Rupa-rupa

2 Maret 2021

3 Cara Membuat Origami Kupu-kupu, Baik untuk Melatih Motorik Anak

Origami kupu-kupu dianggap yang paling mudah dan cocok untuk hiasan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Adeline Wahyu

Moms mungkin pernah mencari tahu cara membuat origami kupu-kupu dari kertas untuk si kecil. Seni melipat kertas ini disebut origami.

Origami merupakan seni melipat kertas asal Jepang dan sudah dikenal di seluruh dunia.

Ada banyak bentuk yang bisa dihasilkan dari teknik melipat kertas ini. Namun, cara membaut origami kupu-kupu dianggap yang paling mudah dan cocok untuk pemula.

Baca juga: Ketahui Tahapan Metamorfosis Kupu-kupu Berikut Ini

Sejarah Origami

sejarah origami

Foto: parenting.firstcry.com

Origami berasal dua kata dalam bahasa Jepang, Ori yang berarti melipat dan kami yang memiliki arti kertas. Seni ini sangat kental akan kebudayaan Jepang.

Tradisi melipat kertas yang berbeda muncul di Eropa, Cina, dan Jepang yang telah didokumentasikan dengan baik oleh para sejarawan. Di Cina, seni melipat kertas sering dihubungkan dengan tradisi pemakaman untuk menggantikan kayu sebagai bongkahan emas.

Sedangkan di Eropa, seni melipat kertas awalnya bermula dari kebiasaan masyarakat untuk melipat serbet di meja makan. Kebiasaan ini sangat berkembang baik selama abad ke-17 hingga 18 lho Moms.

Di Jepang sendiri sudah ada sejak zaman edo. Awalnya, seni melipat kertas khususnya desain kupu-kupu sering dikaitkan dengan tradisi pernikahan penganut agama Shinto pada masa edo. Belakangan origami dibuat menjadi bentuk lain sebagai hiburan.

Pada awal 1900-an, Akira Yoshizawa, Kosho Uchiyama, dan lainnya mulai membuat dan merekam karya origami asli.

Akira Yoshizawa secara khusus bertanggung jawab atas sejumlah inovasi, seperti cara melipat basah dan sistem diagram Yoshizawa-Randlett, dan karyanya menginspirasi kebangkitan kembali bentuk seni.

Selama 1980-an sejumlah folder mulai secara sistematis mempelajari sifat matematika dari bentuk terlipat, yang menyebabkan peningkatan pesat dalam kompleksitas model origami.

Baca juga: Ketahui 3 Tantangan Orang Tua Saat Melatih Stimulasi Motorik Anak

Baik untuk Motorik Anak

anak membuat origami

Foto: Orami Photo Stock

Seni melipat kertas atau origami sangat baik untuk keterampilan motorik anak.

Jurnal Trials menjelaskan, keterampilan motorik yang baik dianggap penting untuk perkembangan fisik, sosial, dan psikologis anak.

Usia prasekolah merupakan waktu terbaik untuk mengasah kemampuan motorik anak. Tidak heran, kalau banyak guru yang mengajarkan siswa TK cara membuat origami kupu-kupu. Karena bentuk ini dianggap yang paling mudah untuk diajarkan pada anak-anak usia prasekolah.

Cara Membuat Origami Kupu-kupu

Dengan menggunakan tutorial yang mudah diikuti, Moms dapat mempelajari cara membuat origami kupu-kupu origami di rumah. Kupu-kupu adalah model origami tradisional yang sangat cocok untuk pemula karena sangat mudah untuk dibuat.

Kupu-kupu origami memiliki tampilan yang sederhana namun elegan. Setelah Moms mengetahui cara membuat origami kupu-kupu mungkin tidak ingin berhenti dan akan terus membuat bentuk lainnya.

Jika dibuat dalam jumlah banyak, origami kupu-kupu dapat dijadikan hiasan dinding yang indah. Moms juga dapat menggunakannya untuk memperindah kartu ucapak, lembar memo, dan bahkan sebagai sentuhan akhir pada pembungkus kado.

Moms daripada penaran, yuk simak cara membuat origami kupu-kupu berikut ini.

Baca juga: 5 Cara Membuat Rambut Balita Tumbuh Lebih Tebal Dan Panjang

1. Cara Membuat Origami Kupu-kupu untuk Hiasan

Cara Membuat Origami

Foto: Freepik.com

Moms yang baru mecoba seni melipat kertas dari Jepang ini, bisa mencoba cara membuat origami kupu-kupu simpel dari The Spruce Craft berikut ini.

  1. Mulailah dengan melipat secara diagonal, kedua arah, lalu lipat kertas menjadi dua, dua arah. Lipat keempat sudut ke tengah.
  2. Balikkan kertas, dan lipat keempat sudut ke tengah. Buka langkah sebelumnya dan balikkan model ke sisi lain. Buka kertasnya.
  3. Lipat sisi kanan ke tengah. Lipat juga sisi kiri ke tengah.
  4. Pegang kertas di tengah, tarik penutup kanan ke kanan. Tarik flap kiri keluar dengan cara yang sama, dan ratakan bagian atasnya.
  5. Buat sayap kanan dan kiri yang sama untuk bagian bawah. Ratakan apa yang Moms miliki. Ini harus terlihat seperti segi enam jongkok, agak horizontal. Lipat bagian atas ke belakang. Ratakan modelnya.
  6. Balikkan lapisan kanan ke bawah. Balikkan penutup kiri ke bawah. Lipat bagian kecil ke dalam di tempat yang ditunjukkan. Lipat model menjadi dua ke kanan.
  7. Lipat bagian kecil di atas tempat yang ditunjukkan. Buka lapisan belakang ke kiri. Balikkan lipatan sisi kiri lipatan yang baru saja Moms buat.

2. Cara Membuat Origami Kupu-kupu Simpel

Membuat Origami Kupu-kupu

Foto: Freepik.com

Moms yang baru ingin mempelajari seni melipat kertas mungkin akan diajarkan cara membuat origami kupu-kupu. Karena bentuk ini dianggap paling mudah untuk dipelajari oleh pemula. Melansir gatheringbeauty.com berikut cara membuat origami kupu-kupu untuk pemula.

  1. Lipat kertas menjadi dua untuk membuat lipatan gunung, buka dan lipat lagi menjadi dua kali ini dengan cara yang berlawanan.
  2. Buka dan lipat di sepanjang kedua diagonal membuat dua lipatan gunung lagi.
  3. Lipat lipatan tengah ke dalam dan ciutkan untuk membuat segitiga.
  4. Lipat lapisan atas dari kedua sudut agar bertemu di tengah.
  5. Balikkan dan angkat sudut bawah ke atas, sehingga ujung segitiga memanjang ke atas. Ratakan bagian tengah tetapi bukan bagian tepi lipatan.
  6. Lipat ujung segitiga ke atas dan lipat. Jika menggunakan sesuatu yang lebih tebal dari kertas origami, Moms mungkin perlu menggunakan sedikit lem untuk menahan tutup ini,
  7. Untuk menyelesaikan, lipat kupu-kupu menjadi dua untuk membantu membentuknya. Yang harus Moms lakukan sekarang adalah menemukan tempat untuk menampilkan origami kupu-kupu sebagai hiasan.

3. Cara Membuat Origami Kupu-kupu untuk Pemula

Origami Kupu-kupu

Foto: Freepik.com

Origami kupu-kupu sering dijadikan hiasan, baik di dinding atau di kotak hadiah. Sayapnya melebar dengan baik dan bodinya sedikit muncul untuk memberikan tampilan yang lebih realistis. Sehingg sangat indah saat digunakan sebagai hiasan. Moms yuk simak cara membuat origami kupu-kupu dari goorigami.com berikut ini.

  1. Lipat kertas menjadi dua dengan melipat sudut kiri atas ke sudut kanan bawah.
  2. Kemudian lipat kembali kertas secara diagonal ke semua bagian.
  3. Lipat ke dalam hingga membentuk seperti gunung. Pastikan semua sudut bertemu satu sama lain.
  4. Balik kertas kemudian lipat kembali ke bagian tengah hingga ujung atasnya melebihi ke atas.
  5. Lipat untuk mengunci dan tarik bagian sayap. Origami kupu-kupu telah sukses dibuat.

Baca juga: Mengajarkan Sains pada Balita, Ini Manfaat dan Cara Serunya!

Tips Membuat Origami Kupu-kupu

Saat melipat kertas, pastikan lipatan sejajar dan sebersih mungkin. Namun, jangan berlebihan dalam melipat, karena kertas mungkin bisa sobek.

Jika memiliki kertas berwarna dua sisi, mulailah dengan kertas dengan sisi putih menghadap ke atas untuk memastikan kupu-kupu memiliki warna.

Jika kupu-kupu Moms gagal membuat origami kupu-kupu setelah mengkuti semua langkah, bisa jadi masalahnya ada di lipatan ya Moms. Lipatan yang Moms lakukan tidak setepat yang diharapkan.

Jika hal ini terjadi, Moms coba gunakan kertas baru dan ikuti kembali cara membuat origami kupu-kupu. Ingat Moms latihan juga sangat penting agar Moms dapat berhasil membuat origami kupu-kupu.

Moms demikian penjelasan tentang cara membuat origami kupu-kupu. Jangan lupa untuk dicoba ya Moms.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait