Rupa-rupa

20 Juli 2021

Biar Kekinian, Begini Cara Membuat Tik Tok Agar Muncul di FYP!

Bukan cuma buat remaja, Tik Tok juga asik untuk Moms, kok!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Agnes
Disunting oleh Karla Farhana

Aplikasi Tik Tok saat ini digandrungi hampir di seluruh dunia. Bukan tanpa alasan, aplikasi ini mengajak penggunanya menjadi kreatif dan bersenang-senang dengan cara baru. Ini dia cara membuat Tik Tok untuk pemula.

Aplikasi Tik Tok

Cara buat tik tok

Foto: Pexels.com

Tik Tok bukan hanya sebatas aplikasi biasa. Selama di rumah saja, Tik Tok membantu menghilangkan stress dengan berbagai cara, mulai dari hanya menonton konten-konten kreatif dan lucu, hingga mengajak penggunanya ikut ambil bagian dengan bernyanyi atau menari.

Selain itu, platform video pendek ini juga ternyata efektif sebagai media promosi marketing, branding, dan e-commerce.

Menurut International Journal of Multidisciplinary Educational Research, melalui Tik Tok para pebisnis bisa mendapatkan audiens yang cukup besar melalui konten yang dibuat.

Walaupun tergolong sosial media yang relatif baru, Tik Tok memiliki banyak fitur menarik di dalamnya yang belum ada di platform lain, membuat popularitasnya meningkat dari hari ke hari. Bahkan, menurut artikel Reuters pendapatan Tik Tok di tahun 2020 diperkirakan mencapai US$1 miliar.

Menurut hasil survey yang dimuat Sensor Tower, Tik Tok memasuki peringkat pertama aplikasi non-game yang paling banyak diunduh di seluruh dunia pada bulan Mei 2021 dengan lebih dari 80 juta unduhan.

Baca Juga: Kopdar Orami Mompreneur Ungkap Tips Bisnis dengan Media Sosial

Cara Membuat Tik Tok

Video di tik tok

Foto: Pexel.com

Bagi pemula, sebenarnya membuat Tik Tok cukup mudah dilakukan. Moms dan Dads dapat membuat Tik Tok dimanapun dan kapanpun, termasuk di rumah.

Langkah pertama yang harus dilakukan tentunya mengunduh terlebih dahulu aplikasi Tik Tok di Play Store bagi pengguna Android atau App Store bagi pengguna iO.

Kemudian, Moms dan Dads perlu melakukan registrasi akun Tik Tok menggunakan e-mail, atau secara instan dengan akun Facebook, Twitter, Instagram atau Google.

Setelah itu, Moms dan Dads dapat mulai membuat konten dengan langkah berikut:

  1. Klik ikon “+” untuk membuat video baru.
  2. Pilih suara latar dengan klik tombol “Add Sound” pada bagian atas. Pilih musik atau suara sebagai latar suara untuk video yang akan dibuat. Langkah ini bisa diabaikan jika Moms dan Dads ingin menggunakan suara rekaman video asli.
  3. Pilih durasi video yang ingin dibuat yaitu 15 detik atau 60 detik.
  4. Moms dan Dads bisa atur kecepatan video, mau lebih lambat atau cepat. Untuk membuat video dengan efek slow motion bisa memilih kecepatan 0,3x atau 0.5x. Untuk kecepatan normal adalah 1x. Sementara 2x atau 3x membuat video lebih cepat.
  5. Apabila Moms dan Dads ingin membuat video dengan beberapa kolase foto, maka bisa memilih berbagai template yang sudah disediakan Tik Tok.
  6. Apabila video sudah selesai direkam, maka pilih ikon centang merah pada pojok kanan bawah.
  7. Moms dan Dads akan diarahkan ke halaman edit video. Tambahkan efek, filter, voice effects, tulisan, atau sticker ke dalam video sesuai kreativitas.
  8. Jika sudah puas, pilih tombol “Next”. Tambahkan deskripsi atau caption video. Atur siapa saja yang bisa melihat video yang Moms dan Dads.
  9. Setelah selesai, tinggal klik tombol “Post” dan video sudah berhasil dibagikan.

Jika ingin melihat video apa saja yang sudah selesai dibuat, klik menu “Me” di pojok kanan bawah. Pada halaman ini Moms dan Dads bisa melihat video yang telah dibuat, draft video, dan video apa saja yang disukai.

Baca Juga: Pamer Kemesraan di Media Sosial, Perlukah?

Cara Membuat Tulisan di Tik Tok

Edit video tik tok

Foto: Pexels.com

Untuk membuat video semakin menarik, Moms dan Dads bisa menambahkan tulisan pada video yang sudah dibuat. Cara membuat tulisan di Tik Tok ini cukup mudah, berikut langkahnya:

  1. Pilih ikon “+” kemudian pilih video yang sudah ada atau rekam video baru. Setelah itu, ketuk ikon “centang merah” dan ketuk “Text” yang berada di sudut kiri bawah layar.
  2. Pilih karakter tulisan dan warna yang diinginkan. Ketik teks yang ingin ditambahkan. Jika teks kurang terlihat, gunakan opsi latar belakang di sudut kiri layar untuk menambahkan latar belakang ke teks. Selesai menambahkan teks, ketuk “Done” di sudut kanan atas layar.
  3. Moms dan Dads juga bisa mengatur durasi tulisan dengan ketuk opsi di atasnya, dan pilih “Set duration”.
  4. Akan terlihat timeline untuk menentukan durasi tulisan pada video. Mulailah dengan menyeret penanda waktu dari kedua ujung untuk menentukan berapa lama teks tersebut muncul. Jika sudah, maka ketuk ikon centang.
  5. Video sudah siap diposting ke Tik Tok.

Baca Juga: 4 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Mengizinkan Anak Memiliki Akun Media Sosial

Tips Mencari Ide Konten TikTok

Tips membuat konten di tiktok

Foto: Pixabay.com

Setelah mengetahui bagaimana cara membuat Tik Tok untuk pemula dan cara membuat tulisan di Tik Tok, pastinya Moms dan Dads mau video tersebut banyak ditonton.

Agar konten yang dibuat Moms dan Dads bisa masuk FYP (For Your Page), video yang dibuat haruslah unik dan menarik.

FYP adalah halaman utama berisi rekomendasi yang di aplikasi Tik Tok yang akan muncul setiap membuka aplikasi tersebut.

Para pembuat konten tentunya akan menargetkan hasil karya mereka untuk masuk ke halaman ini agar dapat dilihat pengguna luas.

Namun, tidak mudah menyajikan konten yang disukai oleh banyak orang. Para pembuat konten perlu memahami konten seperti apa yang disukai oleh penonton.

Baca Juga: Channel YouTube Lagu Anak yang Bisa Disubscribe

Sama seperti YouTube atau Instagram yang punya algoritmanya masing-masing, TikTok pun juga begitu. Algoritma Tik Tok akan menampilkan video-video yang kira-kira sesuai dengan minat seseorang.

Untuk mempelajari minat audiens, mengetahui tren dan mencari ide yang kreatif adalah langkah yang perlu dilakukan. Biasanya bisa dimulai dengan meniru apa saja yang sedang viral dan banyak dibuat oleh orang lain. Tinggal salurkan saja kreativitas Moms dan Dads.

Moms dan Dads juga bisa menelusuri hashtag, lagu yang sedang digunakan, video, akun, atau challenge yang sedang ramai dijadikan konten. Untuk mencari pengguna, lagu, atau hashtag spesifik, gunakan fitur search dengan ikon kaca pembesar.

Agar bisa berinteraksi dengan sesama pengguna Tik Tok, Moms dan Dads bisa memberi reaksi seperti mengetuk layar dua kali atau mengetuk ikon hati di samping kanan, memberi komentar, atau membagikan konten tersebut setiap kali menontonnya.

Untuk mengikuti seorang pembuat konten, Moms dan Dads bisa menggeser layar ke kiri. Aplikasi akan membuka halaman profil si creator.

Baca Juga: Agar Tetap Aman, Ini Cara Bijak Memantau Media Sosial Anak

Seperti itulah cara membuat Tik Tok untuk pemula, cukup mudah dan tidak sulit bukan? Dengan banyaknya fitur di aplikasi ini, butuh beberapa saat sebelum Moms dan Dads terbiasa menggunakannya. Lama kelamaan Moms dan Dads akan terbiasa dan pastinya kreativitas akan terasah. Selamat mencoba dan jangan lupa bersenang-senang!

  • https://www.businessofapps.com/data/tik-tok-statistics/
  • https://www.reuters.com/article/us-bytedance-tiktok-exclusive/exclusive-bytedance-investors-value-tiktok-at-50-billion-in-takeover-bid-sources-idUSKCN24U1M9
  • https://sensortower.com/blog/top-apps-worldwide-may-2021-by-downloads
  • https://www.researchgate.net/publication/345064726_DIGITAL_MARKETING_CHALLENGE_AND_OPPORTUNITY_WITH_REFERENCE_TO_TIKTOK-A_NEW_RISING_SOCIAL_MEDIA_PLATFORM
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait