Fashion & Beauty

18 Juni 2021

Cara Memutihkan Kulit Tangan yang Ampuh, Sudah Coba?

Warna kulit tangan yang menghitam memang membuat kepercayaan diri menurun
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Agnes
Disunting oleh Amelia Puteri

Kulit tangan adalah salah satu area kulit yang paling mudah menggelap karena terpapar sinar matahari. Moms bisa mengembalikan kulit ke warna yang lebih cerah dengan melakukan cara memutihkan kulit tangan yang sederhana.

Intip beberapa cara memutihkan kulit tangan secara ampuh dan mudah berikut ini!

Cara Memutihkan Kulit Tangan yang Ampuh

Selama musim kemarau, panas bukan hanya membuat tubuh jadi dehidrasi, tapi juga menghilangkan kelembapan alami kulit sehingga membuat kulit lebih kusam dan kering.

Alhasil, kulit jadi terbakar kecoklatan karena radiasi sinar ultraviolet A (UVA) dari matahari.

Sinar UVA dapat menembus hingga lapisan bawah epidermis dan memicu sel yang disebut melanosit. Sel-sel ini menghasilkan melanin, pigmen coklat di kulit yang menyebabkan tanning atau kulit yang menggelap.

Jika dibiarkan terlalu lama, paparan sinar matahari juga meningkatkan risiko penuaan dini pada kulit.

Namun, jangan khawatir karena Moms bisa mendapatkan kembali kulit tangan yang cerah dan sehat.

Berikut adalah beberapa cara memutihkan kulit tangan yang ampuh. Simak sampai habis, ya!

Baca Juga: 6 Resep DIY Masker Oatmeal untuk Mencerahkan Wajah, Wajib Coba!

1. Asam Laktat

Lactic acid memutihkan kulit

Foto: Freepik.com

Asam laktat (lactic acid) merupakan salah satu bahan terbaik untuk membantu mengelupas sel-sel kulit mati dengan mudah dan cepat. Kandungan ini juga bisa mengencangkan kulit tangan.

Menurut Journal of The American Academy of Dermatology, perawatan dengan asam laktat 12% bisa menghasilkan peningkatan kekencangan dan ketebalan epidermal dan dermal serta perbaikan klinis pada kehalusan kulit dan munculnya garis dan kerutan.

Moms bisa gunakan yogurt, susu, atau bahan asam laktat lainnya sebagai cara memutihkan kulit tangan.

Caranya, siapkan semangkuk yogurt. Campur dan aplikasikan pada tangan yang kecoklatan. Tunggu hingga 20 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

Yogurt yang mengandung asam laktat dapat membantu mencerahkan kulit sekaligus melembapkannya.

2. Gunakan Pelembap

Pelembap bukan hanya membantu menjaga kulit Moms agar tetap terhidrasi. Namun, juga salah satu cara memutihkan kulit tangan dengan membantu menjaganya agar tetap sehat.

Menjaga kulit tetap terhidrasi, lembap, dan kenyal adalah hal penting lainnya untuk menjaga kulit agar tetap bersinar dan bersih.

Moms bisa gunakan bahan-bahan seperti cocoa butter, minyak kelapa, atau gel lidah buaya untuk melembapkan kulit. Dengan mengoleskannya ke tangan secara rutin, Moms bisa mendapatkan kulit tangan yang bersih dan cerah kembali.

Baca Juga: Apakah Mencerahkan Vagina Aman Dilakukan?

3. Eksfoliasi dan Menjaga Kebersihan Kulit

Eksfoliasi memutihkan kulit

Foto: Freepik.com

Cara memutihkan kulit tangan lainnya yang terbukti ampuh adalah dengan melakukan eksfoliasi.

Dikutip dari American Academy of Dermatology, pengelupasan kulit atau eksfoliasi bisa membantu membuat kulit jadi tampak lebih cerah dan meningkatkan efektivitas penggunaan produk perawatan kulit topikal dengan meningkatkan penyerapannya.

Dalam jangka panjang, eksfoliasi bisa meningkatkan produksi protein kolagen. Kolagen adalah kunci untuk kulit yang cerah dan bercahaya.

Kolagen juga dapat meningkatkan elastisitas kulit, meminimalisir munculnya garis-garis halus dan kulit yang kendur.

Moms dapat menggunakan produk eksfoliasi seperti scrub dan lulur atau kain khusus eksfoliasi secara rutin dengan menggosokkan tangan yang berwarna gelap.

4. Masker Kunyit

Kunyit merupakan salah satu bahan yang mudah didapat dan menjadi cara memutihkan kulit tangan yang alami.

Kandungan antioksidan esensial dan kurkumin di dalam kunyit, dapat membantu memperlambat proses produksi melanin sehingga mencegah warna kulit tangan menjadi gelap. Kandungan ini juga bisa memberi kilau pada kulit secara alami.

Tidak hanya itu, dalam penelitian di tahun 2016 manfaat kunyit untuk mengatasi berbagai masalah kulit, seperti jerawat, kebotakan, dermatitis atopik, psoriasis, vitiligo, dan lain-lain, telah diteliti dan terbukti dapat membantu meringankan hingga mengatasi masalah-masalah tersebut.

Untuk cara memutihkan kulit tangan menggunakan kunyit, ambil beberapa sendok kunyit yang dihaluskan dan tambahkan susu secukupnya.

Campurkan dan oleskan di tangan, biarkan mengering selama 15 menit lalu bersihkan dengan air.

Supaya lebih efektif lagi, Moms bisa menambahkan campuran tersebut dengan yogurt dan madu.

Baca Juga: 7 Skincare Aman untuk Mencerahkan Kulit Ibu Hamil

5. Menggunakan Buah Lemon

Lemon dan jeruk membantu memutihkan kulit

Foto: Freepik.com

Kandungan vitamin C yang tinggi di dalam buah lemon dapat membantu mengatasi bercak hiperpigmentasi dan juga mencegah produksi melanin pada kulit.

Melanin adalah pigmen yang bertanggung jawab atas keragaman warna dan juga corak kulit.

Walau dapat membuat kulit tampak gelap, melanin ini berperan sebagai pelindung terhadap efek berbahaya dari sinar ultraviolet (UV).

Siapkan semangkuk jus lemon dan rendam tangan yang kecoklatan di dalamnya selama 20 menit. Setelah itu, bilas tangan dengan menggunakan air dingin agar kulit tidak menjadi kering karena kandungan asam dari lemon.

6. Balurkan dengan Air Beras atau Air Tahu

Cara memutihkan kulit tangan selanjutnya adalah dengan menggunakan air beras.

Belakangan ini muncul berbagai rekomendasi penggunaan air beras untuk mencerahkan kulit atau mengurangi bercak hitam.

Faktanya, banyak produk komersial termasuk sabun, toner, dan krim yang juga mengandung air beras. Air beras mengandung bahan pencerah kulit yang sangat baik dalam membantu mengelupas sel-sel kulit mati dan juga memberikan efek pencerah.

Jika tidak ada air beras, Moms juga bisa menggunakan air tahu untuk mendapatkan kulit yang cerah. Ambil sedikit air beras atau air tahu, lalu oleskan pada tangan secara rutin. Biarkan mengering dan bersihkan dengan air dingin.

Baca Juga: 7 Skincare Aman untuk Mencerahkan Kulit Ibu Hamil

7. Gunakan Cuka Sari Apel

Cuka apel memutihkan kulit

Foto: Freepik.com

Cuka sari apel mengandung sifat anti inflamasi dan antioksidan dalam jumlah yang cukup tinggi sehingga bisa membantu kulit lebih cerah dan bercahaya.

Dengan menggunakan cuka sari apel secara topikal dapat membantu menyeimbangkan kembali tingkat keasaman pH alami kulit, sehingga memperkuat pelindung alami kulit dan mencegah infeksi.

Untuk cara memutihkan kulit tangan dengan cuka sari apel, gunakan 2 cangkir cuka sari apel dan tambahkan air ke dalamnya.

Oleskan pada bagian tangan dengan bantuan kapas. Biarkan selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air.

8. Membuat Masker dari Kulit Lobak Putih

Moms pasti mengenali salah satu bahan dapur yang satu ini. Selain bisa diolah menjadi menu masakan, lobak putih juga bisa digunakan sebagai cara memutihkan kulit tangan secara alami.

Kandungan di dalamnya seperti vitamin B complex, vitamin C, fosfor, dan seng, sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan airnya yang cukup banyak juga bermanfaat sebagai pelembap kulit agar lebih sehat.

9. Lindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari Secara Langsung

Gunakan sunblock untuk memutihkan kulit

Foto: Freepik.com

Melindungi kulit dari sinar matahari secara langsung bisa membantu mencegah kulit semakin gelap.

Salah satu alasan mengapa kulit menjadi lebih gelap karena paparan sinar matahari yang berbahaya secara berlebihan.

Moms perlu mengoleskan tabir surya atau sunscreen pada tangan untuk mencegah perubahan warna kulit menjadi kecoklatan. Pilihlah tabir surya dengan SPF yang tinggi untuk mencegah terjadinya kulit terbakar akibat sinar matahari.

Sunscreen memang sangat penting karena juga mencegah terjadinya kanker kulit akibat sinar UV. Dengan menggunakan sunscreen, kulit Moms jadi terlindungi dan memantulkan kembali sinar matahari agar tidak terkena kulit.

Baca Juga: Perbedaan Sunscreen dan Sunblock, Serupa Tapi Tak Sama

Moms, itulah tadi beberapa cara memutihkan kulit tangan secara alami. Lakukan perawatan secara rutin untuk mendapatkan kembali kulit yang sehat dan bersinar. Selamat mencoba!

  • https://makeupandbeauty.com/ways-lighten-dark-hands-feet/
  • https://food.ndtv.com/beauty/6-easy-home-remedies-for-tanned-hands-1706107
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/8784274/
  • https://www.aad.org/media/news-releases/evaluate-before-you-exfoliate
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/27213821/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait