Fashion & Beauty

4 Juni 2021

8 Cara Memutihkan Wajah Pria dengan Cara Alami dan Aman

Penampilan pria juga butuh kece! Begini cara memutihkan wajah pria agar bisa tampil lebih percaya diri!
placeholder

Foto: shutterstock.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Karla Farhana

Tak peerlu ke klinik kecantikan, menemukan cara memutihkan wajah pria ternyata bisa dilakukan di rumah, lho. Jadi, tak perlu merogoh dompet terlalu dalam untuk mengetahui cara memutihkan wajah pria, Moms.

Banyak pria yang memiliki wajah kusam dan tidak bercahaya karena aktivitas harian. Jadi, cara memutihkan wajah pria tentu saja dibutuhkan agar penampilan terlihat lebih menarik.

Cara memutihkan wajah pria ada baiknya memang menggunakan bahan alami. Karena, menggunakan bahan-bahan kimia belum tentu bisa mencerahkan dan memutihkan, namun malah membuat wajah jadi rusak.

Ya, cara memutihkan wajah pria dengan bahan alami memang butuh waktu dan kesabaran. Namun kecantikan kulit adalah investasi!

Yuk ketahui cara alami agar wajah bisa jadi cerah dan juga bersinar di sini!

Baca Juga: 10 Manfaat Shea Butter untuk Kesehatan Kulit, Bisa Mengembalikan Elastisitas Kulit

Cara Memutihkan Wajah Pria dengan Alami

Cara memutihkan wajah pria

Foto: Orami Photo Stock

Cara memutihkan wajah pria dengan berbagai bahan alami adalah kiat terbaik agar kulit tidak rusak.

Berikut bahan yang bisa dilakukan!

1. Manfaatkan Minyak Kelapa

Cara memutihkan wajah pria dengan bahan alami yang pertama adalah dengan memanfaatkan minyak kelapa.

Dilansir dari sebuah jurnal yang berjudul Anti-Inflammatory and Skin Barrier Repair Effects of Topical Application of Some Plant Oils, minyak kelapa sendiri memiliki fungsi antiperadangan, antioksidan dan juga menyembuhkan.

Dengan menggunakan minyak kelapa pada wajah mungkin tidak akan ampuh untuk semua jenis kulit. Dan yang paling penting, jangan menggunakan minyak kelapa jika memiliki alergi, ya!

Jika Moms atau Dads bisa mengoleskan minyak kelapa tanpa iritasi, pengaplikasiannya pun bisa dilakukan dengan berbagai macam hal. Minyak kelapa juga bisa digunakan sebagai;

  • Membersihkan wajah
  • Menenangkan dan juga sebagai pelindung kulit
  • Membuat kulit wajah terlihat kenyal dan menyehatkan permukaan kulit

Sebuah penelitian yang berjudul Novel Antibacterial and Emollient Effects of Coconut and Virgin Olive Oils in Adult Atopic Dermatitis pun mengungkapkan bahwa minyak kelapa adalah pelembap yang baik.

Cobalah untuk memijat wajah usai mengaplikasikan minyak kelapa. Biarkan minyak meresap ke kulit wajah sebelum membersihkannya dengan sabun wajah yang biasa digunakan.

Baca Juga: Bikin Kulit Lembap, Ini 8 Manfaat Masker Lidah Buaya dan Cara Membuatnya

2. Gunakan Lidah Buaya

Cara memutihkan wajah pria

Foto: Orami Photo Stock

Cara memutihkan wajah pria yang kedua adalah dengan memanfaatkan lidah buaya. Lidah buaya senidri memiliki khasiat menyembuhkan dan akan menstimulasi pertumbuhan sel baru.

Lidah buaya dipercaya bisa menjadi salah satu cara memutihkan wajah pria karena khasiatnya yang bisa memperbaiki dan juga melembapkan tanpa menyumbat pori-pori di wajah.

Menggunakan lidah buaya setelah mencuci wajah setiap hari bisa membuat kulit menjadi lebih putih, cerah dan juga bercahaya.

Namun perlu diketahui nih, Moms dan Dads! Terdapat jenis kulit yang memiliki alergi pada lidah buaya. Jadi, lebih baik untuk mencobanya terlebih dahulu dengan menggosokan lidah buaya sedikit ke pergelangan tangan.

Jika tidak ada reaksi alergi selama 24 jam, maka lidah buaya bisa dimanfaatkan sebagai salah satu cara untuk memutihkan wajah pria.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Bengkuang untuk Anak

3. Memanfaatkan Bengkuang

Cara memutihkan wajah pria yang ke tiga adalah dengan memanfaatkan khasiat bengkuang. Bengkuang sendiri sudah dikenal sebagai salah satu bahan yang bisa digunakan untuk perawatan kulit.

Ada banyak sekali produk kecantikan yang menggunakan bengkuang sebagai bahan utamanya untuk mencerahkan dan juga membuat kulit jadi lebih putih.

Bengkuang sendiri memiliki kandungan vitamin B dan juga vitamin C yang sangat baik untuk menyehatkan kulit. Dads jiga bisa menggunakan bengkuang langsung di wajah sebagai salah satu cara memutihkan wajah pria.

Baca Juga: Mengenal Manfaat Citric Acid yang Bisa Mencerahkan Kulit

Cara membuat wajah putih dengan bengkuang adalah dengan mengupas dan membersihkan bengkuang terlebih dahulu. Jika sudah, hancurkanlah bengkuang tersebut dengan menggunakan blender. Jika tidak ada, parutan pun bisa digunakan.

Jika sudah, peraslah bengkuang yang sudah hancur dan kemudian tampung airnya ke dalam sebuah wadah. Diamkan air tersebut selama kurang lebih 1 jam hingga endapan muncul di bawah wadah perasan bengkuang.

Jika endapan sudah muncul, buanglah air bengkuang dan selanjutnya gunakan endapan tersebut sebagai masker wajah. Gunakan selama kurang lebih 30 menit sebelum membersihkan wajah menggunakan air.

4. Gunakan Tabir Surya Setiap Hari

Cara memutihkan wajah pria

Foto: Orami Photo Stock

Cara memutihkan wajah pria selanjutnya adalah dengan menggunakan tabir surya setiap hari. Membiarkan wajah terkena terik matahari bisa membuat kulitnya menjadi kusam dan gosong.

Tak hanya bisa melindungi kulit agar tidak gosong terbakar sinar matahari, menggunakan tabis surya dengan SPF di atas 15 bisa mencegah kulit kita terkena kanker.

Cobalah untuk selalu lindungi kulit dari jahatnya sinar UV. Ketika kulit tidak terlindungi dengan baik, hal itu bisa mempercepat proses penuaan kulit. Jadi, kulit akan semakin rusak.

So, cobalah untuk memakai produk yang mengandung tabir surya setiap pagi. Bahkan ketika cuaca sedang mendung atau hujan, jangan pernah lupa untuk memakai tabir surya, ya!

Baca Juga: Sindrom Couvade pada Dads Selama Moms Hamil, Ini Penjelasannya!

5. Minum Air Putih

Tahukah Moms dan Dads kalau minum air putih bisa menjadi salah satu cara memutihkan wajah pria yang ampuh? Cara paling mudah dan juga murah untuk membuat wajah jadi putih dan juga cerah adalah dengan mengonsumsi air putih.

Minumlah air putih yang cukup, atau setidaknya 8 gelas dalam sehari agar kulit terhidrasi dengan sempurna. Air putih yang dikonsumsi tentunya akan mampu mencerahkan kulit wajah dari dalam tubuh.

Dengan menjadikan minum air putih sebagai suatu kebiasaan, cairan tubuh akan selalu tercukupi. Hal itu akan berpengaruh pada kemampuan tubuh untuk menutrisi kulit dari dalam.

Tak hanya bisa dijadikan salah satu cara memutihkan kulit pria, dengan minum air putih yang cukup, air putih juga bisa membuat kulit menjadi lembap.

Klaim tersebut pun diperkuat dengan fakta dari penelitian yang berjudul Dietary Water Affects Human Skin Hydration and Biomechanics. Penelitian ini mengungkapkan bahwa ada hubungan yang erat antara minum air putih yang cukup dengan kesehatan kulit.

6. Hindari Merokok dan Jadi Perokok Pasif

Cara memutihkan wajah pria

Foto: Orami Photo Stock

Hayooo.. siapa nih yang punya habbit merokok atau malah jadi perokok pasif? Ternyata menghindari diri dari paparan asap rokok bisa menjadi salah satu cara memutihkan wajah pria, lho!

Jadi, cobalah untuk mulai mengganti kebiasaan merokok dengan aktivitas yang menyehatkan lain. Membiarkan diri terpapar asap rokok bisa sangat membahayakan.

Terlebih untuk yang ingin memiliki kulit wajah yang cerah, mendekatkan diri dengan asap rokok adalah ide yang sangat buruk. Dengan sengaja memaparkan wajah pada asap rokok sama saja membiarkan kulit kita terpapar oleh racun kimia.

Hal ini bisa menyebabkan stres oksidatif pada sel kulit. Dalam sebuah jurnal yang berjudul Tobacco Smoke Causes Premature Skin Aging, menjelaskan bahwa merokok dan terpapar asap rokok bisa membuat kulit menua lebih cepat.

Jika ingin memiliki kulit cerah dan juga sehat, sebaiknya mulai berhenti merokok sekarang.

7. Konsumsi Makanan yang Sehat

Cobalah untuk melakukan diet seimbang. Mengonsumsi makanan yang sehat bisa menjadi salah satu cara memutihkan wajah pria.

Dengan mengonsumsi buah dan sayur, hal tersebut bisa menambah asupan vitamin dan antioksidan yang ada pada tubuh. Dilansir dari Mayo Clinic, dengan menyantap makanan seperti lemak sehat, minyak ikan, serta menghindari diri dari makanan yang sudah melalui berbagai macam proses bisa membuat kulit jadi lebh sehat.

8. Temukan Cara Membersihkan Muka yang Cocok

Cara memutihkan wajah pria

Foto: Orami Photo Stock

Tak bisa dipungkiri bahwa cara memutihkan wajah pria yang perlu dilakukan dan juga penting dilakukan adalah menemukan rutinitas membersihkan muka yang cocok.

Jangan sampai karena ingin wajah lembap, kita malah mencucinya secara berlebihan dan terus menerus. Hal ini takkan baik karena kegiatan tersebut bisa membuat pori-pori memproduksi minyak lebih banyak.

Cobalah untuk mencuci muka setelah kegiatan seharian, usai olahraga, menjalani rutinitas di pagi hari dan juga malam hari sebelum tidur.

Nah itu dia cara memutihkan wajah pria yang alami. Perlu diingat, jangan sampai asal memilih produk pemutih kulit karena malah bisa membahayakan ya! Selamat mencoba!

  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/19134433/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5796020/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4529263/
  • https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/in-depth/skin-care/art-20048237
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait