Home & Living

30 Mei 2021

Simak Cara Menanam Rumput Gajah, Buat Taman Tampak Indah Nan Sederhana

Begini cara menanam rumput gajah supaya bisa semakin memperindah rumah!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Amelia Puteri

Apakah Moms hendak mencari tahu cara menanam rumput gajah?

Taman yang hanya berisi bunga memang indah, namun pasti terasa tidak lengkap. Oleh karena itu, Moms mungkin membutuhkan tambahan lain seperti rumput gajah mini yang sangat cocok untuk menghiasi taman di rumah.

Untungnya cara menanam rumput gajah agar cepat lebat juga mudah, sehingga Moms bisa melakukannya saat memiliki waktu luang.

Rumput gajah mini sudah cukup lama menjadi tren tersendiri di kalangan pecinta taman. Ini karena cara menanam rumput gajah sangat mudah dan perawatannya juga tidak merepotkan.

Rumput jenis ini nyatanya juga banyak dijadikan inspirasi pada model rumah minimalis, sehingga tidak mengejutkan jika rumput gajah mini telah menjadi sorotan pada dunia desain interior maupun eksterior.

Banyak yang mengira cara menanam rumput gajah mini dan perawatan yang diperlukan cukup sulit sehingga membutuhkan keahlian atau teknik khusus supaya mereka bisa cepat lebat.

Padahal rumput jenis ini sangat mudah dan sederhana untuk dirawat atau untuk ditanam. Bahkan jika dibandingkan dengan rumput Jepang, rumput gajah mini relatif lebih mudah perawatannya.

Baca Juga: Moms Ingin Memulai Bisnis Tanaman Hias? Coba Perhatikan Beberapa Hal Ini Dulu!

Cara Menanam Rumput Gajah Mini

cara menanam rumput gajah

Foto: rumah.com

Rumput gajah mini ini dikenal karena ukuran yang kecil sehingga cocok untuk berbagai konsep taman rumah. Moms juga bisa dengan mudah menemukan bibitnya di pasaran.

Tak hanya itu, rumput gajah mini juga mampu bertahan di daerah iklim tropis dan perawatannya sangat mudah.

Berikut ini adalah cara menanam rumput gajah mini yang wajib Moms ketahui:

1. Beli Bibit Rumput Gajah Mini

Bibit rumput gajah mini biasanya dijual per meter persegi. Mereka memiliki bentuk sudah berupa rumput dan bukan dari benih lagi. Moms pun tidak perlu menyemai terlebih dahulu.

Sehingga tentunya Moms jadi lebih hemat waktu dan kemungkinan gagalnya sangat kecil.

Moms bisa membeli bibit rumput gajah mini di toko pertanian atau toko tanaman yang tepercaya. Pilih yang daunnya terlihat segar dan sesuaikan jumlahnya dengan luas tanah rumah yang hendak ditutupi rumput tersebut.

Untuk harganya, Moms perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp15.000 sampai Rp20.000. Jadi, Moms tinggal mengalikan saja berapa meter persegi taman yang ada di halaman rumah.

2. Mempersiapkan Lahan Tanam

Sebagai cara menanam rumput gajah mini selanjutnya, setelah Moms mendapatkan bibit rumput gajah mini, Moms perlu mempersiapkan lahan.

Moms bisa menggemburkan tanah yang akan dijadikan media tanam rumput gajah mini dengan menggunakan cangkul. Lakukan pencangkulan dengan kedalaman sekitar 5-10 cm saja dan ratakan kembali setelah proses pertama ini selesai.

Jika media tanam memiliki tanah yang sudah gembur dan cukup baik, Moms bisa langsung menanamnya. Namun, jika media tanam gersang atau tandus, Moms bisa segera memberikan pupuk kandang supaya tanah mendapatkan nutrisi.

Setelah itu, diamkan selama satu minggu sebelum mulai menanam.

Namun apabila lahan yang sudah Moms siapkan belum ada tanahnya, maka Moms bisa membeli tanah urug yang khusus digunakan untuk tanaman hias dan ia biasanya menggunakan latosol atau tanah merah.

Jadi Moms tidak perlu repot dengan pemberian pupuk sebelum rumput gajah mini ditanam di media tanam.

Baca Juga: 6 Manfaat Tanaman Hias untuk Kesehatan yang Harus Moms Tahu

3. Proses Penanaman Rumput Gajah Mini

cara menanam rumput gajah

Foto: tukangkuli.com

Proses selanjutnya setelah Moms selesai mempersiapkan media tanam adalah ke cara menanam rumput gajah atau ke proses tanam langsung. Untuk mempermudah kerja, berikut ini adalah langkah yang harus Moms lakukan pada tahapan penanaman:

  1. Penanaman sebaiknya dilakukan pada musim hujan supaya bisa mendapatkan air yang cukup banyak untuk mempercepat proses pertumbuhan.
  2. Apabila menanam tidak pada musim hujan, Moms bisa melakukan penyiraman pada pagi dan sore supaya rumput gajah mini bisa mendapatkan suplai air yang cukup.
  3. Bibit yang sudah dipersiapkan sebelumnya juga bisa Moms potong menjadi lebih kecil lagi supaya bisa mendapatkan bibit lebih banyak.
  4. Cara menanam rumput gajah adalah dengan menancapkan rumput gajah mini ke tanah, terutama bagian perakarannya. Dengan begini, akar dapat terikat langsung dengan tanah.
  5. Moms bisa melakukan penanaman dengan pola zig zag supaya hasil yang didapatkan bisa sempurna.
  6. Untuk jarak antar rumput, Moms bisa mengira-ngira sendiri sesuai dengan keinginan.
  7. Untuk memastikan jalinan akar dan tanah, Moms bisa memukul pelan rumput gajah mini supaya akarnya benar benar masuk ke dalam tanah.
  8. Moms juga bisa juga menggunakan balok kayu untuk meratakan tanah, caranya dengan menindihnya dengan balok kayu supaya tanah menjadi rata.

Baca Juga: Ini Dia 12 Manfaat Pucuk Merah, Tak Hanya Bagus Dijadikan Tanaman Hias

4. Cara Merawat Rumput Gajah

Setelah Moms mengikuti cara menanam rumput gajah dan mereka berhasil ditanam, tentunya Moms harus segera melakukan perawatan supaya rumput gajah mini bisa berkembang baik sesuai keinginan Moms.

Coba lakukan langkah-langkah perawatan berikut untuk merawat rumput gajah mini:

  • Setelah rumput gajah mini ditanam, Moms perlu rutin melakukan penyiraman pagi dan sore supaya memastikan rumput mendapatkan asupan air yang cukup.
  • Setelah usia 2 minggu, Moms bisa menambahkan pupuk urea dan NPK untuk merangsang pertumbuhan rumput gajah mini.
  • Usahakan juga agar tidak ada hewan seperti ayam yang berkeliaran di sekitar media tanam karena mereka biasanya akan merusak tanah dan rumput yang akan mengganggu proses pertumbuhan rumput.
  • Apabila keadaan ini tidak bisa dihindari, maka Moms bisa menggunakan blarak ataupun daun kelapa untuk menutup dan melindungi rumput gajah mini dari gangguan hewan.
  • Pastikan rumput gajah mini bisa mendapatkan cahaya matahari yang cukup ya Moms. Ini karena sinar matahari yang cukup akan membantu rumput tumbuh menjadi panjang.
  • Apabila Moms menemukan gulma, segera cabut gulma hingga ke akar supaya tidak menggangu pertumbuhan rumput.
  • Jangan menginjak rumput secara langsung karena ini bisa menghambat pertumbuhan. Ada baiknya selama masa penanaman dan pertumbuhan rumput, pejalan kaki diberikan akses lain supaya mereka tidak mengganggu pertumbuhan rumput gajah mini.
  • Rumput gajah memiliki bentuk yang cukup unik. Saat rumput ini sudah tumbuh sempurna, maka ia akan terlihat seperti hamparan karpet hijau yang membuat pandangan menjadi nyaman.

Itulah cara menanam rumput gajah agar cepat lebat. Semoga bermanfaat dan semoga sukses ya Moms!

  • https://www.dekoruma.com/artikel/115132/cara-menanam-rumput-gajah-mini
  • https://www.infoagribisnis.com/2015/01/cara-menanam-rumput-gajah-mini/
  • https://agrotek.id/cara-menanam-rumput-gajah/
  • https://kutanam.com/cara-menanam-rumput-gajah-mini-yang-benar/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait