2-3 tahun

2-3 TAHUN
16 Februari 2021

5 Tips Memilih Sunblock Wajah untuk Anak dan Cara Menggunakannya, Jangan Sampai Salah!

Penting memilih produk yang tepat untuk anak
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Amelia Puteri

Ketika kita berbicara mengenai perlindungan dari matahari untuk anak, pasti akan langsung memikirkan tentang krim sunblock. Pilihannya tentu ada banyak dan tidak terbatas.

Apakah anak Moms memerlukan SPF 30 atau 50?

Setiap anak membutuhkan perlindungan matahari. American Academy of Dermatology (AAD) merekomendasikan agar semua anak, terlepas dari warna kulit mereka, memakai sunblock dengan SPF 30 atau lebih tinggi.

Meskipun kulit gelap memiliki lebih banyak melanin pelindung dan kulit kecokelatan lebih mudah terbakar, tanning adalah tanda kerusakan akibat sinar matahari.

Anak-anak berkulit gelap juga bisa terkena sengatan matahari yang menyakitkan.

Berdasarkan jurnal dalam U.S. National Library of Medicine, melanoma adalah bentuk kanker kulit yang paling serius dengan tingkat penyakit meningkat dengan cepat selama beberapa dekade terakhir yang bisa menyerang siapa saja.

Baca Juga: Bolehkah Menyemprotkan Sunscreen Spray ke Wajah? Ini Penjelasannya

Secara konsisten memakai tabir surya dengan SPF 30 atau lebih dan membatasi paparan sinar matahari yang akan mengurangi risiko kerusakan kulit dan mengajari anak-anak Moms melindungi kulit dengan baik.

Tetapi memilih sunblock wajah untuk anak-anak tidak semudah mencari krim sunblock untuk orang dewasa. Harus mempertimbangkan tingkat SPF mana yang tepat untuk Si Kecil?

Apakah sunblock dengan semprotan baik-baik saja? Apa semua bahannya aman? Apakah anak cukup umur untuk menggunakan sunblock?

Mari simak ulasannya!

Cara Memilih Sunblock Wajah untuk Anak

sunscreen untuk anak

Foto: Orami Photo Stock

Untuk membantu Moms memilih sunblock wajah untuk anak yang tepat dan aman, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Moms ikuti.

1. Pilih Sunblock Krim

Dalam memilih sunblock, ketahuilah menggunakan sunblock wajah untuk anak bentuk semprot untuk anak tidaklah baik, karena menerapkan semprotan tanpa anak menghirup bahan yang tidak sehat bisa jadi sulit.

Selain itu belum tentu memberikan perlindungan yang merata.

Lotion dan krim sunblock memberikan cakupan yang lebih merata daripada semprotan dan cenderung diserap lebih sedikit melalui kulit.

Meskipun sunblock semprot adalah pilihan populer di kalangan anak-anak dan remaja, perlu Moms ingat bahwa sunblock dirancang untuk masuk ke kulit kita dan bukan ke paru-paru anak atau paru-paru orang lain di sekitar kita saat mencoba menyemprotkannya ke kulit.

Seperti yang kita ketahui juga, semprotan menyulitkan pengaturan jumlah yang Moms berikan, yang berarti kita dapat menggunakan lebih sedikit dari yang dibutuhkan seharusnya.

2. Bahan dalam Sunblock

Saat memilih sunblock wajah untuk anak, Moms harus tahu bahwa bahan oxybenzone (pengganggu hormon) dan retina palmitat (yang sebenarnya bisa memperbesar kerusakan akibat sinar matahari) harus dihindari.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan agar Moms menghindari penggunaan produk tabir surya yang mengandung partikel nano, karena belum diketahui apa dampak sunblock ini pada anak-anak.

Baca Juga: Perbedaan Sunscreen dan Sunblock, Serupa tapi Tak Sama

3. Pilih yang Mengandung Formula Mineral

Mengenai jenis tabir surya yang Moms gunakan pada wajah anak, dokter kulit menyarankan untuk menggunakan formula mineral (juga dikenal sebagai fisik), daripada yang kimiawi, karena berbagai alasan.

"Saya lebih suka produk berbahan dasar seng oksida, karena tidak seperti bahan kimia, produk tersebut memblokir spektrum UV penuh," kata Kenneth Mark, dokter kulit dan ahli bedah kanker kulit Mohs di New York City.

Ditambah lagi sunblock wajah untuk anak dengan formula mineral tidak menyerap di kulit seperti yang dilakukan bahan kimia, umumnya tidak terlalu menyebabkan iritasi dan juga lebih baik bagi lingkungan.

4. Tingkat SPF yang Aman

Berapapun usianya Si Kecil, selalu pilih sunblock wajah untuk anak yang berspektrum luas, ini berarti tabir surya memblokir sinar UVA dan UVB.

Sinar UVA menyebabkan penuaan dini pada kulit, sedangkan sinar UVB menyebabkan kulit terbakar. SPF ini gunanya mengacu pada seberapa banyak tabir surya dapat menyaring sinar UVB.

Sunblock untuk anak sebaiknya mengandung tingkat SPF dalam kisaran 30-50 SPF. Lebih dari 50 SPF belum tentu menawarkan manfaat tambahan dan mungkin berbahaya untuk kulit Si Kecil.

Selain itu, produk sunblock dengan SPF lebih dari 50 mungkin akan memakan harga yang lebih mahal.

Baca Juga: 4 Manfaat Titanium Dioxide sebagai Komponen Sunscreen

5. Cari yang Tahan Air

"Jika anak Moms sering ikut serta dalam aktivitas air, pastikan untuk mencari formula sunblock wajah untuk anak yang tahan air,” kata Gretchen Frieling, dokter kulit di Boston.

Sunblock dapat diberi label tahan air hingga 40 atau 80 menit, jadi Moms tetap masih harus mengoleskannya kembali secara teratur.

Cara Mengaplikasikan Sunblock Wajah pada Anak

sunblock wajah untuk anak

Foto: smallfootprintfamily.com

Sunblock wajah untuk anak sangat diperlukan dan bergantung pada orang dewasa untuk mengaplikasikannya ketika mereka terlalu kecil untuk mengaplikasikannya pada diri mereka sendiri.

Jika Moms membantu mengoleskan sunblock, oleskan sekitar setengah sendok teh tabir surya ke wajah anak Moms dan sekitar satu ons ke seluruh tubuh mereka.

"Ingat untuk mengoleskannya kembali setiap dua jam (atau setiap kali mereka terkena basah)," tambah Susan Bard, dokter kulit di New York City.

Jika anak Moms sudah mendekati dewasa, mengajari mereka tentang pentingnya mengaplikasikan, dan mengaplikasikan kembali, sunblock adalah kuncinya.

Beberapa remaja dan anak yang menuju dewasa malu dengan residu mengkilap yang ditinggalkan beberapa produk sunblock wajah untuk anak sehingga mereka tidak menerapkan perlindungan yang cukup.

Jika anak Moms memiliki masalah ini, bicarakan dengan mereka dan tanamkan di dalam diri mereka pentingnya melindungi kulit dengan krim pelindung.

Moms bisa coba memilih merek lainnya sampai Moms menemukan merek yang benar-benar kita dan anak Moms sukai.

Tidak hanya anak-anak, sebenarnya bayi juga memiliki kulit yang lembut. Jadi tidak mengherankan jika Si Kecil juga membutuhkan jenis pelindung matahari khusus saat menghabiskan waktu di luar.

Meskipun para ahli tidak merekomendasikan mengoleskan tabir surya pada bayi baru lahir (sebagai gantinya, berteduh dari sinar matahari dengan payung, kereta dorong kanopi, dan selimut tipis adalah cara yang tepat), tidak masalah untuk mulai menggunakan tabir surya khusus bayi setelah anak Moms berusia 6 bulan.

Tetapi apakah sunblock wajah untuk bayi benar-benar berbeda dengan formula yang kita gunakan saat dewasa?

Baca Juga: Manfaat Masker Green Tea, Efektif Melindungi dari Kanker Kulit

"Tabir surya bayi umumnya bebas pewangi dan hanya mengandung bahan penghambat mineral, seperti seng oksida," kata Joshua Zeichner, dokter anak.

Dan karena mengoleskan tabir surya pada anak-anak terbukti sulit, Dr. Zeichner juga merekomendasikan untuk memilih perlindungan SPF tertinggi yang tersedia.

"Padahal secara teori sunblock wajah untuk anak di atas SPF 30 memberikan manfaat tambahan yang sangat sedikit, sebenarnya kita tidak mengaplikasikannya sebanyak yang seharusnya dan pasti tidak mengaplikasikan kembali seperti yang seharusnya, sehingga nilai SPF menjadi encer," ujarnya.

Untuk memastikan anak siap, Moms bisa menghubungi dokter kulit anak mendapatkan rekomendasi mereka.

Dokter juga akan memberikan saran untuk sunblock dari formula alami dan tahan air hingga losion matahari untuk kulit sensitif dan teraman untuk Si Kecil.

Itu dia beberapa cara menggunakan dan memilih sunblock wajah untuk anak.

Moms bisa memakaikan sunblock secukupnya, jangan gunakan terlalu banyak, namun gunakan sunblock sebagaimana ia bisa berfungsi dengan baik.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait