Resep

RESEP
9 Juli 2020

Cara Membuat Semur Daging Slow Cooker

Moms bisa melakukan aktivitas lain selagi memasak semur daging
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fitria Rahmadianti
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Pemula seringkali tak berani mengolah daging sapi karena bisa alot kalau kurang tepat mengolahnya. Padahal, harganya tidak murah. Namun, dengan cara membuat semur daging slow cooker ini, daging sapi bisa jadi sangat lembut!

Semur adalah hidangan khas Indonesia berkuah cokelat kental dan biasanya menggunakan daging sapi. Kuah cokelat tersebut berasal dari penggunaan kecap manis.

Bumbu lain yang biasa digunakan adalah bawang merah, bawang putih, jahe, kemiri, pala, cengkih, merica, ketumbar, jinten, dan kayu manis. Karena itu, rasa semur manis dan gurih.

Daging sapi yang digunakan bisa berupa potongan atau daging giling yang dibentuk bola-bola, dilengkapi kentang. Tak perlu menggunakan potongan daging terbaik, terempuk, dan termahal karena daging akan dimasak lama sampai lembut.

Baca Juga: Resep: Tumis Daging Brokoli

Selain itu, semur juga bisa menggunakan lidah sapi, ayam, kambing, telur, jengkol, tahu, dan tempe. Selain dihidangkan sebagai lauk, semur juga sering dijadikan pelengkap nasi uduk Betawi.

Semur berasal dari Bahasa Belanda “smoor” yang bermakna makanan yang dimasak bersama tomat dan bombai dalam waktu lama (stew). Dalam Bahasa Belanda juga ada kata kerja “smoren” yang berarti memasak dengan kuah menggunakan api kecil (braise).

Konon, semur sudah ada sejak tahun 1600. Teknik memasaknya diperkenalkan oleh penjajah Belanda, dipadukan dengan rempah lokal dan kecap manis.

Cara Membuat Semur Daging Slow Cooker

Membuat daging sapi empuk memang membutuhkan waktu lama. Semurpun termasuk hidangan yang dimasak secara lama atau slow cooking. Nah, Moms bisa memanfaatkan slow cooker yang biasanya dipakai untuk membuat MPASI Si Kecil.

Dengan slow cooker, Moms bisa menyiapkan bahan-bahan semur di malam hari, memasukannya ke slow cooker dan menyalakannya, lalu Moms tinggal tidur. Esok pagi, semur hangat siap dinikmati untuk sarapan!

Kelebihan slow cooker memang bisa ditinggal berjam-jam tanpa takut gosong. Moms jadi bisa melakukan hal lain dan daging dijamin empuk.

Namun, Moms harus mengurangi takaran air yang digunakan karena cairan lebih sedikit menguap jika dipanaskan dengan slow cooker dibanding dengan panci biasa.

Cara membuat semur daging slow cooker ala ningtyasrahmawati ini cocok untuk pemula karena bahan dan langkah pembuatannya simpel. Coba, deh, Moms!

Baca Juga: 4 Cara Menyimpan Daging Segar

Bahan Semur Daging

  • 250 gram daging sapi, potong-potong
  • 250 gram kentang, kupas dan potong-potong
  • 6 siung bawang merah, kupas
  • 3 siung bawang merah, kupas
  • ½ sdt merica bulat (bisa diganti ¼ sdt merica bubuk)
  • ½ butir pala (bisa diganti ¼ sdt pala bubuk)
  • 10 sdm kecap manis
  • 2 sdt garam
  • 1 sdm gula
  • 800 ml air
  • Minyak untuk menumis bumbu halus

Cara Membuat Semur Daging Slow Cooker

  1. Haluskan bawang merah, bawang putih, merica, dan pala.
  2. Panaskan minyak secukupnya di wajan, lalu tumis bumbu halus sampai harum. Tambahkan kecap, garam, dan gula, aduk rata. Cicipi. Matikan api.
  3. Masukkan daging, kentang, air, dan bumbu halus ke wadah slow cooker. Masak dengan setting auto selama empat jam.
  4. Semur daging siap disajikan.

Untuk: 3 porsi

Baca Juga: Yuk Bikin Kwetiaw Goreng Daging Sapi Sendiri di Rumah!

Cara membuat semur daging slow cooker tersebut mudah, bukan? Sekarang Moms bisa membuat semur daging yang empuk dan enak sambil ditinggal tidur!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait