Rupa-rupa

23 Juli 2021

Praktis, Ini Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan

Sekarang caranya sudah lebih praktis dan mudah, lho
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Adeline Wahyu

Moms mungkin tidak asing dengan potongan BPJS Ketenagakerjaan yang wajib diminta oleh perusahaan. Dana ini sebenarnya sama saja seperti tabungan wajib yang bisa diambil ketika Moms sudah tidak bekerja di perusahan tersebut.

Cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan juga terbilang cukup mudah lho Moms, karena bisa dilakukan melalui online atau datang langsung ke kantor cabang terdekat. Nantinya, di sana Moms akan dibantu oleh petugas untuk pencairan dana yang Moms butuhkan.

Baca juga: Ini 4 Cara Cetak Kartu BPJS Kesehatan dengan Online dan Offline, Penting!

Jenis Klaim

Cara mencairkan BPJS Ketenahakerjaan

Foto: Orami Photo Stock

Cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan dapat dilakukan sesai dengan jenis klaim yang diajukan. Karena program BPJS Ketenagakerjaan dibagi menjadi lima jenis, JHT (Jaminan Hari Tua), Jaminan Kematian, Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Pensiun dan Jaminan Kehilangan Pekerjaan.

Baca juga: Melahirkan dengan BPJS, Bagaimana Prosedurnya? Ini Penjelasannya!

Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan

mencairkan BPJS Ketenagakerjaan

Foto: Orami Photo Stock

Selain Jaminan Hari Tua, cara mencairkan BJPS Ketenagakerjaan hanya bisa dilakukan dengan mendatangi kantor cabang terdekat. Sementara cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan untuk JHT atau Jaminan Hari Tua dapat dilakukan secara online.

Ada empat cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan, Jaminan Hari Tua (JHT), yaitu Klaim JHT Online, Klaim JHT di Kantor Cabang, Klaim Prioritas dan melalui bank yang bekerjasama. Berikut langkahnya.

1. Klaim JHT Online

Moms yang ingin mengajukan klaim melalui metode ini dapat mengakses portal lapakasik.bpjsketenagakerjaan.go.id.

Namun, Moms juga perlu memenuhi kriteria berikut ini untuk mencairkan JHT secara online. Peserta BPJS Ketenagakerjaan sudah mencapai usia pensiun atau sudah mengundurkan diri atau Pemutuhan Hubungan Kerja (PHK).

Kemudian Moms dapat langsung mengakses portal layanan lapakasik.bpjsketenagakerjaan.go.id. Kemudian isi data awal, seperti NIK, nama lengkap dan nomor kepesertaan.

Setelah Moms sudah mengisi data dengan lengkap, sistem akan secara otomatis melakukan verifikasi terkait kelayakan klain. Kemudian, peserta Moms akan diarahkan untuk melengkapi daa sesuai instruksi yang tampil pada portal.

Langkah berikutnya, Moms akan diminta untuk mengunggah dokumen persyaratan. Jika dinyatakan berhasil, Moms akan menerima notifkasi yang berisi informasi jadwal dan kantor cabang.

Peserta selanjutnya akan dihubungi melalui video call untuk proses wawancara sesuai jadwal pada notofikasi. Saat sudah mendapat jadwal, Moms sebaiknya segera menyiapkan berkas asli untuk ditunjukan kepada petugas.

Ketika proses selesai, manfaat akan dicairkan melalui rekening yang sudah dilampirkan oleh Moms.

2. Klaim JHT di Kantor Cabang

Untuk melakukan klain dengan metode ini, Moms dapat mengakses media elektronik berbasis web maupun non web di kantor cabang.

Adapun kriteria peserta yang dapat mengajukan melalui metode ini adalah mencapai usia pensiun, sudah mengundurkan diri, mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), meninggalkan wilayah NKRI selamanya dan cacat total tetap.

Sementara Moms yang ingin mengajukan klaim sebagian, seperto 10%atau 30% harus sudah 10 tahun menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan JHT di kantor cabang sedikit berbeda dengan online. Langkah pertama yang harus Moms lakukan adalah melakukan scan QR Code yang tersedia di kantor cabang. Selanjutnya Moms mengisi data awal yaitu NIK, nama lengkap dan nomor kepesertaan.

Kemudian sistem akan memverifikasi secara otomatis terkait kelayakan klaim yang diajukan. Setelah verifikasi, peserta akan diarahkan untuk melengkapi data sesuai instruksi yang tampil pada portal. Selanjutnya Moms akan diminta untuk mengunggah dokumen persyaratan.

Setelah semua langkah tersebut selesai, Moms harus menunjukan notifikasi kepada petugas kantor cabang untuk mendapatkan nomor antrean.

Proses selanjutnya akan dilakukan di kantor cabang tersebut sampapi dengan proses wawancara selesai. Setelah itu, dana akan dicairkan melalui rekening yang Moms daftarkan.

Baca juga: Pentingnya Asuransi Kesehatan Keluarga, Jangan Asal Pilih ya, Moms!

3. Klaim JHT Prioritas

Klaim prioritas JHT hanya diperuntukan untuk peserta dnegan kondisi tertentu dan dapat mengajukan klain langsung di kantor cabang BPJAMSOSTEK melalui antrean khusus.

Kriteria peserta yang dianggap prioritas adalah peserta dengan kondisi hamil, manual dan juga sedang sakit.

Langkah pengajuan klaim prioritas dibagi menjadi dua, peserta dapat datang langsung sesuai jam operasional kantor layanan dari pukul 08.00 - 15.30 hari kerja (kecuali hari libur atau kondisi lain). Kemudian menyiapkan berkas dokumen fotokopi persyaratan klaim dengan menunjukan berkas asli.

Selanjutnya, menyampaikan kondisi peserta kepada petugas agar dapat dipersilahkan untuk mengambil antrian khusus. Petugas akan melakukan proses verifikasi berkas dan wawancara. Proses pengajuan selesai dan manfaat akan dicairkan melalui rekening yang dilampirkan.

4. Klaim SPO (Servide Point Office)

Cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Jaminan Hari Tua (JHT) yang bisa Moms dapat datang langsung ke kantor cabang BPJS atau Bank Kerjasama terdekat.

Selain itu, Moms juga perlu memenuhi kriteria sebagai berikut, mencapai usia pensiun, sudah mengundurkan diri dari pekerjaan atau Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Layanan pengajuan melalui bank hanya dapat dilakukan secara offline pada jam operasional, yaotu 08.00 hingga 15.30 pada hari kerja. Kemudian, Moms juga harus menyiapkan berkas dokumen foto kopi dan juga asli persyaratan klaim dan menunjukannya pada petugas.

Setelah semua siap, petugas akan melakukan proses verifikasi berkas dan wawancara. Proses pengajuan selesai dan manfaat akan dicairkan melalui rekening yang dilampirkan.

Baca juga: Begini Langkah Mengurus BPJS Kesehatan Bayi yang Belum Lahir, Sudah Tahu?

5. Klaim Jaminan Kehilangan Pekerjaan

Selain Jaminan Hari Tua (JHT), BPJS Ketenagkerjaan juga memberikan jaminan untuk Moms yang kehilangan pekerjaan. Jaminan ini diberikan kepada pekerja/buruh yang mengalami pemutusan hubungan kerja dengan tujuan mempertahankan derajat kehidupan yang layak pada saat Pekerja kehilangan pekerjaan.

Pekerja dapat memenuhi kebutuhan dasar hidup yang layak saat terjadi resiko akibat pemutusan hubungan kerja seraya berusaha mendapatkan pekerjaan kembali.

Manfaat yang didapatkan untuk jaminan ini tidak hanya berupa uang, tetapi juga akses informasi pasar kerja dan pelatihan kerja.

Baca juga: Iuran BPJS Kesehatan Naik Per Juli 2020, Tuai Kritik Masyarakat

Demikian cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan yang bisa Moms coba. Semoga bermanfaat ya.

  • https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/cara-klaim.html
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait