstrak minyak, letakkan mangkuk berisi ekstrak wijen di dalam freezer, atau simpan di tempat dingin selama 2 jam atau lebih.
  5. Setelah itu, Moms akan melihat garis pemisah antara minyak wijen dan air. Jika dibiarkan di dalam freezer, maka akan ada lapisan beku seperti saat membuat minyak kelapa perasan dingin.
  6. Gunakan sendok untuk menyendok minyak yang mengapung di atasnya dengan hati-hati, pastikan Moms tidak mengambil airnya.
  7. Masukkan semua minyak ke dalam mangkuk lain dan ulangi hingga Moms selesai memisahkan semua minyak dari air. Setelah selesai, tuangkan minyak ke dalam toples penyimpanan bersih dengan tutup yang pas.
  8. Minyak Moms sudah siap, masukkan ke dalam lemari es, dan defrost kapan pun Moms ingin menggunakannya.

Baca Juga: 5 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kecantikan

Bagi banyak petani, penambahan tanaman baru dan menarik adalah salah satu bagian paling menarik dari berkebun. Apakah ingin mengembangkan variasi di kebun dapur atau ingin membangun kemandirian yang lengkap, penambahan tanaman minyak adalah upaya yang ambisius.

Sementara beberapa minyak memerlukan peralatan khusus untuk ekstraksi, minyak seperti wijen dapat diekstraksi dari biji melalui metode yang mudah dilakukan di rumah.

Minyak biji wijen telah lama digunakan baik dalam memasak maupun dalam perawatan kulit dan aplikasi kosmetik. Dikreditkan karena memiliki banyak manfaat kesehatan, membuat versi "minyak wijen DIY" di rumah sangatlah sederhana.

  • https://cookpad.com/id/cari/minyak%20wijen%20homemade
  • https://www.jotscroll.com/sesame-oil-how-to-make-sesame-oil-at-home
  • http://www.easyoilpress.com/sesame-oil-press.html
  • https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/sesame-oil-for-skin
  • https://www.healthline.com/nutrition/sesame-oil-benefits#TOC_TITLE_HDR_10
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4739344/ -
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4390211/
  • https://cookpad.com/id/resep/13784584-minyak-wijen-homemade?via=profile
  • https://cookpad.com/id/resep/13842862-minyak-wijen-homemade?via=profile
  • https://cookpad.com/id/resep/13627850-minyak-wijen-homemade?via=profile
  • https://cookpad.com/id/resep/9692445-minyak-wijen-rasa-bawang-homemade
  • https://thehasanvideo.com/resep/minyak-wijen-murah-hasil-melimpah-minyak-wijen-rumahan-hanya-2-bahan-tahan-6-bulan/

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait