Home & Living

23 Juli 2021

7 Cara Membuat Ruangan Sejuk dan Dingin Tanpa AC

Bagaimana cara membuat ruangan sejuk dan dingin tanpa AC? Simak tipsnya berikut ini!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Widya Citra Andini

Tahukah Moms bahwa ada banyak cara membuat ruangan sejuk dan dingin dengan mudah? Biasanya, hal yang pasti terlintas dalam pikiran Moms adalah memakai penyejuk ruangan atau AC. Namun ternyata, ada alternatif cara lainnya yang bisa Moms coba.

Perlu dipahami, paparan sinar matahari di musim panas bisa jadi hal yang mengganggu, mulai dari rasa gerah hingga kulit terbakar (sunburn). Kalau begini, rumah dengan suasana teduh dan udara sejuk akan jadi surga bagi penghuninya.

Ruangan yang terasa panas tentunya membuat tidak nyaman, terlebih lagi di masa pandemi seperti ini Moms dan keluarga akan menghabiskan lebih banyak waktu di rumah.

Sebenarnya, menyalakan penyejuk ruangan atau AC memang bisa menolong. Namun, selain boros, terpapar alat penyejuk terus-menerus juga bisa mengganggu kesehatan, mulai dari sakit kepala hingga alergi.

Lalu, bagaimana cara membuat ruangan sejuk dan dingin tanpa bantuan alat elektronik, seperti AC? Caranya mudah banget! Simak ulasan berikut ini, ya, Moms.

Baca Juga: 5 Kiat Membersihkan Kamar Mandi agar Bersih dan Nyaman

Pilihan Cara Membuat Ruangan Sejuk dan Dingin

Selain menggunakan AC, ada beberapa cara membuat ruangan sejuk dan dingin yang bisa Moms coba di rumah, yaitu:

1. Memperbaiki Sirkulasi Udara

Perbaiki Sirkulasi Udara

Foto: Orami Photo Stock

Cara membuat ruangan sejuk dan dingin bisa dengan memperbaiki sirkulasi udara. Perlu Moms pahami, panas identik dengan pengap. Untuk mencegahnya, sebaiknya buat langit-langit yang tinggi.

Bagaimana jika langit-langit telanjur dibuat rendah? Perbanyak jendela dan kisi-kisi rumah sehingga udara bisa berganti dengan mudah.

Sirkulasi udara yang baik tidak hanya membuat ruangan menjadi sejuk, tetapi juga dapat bermanfaat untuk kesehatan Moms dan keluarga.

Manfaat dari memiliki sirkulasi udara yang baik di rumah, berarti akan memiliki banyak udara segar di rumah, sehingga energi dalam tubuh bisa jadi lebih kuat dan besar. Itulah sebabnya, ventilasi yang baik sangat dibutuhkan.

2. Pilih Cat Berwarna Lembut

Pilih Cat Berwarna Lembut

Foto: Orami Photo Stock

Warna cat yang lembut seperti hijau muda, biru muda, cokelat muda, dan krem cocok diaplikasikan pada area ruang tamu. Dengan warna yang lembut, ruang tamu akan terasa sejuk dan nyaman.

Cat yang berwarna lembut juga cocok untuk menyambut tamu yang datang ke rumah. Ini bisa menjadi pilihan cara membuat ruangan sejuk dan dingin lainnya yang bisa Moms coba di rumah.

Baca juga: Memilih Warna Cat Rumah sesuai Mood

3. Mengganti Seprai

Mengganti Seprai

Foto: Orami Photo Stock

Tempat tidur adalah ruangan yang penting untuk dijaga agar selalu sejuk. Nah, cara membuat ruangan sejuk dan dingin di kamar, bisa dengan mengganti seprai dengan bahan yang lebih adem dan nyaman.

Cobalah untuk memilih seprai dengan bahan katun agar lebih sejuk. Selain itu, Moms dapat menaruh bantal soba di tempat tidur.

Kulit soba memiliki ruang udara alami sehingga tidak akan menahan panas tubuh Moms seperti bantal konvensional, bahkan ketika dipasang dengan sarung bantal.

Baca Juga: Ini Dampak Buruk Kalau Malas Mencuci Seprai

4. Pasang Kanopi atau Tirai Bambu

Pasang Kanopi atau Tirai Bambu.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Memasang kanopi di atas halaman rumah berguna untuk mengurangi paparan sinar matahari langsung ke dalam rumah. Selain membuat halaman rumah lebih teduh, kanopi bisa menunjang penampilan rumah Moms.

Lengkapi dengan memasang tirai bambu atau kerai pada teras untuk mengurangi sinar matahari hingga 70-80 persen. Selain menghalau panas, tirai juga berguna mengurangi paparan debu atau tetesan air di musim hujan.

5. Lapisi Jendela dengan Kaca Film

Lapisi Jendela dengan Kaca Film.png

Foto: Orami Photo Stock

Cara membuat ruangan sejuk dan dingin berikutnya, yaitu dengan melapisi jendela dengan kaca film. Lantas, apa kegunaannya?

Gunanya sebagai filter agar sinar matahari tidak mudah menembus jendela dan membuat udara di dalam rumah bertambah panas.

Penggunaan kaca film pada jendela juga dapat mengurangi risiko panas berlebih pada kaca rumah, terutama pada jendela kamar maupun ruang utama.

Selain itu, memasang kaca film pada jendela juga berguna melindungi kaca dari goresan sehingga kaca lebih awet.

Baca Juga: 4 Cara Mengamankan Jendela Dari Jangkauan Balita

6. Mematikan Peralatan Elektronik yang Menghasilkan Panas

Mematikan Peralatan Elektronik yang Menghasilkan Panas.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Cara membuat ruangan sejuk dan dingin bisa dengan mematikan peralatan elektronik yang menghasilkan panas di siang hari. Moms dapat mengajarkan anggota keluarga untuk ikut berhemat energi.

Ada banyak caranya, bisa dengan mematikan lampu atau tidak menggunakan peralatan elektronik di rumah yang tidak terpakai. Manfaatkan ventilasi dan sirkulasi yang baik agar Moms tidak perlu menyalakan lampu di ruangan saat siang hari.

Baca Juga: Suhu Kamar Bisa Pengaruhi Kualitas Tidur, Ini Buktinya

7. Menaruh Tanaman Hias agar Ruangan Lebih Sejuk

Tanaman Hias agar Ruangan Lebih Sejuk.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Kehadiran tanaman hias sudah tentu akan membuat ruangan menjadi lebih sejuk. Oleh sebab itu, meski ruangan yang tersedia cukup sempit, ‘area hijau’ seperti taman perlu ada di rumah.

Jika tidak ada area untuk membuat taman, cobalah manfaatkan dinding di salah satu ruangan untuk membuat vertical garden.

Prinsipnya sama dengan hidroponik, tanaman pada vertical garden ditanam tanpa tanah. Media tanam untuk vertical garden harus ringan, kuat, dan dapat menyimpan air.

Cara sederhana dan murah untuk membuat vertical garden dengan memanfaatkan botol plastik bekas minuman ataupun paralon sebagai media tanam.

Sementara untuk jenis tanaman yang bisa Moms coba tanam pada vertical garden bisa dari jenis tanaman semak, rumput-rumputan, tanaman yang tumbuh menjuntai, atau tanaman merambat seperti sirih merah.

Selain itu, dilansir dari jurnal yang diterbitkan Environmental Health Perspectives, tanaman hias adalah penyaring udara yang berguna.

Selain fotosintesis dasar yang menghilangkan karbon dioksida dan mengembalikan oksigen ke air, tanaman bisa menghilangkan racun dari air dan tanah.

Membuat rumah terasa lebih sejuk tidak melulu harus dengan menyalakan AC atau kipas angin. Moms bisa menerapkan pilihan cara membuat ruangan sejuk dan dingin seperti di atas. Selamat mencoba, ya!

  • https://ehp.niehs.nih.gov/doi/10.1289/ehp.119-a426
  • https://www.huffpost.com/entry/ways-to-cool-your-home_n_5516182
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait