Newborn

NEWBORN
12 Mei 2020

Ini 5 Cara Memijat Bayi yang Harus Moms Tahu

Moms bisa mencoba semua agar mendapat beragam manfaat pijat untuk buah hati
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Intan Aprilia

Pernah tidak Moms merasakan, bayi menangis saat ditidurkan di kasur tapi tidur terlelap dalam pangkuan? Jika hanya menggendong bayi saja bisa menenangkannya, bayangkan jika Si Kecil merasakan pijatan Moms di seluruh tubuhnya.

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa memijat bayi dapat mengurangi tangisan dan kerewelan, membantunya tidur lebih tenang, dan meringankan sembelit serta kolik.

Memijat bayi secara teratur juga baik untuk sisi emosinalnya. "Sentuhan penuh kasih sayang dan gerakan ritmis adalah salah satu bentuk komunikasi yang paling kuat antara bayi dan orang tua mereka. Ini akan menjadi cara yang hebat bagi Anda untuk menjalin ikatan (bonding)," kata K. Mark Sossin, PhD, direktur Nursery Research Parent-Infant Research di Pace Universitas, di Kota New York.

Cara memijat bayi sebenarnya sangat sederhana. Moms hanya membutuhkan waktu 10 hingga 15 menit.

National Childbirth Trust UK menyarankan untuk memilih waktu saat bayi sedang tenang dan sadar, tidak ketika ia sedang lelah atau lapar. Dengan begini, ia tetap bisa berinteraksi dengan Moms.

Moms bisa mencoba memijatnya setelah mengganti popok atau sebagai bagian dari ritual sebelum atau sesudah mandi.

Baca Juga: Si Kecil Sering Masuk Angin, Coba 5 Teknik Pijat Bayi Ini

Cara Memijat Bayi

Terlepas dari teknik pijat bayi yang biasa Moms lakukan, ada juga cara memijat bayi yang efektif dalam situasi atau kondisi tertentu. Apa saja itu?

1. Memijat Bayi Saat Sembelit, Sakit Perut dan Kolik

cara memijat bayi

Foto: parenting.firstcry.com

Cara memijat bayi dengan bentuk ‘I love you’ adalah pijatan terbaik saat Si Kecil sembelit, sakit perut atau kolik. Ini adalah variasi dari pijat perut standar yang dapat membantu mengatasi beberapa masalah.

Moms bisa bisa memulai dengan membaringkan bayi. Gunakan jari-jari untuk membentuk garis lurus di sisi kanan pusar. Ini membentuk huruf ‘I’.

Kemudian letakkan jari-jari Anda di sudut kiri atas perut memijat secara horizontal ke arah ujung tulang rusuk kiri seperti membuat huruf ‘L’.

Selanjutnya, letakkan jari-jari Moms di sudut kiri bawah perut dan bergerak seperti membuat huruf 'U' di sekitar pusar menuju sudut kiri bawah perut bayi.

Pijatan ini akan membantu bayi buang air besar dengan baik dan mengurangi rasa sakit akibat tekanan angin di perutnya.

Hal ini karena pijatan di perut bayi mengikuti tata letak usus sehingga ikut merangsang untuk meredakan gas dan sembelit, yang dapat menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan pada bayi.

2. Cara Memijat Bayi Saat Batuk dan Hidung Tersumbat

cara memijat bayi

Foto: todaysfamily.ca

Cara memijat bayi ini dapat dimulai dengan menggosokkan minyak atau lotion di telapak tangan Moms.

Gosokkan tangan Moms mulai dari dada hingga pusar dengan pola melingkar kecil. Kemudian gosokkan seluruh dada dengan gerakan memutar menggunakan hanya satu tangan.

Kemudian fokuslah pada wajah bayi. Moms harus memijat area sinus dengan lembut menggunakan ujung jari dari ujung dalam alis ke hidung dan kemudian ke pipi. Ulangi gerakan ini beberapa kali. Ini membantu melepaskan lendir yang berada di area sinus.

Baca Juga: Cara Menggunakan Baby Oil untuk Pijat Bayi

3. Memijat Bayi Saat Cegukan

cara memijat bayi

Foto: omved.com

Cegukan terjadi ketika saraf yang teriritasi dari rongga perut menyebabkan kepakan diafragma karena akumulasi gas, atau karena asupan udara yang berlebihan selama menyusui.

Pijatan dapat membantu mengurangi stres diafragma yang tegang sehingga akan mengurangi cegukan.

Caranya, Moms bisa meletakkan bayi dalam posisi tegak dan mulai memijat dari punggung bawah sampai ke bahu dengan gerakan memutar yang lembut.

Moms dapat melakukan ini dengan posisi tengkurap, namun jangan memberi banyak tekanan saat memijat.

4. Cara Memijat Bayi Setelah Vaksinasi

cara memijat bayi

Foto: newatlas.com

Ada beberapa bayi yang merasa tidak nyaman setelah melakukan vaksinasi. Cara memijat bayi ini akan membantu meredakan gejalanya.

Moms bisa mulai dengan memijat area di sekitar titik injeksi, ini dapat membantu meringankan rasa sakit dan membuat bayi merasa lebih baik.

Selain itu, pijatan lembut juga dapat membantu meningkatkan imunogenisitas beberapa vaksin, yang merupakan kemampuan tubuh untuk memproduksi antibodi terhadap antigen yang telah diberikan vaksin. Kasus ini telah terbukti secara klinis untuk vaksin difteri-tetanus-pertusis.

Namun harus diingat, Moms tidak boleh memijat langsung pada titik di mana vaksin disuntikkan.

Sebagai gantinya, fokuslah pada area sekitar dengan memijat dengan lembut dengan sapuan lembut dan halus.

Baca Juga: 5 Manfaat Pijat Bayi, Bisa Memperkuat Bonding!

5. Cara Memijat Bayi Saat Tumbuh Gigi

cara memijat bayi

Foto: babydestination.com

Tumbuh gigi adalah salah satu masa paling tidak menyenangkan bagi bayi dan orang tua.

Dilansir dari National Women's Health Resource Center, memijat bayi di wajah bisa melepaskan endorfin, yang mengurangi rasa nyeri. Serta mengurangi level kortisol, hormon stres dalam tubuh.

Memijat bayi saat tumbuh gigi dimulai dengan membersihkan tangan Moms terlebih dahulu. Kemudian gunakan jari-jari Moms untuk memijat bagian bawah gusinya dengan lembut.

Jangan menekan atau memijat bagian atas gusi tempat gigi akan tumbuh. Cukup pijat dasar gusi dan sepanjang gusi terus menerus.

Fokus saja pada gusi di depan karena di situlah gigi pertama akan muncul. Moms dapat memberikan pijatan ini saat Si Kecil rewel akibat tumbuh gigi.

Baca Juga: 3 Kesalahan Penggunaan Baby Oil pada Bayi

Bagaimana, mudah kan cara memijat bayi di atas? Sering-seringlah memijat tubuh bayi, karena selain membuatnya nyaman, juga sebagai cara bonding yang menyenangkan bersama Si Kecil.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait