Home & Living

22 April 2021

Begini Cara Menanam Bunga Mawar untuk Mempercantik Pekarangan Rumah

Yuk Moms percantik pekarangan rumah dengan mengikuti cara menanam bunga mawar berikut!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Adeline Wahyu

Tahukah Moms bahwa ternyata perawatan mawar lebih mudah dari yang Moms kira. Siapa pun dapat menanam dan menumbuhkannya dengan baik dengan mengikuti cara menanam bunga mawar yang benar.

Dengan begini, Moms kelak akan memiliki pekarangan yang lebih indah lagi.

Selain memperindah pekarangan, tanaman mawar yang sudah berbunga juga bisa mendatangkan banyak manfaat untuk kecantikan. Ini karena mereka bisa dibuat menjadi air mawar, yakni air yang dihasilkan dari penyulingan kelopak mawar dengan uap. Air mawar sangatlah harum, dan terkadang digunakan sebagai wewangian alami ringan atau sebagai pengganti parfum.

Mengutip Iranian Journal of Basic Medical Science, air mawar memiliki manfaat seperti:

  • Membantu meredakan iritasi kulit.
  • Meredakan sakit tenggorokan.
  • Mengurangi kemerahan pada kulit.
  • Membantu mencegah dan mengobati infeksi.
  • Menyembuhkan luka, bekas luka, dan luka bakar.
  • Meningkatkan suasana hati.
  • Meredakan sakit kepala.
  • Memiliki sifat anti penuaan.

Saat menanam mawar, maka pilih lokasi yang cerah dengan drainase yang baik. Beri pupuk secara teratur untuk mendapatkan bunga yang cantik dan mengesankan.

Sirami mereka secara merata agar tanah tetap lembab. Pangkas juga semak mawar yang sudah tumbuh di awal musim semi dan selalu waspadai penyakit seperti embun tepung atau bintik hitam.

Jika Moms ragu untuk memulai menanam mawar, sebaiknya buang jauh-jauh keraguan ini.

Moms bisa mengikuti cara menanam bunga mawar berikut ini, baik melalui mawar yang sudah memiliki akar atau menanam dari batangnya.

Baca juga: Moms Suka Bunga Krisan? Yuk Ikuti Cara Menanam Bunga Krisan Berikut!

Cara Menanam Bunga Mawar di Rumah

Berikut ini beberapa cara menanam bunga mawar yang bisa Moms coba lakukan di rumah, baik yang dari akar atau dari batangnya.

1. Cara Menanam Bunga Mawar dari Akar

Begini Cara Menanam Bunga Mawar untuk Mempercantik Pekarangan Rumah - 1

Foto: userspecial.com

Cara menanam bunga mawar pertama-tama, pilihlah bibit pohon mawar yang sudah memiliki akar. Moms dapat membeli mawar yang sudah ditanam dalam pot di tanah atau sebagai tanaman berakar telanjang yang tidak aktif.

Tiap jenisnya memiliki manfaat tersendiri, misalnya:

  • Mawar Dalam Pot: Mawar dalam pot sangat bagus untuk Moms yang baru mulai belajar berkebun karena mereka mudah ditanam dan tumbuh dengan cepat. Mereka juga dapat dibeli di pembibitan lokal selama musim tanam. Namun lebih baik jika Moms menanamnya saat kondisi iklim ideal, yakni saat hari sedang sejuk dan berawan.
  • Mawar Akar Telanjang: Salah satu keunggulan mawar akar telanjang adalah lebih banyak pilihan varietas yang tersedia. Mereka ekonomis dan bisa dipesan secara online. Namun, tidak seperti mawar dalam pot, tanaman akar telanjang harus direndam dalam air semalaman sebelum ditanam. Selain itu, akar harus tetap lembab selama beberapa bulan pertama setelah tanam.

Nah, berikut cara menanam bunga mawar menggunakan dua jenis bibit di atas:

Pilih Jenis Mawar dengan Bijak

Ada banyak jenis mawar, mulai dari miniatur mikro hingga grandifloras, dan dari penutup tanah hingga mawar yang merambat. Meskipun mungkin tergoda untuk mengisi taman mawar dengan bermacam-macam pilihan, Moms kemungkinan besar malah akan memiliki taman mawar yang tidak teratur nantinya. Jadi, jika Moms ingin mawar dengan perawatan lebih mudah, cobalah jenis bunga mawar semak.

Temukan Tempat Menanam yang Tepat

Untuk pertumbuhan bunga mawar yang baik, semak mawar harus menerima sinar matahari enam hingga delapan jam setiap hari. Mereka juga harus ditanam di tanah yang dikeringkan dengan baik yang kaya bahan organik. Di iklim yang sangat panas, mawar tumbuh subur jika terlindung dari panas matahari.

Baca juga: Ini Sederetan Tanaman yang Baik Menurut Fengsui

Tanam di Waktu yang Tepat

Mawar paling baik ditanam di awal musim kemarau, atau sebelum musim hujan. Mawar dengan akar telanjang biasanya hanya tersedia di awal musim kemarau dan harus ditanam segera setelah Moms membelinya. Sementara itu, mawar yang dibeli dalam wadah lebih fleksibel untuk ditanam.

Tanam dengan Benar

Menanam mawar tanpa akar atau wadah dengan benar akan memastikannya dimulai dengan awal yang baik. Begini cara menanam bunga mawar:

  1. Lubang tanam harus cukup dalam dan lebar untuk menampung akar tanaman. Area tersebut harus memiliki drainase yang baik, karena mawar tidak menyukai akar yang basah.
  2. Campurkan banyak kompos taman, lumut gambut, atau bahan organik lainnya dengan tanah yang telah dikeluarkan dari lubang tanam. Gunakan campuran ini di dasar lubang tanam dan letakkan rumpun mawar di dalam lubang.
  3. Isi sebagian lubang dengan campuran tanah dan tambahkan pupuk.
  4. Siram, lalu selesaikan pengisian lubang dengan sisa tanah.
  5. Sirami lagi, lalu gundukkan tanah gembur di sekitar batang untuk melindungi mawar saat menyesuaikan diri dengan lokasi barunya.
  6. Jika Moms menanam beberapa rumpun mawar bersama-sama, beri jarak setidaknya 1 meter untuk memungkinkan ruang tumbuh yang cukup saat dewasa.

Baca juga: 10 Tanaman Hias Bunga yang Bikin Rumah Makin Cantik

Siram dengan Baik

Tanah harus dijaga agar tetap lembab sepanjang musim tanam. Jumlah dan frekuensi penyiraman akan tergantung pada jenis tanah dan iklim. Mawar yang tumbuh di tanah berpasir membutuhkan lebih banyak penyiraman daripada mawar yang tumbuh di tanah liat yang lebih berat. Kondisi panas, kering, dan berangin juga akan cepat merusak bunga mawar. Cara menyiram sama pentingnya dengan frekuensi. Agar mawar tetap sehat, hindari membasahi dedaunan, jadi langsung siram bagian tanahnya.

Pangkas Secara Berkala

Dengan memangkas mawar secara rutin dan berkala, maka tanaman bunga mawar akan terlihat lebih terawat dan tanaman menjadi lebih sehat. Banyak varietas mawar baru tidak membutuhkan banyak pemangkasan. Pemangkasan besar-besaran harus dilakukan di awal musim semi. Untuk semua mawar, mulailah dengan membuang semua batang yang mati atau rusak (yang terlihat coklat).

Baca Juga: 5 Tanaman Indoor yang Tidak Gampang Mati, Cantik Untuk Pemanis Ruangan Rumah

2. Cara Menanam Bunga Mawar dari Batang

Begini Cara Menanam Bunga Mawar untuk Mempercantik Pekarangan Rumah - 2

Foto: bhg.com.au

Untuk cara menanam bunga mawar dari batang, Moms bisa menggunakan metode stek batang. Mawar asli dapat berakar dengan mudah, lebih baik dari varietas cangkok.

Namun Moms seharusnya tidak mengharapkan setiap stek akan berhasil. Ada baiknya membuat beberapa jenis stek tambahan.

Begini cara menanam bunga mawar dari batang.

  • Ambil Batang dan Potong Bunganya

Musim semi adalah waktu terbaik untuk mengambil stek. Ambil ruas 25 cm dari batang baru, potong pada sudut 45 derajat. Buang semua bunga atau kuncup bunga di sepanjang pemotongan karena bunga akan mengonsumsi banyak energi. Padahal fokus awal adalah pembentukan akar baru.

  • Hilangkan Sebagian Besar Daun

Buang semua kecuali dua pasang daun teratas di batang. Kemudian, potong batang tepat di atas rangkaian daun bagian atas ini. Menghilangkan kelebihan daun membantu mengalihkan energi ke pertumbuhan akar.

Baca juga: 7 Jenis Tanaman Gantung untuk Hiasan Teras Rumah, Cantik!

  • Siapkan Batang untuk Membentuk Akar

Gunakan pemangkas tajam untuk membuat potongan baru di bagian bawah batang tepat di bawah ruas batang (tonjolan di mana biasanya terbentuk pertumbuhan baru).

Kemudian, iris ke bagian bawah batang sekitar 6 cm ke atas, pisahkan batang menjadi empat bagian terbuka.

  • Gunakan Hormon Rooting

Meski tidak mutlak diperlukan, hormon perakaran dapat membantu memacu tanaman untuk mengembangkan akar baru. Hormon rooting ada dalam bentuk bubuk, cairan, dan gel, bubuk dianjurkan untuk mawar.

Basahi sedikit ujung potongan mawar, lalu celupkan ke dalam bubuk hormon rooting dan singkirkan bubuk yang berlebih.

  • Penanaman

Buatlah lubang pada media tanam di dalam pot menggunakan ranting sedalam 4-7 cm, atau tergantung panjang bibit. Pastikan kedalamannya sekitar setengah dari tinggi batang yang telah dipotong.

Kemudian masukkan batang kedalam lubang yang sudah dibuat hingga ¾ atau ½ bagian dan tutup dengan tanah.

Moms perlu menyirami dengan air hingga lembab. Ingat, penanaman mawar dengan cara stek membutuhkan drainase yang baik, jadi jangan sampai air menggenangi pot.

Letakkan mawar ditempatkan di tempat yang mendapatkan penyinaran cukup, namun bukan langsung terkena sinar matahari. Pasalnya penyinaran langsung justru akan membuat daun mawar yang baru tumbuh menjadi kering seperti terbakar.

Bagaimana Moms, mudah bukan cara menanam bunga mawar sendiri di rumah? Selamat mencoba ya!

  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3586833/
  • https://www.gardendesign.com/roses/care.html
  • https://www.thespruce.com/how-to-plant-roses-1403055
  • https://www.gardeningknowhow.com/ornamental/flowers/roses/planting-rose-bushes.htm
  • https://www.rhs.org.uk/advice/profile
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait