Resep

1 September 2021

Cara Membuat Rambut Nenek, Jajanan Manis Nan Legendaris

Ternyata Moms juga bisa buat sendiri di rumah dengan cara berikut!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Debora

Rambut nenek adalah salah satu jajanan legendaris yang bahkan hingga kini masih menjadi favorit banyak orang. Jika dahulu kemasannya sederhana saja, kini sudah banyak kemasan dan varian rambut nenek atau arbanat yang semakin kekinian. Meski begitu, cara membuat rambut nenek tetap sama dan bahan utamanya masih menggunakan gula dan tepung.

Moms bisa mengikuti cara membuat rambut nenek berikut di rumah jika sudah rindu dengan kudapan manis ini. Jika Moms membuatnya di rumah, Moms bisa mengatur sendiri berapa banyak gula yang akan dimasukkan. Selain itu, Moms juga tidak perlu takut akan pemanis buatan atau pewarna makanan berbahan kimia yang biasanya diberikan oleh pedagang rambut nenek.

Selain itu, jika sedang akhir pekan, Moms bisa mengajak anak untuk membuat camilan ini bersama. Mereka pasti akan semangat membantu membuatnya. Apalagi dengan rasa yang manis dan penampilannya yang menarik, setiap anak pasti akan suka dengan arum manis atau arbanat ini. Dengan meminta bantuan anak, Moms juga jadi tidak terlalu letih, sebab dibutuhkan cukup banyak tenaga untuk membuat camilan manis satu ini.

Baca Juga: 8 Jajanan Kekinian yang Lagi Hits Banget, Cobain Yuk!

Ini Cara Membuat Rambut Nenek

Rambut Nenek - Arum Manis

Foto: shopee.co.id

Jajanan ini mungkin akan membuat Moms teringat masa masa sekolah dasar. Ternyata cara membuat rambut nenek ini tidak susah, yang terpenting Moms tetap mengikuti langkah-langkahnya dengan benar berikut ini:

Bahan-Bahan:

Bahan A

  • 250 gr tepung ketan/tepung gandum/tepung terigu/tepung beras/tepung jagung.
  • 2 sendok makan susu bubuk.
  • Bahan B
  • 250 gr gula pasir
  • 200 ml air
  • Pewarna makanan sesuai selera
  • 1/4 sendok teh Sitrun atau ½ sendok teh perasan jeruk nipis atau ¼ sendok teh cuka

Cara Membuat:

  1. Sangrai bahan A hingga harum dan setelah itu segera matikan kompor. Selanjutnya, Moms bisa menuang tepung terigu yang sudah disangrai tersebut ke atas wadah yang lebar seperti loyang yang biasa Moms pakai untuk membuat kue. Moms bisa menaburkan secara merata dan kemudian didiamkan hingga panasnya menghilang. Sambil menunggu dingin, Moms bisa membuat adonan gulalinya.
  2. Moms bisa segera campurkan semua bahan bagian B dan setelah itu masak menggunakan api sedang sambil terus diaduk hingga mendidih. Moms bisa terus masak hingga berbusa dan agak kental kira-kira 8 hingga 10 menit. Namun, untuk sesi ini setelah mendidih, Moms cukup aduk sesekali saja. Jika sudah mendidih, pastikan untuk tidak terlalu sering mengaduknya supaya gula tidak mengkristal.
  3. Untuk mengetahui apakah gula sudah cukup kental atau belum Moms bisa melihatnya ketika sudah mendidih dan berbusa. Matikan kompor, terus diaduk-aduk jika busanya cepat hilang maka adonan masih cair jadi Moms perlu memasaknya lagi. Namun, jika kompornya sudah mati, dan Moms terus aduk-aduk busanya lama menghilang, maka adonan sudah pas tingkat kekentalannya. Jadi bisa dikatakan bahwa adonan sudah menjadi gulali.
  4. Aduk hingga busa hilang dan menjadi bening kemudian angkat wajan tersebut lalu tuang adonan gulali panas ke wajan lain yang sudah ditempatkan diatas bak yang sudah diisi air. Moms bisa mendiamkan gulali hingga kental dan agak mengeras.
  5. Setelah mengental dan agak mengeras, Moms bisa ambil adonan secukupnya dan bentuk melingkar seperti karet gelang. Moms kemudian bisa menggulingkan ke atas tepung susu yang sudah disangrai sebelumnya sambil terus lipat ulang dan dipilin ulang lalu ditarik. Lakukan hal ini terus menerus hingga berbentuk menjadi seperti rambut nenek.

Baca Juga: 7 Resep Es Lilin untuk Nostalgia Jajanan 90-an, Enak!

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan

Cara Membuat Rambut Nenek

Foto: panturapost.com

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenai cara membuat rambut nenek arum manis antara lain:

1. Penggunaan Susu Bubuk

Penggunaan susu bubuk sebenarnya opsional dan cukup sedikit saja menggunakannya. Jadi, penggunaan tepungnya tetap harus lebih banyak.

Jika terlalu banyak menggunakan susu bubuk, maka sebentar saja gulali atau rambut neneknya jadi lengket dan menyatu kembali. Oleh karena itu, jika Moms ingin lebih awet dan kesat teksturnya, Moms juga bisa melewati penggunaan susu bubuk.

2. Penggunaan Citric Acid

Selain susu bubuk, penggunaan citric acid juga harus sesuai takaran. Sebab, apabila kebanyakan hasilnya gulali bisa jadi lebih susah mengeras. Namun jika dilewatkan juga gulalinya jadi cepat mengeras. Oleh karena itu, pastikan Moms menggunakannya sesuai takaran.

3. Hal Lainnya

Untuk membentuk rambut nenek ini, Moms butuh tenaga yang cukup ekstra. Jadi, sebaiknya bagi adonan gulali menjadi dua atau tiga supaya lebih mudah. Selain itu, Moms juga bisa menambahkan pewarna makanan saat memasak adonan gulali seperti warna merah atau hijau, sesuai selera.

Baca Juga: 7 Jajanan Tradisional Indonesia yang Kini Susah Dicari

Rambut Nenek juga Bisa Jadi Topping Minuman Kekinian

Minuman dengan Rambut Nenek

Foto: viva.co.id

Tidak hanya dimakan langsung, ternyata kini juga ada minuman boba yang menggunakan arum manis sebagai topping-nya. Sensasi menyegarkan dari minuman boba yang disandingkan dengan jajanan rambut nenek yang menggoda pasti akan membuat rasanya semakin nikmat.

Rasa dari arum manis akan langsung meleleh di mulut sehingga akan menjadi sensasi tersendiri saat disandingkan dengan minuman kekinian. Selain itu, perpaduan warna arum manis dengan minuman kekinian juga akan menarik perhatian. Minuman boba juga bisa diganti dengan minuman lain seperti teh, susu, atau yang lainya sesuai selera Moms.

Namun, jika Moms mengonsumsi arum manis, sebaiknya tetap dikonsumsi secukupnya saja, ya. Pasalnya, arum manis memiliki kandungan gula yang tinggi. Nah, apabila ditambahkan dengan minuman kekinian, maka gulanya semakin bertambah. Bisa-bisa Moms mendapatkan kalori yang sama dengan satu porsi makanan besar.

  • https://cookpad.com/id/resep/6463657-gulali-basah-rambut-nenek
  • https://resepedia.id/resep/rambut-nenek
  • https://www.idntimes.com/food/recipe/putriana-cahya/resep-cara-membuat-rambut-nenek-yang-legendaris-lebih-murah-dan-legit/3
  • https://www.guideku.com/food/2020/10/23/150000/bikin-nostalgia-minuman-kekinian-ini-pakai-rambut-nenek-untuk-topping
  • https://www.fimela.com/lifestyle/read/4347749/caraz-membuat-rambut-nenek-atau-arbanat-dengan-5-bahan-saja
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait