Fashion & Beauty

6 Agustus 2021

7 Cara Memutihkan Badan secara Alami yang Aman

Cara ini bisa dilakukan di rumah lho, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Merna
Disunting oleh Adeline Wahyu

Tak sedikit kaum hawa yang selalu mencari cara memutihkan badan secara alami. Dengan badan yang putih bersih, tampilan bisa menjadi lebih menarik.

Kulit yang kusam bisa dikarenakan banyak hal. Mulai dari tumpukan sel-sel kulit mati, terlalu sering terkena sinar matahari, stres, gaya hidup yang tidak bagus, polusi udara, hingga dikarenakan masalah kondisi medis.

Jika permasalahannya adalah karena kondisi medis, sudah pasti Moms harus mengonsultasikannya kepada dokter kulit. Tapi jika bukan karena kondisi medis, maka Moms bisa melakukan cara memutihkan badan secara alami.

Baca Juga: Cara Aman Memutihkan Wajah Saat Hamil, Pakai 5 Bahan Ini!

Cara Memutihkan Badan secara Alami

Memutihkan Wajah

Foto: tahseenofficial24.com

Banyak perempuan yang ingin kulitnya putih secara instan sehingga metode-metode seperti suntik putih kerap kali dilakukan. Hasilnya memang bisa memuaskan, tapi tentu saja akan ada efek samping yang nantinya akan dirasakan.

Selain itu, dengan metode yang tidak alami, kulit tubuh juga bisa kembali kusam kembali jika tidak dilakukan perawatan dengan benar. Padahal sebenarnya ada banyak cara memutihkan badan secara alami yang bisa Moms lakukan.

Dilansir dari situs india.com, ada beberapa cara memutihkan badan yang bisa dilakukan dengan alami, yaitu:

Baca Juga: Bisa Coba di Rumah, 13 Cara Memutihkan Selangkangan Hitam Secara Alami

1. Tidur yang Cukup

Cara memutihkan badan yang pertama adalah dengan tidur yang cukup. Menurut situs samhealth.org, seorang yang tidur dengan cukup bisa membuat kulit mereka tampak lebih lembab dan cerah.

Ketika kita tidur, sel-sel dalam kulit akan melakukan regenerasi dengan cepat, terutama pada saat tidur malam. Sel-sel kulit tersebut akan menciptakan kolagen secara alami sehingga bisa membuat kulit menjadi lebih ternutrisi secara alami.

Ditambah lagi, aliran darah akan menjadi lebih lancar ketika kita tidur sehingga bisa membantu untuk menyalurkan nutrisi dengan baik ke seluruh kulit.

Umumnya kita membutuhkan waktu tidur antara 7-9 jam lamanya supaya kulit bisa menjadi lebih sehat.

Hal ini juga diperkuat dalam sebuah jurnal berjudul The Effects of Sleep Deprivation on the Biophysical Properties of Facial Skin yang menyatakan bahwa kurang tidur tak hanya bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh, tapi juga kesehatan kulit.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Deodorant untuk Memutihkan Ketiak, Yuk Coba!

2. Minum Air Putih yang Cukup

Minum Air Putih yang Cukup

Foto: www.india.com

Minum air putih yang cukup juga bisa menjadi cara memutihkan badan secara alami. Dengan minum air putih yang cukup, maka tubuh bisa terdehidrasi dengan baik.

Jika tubuh terdehidrasi dengan baik, maka otomatis kulit tubuh bisa menjadi lebih kenyal dan elastis dan pastinya kulit juga bisa terlihat lebih cerah.

Dari jurnal penelitian dari International Journal of Cosmetic Science yang dipublikasikan pada tahun 2007 menunjukkan kalau meminum air putih yang cukup setiap harinya selama empat minggu bisa membuat kulit menjadi lebih kenyal dan cerah.

Dengan minum air putih yang cukup juga bisa membantu membuang racun dalam tubuh melalui urine. Racun yang mengendap dalam tubuh bisa membuat aliran darah tak lancar sehingga bisa menghambat aliran oksigen dalam tubuh sehingga berdampak pada kulit yang terlihat kusam.

Setidaknya minum sekitar delapan gelas atau dua liter air putih setiap harinya untuk menjaga kelembapan kulit.

3. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Makan Buah dan Sayur

Foto: www.shawacademy.com

Cara memutihkan badan secara alami juga bisa dilakukan dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur setiap harinya.

Buah dan sayur mengandung banyak vitamin yang dibutuhkan oleh kulit untuk melakukan proses regenerasi. Vitamin yang dibutuhkan oleh kulit adalah vitamin B, C, dan E.

Ketiga vitamin ini bisa didapat dari buah dan sayur seperti tomat, wortel, sayuran hijau, anggur, alpukat, apel, pepaya dan masih banyak lagi.

Hal ini diperkuat oleh jurnal You Are What You Eat yang diterbitkan pada tahun 2012, jika Moms mengonsumsi buah dan sayur selama kurang lebih enam minggu secara rutin, makabisa menjadikan kulit wajah menjadi lebih cerah.

Baca Juga: 8 Cara Memutihkan Wajah Pria dengan Cara Alami dan Aman

4. Gunakan Sunscreen Meski di Dalam Ruangan

Kita selalu menganggap kalau sunscreen hanya digunakan di luar ruangan. Padahal untuk memproteksi kulit tubuh Moms dari efek radiasi, maka sunscreen juga bisa Moms gunakan di dalam ruangan.

Dilansir dari situs nbcnews.com, seorang dokter dermatologi yang bernama Robyn Gmyrek, MD menyarankan untuk selalu menggunakan suncreen meski hanya melakukan aktivitas di dalam rumah.

Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya paparan sinar UVA. Paparan sinar UVA ini bisa menjadikan warna kulit wajah bisa kusam dan menghitam.

Jika di luar ruangan, Moms membutuhkan suncreen dengan SPF 30, di dalam ruangan, Moms bisa menggunakan sunscreen dengan SPF 15 saja.

5. Selalu Lembabkan Kulit dengan Minyak Zaitun dan Madu

Minyak Zaitun dan Madu

Foto: mybeautyvibe.com

Salah satu cara memutihkan badan secara alami adalah dengan menggunakan minyak zaitun dan madu.

Selain bagus dikonsumsi oleh tubuh, perpaduan minyak zaitun dan madu ini juga bisa memutihkan kulit secara alami.

Ini disebabkan karena dalam madu dan minyak zaitun mengandung kandungan yang dapat membuat lapisan kulit mati menjadi terangkat.

Minyak zaitun dan madu juga dapat melembabkan kulit sehingga kulit tidak mudah kering dan menjadi kusam. Dengan rajin melakukan treatment minyak zaitun dan madu, maka kulit juga bisa lebih cerah karena ternutrisi.

Selain madu dan minyak zaitun, Moms juga bisa menggunakan campuran lemon atau lidah buaya yang juga kaya akan kandungan vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh.

Baca Juga: 7 Cara Memutihkan Leher secara Alami, Moms Bisa Coba di Rumah!

6. Lakukan Eksfoliasi

Eksfoliasi adalah salah satu cara memutihkan badan secara alami. Eksfoliasi adalah proses pengangkatan sel kulit mati pada permukaan kulit.

Biasanya ada produk yang digunakan dalam cara ini yakni bisa dengan menggunakan lulur atau scrub yang memang dikhususkan untuk mengangkat sel kulit mati.

Menurut American Academy of Dermatology, sel kulit manusia akan berganti setiap 30 hari sekali. Tubuh memang memiliki mekanisme untuk membuang sel kulit mato tersebut, tapi kadang tidak semuanya bisa tersingkirkan dengan baik.

Sisa penumpukan kulit mati ini bisa menyebabkan kulit tampak kusam dan gelap. Dengan melakukan eksfoliasi, sel kulit mati bisa dihilangkan sehingga kulit dapat lebih cerah karena produksi kolagen juga akan bertambah akibat kulit yang bisa menyerap vitamin dengan baik.

Baca Juga: Cara Memutihkan Kulit Tangan yang Ampuh, Sudah Coba?

7. Lakukan Body Steam

Cara Memutihkan Badan dengan Body Steam

Foto: lookdiary.com.hk

Cara memutihkan badan secara alami yang terakhir adalah dengan melakukan body steam. Metode ini sudah banyak dilakukan dan sangat efektif dalam menjadikan kulit tampak lebih cerah.

Cara kerja metode body steam adalah menghilangkan kotoran serta sel kulit mati yang ada pada tubuh, dengan begitu kulit tubuh akan menjadi lebih bersinar dan cerah.

Saat melakukan body steam ini dibutuhkan alat khusus yang harus Moms beli terlebih dahulu. Dalam alat ini, Moms juga bisa meletakkan beberapa rempah-rempah di dalamnya untuk membantu dalam menutrisi dan menghilangkan sel kulit mati dalam tubuh.

Selain melakukan body steam, Moms juga bisa melakukan sauna.

Meski semua cara memutihkan badan di atas sudah dilakukan, tapi Moms juga harus mandi secara rutin selama dua kali sehari untuk mengelupaskan sel kulit mati supaya kulit tubuh jadi lebih cerah.

Itulah beberapa cara memutihkan badan secara alami. Semoga informasi di atas bisa membantu Moms untuk menjadikan kulit badan putih dengan alami. Selamat mencoba Moms!

  • https://www.india.com/lifestyle/how-to-lighten-skin-tone-14-skin-whitening-beauty-tips-to-lighten-your-skin-tone-naturally-1949825/
  • https://www.emedihealth.com/skin-beauty/skin-lightening
  • https://www.stylecraze.com/articles/3-easy-homemade-skin-lightening-remedies/
  • https://www.99.co/blog/indonesia/cara-memutihkan-kulit-secara-alami/
  • https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3618076/cara-efektif-memutihkan-kulit-secara-alami
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait