Rupa-rupa

16 April 2021

Cara Membuat Origami Bunga, Lucu dan Bisa Dikoleksi!

Origami dapat menjadi aktivitas seru dan edukatif untuk Si Kecil, coba buat origami bunga, yuk!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Agnes
Disunting oleh Intan Aprilia

Salah satu aktivitas edukasi bersama Si Kecil yang mampu mengasah koordinasi saraf motorik, kemampuan otak, dan kesabaran adalah origami. Salah satu jenis origami yang cukup mudah dibuat dan bentuknya disukai Si Kecil adalah membuat origami bunga.

Cara Membuat Origami Bunga

origami bunga.jpg

Foto: freepik.com

Di beberapa negara, origami telah diteliti sebagai alat yang membantu anak-anak membangun kemampuan spasial dan persepsi, belajar matematika, meningkatkan keterampilan, meningkatkan koordinasi tangan dengan mata, dan meningkatkan konsentrasi.

Origami juga menunjukkan manfaat bagi anak-anak berkebutuhan khusus dalam mempelajari matematika dan membantu meningkatkan perhatian pada anak dengan Attention Deficit Disorder (ADD).

Salah satu penelitian di tahun 2002 meneliti anak-anak berumur 5-6 tahun yang menerima latihan origami selama beberapa hari.

Anak-anak yang berlatih origami, lebih baik dalam mengerjakan tugas perbandingan ukuran dibandingkan mereka yang tidak berlatih origami.

Peneliti berpendapat origami meningkatkan kemampuan anak-anak dalam menyusun strategi dengan 2 dimensi hanya dalam beberapa hari.

Walau masih membutuhkan penelitian dalam skala yang lebih besar, hasil penelitian ini menunjukkan origami membantu anak-anak memahami tentang perbandingan ukuran.

Penulis buku The Book of Mindful Origami, Samuel Tsang, menulis bahwa origami dapat menjadi kegiatan yang dapat membangun koneksi antara orang tua dengan anak. Origami dapat membantu menghidupkan imajinasi Si Kecil dan kegembiraannya.

Si Kecil akan tertarik dengan origami karena terasa menakjubkan dan ajaib, selembar kertas dapat berubah menjadi sebuah bentuk tiga dimensi.

Walaupun hidup di era internet yang serba praktis dengan sentuhan jari, mengajak Si Kecil membuat origami akan membuatnya merasa penasaran dan gembira.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Mainan Edukasi Anak 1 Tahun, Beli Yuk Moms!

Cara Membuat Origami Bunga Tulip

Origami bunga tulip

Foto: easypeasyandfun.com

Di Jepang, origami adalah salah satu bentuk seni yang telah terintegrasi dengan kurikulum di sekolah dasar untuk membantu anak-anak belajar melatih kesabaran, kemampuan spasial, serta meningkatkan memori dan konsentrasi.

Tidak ada salahnya mengajak dan membimbing Si Kecil belajar membuat origami bunga yang dapat dijadikan koleksinya kelak.

Sebagai permulaan, membuat origami bunga tulip adalah yang paling mudah dibuat oleh Si Kecil yang bahkan baru mulai sekolah.

Membuat origami bunga tulip ini akan menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk Si Kecil karena warna-warni dan dapat ditempel sebagai hiasan kartu ucapan.

Origami bunga tulip juga bisa semakin menarik untuk Si Kecil karena warna-warni kertasnya dapat disesuaikan dengan warna yang mereka senangi.

Membuat bagian kuncup origami bunga tulip cukup mudah dilakukan Si Kecil yang masih belajar, namun bagian tangkai membutuhkan kemampuan motorik yang lebih tinggi, sehingga Moms dan Dads dapat membantu jika Si Kecil kesulitan.

Baca Juga: Simak Moms! Ini Manfaat dari 4 Jenis Mainan Edukasi Balita

Bahan dan Peralatan:

  • Lem kertas (opsional)
  • Gunting
  • Kertas origami persegi ukuran besar dan kecil (kira-kira setengahnya). Kertas ukuran besar untuk tangkai dan yang lebih kecil untuk bunga.

Cara Membuat:

  1. Tangkai bunga tulip akan dibuat terlebih dahulu. Lipat kertas secara diagonal, kemudian buka kembali.
  2. Lipat masing-masing sudut ke tengah yang ditandai bekas lipatan sehingga bentuknya seperti layang-layang, lalu lipat lagi kedua sudutnya ke tengah, berbentuk seperti panah.
  3. Langkah nomor 2 akan menyisakan dua sudut baru, lipat kedua sudutnya ke tengah. Hasilnya kertas akan berbentuk seperti diamond yang panjang.
  4. Sekarang, pertemukan kedua ujung diamond dari bawah ke atas, lalu lipat ke dalam agar menutup dengan posisi sudut lancip yang kecil di dalam. Keluarkan sedikit ujung yang lebih kecil keluar, agar seperti tangkai tulip yang bercabang. Selanjutnya Moms dan Dads dapat membuat origami bunga tulip dengan kertas warna warni kesukaan Si Kecil.
  5. Lipat diagonal kertas origami dengan bagian putih di dalam. Lipat diagonal kedua kalinya untuk membentuk bekas lipatan yang tepat di tengah. Lalu buka lipatan, menyisakan bentuk segitiga dari lipatan yang pertama.
  6. Ambil salah satu sudut, lipat ke atas, namun lipat agak miring ke luar. Lakukan pada kedua sudut sehingga membentuk bunga tulip.
  7. Langkah terakhir, balik sisi bunga tulip, lipat sudut sisi kiri kanan yang masih tajam.
  8. Potong sedikit bagian bawah bunga tulip, gabungkan dengan tangkainya. Karena mudah lepas, Moms dan Dads dapat membubuhi sedikit lem agar lebih kuat.

Baca Juga: Cara Membuat Origami Binatang, Mudah untuk Diajarkan pada Anak

Cara Membuat Origami Bunga Mawar

Origami bunga mawar

Foto: thesprucecraft.com

Origami bunga mawar sekilas akan terlihat mengintimidasi dengan banyak detail dan langkah-langkah pembuatan, namun cara membuat origami bunga mawar berikut ini lebih sederhana.

Membuat origami bunga mawar ini dapat melatih saraf motorik Si Kecil. Namun, sebaiknya Moms dan Dads masih membimbing dan membantu Si Kecil dalam membuat origami bunga mawar berikut ini, terutama jika Si Kecil masih belajar melipat origami dengan rapi.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Mainan Edukasi Anak Perempuan dan Tips Memilihnya!

Bahan dan Peralatan:

  • Kertas origami untuk kelopak bunga, berbentuk persegi dengan warna yang sama di kedua sisi. Ukurannya semakin besar akan semakin mudah dilipat.
  • Kertas origami warna hijau untuk daun, ukurannya sama besar dengan kertas untuk bunga.
  • Sebatang tongkat untuk menggulung, bisa menggunakan pensil, pulpen, atau sumpit.

Cara Membuat:

  1. Buatlah kelopak bunga mawar terlebih dahulu. Ambil kertas origami persegi, kemudian lipat dua secara horizontal. Buka kertas, lalu lipat dua secara vertikal. Buka kembali kertas sehingga terlihat bekas lipatan menjadi titik pusat di tengah.
  2. Lipat semua sudut-sudut kertas menuju titik tengah. Setelah semua sudut bertemu di tengah, lipat lagi sudut terluar ke titik tengah. Lalu ulangi sekali lagi sehingga total lipatan menjadi tiga lapis.
  3. Gulung ke arah luar satu-persatu sudut dengan bantuan pensil, pulpen, atau sumpit, hingga membentuk bunga mawar.
  4. Ambil kertas hijau untuk membuat daun. Lipat kertas secara diagonal, lalu buka lipatan. Buat bentuk layang-layang dengan melipat sudut kertas ke arah bekas lipatan.
  5. Lipat kembali sudut yang paling besar ke arah tengah sehingga membentuk wajik yang panjang. Kemudian lipat dua ke arah dalam mengikuti lipatan diagonal yang pertama dan terbentuk segitiga yang memanjang.
  6. Bentuk aksen daun dengan cara melipat kedua sudut segitiga ke arah atas.
  7. Tempelkan daun di belakang bunga mawar. Selesai!

Baca Juga: 3 Cara Membuat Origami Kupu-kupu, Baik untuk Melatih Motorik Anak

Moms dan Dads secara bertahap juga dapat meningkatkan kesulitan origami yang dibuat bersama Si Kecil seiring pertumbuhan otaknya. Selamat melipat!

  • https://www.easypeasyandfun.com/origami-flower-tulip/
  • https://www.thesprucecrafts.com/easy-origami-rose-instructions-2540933
  • https://www.psychologytoday.com/us/blog/urban-survival/201609/5-ways-origami-boosts-mindfulness
  • https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/00221320209598696?src=recsys
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait