Home & Living

HOME & LIVING
12 Maret 2021

Mudah, Begini 3 Cara Menanam Wortel di Rumah

Daripada beli, lebih baik Moms coba intip cara menanam wortel di rumah berikut ini!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Intan Aprilia

Wortel (Daucus carota) adalah salah satu sayuran yang punya banyak sekali manfaat kesehatan, dan ternyata ia juga sangat mudah tumbuh. Cara menanam wortel di rumah juga cukup mudah, Moms hanya perlu memberikan media tanam seperti tanah yang gembur dan subur yang bebas dari gumpalan dan bebatuan serta suhu tanah antara 7° hingga 29° Celsius. Itu berarti Moms dapat menanam wortel hampir setiap saat sepanjang tahun dan di mana saja.

Wortel juga umumnya pendek dan memiliki ukuran seperti jari, ia juga bisa matang dalam waktu 50 hari saja. Karena cara menanam wortel yang mudah ini juga yang membuatnya ideal untuk ditanam di pekarangan rumah.

Wortel dapat ditanam dari bibit yang ditanam di pembibitan, tetapi metode yang lebih umum adalah dengan menabur benih langsung ke kebun, dimulai segera setelah tanah dapat diolah di musim semi. Benih akan berkecambah dalam 10 hingga 21 hari.

Dari benih hingga panen biasanya membutuhkan waktu 50 hingga 75 hari. Bahkan jika dibiarkan di tanah hingga musim dingin, akarnya masih bisa sangat lezat.

Baca Juga: Cara Menanam Bawang Putih di Rumah, Mudah dan Menyenangkan!

Sebelum Menanam Wortel, Ketahui Cara Mendapatkan Bibit Terbaik

cara menanam wortel.jpg

Foto: freepik.com

Sebelum menjelaskan bagaimana cara menanam wortel, maka Moms perlu tahu dulu cara mendapatkan bibit wortel yang unggul.

Pasalnya, bibit yang unggul ini akan memastikan Moms mendapatkan hasil wortel yang ukurannya besar. Begini cara mendapatkan bibit wortel tersebut:

  • Pertama sediakan media tanam yang cocok untuk menanam wortel. Moms bisa memilih media yang dibutuhkan seperti tanah, yang bisa dicampur dengan penggunaan tanah merah, pasir halus, dan kompos dengan menggunakan perbandingan yang sama.
  • Moms juga perlu menyediakan bibit unggul yang mempunyai sifat adaptasi yang sangat baik. Saat memilih bibit wortel, maka Moms harus memilih bibit yang ciri-ciri wortelnya memiliki produksi tinggi dan adaptasinya cukup baik. Ia juga harus memiliki bentuk umbi yang bagus dan berwarna cerah.
  • Jika sudah mendapatkan bibit wortel unggul, maka potong bagian ujung umbi dengan ukuran 1/3 dari ukuran panjang umbi wortel. Kemudian Moms juga perlu memangkas bagian daun wortel yang berada di dekat pangkal umbi dan setelah itu Moms bisa sisakan 10 cm saja.
  • Moms perlu menyiapkan dahulu pot untuk pembibitan (bukan untuk proses penanaman), kemudian lengkapi dengan media tanam yang Moms sudah sediakan sebelumnya. Setelah itu, taburkan pupuk trichokompos dan setelah itu biarkan dulu hingga 1 minggu.
  • Jika sudah satu minggu, maka Moms bisa menanam umbi wortel yang sudah disediakan sebelumnya, dan jangan lupa siram kembali dengan menggunakan larutan trichoderma yang ditambah dengan air dan dengan ZPT organik.
  • Penyiraman dilakukan selama 2 minggu sekali dan waktu penyiraman yang paling tepat adalah setiap sore di musim kemarau. Jika sudah mencapai usia 1 bulan, maka tanaman wortel akan berbunga dan kemudian tunggu hingga mencapai 2 bulan baru bunga wortel akan merekah dengan sempurna dan siap untuk dipanen.
  • Bunga wortel yang sudah mengering tersebut akan berwarna kecokelatan dan bisa langsung panen dengan cara dipetik saja. Setelah itu, Moms bisa meremas bunga wortel tersebut hingga bagian bijinya terlepas dari bagian kelopak bunganya.
  • Jika biji sudah terkumpul semua, maka Moms bisa menyimpannya dalam kemasan plastik yang kemudian dapat diikat menggunakan karet hingga rapat. Setelah ini Moms bisa melanjutkan ke tahap penanaman.

Baca Juga: Yuk Berkebun! Begini Cara Menanam Cabai Sendiri di Rumah

Cara Menanam Wortel di Rumah

Berdasarkan tempat menanamnya, ada beberapa cara menanam wortel yang bisa Moms coba, antara lain:

1 . Cara Menanam Wortel di Pot

Cara Menanam Wortel di Pot

Foto: gunindo.com

Cara menanam wortel di pot sebetulnya sangat mudah. Namun, karena fisik dari tanaman sayur ini memiliki jenis akar yang tumbuh ke dalam, maka Moms harus memilih pot yang punya ukuran kedalaman yang sesuai. Moms bisa memilih yaitu pot dengan kedalaman 30 hingga 40 cm.

Jika Moms hanya memilih pot yang kedalamannya hanya 20 hingga 25 cm maka wortel yang Moms dapatkan nanti hanyalah wortel yang kecil dan kurang tebal.

Pot yang dalam dimaksudkan agar hasil wortel nantinya sesuai dengan harapan yakni wortel yang panjang, besar, dan pastinya berkualitas baik. Setelah memilih pot yang tepat, maka berikut cara menanam wortel di pot::

  • Moms bisa memasukkan media tanam yang telah disediakan ke dalam pot. Moms perlu sisakan bagian ruang kosong di atas media tanah dan buatlah lubang untuk meletakkan bibit wortel dengan jarak 3-5 cm pada tiap-tiap lubang.
  • Jika sudah, masukkan bibit wortel pada lubang yang telah dibuat. Untuk setiap lubang diisi dengan 2 bibit wortel. Jika sudah, tutup kembali lubang dengan menggunakan media tanam.
  • Moms perlu menyiram bibit dengan menggunakan air secukupnya. Letakkan pot di luar untuk mendapatkan intensitas cahaya matahari secara langsung karena ini sangat berguna untuk mendukung pertumbugannya. Selain itu, pastikan juga agar media tanam yang digunakan tetap lembap, sehingga bila media tanam mulai kering segera siram dengan air.
  • Jika sudah mencapai 3 cm maka daun bisa dipangkas sebagai perawatan awal agar tidak memengaruhi proses pertumbuhan tanaman wortel tersebut.
  • Jika posisi wortel mulai bengkok, maka tambahkanlah media tanam yang baru. Jika ternyata bagian cabangnya yang bengkok, maka bagian akar juga tidak bisa terbentuk dengan sempurna.
  • Jika akar wortel mencuat ke atas pot, maka segera tambah media tanam untuk menutupnya. Kalau tidak ditutup, maka ia akan terkena sinar matahari secara langsung yang kemduian membuat wortel jadi hijau dan tak bisa dikonsumsi.
  • Jika sudah tumbuh dengan ketinggian 8 - 10 cm, maka tambahkanlah pupuk ke dalam tanah. Moms bisa menggunakan pupuk cair maupun pupuk kering yang bisa diberikan 1 kali saja dalam 2 minggu.

2. Cara Menanam Wortel di Polybag

menanam wortel di polybag.jpg

Foto: freepik.com

Cara menanam wortel di polybag sebetulnya tak jauh berbeda dengan di pot. Biasanya polybag dipilih karena harganya yang lebih murah. Berikut ini adalah cara menanam wortel di polybag:

  • Siapkan dahulu media tanam, dan pencampuran media pupuk dan tanah yakni satu berbanding dua. Pupuk yang digunakan dapat berupa kompos padat maupun cair serta pupuk kandang. Campuran semua bahan- bahan kemudian diamkan dalam jangka waktu 3 hari. Hal ini agar pencampuran merata dan semakin baik hasil penanamannya.
  • Moms perlu menyiapkan polybag yang akan digunakan, dan polybag sebaiknya diberi lubang kecil agar air tidak tergenang saat terjadi penyiraman. Ukuran polybag yang digunakan umumnya diameter 30 cm sehingga daya tampung tanah menjadi lebih banyak dan besar.
  • Pemindahan bibit perlu dilakukan dengan sangat hati-hati dan media bekas pembibitan sebaiknya ikut dimasukan bersama akar. Hal ini untuk memudahkan tanaman segera beradaptasi.
  • Bibit dimasukan ke dalam lubang dengan kedalaman kurang lebih 5 cm.

Baca Juga: 6 Cara Menanam Mawar di Rumah Supaya Kebun Tampak Cantik

3. Cara Menanam Wortel dengan Metode Hidroponik

Cara Menanam Wortel di Hidroponik

Foto: pertanianku.com

Untuk menanam wortel dengan metode hidroponik, Moms bisa memilih bibit wortel terlebih dahulu dan melakukan penyemaian dengan media tanah.

Moms bisa menyiapkan media tanam wortel hidroponik dengan menggunakan botol bekas dan air.

Membuat tanaman hidroponik biasanya akan lebih mudah dan menghemat biaya jika Moms menggunakan botol bekas. Pertama, Momsharus siapkan alat dan bahan yang diperlukan.

Alat dan bahan yang diperlukan di antaranya adalah botol bekas, paku, alat pemotong, sumbu, larutan nutrisi tanaman , dan spons atau sekam. Berikut ini adalah cara membuat media tanam wortel dengan metode hidroponik:

  • Siapkan dan bersihkan botol bekas yang akan digunakan, setelah itu bagi dua botol dengan bagian atas lebih pendek daripada bagian bawahnya.
  • Moms perlu membuat lubang kecil di bagian tutup botol yang akan berfungsi sebagai tempat masuknya sumbu. Masukkan sumbu ke dalam lubang kecil di tutup botol dan masukkan bagian atas botol yang sudah dipasang sumbu secara terbalik ke atas bagian bawah botol.
  • Moms bisa memasukkan media tanam yang telah disiapkan semisal spons atau sekam di atas sumbu. Media ini bisa berfungsi sebagai pijakan atau sandaran tanaman agar tidak layu.
  • Moms juga perlu membuat cairan hidroponik yang akan digunakan sebagai media. Campuran ini terdiri dari air dan larutan nutrisi, bisa menggunakan AB mix. Air yang bisa digunakan yaitu air sumur atau air sungai, ingat, air yang cocok untuk hidroponik memang tidak bisa sembarangan. Masukkan larutan ke bagian bawah botol. Tanaman wortel hidroponik nantinya bisa mendapatkan nutrisi melalui sumbu yang terhubung dengan larutan nutrisi yang telah dibuat.
  • Setelah tanaman siap, sekitar 2 hingga 2,5 bulan sejak penanaman, tanaman wortel sudah bisa dipanen.

Baca Juga: Buat Rumah Lebih Indah, Ini 5 Rekomendasi Pupuk Tanaman Hias Terbaik

Tanaman wortel sangat rentan dengan adanya serangan jamur. Jika terjadi, maka Moms memiliki sistem drainase pot, polybag, atau hidroponik yang kurang baik.

Jika ternyata tanaman wortel terserang jamur, maka Moms bisa mengatasinya dengan menggunakan cairan anti jamur yang berupa belerang, atau Moms juga bisa menggunakan serbuk kayu manis.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait