COVID-19

COVID-19
15 Juli 2020

5 Cara Mencegah Penularan COVID-19 di Ruangan Tertutup oleh dr. Reisa

Berhati-hati ketika berada di dalam ruangan ber-AC, ya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Amelia Puteri

Meskipun telah dikatakan virus corona (COVID-19) menular lewat droplets atau cairan, tetapi ada kemungkinan virus SARS-CoV-2 bisa menjadi airborne disease virus, atau virus yang bisa ditularkan lewat udara.

Menanggapi hal ini, Organisasi kesehatan dunia (WHO) mengakui bukti-bukti yang bermunculan dan akan mempelajari lebih lanjut. Karena itu, Moms perlu tahu seperti apa cara mencegah COVID-19 di dalam ruangan.

Hal ini memang bukan hal baru. Dalam ruangan tertutup misalnya, virus corona bisa melayang-layang lebih lama dalam bentuk mikrodroplet yang lebih kecil dan ringan dibanding droplet biasa.

Baca Juga: Kegiatan New Normal dengan Risiko Penularan COVID-19 Paling Rendah ke Paling Tinggi

Mencegah COVID-19 Menyebar dalam Ruangan Tertutup

Dalam siaran pers BNBP, Selasa (14/07/2020), dr. Reisa Broto Asmoro, Anggota Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, mengatakan ada beberapa cara untuk mengurangi risiko COVID-19 menyebar melalui udara di ruangan tertutup.

"Ada 5 cara untuk mengantisipasi peredaran udara di ruang tertutup ber-AC," ujar dr. Reisa.

1. Mengatur Ventilasi Udara Agar Bisa Bersikulasi dengan Udara Luar

mencegah penularan corona melalui udara oleh dr. reisa

Foto: Orami Photo Stock

Menurut dr. Reisa, ventilasi atau sirkulasi udara harus benar-benar diperhatikan. Kita wajib memastikan bahwa ruang kerja atau tempat beraktivitas lainnya memiliki sirkulasi udara yang baik dan mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Baca Juga: Tepat Meningkatkan Imun Anak di Fase New Normal

2. Jaga Jarak di Dalam Ruangan

mencegah penularan corona melalui udara oleh dr. reisa

Foto: twentytwo.co.nz

Jaga jarak di dalam ruangan adalah tips penting untuk mencegah risiko penyebaran dan penularan COVID-19 di dalam ruangan.

Hal ini karena siapa saja bisa menjadi carrier virus corona, termasuk rekan kerja kita. Karenanya tetaplah jaga jarak di dalam ruangan dan hindari ruangan yang berisikan terlalu banyak orang.

3. Selalu Gunakan Masker

mencegah penularan corona melalui udara oleh dr. reisa

Foto: Orami Photo Stock

Sudah menjadi protokol kesehatan umum bahwa sekarang kita harus menggunakan masker di manapun dan kapanpun, termasuk saat bekerja di ruangan.

Ingat, pemakaian masker harus digunakan dengan benar, ya. Pastikan hanya memegang tali saat melepas masker dan tidak menurunkannya di dagu. Tak hanya itu, dr. Reisa juga mengatakan bahwa masker kain harus rutin diganti setiap empat jam sekali.

4. Jangan Pegang Benda Kotor atau yang Digunakan Bersama

mencegah penularan corona melalui udara oleh dr. reisa

Foto: Orami Photo Stock

Benda kotor memiliki risiko sebagai tempat menempelnya virus corona. Sebaiknya, hindari memegang benda kotor atau pemakaian benda bersama dengan teman untuk cegah risiko COVID-19 di dalam ruangan.

Namun bila terlanjur memegang, kita harus segera mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau gunakan hand sanitizer.

Baca Juga: Tak Hanya Indonesia, Ini Kondisi The New Normal di Berbagai Negara

5. Disinfektan Permukaan Benda

mencegah penularan corona melalui udara oleh dr. reisa

Foto: Orami Photo Stock

Misalnya menyemprot meja kantor dengan disinfektan sebelum digunakan. Boleh juga menyemprot gagang pintu atau benda lainnya yang berisiko tinggi menjadi tempat menempelnya COVID-19 lho.

Itu dia Moms beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah risiko COVID-19 di dalam ruangan dari dr. Reisa. Semoga membantu kita semua dan tetap patuhi protokol kesehatan yang disarankan ya.

Artikel Terkait