Fashion & Beauty

FASHION & BEAUTY
3 Maret 2021

Wajah Kusam? Begini Cara Membuat Wajah Glowing Alami yang Ampuh!

Begini cara membuat wajah glowing alami. Jaga pola makan yang sehat bisa membantu lho, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Amelia Puteri

Memiliki kulit yang bersinar atau glowing memberikan penampilan wajah yang sehat dan terawat. Sayangnya, gaya hidup yang kurang sehat serta bertambahnya usia membuat kesehatan wajah terganggu. Hal tersebutlah yang membuat banyak orang ingin tahu cara membuat wajah glowing.

Dalam Italian Journal of Dermatology and Venereology, disebutkan bahwa faktor seperti stres, jadwal kerja sibuk, kurang tidur, kurang gizi, paparan polusi dan sinar matahari yang berbahaya, merokok berlebihan, dan minum alkohol dapat membuat kulit kusam dan kering.

Jadi, cara membuat wajah glowing bisa dimulai dengan menghindari hal-hal tersebut. Memberikan sunscreen atau tabir surya pada wajah pun bisa dijadikan salah satu cara membuat wajah glowing.

Jika Moms memiliki kulit yang terlihat kusam dan lelah, ada beberapa cara membuat wajah glowing alami yang bisa dilakukan di rumah. Namun, perlu diingat bahwa membutuhkan komitmen agar hasilnya juga optimal.

Baca lebih lanjut untuk ucapkan "goodbye" pada wajah kusam dan tahu cara membuat wajah glowing dengan cara alami ya, Moms.

Cara Membuat Wajah Glowing dengan Alami

Bila Moms belum sempat melakukan perawatan ke dokter kulit, beberapa langkah berikut ini bisa menjadi beberapa cara membuat wajah glowing alami agar kulit menjadi lebih sehat dan nggak kusam.

Baca Juga: Wajah Moms Kusam saat Hamil? Ternyata Ini Penyebabnya!

1. Membersihkan Wajah dengan Rutin

cara alami agar wajah glowing-cuci wajah

Foto: Orami Photo Stock

Tentu saja, kunci kulit bercahaya adalah dengan rutin membersihkan wajah untuk menghilangkan kotoran seperti riasan wajah, minyak dan partikel polusi yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan kulit kusam.

Cuci wajah setiap pagi dan malam hari menggunakan pembersih wajah ringan, dan pijat secara lembut menggunakan jari-jari dengan gerakan melingkar untuk mengangkat kotoran secara optimal.

Nah, ini bisa menjadi cara membuat wajah glowing yang ampuh jika dilakukan secara konsisten, lho!

Baca Juga: Jangan Lewatkan Facial Wash untuk Dads Ya!

2. Gunakan Masker Kunyit

cara alami agar wajah glowing-masker kunyit

Foto: Orami Photo Stock

Cara membuat wajah glowing yang kedua adalah dengan menggunakan kunyit. Kunyit mengandung zat curcumin, yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat.

Zat ini menghilangkan radikal bebas berbahaya yang merusak kulit. Menggunakan kunyit menjadikan wajah tampak glowing.

Pada jurnal Advances in Experimental Medicine and Biology, curcumin juga meningkatkan produksi kolagen dan membuat kulit kenyal dan bercahaya. Karena itu, buat masker kunyit sebagai cara membuat wajah glowing yang alami.

Bahan:

  • 1/2-1 sdt bubuk kunyit
  • 4 sdm tepung gram (juga disebut tepung buncis)
  • Susu atau air

Cara Membuat:

  1. Campur bubuk kunyit dengan tepung gram.
  2. Tambahkan susu atau air secukupnya untuk membentuk pasta.
  3. Oleskan pasta ini di wajah dan leher.
  4. Biarkan selama 15-20 menit.
  5. Bilas dengan air biasa hingga bersih. Moms bisa gunakan masker ini 1-2 kali seminggu.

3. Rutin Melakukan Eksfoliasi

cara alami agar wajah glowing-eksfoliasi wajah

Foto: Orami Photo Stock

Melakukan eksfoliasi juga menjadi salah satu cara membuat wajah glowing, lho! Moms bisa menggunakan scrub wajah dengan kandungan bahan alami.

"Salah satu cara terbaik untuk mencerahkan kulit dan meningkatkan cahayanya baik secara langsung maupun jangka panjang adalah dengan pengelupasan kulit," kata Senior Lab Kimiawan Kecantikan Good Housekeeping, Sabina Wizemann.

Moms dapat melakukan eksfoliasi wajah dengan scrub setidaknya 2-3 kali per minggu atau peeling dengan bahan kimia, sekali seminggu untuk kulit sensitif atau kering, dan maksimum tiga kali seminggu untuk jenis kulit lainnya.

Usai eksfoliasi, jangan lupa gunakan pelembap ya, Moms. Mengutip American Academy of Dermatology, proses eksfoliasi bisa mengeringkan kulit. Oleskan pelembap segera setelah pengelupasan untuk menjaga kulit sehat dan terhidrasi.

Baca Juga: Cocok untuk Kulit Berminyak, Ketahui Apa Itu Exfoliating Toner

4. Konsumsi Makanan yang Mencerahkan Wajah

cara alami agar wajah glowing-makan buah dan sayur

Foto: Orami Photo Stock

Cara membuat wajah glowing tak hanya hanya dengan melakukan perawatan pada wajah, Moms juga dapat mengonsumsi makanan yang membantu mencerahkan kulit kusam sehingga tampak lebih berkilau.

Pada jurnal Dermato-endocrinology, pola makan yang sehat sangat penting bagi tubuh dan kulitm tentunya dengan mengonsumsi buah dan sayuran segar sebagai sumber vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh.

Beberapa sayuran dan buah-buahan yang bisa menjadi tips alami agar wajah tampak glowing adalah:

  • Pepaya
  • Jeruk
  • Pisang
  • Mangga
  • Wortel
  • Bayam dan sayuran daun hijau lainnya
  • Brokoli
  • Tomat

Mengikuti rutinitas perawatan kulit yang tepat dan berfokus pada konsumsi nutrisi sangat membantu sebagai cara alami agar wajah tampak glowing. Tetapi, cara alami butuh waktu yang sedikit lebih lama.

Bila Moms ingin cara yang lebih cepat, atau ingin melakukan perawatan berbahan kimia, bisa berkonsultasi ke dokter kulit untuk mendapatkan perawatan yang tepat, ya.

Pentingnya Memiliki Kulit Wajah yang Sehat

Cara membuat wajah glowing

Foto: Orami Photo Stock

Usai mengetahui cara membuat wajah glowing, Moms perlu mengetahui alasan di balik pentingnya memiliki wajah yang sehat.

Ketika memiliki kulit wajah yang sehat dan bersih, tentunya penampilan Moms akan lebih menawan dan bisa menambah kepercayaan diri. Siapa sih yang ingin wajahnya terlihat kusam? Tentunya hal tersebut bisa menurunkan rasa percaya diri ketika berpergian ke luar dan bertemu dengan saudara dan kerabat.

Ketika Moms memiliki wajah yang berjerawat dengan kondisi yang parah, sebaiknya cobalah untuk bertemu dengan dokter kulit dengan segera, dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan dan melakukan pengobatan sesuai dengan kondisi kulit yang Moms miliki.

Jangan sampai iseng mencoba perawatan sendiri di rumah dan membuat jerawat di wajah jadi tambah parah, ya!

Cara Membersihkan Wajah yang Tepat

Cara membuat wajah glowing

Foto: Orami Photo Stock

Mengetahui cara membuat wajah glowing memang penting, namun Moms juga perlu tahu bagaimana cara membersihkan wajah dengan benar.

Supaya kulit wajah selalu bersih dan terhindar dari berbagai masalah kulit, berikut hal yang patut Moms tahu mengenai cara membersihkan wajah yang benar.

1. Mengetahui Jenis Kulit Wajah

Jangan sampai salah memilih dan memakai produk. Hal yang patut diketahui sebelum membersihkan wajah adalah dengan mengetahui jenis kulit yang Moms punya.

Karena dengan mengetahui jenis kulit, Moms bisa menentukan pembersih wajah yang tepat.

Tak hanya itu, ketika Moms menemukan produk yang tepat di kulit, hal tersebut tak hanya akan membuat wajah bersih. Namun wajah Moms juga akan ternutrisi dengan baik. Nah, ini adalah salah satu langkah dari serangkaian cara membuat wajah glowing.

2. Cuci Muka Dua Kali Sehari

Salah satu cara membuat wajah glowing yang lainnya adalah dengan rutin mencuci muka. Waktu terbaik untuk mencuci muka adalah pagi hari setelah bangun tidur dan malam hari sebelum tidur.

Jadi, jangan pernah melewatkan kedua waktu ini, ya!

Kulit wajah Moms perlu dibersihkan di pagi hari karena biasanya kulit wajah Moms akan tertutup oleh minyak yang diproduksi wajah saat tidur.

Sementara itu, pada malam hari, Moms wajib untuk membersihkan wajah dari sisa makeup dan kotoran usai melakukan aktivitas harian.

Namun perlu diingat, mencuci muka terlalu sering bisa membuat wajah menjadi kering dan bahkan iritasi.

Moms pun perlu langsung membersihkan wajah usai berkegiatan di luar rumah. Jadi, jangan menunda waktu untuk membersihkan wajah dan membuat make up dan kotoran terlalu lama menempel di kulit.

Hal tersebut bisa memicu jerawat dan wajah yang terlihat kusam. Jadi, bersihkan wajah dengan segera sesaat setelah sampai rumah usai kegiatan yang membuat berkeringat dan kotor!

3. Double Cleansing untuk Kebersihan Wajah

Jika Moms termasuk orang yang menggunakan riasan tebal setiap harinya, double cleansing atau triple cleansing adalah hal yang wajib untuk dilakukan demi mendapatkan kulit yang sehat.

Seperti yang dilansir dari Fox, melakukan double cleanse membuat kulit wajah terlihat lebih cerah.

Produk kosmetik yang tertinggal di wajah yang juga bercampur dengan minyak, kotoran dan sel kulit mati bisa memperburuk kondisi kulit wajah.

Jadi, double cleansing adalah langkah tepat untuk membersihkan kulit wajah yang sering kali terpapar makeup tebal.

Sebagian makeup ada yang memiliki ikatan ionik kuat yang terkadang tak bisa dibersihkan dengan hanya menggunakan sabun. Jadi, Moms perlu menggunakan pembersih lain agar wajah menjadi bersih.

Berikut tahap membersihkan wajah yang benar dan bisa menjadi salah satu cara membuat wajah glowing.

Membersihkan wajah dengan milk cleanser atau cleansing oil agar riasan serta kotoran yang berada di wajah terangkat dengan sempurna.

Cuci wajah Moms dengan sabun yang sudah disesuaikan dengan tipe kulit sembari memijatnya secara perlahan.

Pakaikan toner dan astringent untuk membantu mengecilkan pori-pori dan menghampad produksi minyak yang berlebihan.

Nah, jika Moms saat ini sedang dalam kondisi WFH atau bekerja di rumah dan tidak menggunakan riasan wajah, Moms tidak perlu menggunakan double cleansing, ya!

Nah, sekarang sudah tau cara membuat wajah glowing dan pentingnya kulit wajah yang sehat kan, Moms! Jika masih memiliki pertanyaan berlanjut mengenai topik ini, jangan lupa untuk menuliskannya di kolom komentar ya!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait