Bayi

3 Juni 2020

5 Cara Mencegah Rakitis pada Bayi, Ampuh!

Suplemen vitamin D untuk ibu hamil dan menyusui bisa mencegah rakitis pada bayi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh sera
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Rakitis adalah suatu kondisi yang mempengaruhi perkembangan tulang pada anak-anak, termasuk bayi. Rakitis menyebabkan nyeri tulang, pertumbuhan yang buruk dan tulang yang lunak serta lemah. Hal ini dapat menyebabkan kelainan bentuk tulang.

Kekurangan vitamin D atau kalsium adalah penyebab paling umum dari rakitis. Vitamin D sebagian besar berasal dari paparan kulit terhadap sinar matahari, tetapi juga dapat ditemukan dalam beberapa makanan, seperti ikan berminyak dan telur.

Vitamin D sangat penting untuk pembentukan tulang yang kuat dan sehat pada anak-anak.

Penelitian yang diterbitkan The Journal of Steroid Biochemistry and Molecular Biology menemukan bahwa sebanyak 50 persen penduduk dunia tidak mendapatkan sinar matahari yang cukup dan sebanyak 40 persen penduduk Amerika Serikat mengalami defisiensi vitamin D.

Dalam kasus yang jarang terjadi, anak-anak dapat dilahirkan dengan bentuk genetik rakitis. Ini juga dapat berkembang jika kondisi lain memengaruhi bagaimana vitamin dan mineral diserap oleh tubuh.

Baca Juga: 7 Faktor Risiko Rakitis pada Bayi, Wajib Tahu!

Cara Mencegah Rakitis pada Bayi

Kabar baiknya, rakitis pada bayi ternyata dapat dicegah Moms. Berikut cara-cara mencegah rakitis pada bayi.

1. Suplemen Vitamin D untuk Ibu Hamil

Simak Manfaat Folavit, Suplemen Asam Folat untuk Program Hamil, Yuk!.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Cara mencegah rakitis bisa dimulai bahkan ketika Si Kecil masih dalam kandungan. Ibu hamil direkomendasikan mendapat kecukupan asupan vitamin D dan konseling gizi yang tepat.

2. Suplemen Vitamin D untuk Ibu Menyusui

Sembelit pada Ibu Menyusui, Apa Penyebabnya?

Foto: Orami Photo Stock

Kemudian, bagi ibu baru yang menyusui sebaiknya mulai mengonsumsi suplemen vitamin D. Karena ibu yang menyusui eksklusif cenderung mengalami defiensi vitamin D.

Baca Juga: Begini Cara Mengatasi Rakitis pada Bayi, Catat ya!

3. Suplemen Vitamin D untuk Bayi ASI

Minum ASI Bikin Bayi Pintar, Benarkah-1.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Semua bayi setidaknya harus menerima 400 IU vitamin D per hari. Karena ASI hanya mengandung sedikit vitamin D, bayi yang diberi ASI eksklusif harus menerima vitamin D tambahan setiap hari.

Beberapa bayi yang diberi susu botol mungkin juga membutuhkan suplemen vitamin D jika mereka tidak menerima cukup dari susu formula mereka.

4. Konsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin D

Alasan Moms Harus Makan Roti Gandum daripada Roti Putih.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Cara mencegah rakitis pada bayi yang cukup efektif berikutnya adalah memastikan Si Kecil mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D secara alami. Hal ini bisa Moms lakukan ketika Si Kecil sudah bisa mengonsumsi makanan padat ya.

Beberapa makanan yang kaya vitamin D diantaranya ikan berlemak seperti salmon dan tuna, minyak ikan dan kuning telur atau produk-produk makanan yang telah diperkaya dengan vitamin D, seperti:

  • Sereal
  • Roti
  • Susu, tetapi bukan makanan yang terbuat dari susu, seperti beberapa yogurt dan keju
  • Jus jeruk

Baca Juga: 7 Gejala Rakitis pada Bayi, Jangan Dianggap Sepele!

5. Paparan Sinar Matahari

matahari - thehealthy.com.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Cara mencegah rakitis pada bayi yang selanjutnya adalah dengan memberikan paparan sinar matahari. Paparan sinar matahari menyediakan sumber vitamin D terbaik. Karena itu, paparan sinar matahari bisa menjadi salah satu cara mencegah rakitis pasa bayi.

Namun, untuk Si Kecil jangan terlalu lama membiarkannya di bawah paparan sinar matahari. Setidaknya sekitar 10 hingga 15 menit paparan sinar matahari yang dekat dengan tengah hari sudah cukup.

Namun, jika Moms khawatir, Si Kecil juga bisa mengenakan tabir surya dan pakaian pelindung.

Itulah beberapa cara mencegah rakitis pada bayi yang bisa Moms lakukan. Lebih baik mencegah ketimbang mengobati kan Moms?

(SERA)

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait