20 September 2023

Sederet Cara Membuat Tanda Tangan Digital, Cepat dan Praktis

Sangat membantu ketika WFH lho, Moms!
Sederet Cara Membuat Tanda Tangan Digital, Cepat dan Praktis

Cara membuat tanda tangan digital banyak dicari, apalagi mulai populer saat era pandemi karena banyak perusahaan yang menerapkan WFH atau bekerja dari rumah.

Kini, walaupun banyak perusahaan telah kembali menerapkan WFO atau bekerja dari kantor, kebutuhan akan tanda tangan digital tetap tinggi dan bahkan semakin meningkat.

Ini karena tanda tangan digital mempermudah dalam menyelesaikan pekerjaan dan dokumen tanpa harus bertemu langsung. Selain itu, cara ini juga lebih praktis dan cepat.

Jadi, jika sebelumnya tanda tangan identik dengan tulisan tangan dan pulpen basah, saat ini pada beberapa institusi hingga perusahaan, telah memperbolehkan tanda tangan digital.

Selain menghemat kertas, dokumen digital ini juga mudah dibaca di mana saja.

Dengan tanda tangan digital, Moms tidak perlu lagi repot mencetak, menandatangani, dan memindai dokumen.

Baca Juga: Posisi Duduk yang Benar Agar Badan Tidak Mudah Pegal Ketika WFH

Kabar baiknya, Moms bisa menambahkan tanda tangan ke dokumen Word. Microsoft Word memang menyediakan fitur tanda tangan digital.

Cara membuat tanda tangan digital di Word ini tidak sulit untuk diikuti dan tentunya akan membantu menyelesaikan dokumen-dokumen penting yang membutuhkan tanda tangan.

Selain itu, Moms juga bisa membuat tanda tangan digital secara online melalui website, seperti:

  • Docsketch
  • CreateMySignature
  • Signaturely

Penasaran bagaimana cara membuat tanda tangan digital? Disimak yuk, Moms!

Baca Juga: 6 Doa untuk Suami yang Bekerja Agar Terhindar dari Kesulitan

Cara Membuat Tanda Tangan Digital di Microsoft Word

Tanda Tangan (digital-signature.jpg)
Foto: Tanda Tangan (digital-signature.jpg)

Bila Moms ingin mencoba menambahkan tanda tangan digital ke dokumen Word, berikut cara membuat tanda tangan digital di Word:

  1. Buka dokumen Word atau buat dokumen baru.
  2. Pindahkan kursor ke area yang ingin dibubuhi tanda tangan.
  3. Pilih tab "Insert" di menu atas.
  4. Arahkan kursor ke bagian "Teks" dan pilih "Signature Line."
  5. Klik "Microsoft Office Signature Line," dan kotak dialog "Signature Setup" akan muncul.
  6. Masukkan data seperti nama penanda tangan, jabatan, alamat email, dan instruksi lebih lanjut. Centang kotak jika diperlukan (contoh: "Show sign date in signature line"). Klik "OK."
  7. Dua kali klik pada "Signature Line" yang telah dimasukkan, kemudian pilih "Sign" dan ikuti petunjuk untuk menambahkan tanda tangan digital.

Jika Moms ebih menyukai tanda tangan elektronik dibandingkan tandal tangan digital, jangan khawatir karena Microsoft Word juga tetap bisa digunakan, lho!

Untuk menambahkan tanda tangan elektronik, berikut langkah-langkah cara membuat tanda tangan di Word yang bisa diikuti:

  1. Buat tanda tangan di tengah selembar kertas putih menggunakan tulisan tangan.
  2. Scan tanda tangan tersebut dan simpan di komputer dalam salah satu format file: .bmp, .gif, .png, atau .jpg.
  3. Buka dokumen Word atau buat dokumen baru.
  4. Klik tab "Insert" dan pilih "Picture."
  5. Temukan dan pilih file gambar tanda tangan, kemudian klik "Insert."
  6. Klik pada gambar tanda tangan, lalu edit menggunakan tab "Picture Tools Format."
  7. Setelah selesai mengedit, klik kanan pada gambar dan pilih "Save As Picture," kemudian simpan di lokasi yang mudah diingat.
  8. Kapan pun ingin menambahkan tanda tangan elektronik ke dokumen, pergi ke "Insert" > "Picture" dan temukan file gambar tanda tangan yang telah diedit.
  9. Seret dan lepas gambar ke posisi yang diinginkan di dokumen. Sesuaikan ukuran dan posisinya sesuai kebutuhan.

Baca Juga: 8 Cara Setting YouTube untuk Anak untuk Batasi Tontonannya

Cara Membuat Tanda Tangan Digital dengan Scan Foto

Scan Tanda Tangan
Foto: Scan Tanda Tangan (freepik.com/pressfoto)

Tanda tangan digital bisa dibuat dengan cara yang sederhana, yaitu dengan melakukan scan tanda tangan yang ada pada secarik kertas putih atau polos.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buat Tanda Tangan

Pertama-tama, buatlah tanda tangan Moms di atas selembar kertas putih atau polos. Pastikan tanda tangan terbuat dengan tekanan yang cukup agar hasil scan nantinya jelas.

2. Scan Tanda Tangan

Gunakan scanner atau aplikasi scanner di smartphone untuk men-scan tanda tangan tersebut. Pastikan hasil scan beresolusi tinggi untuk kualitas terbaik.

3. Simpan Hasil Scan

Simpan hasil scan dalam format gambar yang umum digunakan, seperti JPG atau PNG.

Pilih lokasi penyimpanan yang aman dan mudah diakses untuk keperluan mendatang.

4. Edit Hasil Scan

Jika diperlukan, Moms dapat menggunakan aplikasi pengedit foto untuk mempertajam tanda tangan, atau menghilangkan warna latar belakang kertas agar tanda tangan lebih terlihat profesional.

5. Gunakan Tanda Tangan

Sekarang tanda tangan digital Moms siap digunakan.

Moms dapat memasukkannya ke dalam dokumen dengan menggunakan fitur "Insert Image" atau "Insert Picture" pada program pengolah kata yang digunakan.

Jika dokumen yang akan ditandatangani bersifat sangat rahasia atau penting, pertimbangkan untuk menggunakan aplikasi tanda tangan digital yang lebih aman dengan fitur enkripsi, ya Moms.

Cara Membuat Tanda Tangan Digital dengan PDF

Ilustrasi Bekerja
Foto: Ilustrasi Bekerja (Freepik.com/pressfoto)

Jika Moms ingin membuat tanda tangan digital dalam dokumen PDF, Moms bisa memanfaatkan fitur dari Adobe Acrobat Reader. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Dokumen PDF

Buka dokumen PDF yang ingin Moms tandatangani. Moms bisa melakukan ini dengan mengklik dua kali pada file atau membukanya melalui Adobe Acrobat Reader.

2. Pilih Fitur Fill & Sign

Di toolbar sebelah kanan layar, klik pada ikon yang bertuliskan "Fill & Sign". Ini akan membuka pilihan untuk mengisi dan menandatangani dokumen.

3. Tambahkan Tanda Tangan

Pilih opsi "Sign" yang ada di toolbar, lalu klik "Add Signature".

4. Pilih Opsi Pembuatan Tanda Tangan

Moms memiliki tiga opsi, yaitu:

  • Draw: Menggunakan mouse atau stylus untuk menggambar tanda tangan.
  • Type: Mengetik nama Moms dan memilih font yang menyerupai tanda tangan.
  • Image: Mengunggah gambar tanda tangan yang sudah Moms persiapkan sebelumnya, bisa dari hasil scan atau foto.

5. Atur Posisi Tanda Tangan

Setelah tanda tangan dibuat atau diunggah, Moms bisa menyesuaikan ukuran dan posisinya di dokumen. Caranya, klik dan tarik tanda tangan ke posisi yang diinginkan.

6. Simpan Dokumen

Setelah puas dengan penempatan dan ukuran tanda tangan, simpan dokumen.

Moms bisa mengklik "File" di pojok kiri atas, lalu pilih "Save". Alternatifnya, tekan tombol CTRL+S.

Baca juga: Teknik Arsir: Dasar Menggambar Hingga Alat yang Dibutuhkan

Google Docs juga menyediakan fitur untuk membuat tanda tangan digital langsung dalam dokumen....

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb