Home & Living

HOME & LIVING
31 Januari 2021

Cara Membuat Racun Tikus Alami dan Mematikan yang Bisa Dicoba

Meksi bahan dan caranya mudah, namun Moms juga perlu mempertimbangkan risikonya.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Semua orang pasti menginginkan rumah yang bersih dan terawat. Salah satu ciri rumah yang bersih ini adalah rumah yang bebas dari hama seperti kecoa, nyamuk, rayap dan termasuk tikus.

Moms pasti tak tahan dengan kehadiran tikus di rumah, dan masalahnya mengusir tikus dari rumah bukan pekerjaan mudah. Binatang perekat ini sangat mengganggu jika hadir di rumah, ia bisa menggerogoti furniture bahkan menyebarkan penyakit. Mulai dari Leptospirosis, Salmonellosis, Rat Bite Fever, dan masih banyak lagi.

Tikus adalah hewan pengerat nokturnal pemalu yang mencari makanan, air, dan tempat berlindung di rumah. Dalam banyak kasus, tikus akan tinggal di luar rumah tetapi masuk untuk makan selama jam aktifnya yakni pada malam hari.

Apakah Moms menemukan tikus yang bukan hewan peliharaan di rumah ? Sebaiknya Moms segera mencari cara mengusir tikus, atau membuat racun tikus alami dan mematikan supaya mereka lenyap. Cara ini juga dirasa penting untuk menghindarkan penularan penyakit yang membahayakan untuk orang-orang di rumah.

Baca Juga: Simak Cara Mengusir Cicak di Rumah yang Efektif Moms Coba!

Cara Membuat Racun Tikus Alami dan Mematikan

Jika Moms sudah tak tahan dengan kehadiran tikus-tikus di rumah, ada beberapa resep sederhana untuk membuat racun tikus alami ini. Ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat racun tikus alami dan mematikan:

1. Cara Membuat Racun Tikus Asam Borat

Cara Membuat Racun Tikus Alami Asam Borat

Foto: Orami Photo Stock

Bahan dan Perlengkapan:

  • Asam borat
  • Kaldu ayam
  • Sarung tangan sekali pakai
  • Tutup toples

Cara Membuat:

  1. Kenakan sarung tangan sekali pakai untuk menghindari iritasi kulit. Masukkan 1 cangkir asam borat ke dalam mangkuk. Setelah itu. tambahkan kaldu ayam ke dalam asam borat, sekitar 1/2 sendok teh. Aduk rata setelah setiap penambahan, sampai Moms memiliki pasta kental yang tidak lagi mudah diaduk. Jika terlalu encer, tambahkan sedikit lebih banyak asam borat. Bau kaldu akan menarik perhatian tikus, namun ia pada akhirnya akan mati karena mengonsumsi asam borat.
  2. Gulung pasta menjadi bola seukuran kelereng. Tempatkan dua atau tiga bola ke dalam tutup toples atau wadah kecil sekali pakai lainnya, buatlah umpan yang mudah dipindahkan jika perlu.
  3. Tempatkan umpan di tempat yang pernah Moms melihat kotoran tikusnya, yang merupakan tempat yang kemungkinan besar akan muncul kembali.

2. Cara Membuat Racun Tikus Baking Soda

Cara Membuat Racun Tikus Alami dengan Baking Soda

Foto: Orami Photo Stock

Bahan dan Perlengkapan:

  • Tepung jagung
  • Campuran coklat bubuk atau gula
  • Soda kue
  • Sarung tangan sekali pakai
  • Tutup toples

Cara Membuat:

  • Kenakan sarung tangan sekali pakai. Campurkan 1 cangkir tepung atau tepung jagung dengan 1 cangkir gula atau campuran coklat bubuk. Tambahkan 1 cangkir soda kue dan aduk campuran dengan baik. Gula atau cokelat akan menarik perhatian tikus dan soda kue akan segera membunuh mereka setelah dikonsumsi.
  • Isi beberapa tutup toples sekitar setengah penuh dengan umpan tikus.
  • Pasang tutup stoples berumpan di mana pun Moms melihat kotoran tikus. Tikus kemungkinan besar akan kembali ke tempat ini.
  • Pantau area tersebut untuk mencari indikasi bahwa masalah sudah teratasi, setelah Moms tidak lagi melihat kotoran baru, segera cari tikus mati supaya tidak membuat aroma yang tidak sedap

Bikarbonat dalam soda kue akan bereaksi dengan asam lambung tikus untuk menghasilkan gas karbon dioksida. Karena tikus tidak dapat mengeluarkan gas, gas tersebut menumpuk di sistem tikus dan akhirnya menyebabkan penyumbatan internal atau pecah.

Baca Juga: Cara Mengusir Semut Secara Alami di Rumah yang Bisa Dicoba

3. Cara Membuat Racun Tikus dari Gips Plester

Cara Membuat Racun Tikus dari Gibs Plester

Foto: indonesian.alibaba.com

Bahan dan Perlengkapan:

  • Tepung jagung
  • Campuran coklat bubuk atau gula
  • Gibs plester
  • Sarung tangan sekali pakai
  • Tutup toples

Cara Membuat:

  1. Kenakan sarung tangan sekali pakai dan campurkan masing-masing 1 cangkir tepung atau tepung jagung, gula atau campuran cokelat bubuk dan gips plester. Haluskan campuran dengan baik. Aroma gula atau coklat akan menarik perhatian tikus dan akan memakan umpannya. Namun mengkonsumsi gobs plester akan membunuh mereka jika bercampur dengan cairan dan mengeras di saluran pencernaan mereka.
  2. Sendokkan campuran secukupnya ke dalam tutup toples untuk mengisi setengahnya.
  3. Tempatkan tutup berumpan di area rumah di mana Moms melihat lalu lintas tikus, terutama di tempat Moms menemukan kotoran. Perhatikan area Moms menaruh racun karena mungkin akan muncul bangkai tikus di sana.

4. Cara Membuat Racun Tikus Alami dengan Kentang Tumbuk Instan

Cara Membuat Racun Tikus Alami dengan Kentang Tumbuk Instan

Foto: Orami Photo Stock

Bahan dan Perlengkapan:

  • Kentang tumbuk instan
  • Air
  • Gula (opsional)
  • Tutup toples
  • Sarung tangan sekali pakai

Cara Membuat:

  1. Siapkan serpihan kentang tumbuk instan seperti biasa.
  2. Tempatkan serpihan di beberapa tutup atau mangkuk sekali pakai. Tempatkan minimal setengah cangkir serpihan kentang instan di setiap mangkuk untuk memastikan tikus makan dengan cukup. Jika tikus tampak tidak memakan serpihan kentang instan, Moms juga bisa menambahkan satu atau dua sendok gula.
  3. Beri hewan pengerat air untuk diminum setelah memakan serpihan kentang.
  4. Kombinasi serpihan kentang instan dan air akan menyebabkan kembung berlebihan di dalam perut tikus. Karena tikus tidak bisa buang angin, mereka akan mati karena kembung.

Selain empat cara di atas, Moms juga bisa mencoba variasi resep racun tikus rumahan di atas berdasarkan apa yang Moms miliki di rumah. Misalnya, menggunakan selai kacang sebagai pengganti cokelat atau gula dan mencampurnya dengan racun alami tadi.

Baca Juga: 5 Tempat yang Menjadi Bagian Paling Kotor di Rumah

Namun Racun Tikus Juga Punya Risiko

Racun Tikus Juga Puya Risiko

Foto: Orami Photo Stock

Menggunakan racun tikus alami dan mematikan mungkin tampak seperti solusi paling sederhana untuk membasmi hewan pengerat ini. Namun, ada beberapa peringatan yang dapat membuat Moms perlu berpikir ulang untuk menggunakannya karena beberapa risiko, seperti:

1. Bisa Meracuni Diri Sendiri, Hewan Peliharaan, atau Anak-Anak

Setiap kali Moms menggunakan bahan yang berbahaya untuk dikonsumsi manusia atau hewan, ada risiko hewan peliharaan atau anak kecil memakan racun dan jatuh sakit. Bergantung pada jumlah yang dikonsumsi, namun keracunan ini juga bisa berakibat fatal. Terutama jika Moms menggunakan racun tikus komersial yang menggunakan bahan kimia kuat.

2. Ada Bau Bangkai Tikus yang Mengganggu

Beberapa orang secara keliru percaya bahwa meracuni tikus adalah cara yang paling sederhana karena Anda tinggal mengeluarkan racunnya dan menunggu. Pada kenyataannya, proses pembersihan menggunakan racun sangatlah menantang. Itu karena tikus biasanya tidak mati di tempat terbuka. Pasalnya racun tidak akan langsung membunuh tikus, ini akan memberi mereka waktu untuk bersembunyi.

Tikus lebih suka mati dalam kenyamanan sarangnya atau di lokasi terpencil lainnya. Hal ini sangat menantang untuk menemukan tikus mati yang telah diracun. Jika Moms menggunakan racun tikus, maka pembusukan dari bangai tikus tu menyebabkan bau busuk dan mendorong lalat untuk berkumpul dan berkembang biak di sana.

Alih-alih menggunakan racun, pertimbangkan untuk menyewa ahli pembasmi hewan pengerat untuk mengusir tikus. Ahli pembasmi tikus kemungkinan besar akan menggunakan jebakan seperti jebakan cepat, yang langsung membunuh hewan pengerat tersebut sehingga tidak menderita dan lebih mudah ditemukan.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait